Tetap Nyaman Wisata Selfie di Celosia Fun n Happy di Adaptasi Kebiasaan Baru - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Sabtu, 12 September 2020

Tetap Nyaman Wisata Selfie di Celosia Fun n Happy di Adaptasi Kebiasaan Baru



Assalamualaikum Sahabat. Ada yang ingin saya ceritakan sejak covid-19 berkunjung ke muka bumi. Kebiasaan saya dan keluarga jalan-jalan setiap bulan menjadi terhambat. Bahkan keluarga besar saya yang rutin menjadwalkan piknik naik bus keluar kota setiap 4 bulan sekali, ikut sirna seiring pandemi yang tak kunjung usai.


Sedih, tentu saja. Apalagi suami yang butuh jalan-jalan ke alam bebas setiap bulan. Atau saat dia bisa terbebas sebentar dari pekerjaan di lapangan. Suami selalu antusias ngajakin saya dan anak-anak melipir sejenak ke daerah wisata di Kabupaten Semarang.


"Yok piknik tipis-tipis,"

"Asiiikkk, jalan-jalan lagi," 

"Mampir minum susu kedelai, ya,"

"Mauuu tahu Bandungan juga,"

Begitu lah tiap kali suami ngajakin kami ke kawasan Bandungan, selalu saja anak-anak mengusulkan mampir kulineran.


Karena kawasan Bandungan dekat dari rumah kami yang terletak di Semarang bawah, wajar dong kalo sering melipir kesana. Semarang bawah terkenal tempat dengan udara gerah. Hiburan warga Semarang itu pasti berkunjung ke kawasan Bandungan yang masih memiliki udara sejuk. 


Seminggu sekali berkunjung ke Bandungan dan sekitarnya pun bukan masalah. Biaya BBM juga hemat, nggak butuh waktu panjang di jalan karena dekat, dan bisa berangkat kapan pun waktunya. Saya dan keluarga sering banget baru berangkat dari rumah setelah shalat Dhuhur. Dan Bandungan nggak akan kemana-mana, tetap setia menanti warga Kota Semarang.


Pengen Narsis? Yuk Dolan ke Celosia Fun n Happy

Sebagai warga Kota Semarang, nggak lucu dong kalo belum berkunjung ke Celosia. Tempat selfi bagi penyuka narsis di sosial media. Saya aja termasuk telat berkunjung ke Celosia 1. 


Maklum deh perempuan sendiri di rumah dan kaum lelaki tuh kurang suka selfie. Jadi lah saya paksa mereka menemani kunjungan ke Celosia 2 begitu ada rencana ke kawasan Bandungan.


Sebelumnya saya promosikan Celosia Fun n Happy nggak sekadar tempat selfi. Namun juga bisa olah raga joging karena tempatnya yang luas dengan pemandangan gunung Ungaran. Beruntung anak-anak mau juga ikut asalkan pulangnya nanti mampir minum susu kedelai, hahaha.


Ada apa aja sih di Celosia Fun n Happy, sampai begitu banyak orang yang pengen main kesana?

Beli tiket dulu, gaiis


Saat berkunjung ke Celosia 2 saya menjumpai tempat foto selfi dengan semburan salju buatan, begitu memasuki pintu setelah pembelian tiket. Di sini ada banyak anak kecil yang bermain salju buatan dan difoto oleh orang tuanya. Saya aja senang melihat ekspresi lucu anak-anak ini. 


Kemudian saya dan keluarga menyusuri jalan menurun menuju taman Teletubies, taman bunga, dan wahana bermain anak-anak. 


Di Taman Teletubies ada rumah kelinci, pengunjung yang ingin bermain mesti bayar tiket masuk. 


Anak-anak banyak yang suka di taman ini karena ada domba ala Shaun the sheep. Domba dengan bulu putih keriting yang lucu, sering jadi sasaran anak kecil yang gemas pada muka kiyutnya.


Saya mengambil foto dari tempat yang agak jauh. Menyaksikan keluarga muda dengan anak-anak kecil yang berlarian mengejar kelinci dan domba.


Dekat dengan taman Teletubies, ada Stonehenge. Semacam taman dengan batu yang diletakkan estetik meniru di tempat asalnya. Beberapa kali saya foto di depan batu-batu cantik ini.

