Lowongan Kerja Surabaya di BUMN - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Rabu, 18 Agustus 2021

Lowongan Kerja Surabaya di BUMN

 


Assalamualaikum Sahabat. Di Surabaya, persaingan dalam mencari lowongan pekerjaan bisa terbilang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan jumlah muda-mudi yang baru saja lulus sekolah atau kuliah terus bertambah setiap tahunnya. 


Terlebih lagi, Surabaya juga termasuk dalam kota yang maju sehingga banyak industri atau perusahaan yang berdiri disini. 


Salah satu jenis lowongan pekerjaan yang selalu menjadi idola adalah bekerja di BUMN. BUMN merupakan singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang dalam menjalankan usahanya mempunyai saham terbesar menjadi milik negara. 


Adanya perusahaan BUMN ini diharapkan mampu mewujudkan sebuah kesejahteraan untuk masyarakat dari berbagai sektor. 


Nah, berikut ini disajikan informasi mengenai 5 lowongan kerja Surabaya di BUMN yang mempunyai banyak peminat:


PT. Pertamina

PT. Pertamina menjadi langganan pertama untuk para fresh graduate dalam mencari pekerjaan. Hal ini dikarenakan Pertamina selalu membuka lowongan setiap tahunnya, dan biasanya lowongan tersebut membutuhkan jumlah personil yang cukup banyak. 


Sebagai salah satu bagian dari BUMN, tentu saja Pertamina menerapkan beberapa standar penting untuk para calon karyawannya. Salah satunya dengan pendidikan minimal SMA/SMK/Sederajat. 


Tidak hanya itu, para pelamar harus mampu untuk menyelesaikan beberapa tes yang diajukan oleh pihak perusahaan. Untuk gajinya, karyawan pertamina bisa mendapat upah minimum sekitar 1,9 juta (belum termasuk tunjangan). 


PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) 

Perusahaan BUMN yang selanjutnya dan cukup banyak diminati adalah Perusahaan Listrik Negara atau yang lebih dikenal dengan nama PLN . 


picture by DTCP PLN

Bergerak di sektor energi, PLN telah mempunyai setidaknya 11 anak perusahaan. Sehingga, perusahaan ini selalu membutuhkan tenaga kerja baru di setiap tahunnya. 


Untuk dapat bekerja di PLN, para pelamar harus melengkapi sejumlah berkas dan persyaratan yang dibutuhkan. 


Kualifikasi yang biasa dibutuhkan dimulai dari tamatan SMA se-derajat. Jika berhasil direkrut, nantinya para pegawai PLN akan diberi gaji minimum sekitar 2,5 juta. 


PT. Pegadaian

picture by Berita Satu


Salah satu perusahaan BUMN yang sering membuka lowongan kerja setiap tahun adalah PT Pegadaian. Bergerak di sektor keuangan, Pegadaian menjadi satu-satunya perusahaan di Indonesia yang punya izin resmi untuk melakukan kegiatan penyaluran dana ke masyarakat dalam bentuk gadai. 

Sama seperti perusahaan BUMN lainnya, Pegadaian juga menerapkan beberapa kualifikasi. Salah satunya pendidikan standar minimum yakni SMA/SMK se-derajat. Untuk besaran gaji, karyawan pegadaian bisa mendapatkan upah minimum sekitar 1,4 juta. 


PT. Kimia Farma

BUMN juga mempunyai perusahaan yang bergerak dibidang farmasi yakni PT Kimia Farma. Menjadi salah satu perusahaan yang tertua, sangat tidak mengherankan jika kini anak perusahaan Kimia Farma telah banyak tersebar di seluruh daerah. 

Hal itu tentu sangat bermanfaat untuk masyarakat, khususnya mereka yang mencari pekerjaan. Kimia Farma menyediakan berbagai posisi pekerjaan dengan kualifikasi minimal tamatan SMA/SMK. Untuk gaji, perusahaan ini menawarkan upah minimum setara dengan UMK masing-masing daerah yakni sekitar 2 juta. 


PT. Pos Indonesia

picture by Pikiran Rakyat


PT Pos Indonesia adalah perusahaan BUMN yang bergerak dibidang pengiriman, baik itu surat maupun barang. Perusahaan yang satu ini sudah mempunyai banyak anak perusahaan di seluruh Indonesia dan selalu membuka lowongan setiap tahunnya. 


