Sukses Menggali Potensi Diri Bersama Brain Academy - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Minggu, 18 Juli 2021

Sukses Menggali Potensi Diri Bersama Brain Academy

 


Assalamualaikum Sahabat. Memiliki dua anak dengan dua tipe belajar ini tentu menjadi motivasi bagi saya untuk memahaminya secara mendalam. Si sulung adalah anak yang suka berdiam di kamar saat belajar dan membutuhkan keheningan. 


Sementara adiknya yang juga cowok, lebih menyukai ada suara di sekitarnya seperti alunan musik. Si bungsu ini juga suka belajar di mana saja, nggak harus di kamarnya. Bisa keluar rumah di teras belakang, di ruang tamu, di mushola yang ada di rumah, pokoknya nggak bisa menetap.


Saya awalnya melarang si bungsu belajar di sembarang tempat. Saya menganggap kondisi ideal seorang anak saat belajar adalah di kamar masing-masing. 


Tipe Gaya Belajar Anak

Ternyata  prinsip  saya  tentang hal ini salah besar. Karena masing-masing anak memang memiliki konsep belajar yang tak sama. Ada tiga model belajar anak, yaitu virtual, auditori, dan kinestetik.


Masing-masing gaya belajar ini memiliki karakteristik yang berbeda tentunya. Untuk gaya belajar visual, biasanya anak dengan tipe seperti ini lebih mudah mengingat dari apa yang tertangkap di indra penglihatannya. Dia juga lebih suka membaca dibanding mendengarkan. Jadi ketika di kelasnya guru menyampaikan materi pelajaran, anak ini lebih mudah memahaminya ketika mengulang di rumah dengan membaca kembali materi tersebut.


Gaya belajar berikutnya adalah auditori. Anak dengan tipe ini lebih mudah mengingat materi dengan cara mendengar. Dia juga biasanya lebih senang membaca dengan mengeluarkan suara.


Nah yang ketiga adalah gaya belajar kinestetik. Anak dengan tipe ini biasanya lebih menyukai belajar sambil beraktivitas. Bisa berjalan keliling rumah atau malah sampai keluar. Dia tidak betah duduk tenang di kursi dan menghadap buku di meja. 


Seperti ini juga si bungsu dulu saat belajar di rumah. Sambil lari bahkan loncat kesana kemari dengan mengingat materi pelajaran. Misalkan matematika, saya harus membuatkan alat peraga. Itu lah sebabnya saya ikutkan si bungsu kursus jarimatika. Berhitung dengan cara menggunakan rumus jari tangan. Belajar matematika menjadi hal yang menyenangkan untuk si bungsu. 


Apapun yang menjadi gaya belajar anak-anak, bukan hal penting ya sahabat. Sebagai ibu tugas kita adalah membimbing dan mengarahkan anak-anak di bidang yang disukainya. Dalam hal ini minat belajar yang pasti juga berbeda. Si A suka belajar matematika dengan mudah. Sementara adiknya lebih menyukai pelajaran bahasa. Seperti si  bungsu yang suka belajar bahasa asing secara otodidak. Namun kakaknya mesti diikutkan kursus untuk belajar bahasa Inggris.


Tiap anak memiliki minat masing-masing. Alangkah senangnya bila sejak kecil mereka udah menunjukkan minat pada bidang tertentu. Orang tua tugasnya menjadi mudah karena bisa membimbing sesuai minat si anak. Dan saya beruntung anak-anak sudah menentukan pilihan ketika akan lulus sekolah tingkat SMP.


Memilih Bimbingan Belajar Terbaik 

Eh tapi kan ada juga anak yang bingung waktu ditanya lulus SMA mau kuliah jurusan atau fakultas apa. Seperti sepupu saya yang galau karena anaknya tahun depan udah bakal lulus SMA. Namun keponakan saya itu belum bisa menentukan pilihannya. Terlebih pandemi juga telah mengubah gaya belajar menjadi PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). 


Tahu kan kalo selama setahunan terakhir ini banyak drama terjadi antara orang tua terutama ibu dengan anak-anaknya. Nah sepupu saya termasuk salah seorang ibu yang drama banget karena anaknya selalu menjawab terserah tiap kali ditanya pilihan kuliahnya.