Di dekat area Stonehenge, ada taman bunga yang juga berdekatan dengan wahana bermain untuk anak-anak.

Tiket Masuk

Pengunjung harus menyiapkan uang untuk pembelian tiket masuk sebesar 20 ribu rupiah pada hari biasa. Dan 25 ribu rupiah untuk akhir pekan dan hari besar, serta libur nasional.

Jadi kalo kalian ngajakin teman-teman atau keluarga, hitung dulu dari rumah untuk budget pembelian tiket masuk. 


Lokasi Celosia Fun n Happy

Taman Bunga Celosia ini lokasinya dekat dengan kawasan wisata Candi Gedongsongo. Jadi kalian bisa juga merencanakan kunjungan one day tour dua tempat wisata ini dalam satu hari. 


Bagi kalian yang dari luar kota, misal dari Solo dan sekitarnya, bisa lewat jalan tol. Kalian bisa  keluar tol Bawen, ambil arah ke Ambarawa kota, jangan lewat arteri. Setelah pasar Ambarawa nanti ada jalan ke kanan arah Bandungan atau Sumowono. Sesampainya di Bandungan, ambil jalan ke kiri arah menuju Sumowono. Perjalanan sekitar 7 km, kalian bisa ambil jalan ke kanan arah ke Candi Gedongsongo. Dari pertigaan sekitar 100 meter lokasi Celosia Fun Happy ada  di sebelah kiri.


Fasilitas Pendukung

Saya mengulang kembali berkunjung ke celosia Fun n Happy 2 bersama ibu-ibu Dawis Kemuning. Masih pada tahun yang sama yaitu 2018, jadi belum ada banyak perubahan. Kecuali ada tambahan New Little Korea, tempat foto selfie dengan mengenakan kostum khas Korea. 




Saya dan adik saya sempat foto-foto di sini, nggak mau rugi dong. Meski nggak sempat nyewa kostum juga nggak masalah. Fotonya tetap kece, kaaan.


Saat ini Celosia Fun n Happy sudah menambah beberapa tempat selfi yang menarik minat pengunjung. Ada Colorful Shelter,  White Marine Park, Kampung Doraemon, Lorong Tanpa Batas, dan masih banyak lagi yang lain. Uwuwuwuwww, melihat foto-foto di akun Instagram @taman_bunga_celosia itu bikin saya mupeng balik lagi kesana.


Gambar dari IG 
@taman_bunga_celosia

Fasilitas lain ada toilet dan mushola yang terletak di luar tempat wisata. Setelah pintu keluar ada deretan warung UMKM yang menjajakan beragam minuman dan makanan. Tersedia juga oleh-oleh khas Bandungan, seperti tahu serasi, tempe bungkus daun, getuk, tomat kurma, dan lainnya.

Wisata Nyaman dengan Adaptasi Kebiasaan Baru

Ah sebenarnya saya udah bosen banget di rumah terus. Meski aslinya saya orang yang betah di rumah. Tapi sesekali juga butuh menghirup udara segar di lereng gunung. Jadi wisata alam memang saya sukai karena kaki bebas melangkah dan bisa menikmati pemandangan alam yang asri. 


Jadi saat pandemi dan harus di rumah aja, memang butuh pengalih suasana agar tidak bosan. Ya kali rumahnya yang besar dengan ruangan yang banyak, bisa untuk ngider dari ruang ke ruang. Tapi dengan lahan terbatas tentu bikin orang yang suka piknk tipis-tipis seperti keluarga saya, merasa terkungkung di rumah terus.


Saya berpikir mungkin butuh pengalih bosan dengan menciptakan taman bunga di rumah. Namun taman bunga di rumah tentu beda dengan yang ada di luar rumah. Ada-ada aja nih ibuk satu ini, hahahaa.


Anak-anak saya dan babenya memang suka dolan, saya pun ikut aja karena nggak mau sendirian di rumah. Tapi kan si virus masih ada di muka bumi? Gimana dong?


Sini... sini, saya kasih info seputar wisata agar tetap aman dan nyaman di masa pandemi. Karena nggak mungkin ya tetap di rumah aja. Udah tujuh bulan dan kami memang butuh penyegaran suasana agar tetap berpikir kreatif dan kerja produktif. 