Untuk bisa menjadi pegawai disini, PT Pos Indonesia menerapkan beberapa standar kualifikasi. Misalnya saja, pendidikan minimal yang bisa diterima yakni SMA se-derajat. Jika berhasil direkrut, karyawan akan mendapat upah minimum sekitar 1,5 juta dan belum termasuk tunjangan atau insentif lainnya.


Nah gimana nih sahabat, kalian ingin mengajukan lamaran kerja di mana? Tetap semangat untuk mewujudkan impian kalian bekerja di mana pun yang diinginkan. Semoga bermanfaat. Wassalamualaikum.

34 komentar:

  1. Buat yang lagi nyari pekerjaan, nih bisa banget apalagi sejak pandemi susah nyari pekerjaan. Terima kasih infonya, Mbak.

    BalasHapus
  2. Di Surabaya jauh banget buat aku yang di Malang, walau butuh untuk sekarang ga berani jauh dari rumah dulu :)

    BalasHapus
  3. SMA yang baru lulus, tapi pengin kerja acungkan tangan. Aku, ini bermanfaat banget untuk nyari kerja di masa pandemi ini.

    BalasHapus
  4. Wah, ternayta ada info lowongan kerja di perusahaan BUMN di Surabaya nih. Buat anak2 mudah yang baru lulus, biasanya sangat termotivasi nih apalagi perusahaan2nya ternama dan bonafide semua. Ayo adek2, daftar deh hehehe. Sebenarnya persayaratnnya termasuk hampir standar ya hanya saja saingannya pasti wow, kudu punya skill lebih tuh biar terangkut hehehe.

    BalasHapus
  5. Bekerja di BUMN emang incaran banget ya... Pertamina apalagi..karena udah rahasia umum gaji dan fasilitasnya emang wow banget ya...

    BalasHapus
  6. Waaah pas banget niih, banyak ponakanku yang sedang mencari pekerjaan. Tapi di Surabaya ya? jauh rek.. xixixi.. sok suroboyoan. Tapi boleh juga nih nanti jadi rekomendasi buat mereka. Sapa tau emang rejekinya disana kan?

    BalasHapus
  7. wah ini sampai kapan yana pendaftarannya? pengen ngasih tahu ke ponakan yg baru lulus kuliah ni..

    BalasHapus
  8. Kabar baik nih ada lowongan pekerjaan di BUMN. Walau selarang sistem kerjanya macam-macam, ada yang pakai vendor, kontrak dengan cabang, ataupun sebagai tetap, lerja di BUMN tetap menjanjikan. Semangat ya teman-teman pejuang...

    BalasHapus
  9. Kerja di BUMN itu cukup menjanjikan kesejahteraan ya. Pasti ntar banyak peminatnya nih. Ntar kukasih tau sepupu2ku deh mbak. Makasi infonya.

    BalasHapus
  10. Pastinya banyak yang mengincar kerja di BUMN yang disebutkan. Semoga mereka yang membutuhkan mendapatkan kemudahan untuk bekerja di salah satu BUMN tersebut ya mbak. Dulu om aku pegawai Pertamina, hidupnya sungguh sejatera. Apalagi zaman Pak Harto dulu, tempat tinggal pegawai serba ada. Dari listrik, air, gas, sambungan telpon, sekolah, layanan RS, semua gratis. Makanya gajinya utuh, paling buat keperluan pribadi dan makan sehari2 aja. Walau sekarang nggak gitu lagi, tapi BUMN satu ini tetap tinggi peminat.

    BalasHapus
  11. Aku teruskan ke saudaraku yang di Surabaya ya, Mbak.. Kebetulan ada sepupu yang lagi cari kerjaan. Semoga bisa diterima. Aamiin...

    BalasHapus
  12. Wah teman2ku ada beberapa tuh di Kimia Farma. Sepertinya lagi laris apalagi di masa pandemi gini sih, produknya banyak dicari. Gabung BUMN juga ada kebanggaan tersendiri sepertinya. Hihi

    BalasHapus
  13. alhamdulillah informasinya mbak wati sangat berguna banget untuk yang sedang mencari lowongan pekerjaan di Surabaya. Kadang, kalau gak diberitakan seperti ini orang gak tahu ya, kecuali mereka punya koneksi ke perusahaan terkait.

    BalasHapus
  14. Baca postingan ini langsung teringat dengan teman-temanku yang dulu magang di kantor pos. Padahal dulu tuh aku yang pengen magang di kantor pos tapi malah temenku yang magang di kantor pos. Informasi ini bermanfaat banget nih untuk yang ingin bekerja di Surabaya.

