Aplikasi Belajar Online Yang Sesuai Untuk Menemani Siswa Sekolah Daring - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Senin, 12 Juli 2021

Aplikasi Belajar Online Yang Sesuai Untuk Menemani Siswa Sekolah Daring

 


Assalamualaikum Sahabat. Setahun belakangan merupakan momen yang cukup sulit bagi orang tua dengan anak yang masih sekolah. Baik tingkat dasar maupun tingkat lanjut. Pandemi telah mengubah gaya berkomunikasi yang sudah tertata selama ini. Menjaga jarak salah satu yang diwajibkan untuk mengurangi resiko tertular virus Covid 19.


Pembelajaran Jarak Jauh menjadi pilihan utama hampir dua tahun ini. Siswa, tenaga pengajar, dan orang tua menjadi tokoh utama yang larut dalam sekolah daring ini. Bukan hal mudah tentunya dengan pilihan ini karena tidak semua pihak memiliki kesiapan dalam hal materi pembelajaran daring. Bahkan nyaris semua orang tua berkeluh kesah, curhat di media sosial, ataupun di WAG tentang kesulitan PJJ.


Apalagi setiap anak memiliki cara yang berbeda untuk memahami materi pelajaran. Ada yang cukup mendengar guru memberikan materi, udah bisa memahami. Namun ada yang butuh mencatat materi dan kemudian mempelajarinya lagi di rumah. Ada anak lain yang membutuhkan bantuan dari orang tua, kakak, pembimbing untuk memahami materi pelajaran. 


Adaptasi Pembelajaran Daring

Pandemi mengharuskan semua orang untuk beradaptasi. Bukan hanya orang dewasa, yang beruntung WFH dengan aturan kerja dari perusahaannya. Anak sekolah pun harus ikut berdaptasi dengan sekolah daring atau PJJ. Sebuah kondisi yang sebenarnya tidak idel bagi setiap anak di semua tingkatan sekolah. Namun mau bagaimana lagi, situasi pandemi memang mengharuskan kita mesti menerima kondisi ini.


Sekolah tatap muka masih dalam angan-angan. Siswa masih harus bersabar dengan metode sekolah daring. Sementara model Pembelajaran Jarak Jauh itu lebih banyak rumitnya dibanding model tatap muka. 


Kita sebagai orang tua tentu merasakan, gimana susahnya memahami materi pelajaran saat di kelas. Namun dengan sekolah tatap muka, siswa bisa bertanya bila menemukan masalah dengan materi yang belum dipahami. Sementara ketika pembelajaran jarak jauh, beberapa masalah muncul. Dari koneksi internet yang tidak stabil, materi yang susah dipahami karena tenaga pengajar tidak bisa optimal menyampaikannya.


Sementara orang tua yang diharapkan bisa menemani PJJ, juga tak mampu berbuat banyak. Adik saya yang masih memiliki anak usia sekolah dasar sampai harus ikut belajar materi dari guru anaknya. Atau cerita teman saya mba Lidya, ngikutin jadwal pelajaran anak bungsunya. Bahkan kayak adik saya ikut membaca materi yang dibagikan melalui Google ClassRoom. Menerima materi dari WAG kelas dengan Video pembelajaran guru di Youtube. Juga memantau anaknya mengisi Google Form untuk latihan soal.


Masalahnya tidak semua orang tua bisa menemani anaknya saat PJJ. Bisa karena kesibukan pekerjaan rumah, masih harus ngantor karena tidak menerapkan WFH, atau karena tidak mampu mengikuti materi pelajaran si anak. Ya kan tak semua orang tua mampu memahami materi pelajaran. Namun mereka tetap peduli dengan kemajuan pemahaman materi anak-anaknya. 

 

Salah satu jalan terbaik bisa dipilih oleh orang tua adalah aplikasi belajar online untuk menemani anak-anak belajar di rumah. Anak menjadi enjoy menerima pelajaran dari guru di sekolah daring, karena ada aplikasi belajar online yang ngebantu dia memahami materi lebih mendalam.