Ternyata pihak Kabupaten Semarang sudah melakukan sosialisasi dan bekerja sama dengan pengelola tempat wisata Taman Bunga Celosia. Dan berikut ini prosedur yang dilakukan oleh pengelola Taman Bunga Celosia.


Begitu memasuki kawasan Celosia Fun n Happy, setiap pengunjung akan melewati petugas untuk diperiksa suhu tubuh. Kemudian baru bisa membeli tiket setelah lolos cek suhu tubuh. Kemudian pengunjung dipersilahkan untuk cuci tangan dengan air bersih dan sabun yang sudah disiapkan oleh pengelola. 


Langkah berikutnya adalah masuk ke bilik penyemprotan dan melewati petugas yang sudah menyiapkan alat pengukur suhu tubuh. Memang ada dua kali pengecekan suhu tubuh di tempat wisata ini. 


Pengelola Taman Bunga Celosia juga melakukan pencegahan penyebaran covid dengan penyemprotan disinfektan di seluruh kawasan. Bahkan ada petugas yang berkeliling untuk mengingatkan pengunjung agar tetap mengenakan masker dan jaga jarak.


Jadi jangan khawatir ya bila kalian ingin berkunjung ke Celosia Fun n Happy. Saya sendiri punya tips bila ingin jalan-jalan saat masih dalam situasi pandemi dan harus adaptasi kebiasaan baru.




Tips Aman dan Nyaman Piknik ala saya :

- Pakai Masker



Jangan pernah lupa bawa masker lebih dari satu, untuk persediaan saat di jalan dan di tempat wisata. Selalu pakai masker di mana pun kalian berada saat wisata. Kecuali ketika kalian makan atau minum, namun jangan sambil bicara agar tidak terjadi penyebaran droplet. Gunakan masker begitu selesai minum atau makan agar aman dari penyeberan virus corona.


- Bawa Hand Sanitizer, Tisu kering, dan Tisu basah



Sejak pandemi saya selalu membawa hand sanitizer ketika kelur rumah. Apalagi ketika pemerintah menerapkan adaptasi kebiasaan baru dan mulai membuka tempat wisata. Kalo dahulu setiap jalan-jalan, saya hanya bawa tisu kering dan tisu basah. Kali ini saya menambah daftar barang wajib yang harus dibawa adalah hand sanitizer. Ini benda wajib yang harus dibawa kemana pun saya pergi keluar rumah.


- Bawa Bekal dari Rumah

Selama pandemi, saya lebih nyaman bila membawa bekal dari rumah ketika bepergian. Bahkan pernah saking bosannya di rumah saat bulan Juni, suami ngajakin kami sekeluarga jalan-jalan. Kami nggak turun dari mobil saat di tempat keramaian. Namun begitu menemukan tempat yang sepi, di pinggir jalan, di kebun milik orang, kami turun dan membuka bekal untuk dinikmati di sana.


- Pilih Tempat Wisata Yang Menerapkan Kebiasaan Baru

Pilih tempat wisata yang menerapkan adaptasi kebiasaan baru dengan menjalan protokol kesehatan. Seperti mengharuskan pengunjung memakai masker, jaga jarak, menyediakan tempat cuci tangan, melakukan pengecekan suhu tubuh, dan melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi wisata.

- Pilih Hari Kerja 

Nah, ini salah satu trik bagi keluarga saya agar merasa aman dan nyaman jalan-jalan di tempat wisata saat hari kerja atau weekdays. Tempat wisata nggak seramai seperti ketika hari libur.

Terus terang perasaan kurang nyaman begitu saya rasakan ketika berada di keramaian saat pandemi seperti sekarang. Saya memang menghindari berada di kerumunan saat ini.

- Piknik Bersama Keluarga

Saya lebih memilih piknik bersama keluarga sementara ini. Karena sudah bersama setiap hari, jadi tahu riwayat kesehatan sekeluarga. 

Adaptasi kebiasaan baru memang masih membutuhkan situasi yang nyaman. Bagi saya piknik nyaman dan aman saat pandemi adalah piknik dengan rombongan keluarga kecil.


Nah, itu semua yang harus saya lakukan bila ingin berkunjung ke tempat wisata. Meski saat ini saya belum berkunjung lagi ke Celosia Fun n Happy, namun tentu hal di atas yang akan saya lakukan nantinya bila kesana lagi.