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah, baca informasi lowongan kerja BUMN seperti ini bikin aku ikutan seneng. Ada beberapa sepupu suami yang usia kerja dan seingatku belum kerja lagi setelah resign dari POM Bensin.

    BalasHapus
  16. Semuanya BUMN idaman ya dulu cita-citanya pengen kerja jadi pegawai BUMN haha malah nyasar jadi penulis entah bagaimana ceritanya dulu.. Disyukuri saja..

    BalasHapus
  17. BUMN nih masih jadi incaran banyak pelamar ya soalnya memang gajinya besar dan jenjang karirnya bagus jadi pasti umpel-umpelan..

    BalasHapus
  18. Tentrem wes kalo bisa kerja di BUMN qpalagi yg ternama semua kaya di atas. Nanti info.loker ni kuteruskan ke mantan mahasiswa ku yg masih cari2 kerjaan

    BalasHapus
  19. Yah, bekerja di BUMN memang diburu para sarjana apalagiyang baru tamat. Alhamdulillah ponakan aku dua lolos di BUMN dan emang lebih enak katanya, hehehe. Persaingan di dunia kerja sekarang juga berat

    BalasHapus
  20. Pasti pada semangat niih...
    Masuk BUMN itu memiliki kebanggaan tersendiri.

    Bukan hanya untuk sekarang tapi ketika sudah pensiun, kalau kata orang Jawa, "Bisa dijadikan gandolan."

    BalasHapus
  21. Waktu jaman kuliah impian kerja di bumn katanya terjamin, gaji besar heuheu . Impian yg ga terwujud jdnya irt

    BalasHapus
  22. sampai saat ini, kerja di BUMN masih jadi idola ya Mbak...apalagi kesejahteraannya cukup menjanjikan,upah minimumnya juga lumayan, minim lah itu belum tunjangan2 lainnya

    BalasHapus
  23. Emak2 boleh nglamar gak? hehe
    Info bagus nih mbak buat yang pengen berkarir di kota Surabaya. Kotanya gak terlalu besar tp jg cukup maju dan lengkap.
    Ntr kuinfoin deh ke keponakan2 :D TFS

    BalasHapus
  24. wah pasti pada semangat ya ikutan melamar pekerjaan di Bumn
    banyak juga referensi lowongan Bumn di Surabaya ya mbak

    BalasHapus
  25. waaa kecce bumn
    aku pun kalau masih memenuhi syarat mau mbak
    cuma ini dah bangkotan xD jadi berasa kenapa duulu ga di bumn kerjanya biar lebih tenang ya masa depan cerah dan tahu AKHLAK di BUMN

    BalasHapus
  26. Rasanya kalau keterima dan dapet kesempatan bekerja di BUMN itu bangga banget ya.
    Makasih infonya mbak, kerja di BUMN ini bener-bener menjanjikan dan sejahtera ya

    BalasHapus
  27. Kerja di BUMN ini memang selalu banyak yang nyari ya. Bikin mapan dan bisa diandalkan. Kudu pada tahu nih para fesh graduate dan para pencari kerja. Siapa tahu ya dapet rezeki kerja di BUMN di Surabaya.

    BalasHapus
  28. kerja di BUMN memang idaman para fresh graduate yg masih idealis2nya nih. walau beban kerja besar gajinya juga lumayan

    BalasHapus
  29. Banyak orang mengeluhkan msalah pekerjaan saat pandemi gini ya mbak. Alhamdulillah ada share info pekerjaan seperti ini, bisa saya share ke grup WA karena ada saja yang cari kerja. Sayangnya kadang tuh fresh graduate malah tidak sedikit yang pilih-pilih kerjaan ya mbak.

    BalasHapus
  30. Keren BUMN memang ini jadi rujukan para fresh graduate ya mba Hiday
    semoga pada dapat pekerjaan yang layak adekadek yang baru lulus biar nggak ada pengangguran lagi di Indonesia

    BalasHapus
  31. Lowongan pekerjaan di BUMN itu memang selalu menarik bagi fresh graduate, kalau melamar kerja ke BUMN harus siap dengan jumlah saingan yang banyak.

    BalasHapus
  32. Loker BUMN paling banyak dicari yah, paling menggiurkan banget. Namun saingannya banyak hehe

    BalasHapus