Pendanaan Untuk Mendukung UMKM Bersama P2P Lending Akseleran - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Senin, 10 Mei 2021

Pendanaan Untuk Mendukung UMKM Bersama P2P Lending Akseleran

 

Assalamualaikum Sobat. Sudah satu tahun lebih berjalan, ada hikmah di balik musibah pandemi yang hadir di tengah masyarakat. Seperti bermunculan usaha kecil rumah tangga dari para pekerja yang kena PHK. Dengan bermodalkan uang pesangon usaha kecil yang kreatif mampu tumbuh dan berkembang meski badai pandemi masih ada.


Salah satunya adalah usaha catering milik adik teman saya yang usianya baru 14 bulan. Tadinya Irma yang tinggal di Tegal ini adalah ibu rumah tangga. Namun sejak suaminya mengalami PHK karena omzet penjualan menurun, mengakibatkan keuangan rumah tangganya ikut terganggu. Jalan satu-satunya yang dikuasai oleh Irma adalah membuka catering. Kali ini sang suami setuju dan malah memberikan dukungan dengan menjadi pengantar pesanan masakan.



Usaha yang baru dimulai tentu membutuhkan modal. Untuk peralatan masak sih aman ya. Sementara untuk belanja bahan masakan awalnya juga gak masalah karena ada modal dari uang pesangon. Namun ketika pesanan makin banyak cukup bikin pusing Irma. Alasannya pesanan untuk nasi kotak yang masuk kadang mencapai 50 - 100 dus. Tentu butuh duit yang cukup banyak untuk belanja kebutuhan bahan masakan. Apalagi kalo pemesan lebih dari 2 orang. 


Irma harus membagi bugdet dalam beberapa pos pengeluaran. Dari membeli bahan masakan, wadah kotak makanan, membayar karyawan, hingga untuk biaya pengantaran. Karena kebetulan suaminya udah mulai masuk kerja juga hingga tak bisa membantunya. Nah masalah muncul karena pemesan juga membayar ketika nasi kotak udah sampai di tengan mereka.



Bagi pemilik usaha kecil yang masih terbilang awam, mengusahakan modal juga butuh pengetahuan. Nggak hanya itu saja. Keberanian mencari modal butuh tekad tersendiri. Pinjam pada saudara atau teman, antara takut untuk menyampaikannya atau malu karena tidak pernah berhutang. Mengajukan pinjaman ke bank konvensional juga prosesnya nggak bisa cepat. Mengapa tidak coba pendanaan online dari P2P Lending?


Pendanaan Online Memudahkan UMKM Mendapatkan Dukungan Modal

Saat ini di tengah masyarakat sudah hadir P2P Lending. Bagi yang belum mengenal apa itu peer 2 peer (P2P) Lending, saya akan jelaskan sedikit. P2P Lending adalah jasa keuangan yang mempertemukan pemberi pinjaman (lender) dengan penerima pinjaman (borrow) secara langsung (online) melalui teknologi digital.


Salah satu P2P Lending yang hadir menjadi penghubung UMKM dengan Lender adalah Akseleran. Akseleran adalah platform peer-to-peer lending di Indonesia yang menghubungkan pemberi dan penerima pinjaman yang memiliki usaha produktif.


Akseleran terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Akseleran sudah memiliki izin per tangga 13 Desember 2019 yang tercatat dalam surat tanda berizin KEP-122/D.05/2019. Akseleran juga menjamin keamanan investasi pendanaan. 


Dengan sertifikat ISO 27001 full scope, Akseleran menjamin keamanan data si penerima pinjaman (borrow), maupun si pemberi pinjaman (lender). Pengajuan pinjaman juga diseleksi ketat oleh tim profesional dan berpengalaman. Selain itu, di semua kampanye pinjamannya sudah terportesi asuransi kredit yang menjamin pengembalian tunggakan pokok hingga sebesar 90%.


Dengan memberikan dukungan pinjaman UMKM di Akseleran, sebagai lender kita juga dapat memperoleh manfaat ekonomi berupa bagi hasil hingga 21% per tahun. Nilai ini tentu lebih besar dibanding produk keuangan lainnya. Proses pemberian pinjaman secara online dengan konsep pinjam meminjam yang mudah dipahami. 


Kalian sebagai pemberi pinjaman bahkan bisa memulai pendanaan dari 100 ribu rupiah. Nantinya dana kita ini akan dipinjamkan dan berkembang karena dimanfaatkan oleh pemilik UMKM yang membutuhkan dukungan modal di Akseleran. 


