Kulineran Kupat Glabed dan Sate Blengong di Tegal, Bakal Bikin Kamu Ketagihan - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Kamis, 06 Mei 2021

Kulineran Kupat Glabed dan Sate Blengong di Tegal, Bakal Bikin Kamu Ketagihan


Assalamualaikum Sobat traveling. Beberapa waktu yang lalu, saya dan anak-anak diajak suami menemaninya survey lokasi proyek pengerjaan rumah di kawasan Bumiayu. Biasanya memang kalo suami ada pekerjaan keluar kota, inginnya mengajak keluarga. Istilah Jawanya ngiras ngirus. Bekerja sambil mampir tempat wisata misalkan lokasinya dekat. Dan tentu saja harus kulineran juga demi menambah energi, hahahaa.


Silahkan baca : Mitos Telaga Ranjeng

Sepulang dari wisata tipis-tipis menyaksikan fenomena ikan yang berukuran besar dan tidak ada yang berani mengambilnya di Telaga Renjeng. Anak-anak udah ditawari pengen makan apa, sate, ayam goreng, atau kuliner lainnya. Namun karena sudah sepakat sebelumnya, kami akan menyicipi Kupat Glabed dan Sate Blengong. Kuliner khas yang akan mudah kalian jumpai di Tegal, Brebes, dan kota sekitarnya.


Mungkin kalian hanya mengenal Tegal karena warteg yang menjamur dengan harga relatif murah. Bahkan di beberapa kota masyarakat lebih suka makan atau belanja sayur di warteg a.k.a warung Tegal. Karena ragam makanan yang ditawarkan memang banyak. Namun di Tegal sendiri yang terkenal adalah satu kuliner khas yang mampu memanjakan lidah. Rasanya yang enak, unik, dan harganya juga terjangkau. Yaitu Kupat Glabed.


Saya dulu penasaran mengapa namanya unik. Ternyata kuliner Kupat Glabed ini diberikan nama sesuai penampilannya. Isiannya memang potongan kupat dengan kuah yang kental. Orang Tegal menyebut tekstur kuah kental yang masuk ke dalam mulut ini adalah glabed. Penyebutan ini bergeser hingga menjadi makna sebuah sajian kuliner yang berisi potongan kupat dengan diguyur kuah berwarna kuning yang teksturnya kental.  


Nah, biasanya untuk menemani kuliner kupat glabed ini ada sate blengong. Jangan bengong dulu yaa. Sate blengong itu merupakan hasil dari persilangan mentok dan bebek. Dagingnya empuk hingga bikin penikmatnya sangat menyukainya. Pokoknya setelah menikmati sate blengong ini kalian bakal lupa udah habis berapa tusuk.


Mencari Warung Kupat Glabed dan Sate Blengong Yang Legendaris

Saya dan keluarga sengaja ingin menikmati kuliner ini sepulang dari Bumiayu. Pas banget kan siang sepulang dari survey lokasi proyek dan wisata tipis-tipis, makan siang di Tegal. Dan kupat glabed yang menjadi incaran kami ada di Tegal.


Dari kawasan pegunungan di Kecamatan Paguyangan, Brebes, kami menyusuri jalanan yang sebagian besar udah beraspal mulus. Hingga tiba di pertigaan jalan raya Talok, ambil arah ke kanan menuju Kota Tegal. Begitu masuk Kota Tegal arahkan tujuan ke kawasan Randugunting. Lokasi warung yang menyajikan kupat glabed berada di tengah pemukiman penduduk. Kalo kalian ingin memilih warung yang aksesnya mudah, bisa menuju alun-alun Kota Tegal. Warung Pak Saleh ada di jajaran kios di kawasan alun-alun.


Suami memilih makan di warung Pak Saleh yang ada di rumahnya. Karena bayangan kami tentu tidak seramai di alun-alun yang gampang diakses pelintas jalur pantura.



Siang itu saya pesan 4 porsi kupat glabed, 2 porsi sate blengong dan 1 porsi sate ayam. Tadinya cuma pesan 1 porsi sate blengong dan 1 porsi sate ayam. Namun karena rasa sate blengong itu lezat, gurih, dan enak banget, kami nambah lagi satu porsi, wkwkwkk.


Cita Rasa Kupat Glabed dan Sate Blengong

Isi 1 porsi kupat glabed adalah potongan kupat tentu saja yang diguyur dengan kuah berwarna kuning. Sepintas mirip dengan kuah opor. Namun rasanya beda karena teksturnya lebih creamy Kayaknya ada maizena yang dicampurkan dalam kuah karena kental banget di indera pengecap. 