Foto kunjungan
Sebelum pandemi


Nggak apa piknik asal kalian tetap menjaga jarak aman dengan pengunjung lain. Pakai masker karena bisa melindungimu dari penyebaran virus, dan bawa rajin cuci tangan dengan benar setiap menyentuh benda di tempat umum. Kalo bukan kita, siapa lagi yang bisa menciptakan tempat wisata di Kabupaten Semarang tetap BISA. Yaitu tetap bersih, indah, sehat, dan aman. 

Wassalamualaikum.


Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Lomba Blog "Wisata Kabupaten Semarang Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru"


Referensi :

- www.kabsemarangtourism.com

- Instagram Taman_bunga.celosia

35 komentar:

  1. harga tiketnya lumayan terjangkau ya, terutama yang bawa banyak anggota keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya apalagi ada beragam tempat untuk menikmati kecantikan lokasi wisata dan bisa foto sepuasnya

      Hapus
  2. Percaya nggak percaya sampai sekarang aku belum pernah main ke Taman Bunga Celosia hihihi..pengen deh, semoga pandemi segera berakhir ya biar bisa main ke sana

    BalasHapus
  3. Ulalaaa, segerr banget pastinya ya Mba
    Bisa lihat pemandangan pegunungan itu terapi jiwa banget!
    Mauuukk mampir ke sini kapan2

    BalasHapus
  4. Aku kok mau juga ke Celosia Fun n Happy. Bagus yaaaa, cakep banget kalau buat foto. Aku belum pergi-pergi pas pandemi ini. Kudu tetap ikutin protokol kesehatan yaaa

    BalasHapus
  5. Asik banget tempat wisatanya, ada saljunya juga ya. Aku belum pernah keluar ke tempat wisata, paling ke rumah ibu. Saat pandemi seperti ini, protokol kesehatan nomor satu ya mbk

    BalasHapus
  6. Akhir tahun lalu saya liburan ke Semarang tapi gak sampai ke Celosia.
    Berhubung waktunya terbatas hanya 2 hari.

    Anak2 kalo dibawa ke sana oasti happy banget yaa

    BalasHapus
  7. Siiip, Celosia keren nih pengelolanya
    Semoga dalam wkatu dekat, coronces bener2 ciaooo jadi daku juga bisa main2 ke SMG bareng kluarga

    BalasHapus
  8. Pengeeen bisa wisata dan selfie-selfie tanpa masker. Semoga pandemi segera berlalu

    BalasHapus
  9. Kalau lihat foto-fotonya tempatnya apik, dan instagramable sekali ya. Kalau ke Semarang boleh lah nanti dicoba ke sini, hehe. Dan kerennya lagi pengelola juga menerapkan standar kebiasaan baru yang membuat pengunjung nyaman. Terima kasih infonya, mba :)

    BalasHapus
  10. Saya pikir Bandung di wilayah Jabar.. ternyata Bandungan toh. Iya memang kalau ditempt gerah trus melipir je tempat adem tuh nikmat rasanya

    BalasHapus
  11. Saya sudah ke Gedong Songo...tahun 2014, duh, lama banget ya..belum ke Celosia nih, kapan-kapan pas mudik bisa singgah , jalur mudik saya ini. Benar adanya, mesti dukung terciptanya tempat wisata di Kabupaten Semarang tetap BISA. Yaitu tetap bersih, indah, sehat, dan aman.

    BalasHapus
  12. Pengen deh ke Celosia. Secara nggak terlalu jauh dari kampung (ya iyah sih, masih tetap lebih jauh dibandingkan dari Semarang ehehe). Dulu, jalur bandungan ini salah satu jalur alternatif saya kalau pulang dari Solo ke Temanggung. Aturan bisa jadi tujuan maen saat pulkam. Anak-anak pastiii seneng kalau ke sini.

    BalasHapus
  13. Bagus tempatnya, Mbak. Pastinya sayang banget kalau gak punya banyak foto saat ke sini :D

    BalasHapus
  14. Oh, Celosia yang dekat candi Gedong Songo ya mba. Aku dulu ke candinya doang tapi gak sempet mampir ke Celosia. Padahal pengin huhuhu..

    BalasHapus
  15. Wah ternyata Semarang punya tempat bagus ya buat selfie. Namannya juga unik Celosia trus udahannya bs mampir ke candi terdekat yaitu gedongsongo.