Menjadi Pemberi Pinjaman Untuk Manfaat Ekonomi


Tertarik untuk menjadi pemberi pinjaman dan mendapatkan bagi hasil serta memberikan manfaat ekonomi bagi UMKM, bisa dimulai dengan melakukan registrasi. Kalian bisa membuka website Akseleran di www.akseleran.co.id atau download aplikasi Akseleran di Google Play Store (Android) atau Apple Apps store (iOS).

1. Siapkan Email dan Password

Pada halaman pertama, pilih daftar. Kemudian isi dengan email dan password. Jangan lupa baca dan pelajari kebijakan privasi. Setelah itu tekan lanjut.


2. Masukkan Kode Referral

Selanjutnya masukkan kode referral. Pakai   kode referral AKSLHIDAYAH417312 ya, agar mendapatkan free saldo sebesar Rp100.000,- yang bisa langsung digunakan untuk berinvestasi pendanaan. 


3. Verifikasi Email

Lakukan verifikasi email, agar akun Akseleran bisa diakses. Setelah sukses verifikasi alamat email, sekarang waktunya untuk verifikasi nomor handphone.  Nomor ini akan digunakan demi keamanan akun, tim Akseleran akan mengirim kode OTP yang nantinya digunakan untuk verifikasi.


4. Lengkapi Profil

Langkah selanjutnya adalah melengkapi profil akun Akseleran. Lengkapi profil Akseleran agar akun kita bisa digunakan sebagai pemberi pinjaman (lender) perorangan.

Siapkan KTP dan nomor NPWP. Input data sesuai dengan yang ada di KTP. Ikuti seluruh langkah dengan mengisi data rekening bank dan di akhir prosesnya adalah tanda tangan. Sekarang kamu tinggal menunggu 1x24 jam untuk proses verifikasi yang dilakukan oleh team Akseleran.


Nah, jika sudah mengisi profil, lakukan pinjaman dengan saldo yang ada dari kode referral  AKSLHIDAYAH417312 sebesar Rp100.000-,. Atau kamu bisa melakukan tambah dana (top up) untuk melakukan proses pengembangan dana di Akseleran.


Selain mendapatkan keuntungan dari mengembangkan dana melalui pendanaan, di Akseleran kita juga bisa mendapatkan keuntungan dari kode referral yang kita miliki. Jadi share juga kode referal pada teman atau kerabat yang ingin mendukung pendanaan online untuk UMKM.


Semoga sharing tentang pendanaan online bersama P2P Lending Akseleran ini bermanfaat untuk sobat semua. Share juga ya kode referral yang udah saya tulis di atas agar kamu bisa mendapatkan saldo Rp. 100.000,- dan memulai langkah mendukung UMKM. Terima kasih udah membaca artikel ini dan sampai jumpa. Wassalamualaikum.

23 komentar:

  1. Akseleran ini sangat membantu pelaku umkm ya mbak, dgn pendaaan yang diberikan para pelaku umkm bisa lebih mengembangkan usahanya.

    BalasHapus
  2. Akseleren saya baru mengenal dari tulisan ini, akseleren melihat skema membantu peminjam untuk berusaha ekonomi. Tentunya di bawah pengawasan OJK semoga membantu masyarakat.

    BalasHapus
  3. Saat ini di masyarakat desa di tempat tinggal saya juga banyak yang mendapat pendanaan baik dari perbankan, fintech, dll. Mereka istilahnya meminta bantuan modal untuk bangun bisnis rumahan dll. Nah, sepertinya akseleran juga sama ya kak membantu UMKM untuk bergerak maju dengan modal yang dipinjamkan cuma2 ke pelaku UMKM? makasih kak infonya...

    BalasHapus
  4. Pengembangan dana dengan pendanaan sekaligus mendukung UMKM menurut daku itu langkah bagus, karena jadi banyak menebar manfaat juga kan

    BalasHapus
  5. umkm memang bisa ikut membangkitkan perekonomian jika dijalankan secara profesional, ya. Masalah dana bukan lagi hal besar dengan adanya layanan semacam ini.

    BalasHapus
  6. P2P landing saat ini tampak nya semakin banyak. Sebuah sistem keuangan atas dasar memberi manfaat apalagi jika dikelola dan perputarannya bisa membantu perekonomian masyarakat misalnya para UMKM sebuah perkembangan yang baik dalam hal finansial

    BalasHapus
  7. Dengan adany P2P Akseleran ini bisa banget ya bantu para pelaku UMKM biar bisa lebih maju lagi usahanya.
    Semog usaha Mbak Irma lancar selalu ya Mbak.