 

Hingga akhirnya saya menyarankan untuk mencari tahu bimbingan belajar yang udah terkenal di kalangan orang tua dan siswa. Ruangguru memiliki beragam pilihan kelas virtual yang menyediakan layanan bimbingan materi pelajaran dari guru terbaik Indonesia.


Sepupu saya tertarik setelah membuka website Ruangguru dan menemukan Brain Academy. Brain Academy adalah sebuah platform pembelajaran online yang didirikan oleh RuangGuru untuk membantu siswa agar dapat belajar online dengan bimbingan dari para Star Master Teacher yang juga dilakukan secara online.


Kegiatan belajar yang dilakukan secara online dengan menggunakan Brain Academy Online akan membantu anak-anak lebih interaktif selama proses belajar. Yang menarik sepupu saya adanya kelas pengembangan diri dan fasilitas modern. Ini pas banget untuk anaknya yang masih bingung menentukan pilihan kuliahnya.


Mendengar penuturan sepupu yang semangat banget setelah menemukan bimbingan belajar online termurah di Brain Academy udah bikin saya ikut hepi. Hmm... udah pasti ya kalo bimbingan belajar online Brain Academy sebagai solusi orangtua yang kesusahan dalam membantu anak ketika PJJ.


Sukses Belajar Bersama Brain Academy

Yang perlu sahabat ketahui, Brain Academy ini satu-satunya bimbingan belajar yang menawarkan kombinasi bumbingan belajar offline dan online. Untuk kelas offline-nya sudah tersebar di 25 kota di 10 provinsi Indonesia. Sepupu bercerita akan berkunjung ke bimbel Brain Academy yang ada di Kota Semarang. Karena dia tertarik mengetahui ada bimbel dengan kelebihan khusus, memiliki guru-guru terbaik serta kelas pengembangan diri. 

Picture taken by Brain Academy Semarang

Untuk kelas pengembangan diri ini layanan tambahan yang gratis. Siswa yang ikut bimbel di Brain Academy akan mengikuti kelas tambahan Critical thinking, communications, problem solving, leadership, teamwork, technology literacy, dan lainnya.


Orang tua dan calon siswa bisa melihat ruang kelas yang memiliki fasilitas modern dan didukung dengan teknologi terkini. Sudah tersedia gadget dan high-speed WiFi di kelas untuk mendukung pembelajaran online.


Sepupu saya menuturkan kalo anaknya senang setelah melihat di website dan aplikasi, tentang fasilitas Brain Academy by Ruangguru Semarang. Apalagi Brain Academy Semarang telah menerapkan  protokol kesehatan. Berikut ini protokol kesehatan yang diterapkan oleh Brain Academy :



Keunggulan Bimbingan Belajar Academy Online 

Mengingat kondisi pandemi saat ini yang meningkat kasusnya, orang tua bisa juga memilih kelas belajar online. Berikut  fitur-fitur menarik yang menjadi keunggulan Brain Academy Online:


- Kelas Live interaktif 

Bimbel online dengan Star Master Teacher, bisa diakses melalui aplikasi dan desktop. Dengan jadwal yang sudah ditetapkan, anak bisa memilih yang sesuai dengan waktu belajarnya. Untuk rekeman live juga bisa diakses kapan aja dan di mana aja.


- Modul Belajar 

Modul belajar yang dikirim ke rumah ini pas banget kan dengan situasi pandemi sekarang. Anak dan orang tua tidak perlu mengunjungi Brain Academy. Modul lengkap yang dicetak untuk pembelajaran 1 tahun akan dikirim ke rumah siswa.


- Kelas pengembangan soft skill

Nah ini nih yang menarik minat sepupu saya memilih Brain Academy. Anaknya yang belum punya tujuan kuliah dan jurusan bisa mendapatkan pencerahan apabila gabung di sini. Karena bimbel online ini memiliki kelas tambahan seperti tips masuk PTN favorit. Bahkan ada juga nih penggalian minat tentang prospek karir, belajar percaya diri menjadi public speaking dan mengembangkan kreativitas yang dimiliki.


- Klinik PR

Nah ada fitur asik nih buat siswa yang bingung mengerjakan PR dari sekolah. Bimbingan belajar online ini memiliki sesi Klinik PR untuk tugas sekolah. Tentunya dengan pendampingan Master Teacher secara ekslusif dalam grup kecil melalui video call.