Ada tambahan kerupuk mie kuning yang diremas dan ditaburkan bersama bawang goreng. Krupuk mie ini menjadi penyelamat bagi lidah saya yang kurang suka rasa kuah yang kental. Saya dan suami tidak menghabiskan kuah glabed ini karena alasan terlalu kental. 


Nah kupat glabed emang selalu dinikmati bareng sate. Pilihannya beragam, dari sate ayam, sate kikil kambing, sate kerang, dan sate blengong. 



Karena tiga jenis sate lainnya udah pernah makan, tentu saja saya memesan sate blengong. Namun suami meminta saya tetap memesan sate ayam untuk berjaga misalkan tidak doyan dengan sate blengong.



Ternyataaa ... sate blengong menjadi favorit kami. Itulah sebabnya kami menambah satu porsi sate blengong. Saking enaknya sih jadi tanpa sungkan kami memesan lagi. Hihihiii. 


Tekstur daging sate blengong lebih mendekati mentok. Meski berasal dari persilangan induk mentok dan bebek. Anaknya ini yang disebut blengong. Pertama kali saya kenal kuliner ini saat ikut acara desa wisata di Brebes. Blengong biasanya disajikan dalam wujud masakan opor. Nah, saya penasaran ketika mengetahui blengong juga dijadikan sate.


Dan rasa penasaran keluarga saya terbukti, blengong lebih enak dijadikan sate. Karena dagingnya empuk, citarasanya juga khas. Coba deh kalian datang dan menikmati sate blengong ini. Bisa jadi nambah pesanan karena merasakan dagingnya yang gurih dan empuk.


Menikmati menu kupat glabed dan sate blengong di warung Pak Saleh di Randugunting ini, cocok ditemani dengan teh khas Tegal. Siang itu menikmati sajian teh panas yang kental, pas banget menjadi penghalau tubuh lelah. Mata jadi segar manakala lidah menyesap teh khas Kota Tegal.




Yang bikin saya dan suami kaget adalah saat membayar makanan pesanan. Pesanan 4 porsi kupat glabed, 2 porsi sate blengong, 1 porsi sate aya, dan 2 gelas jeruk panas, 3 gelas teh panas, kami cukup membayar 137 ribu rupiah. Jadi sate di warung Pak Saleh ini dihitung per satuan tusuk. Untuk 30 tusuk sate yang harganya sama, tinggal dikalikan 3 ribu. Untuk sate harga totalnya adalah 90 ribu rupiah. Sisanya untuk bayar kupat glabed dan minumannya. Murah banget kaaan?!


Bukan karena harganya yang murah yang bakal bikin kami akan kembali lagi menyicipi kuliner di warung Pak Saleh ini. Tapi juga citarasa sate blengong yang mampu bikin lidah kami jadi ketagihan. Sayang juga sih bila dipesan untuk dibawa pulang ke Semarang. Nanti rasanya pasti udah berubah. Mending sabar aja dulu, nunggu pembatasan selama lebaran udah selesai, kami baru bisa menikmati kuliner sate blengong lagi. Karena pengerjaan proyek rumah tinggal juga diundur jadwalnya setelah lebaran. Pas banget kan untuk kembali kesana dan menikmat lagi kupat glabed dan sate blengong.


Sobat ada yang udah pernah menikmati kuliner khas pantura ini? Cerita yuk pengalaman kalian. Apakah ketagihan seperti kami atau justru kapok? Wassalamualaikum.

25 komentar:

  1. Adudududuud...mamam sate blengong, kupat glabed di Pantura nih mbak Wati ga bagi2 hahahah :) Namnya unik bener ya 'glabed' hihihi...Dari tampilannya aja kelihatan enak. Mana ukuran si satenya gede2, tebal gitu. Byangin kelembutan dagingnya wuiih enak nih, ah jadi kepengen makan sekarang wkwkwkkwk :D

    BalasHapus
  2. Unik namanya Glabed ya mba sepertinya enak belum pernah nemu di Bandung malah baru tahu ada makanan ini..btw daging mentok itu Entog bukan mba?

    BalasHapus
  3. Baru tahu ternyata hasil persilangan menthok dan bebek dan bebek itu ada namanya, yaitu blengong. Dan kuliner sate blengong ini banyak ya di Brebes, jadi penasaran bagaimana rasanya.

    BalasHapus
  4. Sebagai orang Jateng, saya baru tauuu kuliner tegal ini Mbak
    Ya memang sih, Jateng di KTP-nya aja so far. Orangnya pindah2 entah kemana
    Tapi asli jadi pinisirin sama sate blengong. Baru tahu juga ada hasil persilangan mentok dan bebek
    Duh jadi ngiler pengen cobain.