    BalasHapus
  8. Senang deh, sekarang UMKM gak susah lagi buat dapetin modal, asal mau sedikit berusaha, modal bisa lebih mudah didapatkan. Semoga pelaku UMKM semakin maju usahanya agar perekonomian bangsa juga menjadi lebih baik

    BalasHapus
  9. Alhamdulilah banget ya P2P Lending Akseleran ini

    dulu, sewaktu saya masih punya UMKM, memproduksi snack, pernah terganjal pembiayaan

    tiba-tiba dapat orderan 10 kali lipat, hiks terpaksa ditolak deh

    BalasHapus
  10. Akseleran sebagai pendanaan online ternyata udah dijamin oleh OJK ya. Wah mantap juga nih. Oke deh saya pelajari dulu, siapa tau bisa ikutan nih ngembangkan investasi bagi UMKM bersama Akseleran.

    BalasHapus
  11. Akseleren jadi salah satu sumber saat aku cari bahan artikel dan karenanya aku jadi sering membaca produk di akseleran. Kalo dari segi keamanan akseleran udah terjamin, cocok buat yg butuh dana buat buka usaha

    BalasHapus
  12. sukanya dengan akseleran sebagai peer 2 peer (P2P) Lending, mereka tidak meminjamkan dana ke personal tapi lebih ke UKM dan UMKM

    BalasHapus
  13. Aku baru dengar i akseleran, tapi so far kao sudah ada ijin OJK berarti aman bukan abal2 yah.. aku suka memanfaatkan p2p ini untuk investasi

    BalasHapus
  14. UMKM emang harus maju ya kak apalagi dampak pandemi ini kita harus makin cerdas berusaha dan mencari peluang

    BalasHapus
  15. Ah ok. Jadi Akseleran ini berfungsi sebagai penjembatan antara si pemilik modal dengan si peminjam ya. Orang/pihak yang menengahi. Informasinya akan coba saya share ke teman-teman UMKM. Selama pandemi ini, banyak dari mereka yang harus gulung tikar dan berusaha bangkit kembali

    BalasHapus
  16. Pendanaan online seperti Akseleran ini bisa membantu meningkatkan perekonomian UMKM ya. Idealnya sih memang untuk urusan perekonomian masyarakat, jangan buat keinginan bukan kebutuhan :) Prosesnya juga termasuk mudah ya.

    BalasHapus
  17. Akseleran, wah hebat ya, Udah pernah dengar beberapa kali sih mba dan memang dengan begini sangat membantu menyelamatkan para UMKM yang tengah berjuang di masa krisis pandemi begini

    BalasHapus
  18. Akseleran playing fieldnya emang beda. Mereka beneran fokus mayoritas ke UMKM, gak bisa disamain sama pinjol lainnya yang umumnya itu buta kredit konsumtif. Gak heran setiap tahunnya, walau pandemi sekali pun, Akseleran tetap em catat pertumbuhan signifikan. Penyaluran dana ke sektor UMKM nya juga semakin besar. Ini membuktikan bahwa UMKM di negara kita ini sangat potensial, selama mereka mendapat sokongan dana yang relatif mudah. Bukankah UMKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia?

    BalasHapus
  19. P2p Akseleran ini menguntungkan semua pihak ya Mbak, dari sisi pelaku UMKM bisa terbantu modal usahanya, dari sisi lender nya bisa memperoleh keuntungan yang tinggi setiap tahunnya ya

    BalasHapus
  20. P2P akseleran ini berupaya memotong jalur distribusi beberapa perbankan super duper ribet ya mbak yang akhrinya malah jadi biikin ribut hihi

    BalasHapus
  21. Wah, P2P Akseleran ini solusi tepat ni buat para UMKM yang membutuhkan modal usaha. Dengan adanya bantuan modal, usaha pun tetap jalan walau di tengah Pandemi saat sekarang ini.

    BalasHapus
  22. Saya sudah hampir setahun ini gabung di akseleran mbak. mencoba memulai untuk berinvestasi di sini. Senengnya tuh, walau ngasih pinjaman cuma 100 ribu, tetep ada kontrak hitam diatas putih. Tiap bulan juga dikasih laporan perputaran dana kita di akseleran

    BalasHapus
  23. Ternyata tidak rumit ya cara menjadi lender di akseleran ini..jadi tertarik untuk ngulik lebih dalam nih.. Thx sharingnya mba..

    BalasHapus