- Komunitas hobi kekinian

Bertemu teman dari seluruh Indonesia yang memiliki hobi sama tentu menyenangkan. Nah kalian bisa bergabung ke dalam lebih dari 50 Klub Hobi kekinian. Misalnya ada Fotografi, English club, Menari, Musik, dan lainnya.

- Komunitas Diskusi Soal

Ini salah satu keunggulan yang menarik. Dalam satu grup kecil yang akan sharing berbagai latihan soal yang sulit. Seperti diskusi gitu dengan tutor serta teman dari seluruh Indonesia yang siap menjawab


- Konseling Pendidikan

Tersedia konseling secara privat dengan media video online bersama guru wali. Dan juga ada laporan perkembangan anak untuk orang tua.


- Tryout Ujian

Tryout ujian ini tentunya penting banget.  Untuk persiapan ujian mandiri, siswa bisa mengerjakan tipe-tipe soal yang terbaru. Jadi nggak bakal ketinggalan dengan temannya di bimbel lain. 


Kalo masih penasaran dan ingin tahu lebih lanjut, Brain Academy menawarkan kelas gratis belajar live dengan Master Teacher. Boleh dicoba nih untuk orang tua yang memiliki anak-anak kelas akhir dan ingin lolos ujian masuk PTN favorit.


Mumpung baru masuk kelas, sahabat bisa tuh mendaftarkan anak-anaknya. Ada info menarik juga, kalo Brain Academy memberikan diskon yang bikin hepi. Mau tahu? Yuk kepoin aja website atau coba gratis aplikasi Ruangguru, dan klik Brain Academy. Semoga bermanfaat, wassalamualaikum.

23 komentar:

  1. Bener banget nih, Bun, memang solusi terbaik anak belajar adalah di kamarnya masing-masing apalagi dengan brain academy ini bunda gak takut lagi.

    BalasHapus
  2. Brain academy membantu sekali saat pembelajaran seperti apalagi untuk anak yang punya tipe berbeda dalam belajar memang ini solusi terbaiknya.

    BalasHapus
  3. Nah, spakat banget Mbaa. Pertama kita harus mengenali cara belajar anak bagemana, biar bisa mencari bimbel yang pas dengan caranya belajar si anak yaa. Apalagi Pandemi begini, belajar di rumah kadang bumerang buat anak dan orang tuanya.
    Solusi yang tepat seperti yang disarankan pada sepupunya, kalo Brain Academy ini satu-satunya bimbingan belajar yang menawarkan kombinasi bumbingan belajar offline dan online. Asik banget yaa. Fitur2nya juga udah lengkap dan terpercaya
    PR buat kita sebagai ibu tugas kita adalah membimbing dan mengarahkan anak-anak di bidang yang disukainya. Smangaat !!

    BalasHapus
  4. Brain Academy ini berarti memang memberikan tawaran bimbingan belajar offline dan online ya mbak!

    Aku malah baru tahu bahwa kelas offline-nya sudah banyak tersebar di 25 kota di 10 provinsi Indonesia!

    BalasHapus
  5. Tiap anak punya tipe belajar yang berbeda ya mbak, gak bisa disamakan satu sama lain. Brain Academy membantu siswa dalam pembelajaran online dengan master teacher yang berkualitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ad fitur pengembangan diri gitu yah Kak, jd anak bisa mengembangkan skillnya melalui brand academy online

      Hapus
  6. Brain Academy ini Tempat bimbingan belajar yang beda, dengan adanya kombinasi bimbel offline & online bersama guru les terbaik.

    Bukan hanya itu, Brain Academy didukung juga oleh kelas pengembangan diri dan fasilitas modern. No pusing pusing club hadapi tahun ajaran baru.

    Anak-anak bisa belajar dengan girang, ortu juga ngga perlu dilanda meriang dan meradang :D

    BalasHapus
  7. Ternyata Brain Academy ini ada offline maupun online ya mbak. Fitur pembelajarannya keren banget, apalagi gurunya lulusan PTN terbaik dan diseleksi khusus. Pembahasan materi sekolahpun ada videonya dan anak bisa konsultasi khusus. Yang seru lagi ada juga kelas pengembangan diri, mantap ini :)

    BalasHapus
  8. Setuju banget dibagian cara belajar anak tuh beda-beda. Kalau aku dulu belajar emang sukanya duduk di meja belajar, sambil kerjain soal. Tapi kalau anakku sekarang beda lagi. Lebih cepat ngerti kalau pakai alat peraga atau sambil praktik.