Pilihan Aplikasi Belajar Online dari Ruangguru



Saya memang sudah tidak memiliki anak usia sekolah dasar maupun tingkat lanjut. Si bungsu sudah menjadi mahasiswa yang tentunya bisa belajar sendiri. Apalag dia memilih kuliah di jurusan yang diimpikannya yaitu Desain Komunikasi Visual. 


Bagi adik saya, atau juga orang tua yang masih memiliki anak usia sekolah dasar hingga tingkat lanjut, wajar bila ingin meminta bantuan bimbingan belajar. Terlebih sekarang kita dimudahkan dengan fasilitas internet yang mendukung produk layanan bimbingan belajar secara online.


Teman saya yang sudah menggunakan aplikasi belajar online, mba Lidya juga menyarankan Ruangguru. Saya pun ikutan kepo aplikasi belajar online pilihannya. Meski tidak lagi membutuhkan, saya bisa membantu adik saya yang masih butuh bantuan untuk menemani anaknya PJJ.


Aplikasi belajar online Ruangguru memang yang terbaik dan terbesar di Indonesia. Dengan pengguna sebanyak lebih dari 22 juta, dan 300 ribu lebih tenaga pengajar, bisa menjadi solusi belajar online terlengkap untuk siswa SD, SMP, SMA dan SMK.


Dengan menggunakan aplikasi belajar online Ruangguru, sebanyak 96% pengguna bimbel mengalami peningkatan nilai dalam waktu 3 bulan. Dan ada sebanyak 69% pelajar SMA pengguna bimbel Ruangguru sukses diterima di perguruan tinggi negeri impiannya.


Mengapa Memilih RuangBelajar by Ruangguru?


Dari hasil kepo saya di aplikasi belajar online Ruangguru, serta testimoni teman yang udah menggunakannya, saya rangkum testimoni mereka. Berikut ini keuntungan memilih Ruangbelajar dari Ruangguru :

  • Layanan Belajar Online Mandiri

Orang tua yang ingin anaknya bisa belajar mandiri namun tetap ada pembimbing untuk mengupas materi pelajaran, tak lagi merasa bingung. Ruangbelajar dari Ruangguru memberikan layanan belajar online yang paling lengkap. Terdapat puluhan ribu video belajar yang dikemas dengan animasi yang menarik. Pengguna Ruangbelajar untuk SD pasti mengenal video animasi Dafa Lulu kan. Belajar jadi lebih menyenangkan sehingga anak-anak pun mudah menerima materi.

  • Terdapat Ratusan Ribu Soal dan Pembahasan
Untuk mengasah kemampuan siswa, ada beragam fitur latihan seperti bank soal, Latihan Bab, Cek Kemampuan, dan Kuis untu memastikan pengguna sudah memahami materi yang dipelajari.

  • Bisa Diakses Secara Offline

Bagi orang tua yang memiliki fasilitas internet terbatas, tidak perlu bingung. Semua materi belajar di Ruangguru bisa di-download dan diakses secara offline tanpa koneksi internet.

  • Belajar Bisa Lebih Menyenangkan
Belajar di Ruangguru dilengkapi fitur gamification untuk membuat siswa lebih semangat dalam belajar. Semakin rajin, semakin banyak hadiah yang bisa dikumpulkan. Tentunya anak-anak nggak gampang bosan ya saat belajar.

  • Orang Tua Bisa Memantau Perkembangan Anak
Bagi orang tua yang tidak memiliki waktu luang banyak, tetap bisa kok memantau perkembangan anak-anaknya dari belajar di Ruangbelajar. Ruangbelajar menyiapkan fitur Rapoor Anak untuk memudahkan orang tua memantau perkembangan anak-anaknya. Cukup ketik Rapor Anak ke WhatsApp di 081578200000, orang tua akan mendapatkan laporan belajar anak secara komprehensif.


