Resep Pastel isi Ragout Pasti Jadi, Kriyuk Renyah dan Gurih - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Kamis, 11 Maret 2021

Resep Pastel isi Ragout Pasti Jadi, Kriyuk Renyah dan Gurih


Assalamualaikum Sobat. Beberapa bulan ini saya lagi hepi bisa kembali aktif di dapur. Alhamdulillah meski jempol yang dulu pernah nongol otot atau tulangnya, bisa diajak kerjasama. Saya bisa kembali menghadirkan masakan dapur rumah di meja makan. Meski sesekali pernah juga saya nyeri dikit di bagian jempol. Kalo kata suami, otot yang pernah terkilir nggak mungkin bisa sembuh seratus persen. Pasti sesekali muncul rasa sakit.


Gak apa sih yang penting saya udah bisa mulai rajin turun dapur. Bisa mencoba resep baru atau menghidangkan kembali menu lama. Bahkan saya makin rajin bikin cemilan. Berasa de javu sih karena saat anak-anak dalam masa pertumbuhan dulu, saya sering bikin cemilan. Apalagi anak saya cowok semua dan mereka suka dengan apapun yang disajikan di meja makan. Yang punya anak cowok pasti tahu betapa cepatnya mereka ngomong lapar tiap sejam dua jam. 


Naaah ... salah satu cemilan yang sekali lagi saya bikin adalah pastel isi ragout wortel dan kentang. Tanpa ayam juga tapi rasanya enak, gurih, dan kulitnya bisa krispi. Karena memang bikinnya dadakan (bukan tahu bulat tapi ya), jadi saya gunakan bahan yang ada di kulkas.



Yuk saya tuliskan aja ya resep dan cara bikinnya.


Resep Pastel Isi Ragout Tanpa Ayam, Bisa Tetap Enak


🍳 Bahan isi :

- 150 gram kentang dipotong kotak kecil

- 150 gram wortel dipotong kotak 

- seledri iris2 secukupnya


🍳 Bumbu halus :

- 3 siung bawang putih

- 1 sdt lada halus

- 1 sdt kaldu bubuk

- 50 ml susu cair plain

- 100 ml air

- Secukupnya garam

- 1 sdt maizena larutkan dengan sedikit air

- sdt bubuk kari (optional, aku gak pakai)


 🍳Cara membuat Isian Pastel :

Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan ayam (saya gak pakai), wortel, kentang, tumis sampai setengah empuk, tambahkan air, susu cair, kaldu, garam, bubuk kari, masak sampai empuk. 


Tambahkan larutan maizena, masak sampai kental, koreksi rasa, angkat dan dinginkan.


Karena di kulkas gak ada stok ayam, saya gunakan kaldu bubuk Royco ayam. Kebetulan kemarin saya udah punya stok kaldu ayam Royco yang baru, yang ada kandungan garam yodium. Jadi nggak masalah kalo misalkan duit terbatas tetap bisa kok membuat pastel ragout tanpa ayam.


🍳 Kulit Pastel

Bahan: 250 gram tepung terigu, 1 sdt garam, 1 sdt merica bubuk,  50 gr butter (boleh diganti margarin), 110 ml air.



Cara membuat kulit pastel :

1. Campur tepung terigu dengan garam, gula, merica sampai rata.

2. Tambahkan butter aduk-aduk dengan ujung jari-jari hingga butir halus. Tuangi air & minyak sambill uleni dengan menggunakan tangan hingga tercampur rata. 

3. Uleni terus sampai adonan tidak lengket lagi.



4. Bagi adonan jadi 16, bagian. Kemudian bulatkan adonan menjadi bulatan berukuran sama.  Dan gilas adonan agak tipis, isi dengan isian, bentuk & cetak sesuai selera. Pilin pinggiran dengan cara ditekuk ke dalam dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk. Atau kalo gak bisa, kalian bisa menggunakan cetakan pastel. Kalian bisa temukan di toko penjual bahan kue, atau di pasar tradisional dan supermarket.



CARA MENGGORENG :



- Panaskan minyak sampai panas, masukkan pastel sampai mengembang, kecilkan api. Gunakan api sedang, cenderung kecil. goreng sampai matang. Angkat dan tiriskan.

- Sajikan dengan cabe rawit.



Gampang bikinnya dan rasanya tentu lebih enak dibandingkan beli di tempat jual jajanan. Ada juga sih yang rasanya tak kalah lezat dibanding buatan rumah, tapi harganya tentu juga lebih mahal. Beda ya kalo bikin sendiri, rasanya dapat tapi duit yang dikeluarkan untuk beli bahan juga gak banyak. 



Tapi kan lelah, Buk? Iyaa, memang lelah namanya juga kerja kan, nggak duduk manis aja. Tapi lelah itu terbayar bila melihat pastel yang satu persatu berpindah tempat dari piring ke perut anak-anak dan suami, hahahaha.


Sayangnya kemarin gak sempet foto tiap melakukan beberapa pekerjaan seperti nguleni atau memilih pinggiran adonan pastel. Tapi saya bikin video nya. Nanti saya upload aja di YouTube ya. Sementara foto seadanya dulu. Yuk bikin cemilan pastel di dapur rumah sendiri. Wassalamu'alaikum.