    BalasHapus
  9. Lengkap, canggih, dan keren ya fasilitas yang tersedia di brain academy... Bikin anak-anak betah belajar...

    BalasHapus
  10. Dulu produk Ruangguru belum seberagam sekarang, tapi anakku yang cowok udah bimbel di Ruangguru sejak belum masuk SMA. Sukurnya sejak di kelas 10 dia udah ketemu sama apa yang jadi minat dia, dan itu ditekuni, hingga akhirnya nggak susah buat nentuin masuk kuliah di mana dan jurusan apa. Apalagi sekarang ya, ada Brain Academy ini bisa lebih ngebantu lebih cepat lagi. Mau kucoba buat anakku yang cewek.

    BalasHapus
  11. brainy academy ini juga dari ruangguru ya mama? lengkap banget ya. Yang paling menarik buatku ada konsultasi online dengan guru walinya, ini sebuah nilai plus lho...

    BalasHapus
  12. Cara belajar setiap anak itu emang beda-beda, jadi ingat waktu jaman aku masih sekolah dan adikku memiliki cara belajar yang berbeda. Kalau sekarang anakku tipe yang belajarnya mau diceritain dulu. Ini ternyata Brain Academy salah satu produknya Ruangguru ya? Banyak juga ya produknya Ruangguru jadi orang tua juga punya pilihan untuk anaknya ya mak.

    BalasHapus
  13. Produknya Ruangguru banyak banget. Aku lagi mencerna apa bedanya yang ini dengan yang itu. Kalau Brain Academy ini les online plus offline. Ruangbelajar itu video belajar mandiri. Mau yang mana, orang tua sebagai fasilitator anak dalam belajar selalu kasih dukungan mana yang cocok.

    BalasHapus
  14. Memang Ruangguru itu biayanya lebih murmer dibandingkan bimbel lainnya di luaran sana. Soalnya terjangkau banget biaya per sesinya. Kalau diitung-itung biaya per tahun memang lebih terjangkau dibandingkan bimbel di luaran sana. Brain Academy adi bimbel online plus offline juga. Fiturnya juga lengkap.

    BalasHapus
  15. Senang banget ya keponakan jadi terbantu dengan adanya fitur konsultasi pendidikan di Brain Academy anak dibantu menemukan jurusan kuliah sesuai minatnya. Bagus nih bimbel nya bisa kombinasi online dan tatap muka ya Mbak

    BalasHapus
  16. Aku udah liat nih mba Brain Academy. Inovasi yang harus didukung. Selain itu juga sangat ngebantu sekali anak untuk belajar apalagi di kala pandemi ini

    BalasHapus
  17. iyap sepakat mbak kalo kita harus kenali tipe belajar anak supaya bisa bantu mereka sukses belajar. Nah brain academy itu jadi patner belajar yang tepat ya, bisa offline dan online kursusnya

    BalasHapus
  18. Oh Brain Academy ini juga menyediakan fasilitas hybrid learning ya. Keren jugaaa. Jadi bisa belajar online dan offline. Biayanya juga keknya lebih murah dari bimbel offline nih.

    BalasHapus
  19. Biayanya itu termasuk murah bgt ya mba dibanding bimbel diluar sana. Dan bnr2 racun buat mak2 yg sk galau ngajarin anak pas pandemi gini

    BalasHapus
  20. Brain Academy by Ruangguru ini memang pilihan yang tepat ya mbak, agar bisa membantu anak mengembangkan semua potensinya
    sukanya lagi Brain Academy ini menggunakan sistem blended learning

    BalasHapus
  21. Pengembangan soft skill ini bagus banget sih menurutku mba. Jadi ga hanya akademiknya saja, tapi juga ketrampilan hidup lainnya yang diperlukan nantinya di dunia kerja

    BalasHapus
  22. Dengan fitur-fitur unggulan di atas, belajar online di Brain Academy memang layak dipertimbangkan!

    Senang banget kalau ada perusahaan yang bisa melihat peluang sekaligus memberikan solusi di masa sulit seperti ini.

    BalasHapus