Dengan memilih aplikasi belajar online di Ruangbelajar dari Ruangguru, anak tidak lagi merasa bingung, takut, atau bahkan tertekan saat sekolah daring. Kalo menemukan materi pelajaran yang sulit saat sekolah daring, bisa juga ditanyakan pada Master Teacher terbaik.



Orang tua yang sibuk di tempat kerja dan pulangnya masih harus ngurus rumah, tidak lagi terbebani dengan keluhan si anak tentang pelajaran sekolah. Saya yang pernah bekerja di luar rumah bisa merasakan gimana pusingnya ibu yang menghadapi keluhan anaknya. 


Beberapa pilihan paket untuk 1 Tahun Ajaran 2021/2022 juga sangat menarik. Bahkan kalo saya ingat-ingat, harga di Ruangbelajar dari Ruangguru ini lebih murah dibanding anak saya ikut bimbel jadul.


Ruangbelajar dari Ruangguru sangat membantu bagi siswa yang saat ini masih harus sekolah daring. Dengan beragam pilihan dan fitur yang ada dalam aplikasi belajar online di Ruangguru, orang tua yang selalu peduli dengan pembelajaran anaknya akan terbantu. Tak ada lagi huru hara di rumah karena anak belajar dengan suasana yang menyenangkan.


Sahabat yang juga masih memiliki anak usia sekolah dasar hingga tingkat lanjut, bisa kepoin dulu website Ruangguru. Atau bagi kalian orang tua dengan anak-anak yang udah ikut bimbingan belajar online di Ruangguru, boleh dong sharing di kolom komentar. Semoga bermanfaat untuk pembaca, wassalamualaikum.

22 komentar:

  1. PJJ oh PJJ...semoga tak ada lagi drama setelah setahun lebih menjalaninya yaa. Orang tua pun bisa memberikan pilihan untuk anak2nya mengikuti bimbingan belajar online yang terbaik kek Ruangguru ini. Sudah ga diragukan lagi kiprahnya banyak menghasilkan yang terbaik .
    Dengan kelebihannya dan beragam piliha, fitur yang ada dalam aplikasi belajar online di Ruangguru, orang tua yang peduli dengan pembelajaran anaknya akan terbantu. Ahh, jadi bikin happy semuanyaa dan sekolah PJJ pun tambah happy.

    BalasHapus
  2. banyak yang pakai ruang guru ya? saya jadi penasaran mau coba rekomendasiin ke Abang nih.. buat dia belajar.

    BalasHapus
  3. Memang situasi bener2 ngga kondusif ya Mba
    Apalagi dari sisi pendidikan utk anak.
    Duhh, bener2 mengkhawatirkan.
    Tapii, kita memang kudu bisa beradaptasi, dalam situasi kayak gimanapun.
    Dan, Alhamdulillah produk2 RuangGuru sangat berfaedah utk memudahkan anak2 belajar online yak.

    BalasHapus
  4. ruangguru tuh beneran kasih solusi untuk PJJ ya. anakku juga pakai ruangguru dan kelihatan enjoy banget tuh kalau belajar di ruangguru. Materinya kan bisa diulang-ulang sesuak hati. Penyampaian materinya juga asyik.

    BalasHapus
  5. Usia anak sayapun belum memasuki bagian yang membutuhkan applikasi belajar. Namun melihat perkembangan ruang guru, semakin baik. Semoga ruang guru selalu berinovasi

    BalasHapus
  6. hahaha bimbel jadul ya mba, untuk kondisi seperti sekarang memang mau gak mau kita harus adaptasi dengan perubahan termasuk pembelajaran melalui aplikasi online ya mba.. Ruangguru udah ngehits banget dg produk2 dan inovasinya emang

    BalasHapus
  7. Bimbingan belajar online di saat pandemi memang udah terbukti membantu. Anak-anak saya lebih suka belajar di bimbelnya. Katanya lebih mudah mengertinya

    BalasHapus
  8. Belajar online saat pandemi emang kadang penuh tantangan ya mbak
    beruntung ada bimbel online seperti Ruangguru ini
    bisa membantu anak memahami materi pelajaran

    BalasHapus
  9. Keponakan juga kuunduhin Ruangguru dan dia belajar juga di Ruangbelajar. Seneng karena minimal bisa meminimalisir drama selama PJJ ini. Mana fiturnya juga oke-oke lagi

    BalasHapus
  10. Lho ada rapornya juga? waktu aku les zaman dulu kala enggak pakai dikasih rapor. Yang ini berarti bisa dapat 2 penilaian dari sekolah dan juga bimbel.