25 komentar:

  1. Hihi dadakan tahu bulat dimakan anget2. Ups! Itu adonan kulit pastel pake gula ya?. pinter banget ya itu bikin "rempels" pinggiran pastelnya bagus dan rapih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya ralat, nggak pakai gula kok Bunda. Entah napa saya tuliskan.

      Hapus
  2. kulit pastelnya nih aku yang suka ngga pas mba hehehe.. jadi pengen buat pastel di rumah deeh

    BalasHapus
  3. Rajin banget mbaa. Aku nggak bisa bikin pastel karena menurutku susah. haha. Apalagi bikin adonan kulit secakep ini mba. Makasih sudah berbagi tips ya mba

    BalasHapus
  4. Aduuuuuh aku tuh sebagai pengumpul resep suka kalap lihat foto begini. Pastel aku kan doyan banget, tapi cuma tau makannya aja hahahah :D BOlehlah dipraktekkan kapan2 sama anak2 nih, aku save ya resepnya :)

    BalasHapus
  5. Telaten banget mbak memilin pinggirannya satu per satu.

    Bener mbak, lelahnya bebikinan di dapur itu langsung hilang saat seluruh anggota keluarga menyukainya, dan masakannya bisa cepat habis.

    BalasHapus
  6. Pastel kalo di Makassae namanya Jalangkote, dengan kulit yang lebih tipis sehingga ada tekstur seperti berlobang-lobang setelah digoreng.

    BalasHapus
  7. huhu jadi laper aku baca tentang bikin pastel ini.. Kebayang renyah kulitnya..dan isinya yang gurih lezat..yummyy...

    BalasHapus
  8. aduduh pastel!! aku suka banget sama pastel yang luarnya garing trus bihun atau isinya berasa banget.. belum lagi saos atau bumbunya yang mantap

    BalasHapus
  9. Mbak, kamu tinggal dimana? duh kalau deket aku mau banget itu pesan pastelnya deh. aku suka banget sama pastel soalnya. Semenjak pandemi aku lebih sering jajan dari teman-teman yang buka usaha.

    BalasHapus
  10. Jadi ingat masa kecil. Mamah saya suka bikin pastel dan saya suka bantuin. Sekarang mau coba juga bikin sendiri. Siapa tau anak-anak suka.

    BalasHapus
  11. pas masih SD, aku sering bantu2 tanteku bikin pastel kayak gini mbaa
    ealah, sekarang aku tetep blm bisa eksekusi pastel dewe :D
    Kayaknya mau coba aahhh

    BalasHapus
  12. Aduh menul-menul gitu pastelnya keliatan enak dan cruncy soalnya ngembang, masalahnya kau ga bisa cubutunnya itu loh,,, ga telaten hehehe

    BalasHapus
  13. Mbakkk telaten banget ya melintirin ujung pastel, aku gagal terus wkwkwk. Favoritku banget ini pastel mbk. Lihat ini kok pingin buat jadinya

    BalasHapus
  14. wahh telaten banget mbak
    aku g akan bisa deh bikin kayak gitu
    maklum aku tim beli aja selama ini
    hehe

    BalasHapus
  15. Ya ampun mba rapi banget melintirinnya. Kok aku gak bisa rapi ya kalo melintirin pastel ini. Pasti ada yg keluar2 gitu dikit. Heu

    BalasHapus
  16. Jd lapeeer lihat pastelnya. Telaten banget bikin kulit dari awal apalagi bagian melintir2nya gtu mbak. Jelas enak bikin sendiri lbh hemat dan lbh yakin sama kualitas bahan2nya ya hehe

    BalasHapus
  17. Jadi rindu Mamah mertuaa...
    Mamah kalau mau lebaran suka bikin mini-pastel, kak...dimasukin ke toples kecil-kecil buat hidangan kalau ada tamu. Tapi tamunya belum dateng, kita-kita aja yang makan.
    HIhii~

    BalasHapus
  18. Waa...hebat bener, Mbak. Menyambung Mbak Lendy, bisa bekal buat lebaran dong yaa. Hihihi

    BalasHapus
  19. Dulu waktu aku bocah, mamaku suka bikin pastel dibantuin art. Aku paling ga bisa kalau disuruh milin adonannya. Hasilnya aneh,ga estetis hihihi. Untung sekarang ada cetakannya, ya. Dah lama nih Mak aku ga makan pastel. Buat sarapan pagi enak kayaknya

    BalasHapus
  20. Dulu mendiang ibu suka bikin dan aku paling males kalau suruh keritingin linggirannya mba wkwkwkk tp skrg jadi kangen

    BalasHapus
  21. Ya ampun lengkap banget resepnya Mbak, aku jadi pengen coba di rumah. Aku suka banget pastel tapi selama ini belum pernah bikin sendiri, alasannya takut gagal kalau bikin sendiri kan aku ga telaten.

    BalasHapus
  22. Kupikir tuh sulit loh mba bikin pastel. Baca tulisan Mba Wati kok kesannya gampang ya hehee... yang penting harus ada niat untuk bikin ya mba. Bahan-bahannya pun gampang pol jebule.

    BalasHapus
  23. Bentukan pastelnya cakep, menul menul.
    Aku suka pastel yang menul gini, pastelnya mba Wati ini meski udah dingin kempes ngga?

    BalasHapus
  24. Saya kalau buat isian nggak.saya kasih susu. Boleh deh nanti dicoba. Pasti semakin lezat. Memang yang PR banget tu milin2nya ya, suka ga rapi..hihi...

    BalasHapus