    BalasHapus
  5. Aku kalau berkunjung ke satu tempat juga pilihannya kulineran. PEnasaran mencoba beraneka pilihan kuliner enak

    BalasHapus
  6. adudududu...aku mampir di waktu ya gak tepat nih mba wati. jam kritis euy. Aku bakalan nambah dan suka banget sm kupat glabed dan sate blengong, duuh kapan ya bisa pulkam ke Cirebon trus main ke Tegal.

    BalasHapus
  7. wah aku baru tahu tentang kuliner kupat glabed ini mbak
    ini apakah hampir sama dengan lontong sayur gitukah? Atau kalau di surabaya namanya lontong manisa

    BalasHapus
  8. Tegal kulewati pas malam /dini hari kalau mudik dari Jakarta jadi jarang kulineran di sini hiks
    Aku jadi bayangin dong, ya ampun baru denger ada kupat glabed dan sate blengong
    Apalgi blengong...wah, rasanya seperti apa blasteran begitu ya
    Hm, semoga bisa nyoba juga lain waktu

    BalasHapus
  9. Mbaaa, surga dunia banget yg gini. Aku selalu kangen kalau pulkam ke wonogiri tempat mbah aku. Nggak hanya murah ya. Bener banget, makanannya juga nggak asal . Rasanya cocok dan enaaaak. Kayak yg inii

    BalasHapus
  10. AKu belom pernah makan kupat glabed dan sate Blengong loh, padahal sempat 4-5 bulan ikut mbah di Tegal

    Tapi kebayang, rasanya pasti gurih dan kalo sate kan emang Tegal jagonya bikin sate, mbake...

    BalasHapus
  11. Baru tau kuliner ini,kupat glabed dan sate bengong, unik banget nama dan makanannya. Kebayang enak banget ini, aku ngiler lihat fotonya hahaha

    BalasHapus
  12. Lokasinya sangat jauh mba padahal pengen coba kulinerannya deh, menunya enak-enak

    BalasHapus
  13. aduh ngiler aku jadinya ngeliat kuliner kupat glabed dan sate blengong siang-siang gini mak, terus kepikiran ah buka makan sate aja deh hahaha

    BalasHapus
  14. Oh..istilah baru inih, ngiras ngirus. Hehehe...aku biasanya juga suka ikut nimbrung kalo suami kerja. Siapa tahu khilaf, ngajakin kita makan di luar.

    Lihat manu sate, aku jadi kangen makan sate, huhuu..
    Enaknyaa sate blengong ((padahal cuma dari foto, tapi terlihat enaakk))

    BalasHapus
  15. Kemecerrr aku mbaa
    mupeng banget buat nyobain di sono langsung
    semoga bisa cuss after corona bubar jalan

    BalasHapus
  16. Aku baru tahu nama kuliner ini. Dilihat dari penampakannya sepertinya enak. Jadi pingin icip-icip juga ��

    BalasHapus
  17. Catet deh ya soalnya aku cuma pernah lewat Tegal, belum pernah betulan main di sana. Jadi gak tahu kuliner kupat glabed dan sate blengong ini. Kayanya kudu dicoba deh

    BalasHapus
  18. Belom pernahhh.. kayaknya mesti main ke Tegal ini buat nyicipin, jauh ya haha.. saya kenal tegal ya memang WarTegnya sih :D.

    BalasHapus
  19. Pesanan sebanyak itu bayarnya cuma 90ribu rupiah? Ya ampun makan enak bayar hemat banget itu sih..

    BalasHapus
  20. kupat glabed kirain karena apa namanya gitu mbak
    tapi kupat di sini jarang2 digabung sama satean kalau di sin biasanya yang gabung macam tongseng2 gitu

    BalasHapus
  21. Ngiler dah jadinya. Dagingnya pasti empuk juicy gitu. Pokoknya kalau lewat pantura aku harus coba!

    BalasHapus
  22. Lihat postingan kuliner khas gini tuh kerasa banget mupengnya. Aku belum pernah ke Tegal juga nih mbak, wishlist banget keliling Jawa traveling sambil nyoba kuliner khasnya. Seru sepertinya.

    BalasHapus
  23. Kakak, kenapa aku ngiler sekali baca kulineran kupat glabed dan sate blengong gini. Kan jadi pengen. Mana lagi, satenya itu lho warnanya bikin pengen cepet-cepet makan dan tebel banget. Pengen tahu sate mentok dan bebek lho. Hehe... Semoga suatu ketika bisa mampir. Soalnya jauh juga lokasinya.

    Salam kenal Kak.

    BalasHapus
  24. Kalau diliat dari fotonya kuahnya mirip kuah sate padang ya, Mbak. Cuma kupat glabed lebih encer sedikit. Jadi pengen nyobain sate blengong nih.

    BalasHapus
  25. waaahhh aku penasaran sama masing2 kulinernya itu tadi, dan banyak yg blm icip. Kapan yaaaaaa

    BalasHapus