    Nah jangan lupa bawa hand sanitizer ya buat Adaptasi Kebiasaan Baru. Semoga dgn begini pariwisata dan perekonomian bs bangkit lagi ya

    BalasHapus
  16. Jadi gapapa ya mba, ke tempat wisata di masa pandemi. Masih tetep aman ya.
    Tapi aku lihat di TV, kalo beberapa tempat wisata menerapkan peraturan baru, ada batasan usianya nih..

    BalasHapus
  17. Kalau sudah terbiasa jalan-jalan pastinya terasa aneh gitu ya Mbak kalau lama di rumah terus. Hehehe.
    Tamannya lumayan bagus, Mbak. Cocok buat refreshing, ya. Tapi kalau di masa new normal sekarang mau refreshing ke sana ya kudu mau agak ribet yah. Demi kesehatan bersama sih ya:)

    BalasHapus
  18. Kalau ingin jalan-jalan di masa new normal begini, memang harus persiapkan alat tempur sebaik mungkin, ya mbak.

    BalasHapus
  19. Bunga yang ada di Celosia itu bunga sakura, ya, Mbak? Indah sekali warnanya dan cocok untuk dijadikan latar belakang foto
    Senang ya kalau sudah boleh main ke tempat wisata. Asal kitanya mengikuti protokol kesehatan aja.

    BalasHapus
  20. ini kayak mini world gitu ya mba, seolah-olah kayak lg di luar negeri, harga tiketnya terjangkau pula. stay safe tapi ya mba soalnya pandeminya belum selesai

    BalasHapus
  21. seru ya mba kalo bisa sejenak refreshing di era new normal ini asalkan tetap ikutin protokol kesehatan ya..lokasinya lucu kayak ala-ala around new world hehe

    BalasHapus
  22. Bulan Maret lalu mau diajakin adikku ke sini belum sempat hiks
    bagus banget di sini ya Mba. Moga aku bisa dolan rene, setelah aman pandemi

    BalasHapus
  23. iyes,kalo traveling dimasa pandemi emang wajib banget pake masker, bawa sanitizer, dan rajin cuci tangan juga ya maaaak..

    BalasHapus
  24. Tempatnya mirip-mirip museum angkut yang di Malang ya Mba. Rindu deh jalan-jalan, ingin melihat kota lain di Jawa.

    BalasHapus
  25. Sebenarnya, di mana pun itu, yang namanya di tempat umum, mau itu di pasar atau di tempat rekreasi, yang penting adalah kita menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin ya. Biar kita tenang, aman, dan nyaman

    BalasHapus
  26. Cantiknyaa...
    Taman Bunga Celosia bikin pengen jalan-jalan dan alhamdulillah, di New Normal, semua tempat wisata sudah baik sekali menyediakan fasilitas kebersihan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap sehat dan bahagia...
      Pemerintah Kabupaten Semarang keren banget mempersiapkan tempat wisata yang ramah dan memenuhi semua persyaratan protokol kesehatan.

      Hapus
  27. Semarang ternyata cantik banget ya?
    Kirain cuma ada Simpang Lima
    Ternyata...
    Catet ah, supaya punya banyak destinasi pilihan kalo ke Semarang

    BalasHapus
  28. Wajib banget ya mengikuti semua protokol kesehatan yang telah ditetapkan ketika berkunjung gini. Semuanya demi keamanan diri kita juga.

    Celosia nih menarik ya mba, terutama kalau bawa anak kecil nih, banyak wahana baru yang ditambahkan. Kayak yang rumah Doraemon itu loh, penasaran ih kayak apa.

    BalasHapus
  29. Masih sepi ya mba .. tapi memang harus extra hati - hati yaa saat jalan begini

    BalasHapus
  30. Waah aku kok pengen nyewa baju Koreanya ya xixixi. Ntar di sotosop tempelin fotonya kapten Ri hahaha.

    BalasHapus
  31. Wah bagus ya protokol kesehatannya Mas..jadi pengunjung merasa lebih aman..

    BalasHapus
  32. Wah bagus ya protokol kesehatannya Mbak Wati, jadi pengunjung merasa lebih aman..

    BalasHapus
  33. Waaahhh, ini Celosia yang lagi hits itu ya Mba?
    Saya pernah ke candi gedongsongo tapi belum pernah ke Celosia..

    BalasHapus