    BalasHapus
  11. Senengnya sekarang banyak banget platform belajar online buat anak-anak sekolah. Selain bikin fokus belajar, juga bisa bantu ortu yang nggak selalu bisa nemenin anaknya belajar karena urusan pekerjaan ya mbak. Ruangguru sih udah oke banget, fitur-fiturnya menarik.

    BalasHapus
  12. Aku udah pernah nyoba setahun mba. Kayaknya mau lanjut juga . Dan ini ngebantu apalagi aku kan kerja mba jadi anak terbantu saat belajar. Aku juga bisa bahas bareng anak

    BalasHapus
  13. Ruangguru menurutku aplikasi bimbel online yg inovatif. Ada fitur-fitur baru yang menarik bagi anak untuk belajar daring bersama ruangguru. Jadi kalo yg awalnya nggak atau kurang paham dg yg disampaikan oleh gurunya secara daring, bersama bimbel ruangguru bisa lebih paham akhirnya

    BalasHapus
  14. Menarik ya mbk aplikasi belajar online ruangguru ini. Harganya terjangkau, videonya bisa diputar berkali kali pula. Jadi kalo belum paham bisa dipelajari lagi

    BalasHapus
  15. Iya banyak mamak yang puas ya mendaftarkan anak di Ruang Belajar, anak lebih paham materi pelajaran dan metode belajarnya lebih menyenangkan karena ada games dan kuis

    BalasHapus
  16. Duuh senangnyaaaa ada ruangguru yaa mbak

    Jadi sekarang ada fitur gamification untuk membuat siswa lebih semangat dalam belajar. Semakin rajin, semakin banyak hadiah yang bisa dikumpulkan!

    Kalo belajarnya kayak gini, anak-anak nggak gampang bosan ya saat belajar.

    BalasHapus
  17. Iya, Alhamdulillah banget sekarang ada ruangguru. Jd emak semacam punya partner spy gak pusing2 banget ya. Aplagi situasi skrg mmg sdh begini

    BalasHapus
  18. Drama pjj ini menurutku bakalan masih panjang mak. Memang kita yang harus adaptif. Mau ga mau memang harus cari strategi jitu biar anak tetap menguasai skill bahasa asingnya.

    BalasHapus
  19. Aplikasi kyk gini cukup memudahkan dan membantu ortu saat menemani anaknya belajar ya mbak? Khususnya di situasi kyk skrng yang belajarnya tu masih banyak di rumah.
    Apalagi untuk anak kelas lanjut/ kelas atas yang butuh banyak materi soal2, layanan aplikasi ini akan sangat membantu mereka belajar.

    BalasHapus
  20. Orang tua seperti saya ini yang bekerja dua-duanya, merasa terbantu banget Mbak dengan adanya Ruangguru. Jadi anakku bisa anteng bahas soal dengan Ruangguru.

    BalasHapus
  21. Pengguna ruangguru yang sudah luar biasa banyak membuktikan bahwa ruangguru adalah aplikasi belajar online terbaik.
    Aku pun akhirnya ikutan bergabung di ruangguru kemarin. Untuk membantu kaka memahami persiapan ujian akhir semester.

    Alhamdulillah,
    sangat terbantu sekali.

    BalasHapus
  22. seneng liat promonya gedeee bisa buat nemeni anakku setahun ke depan belajar online mak
    aku lagi cari2 kode voucher buat masukin diskon kan lumayan buat belajar xixixi

    BalasHapus