Ini lah 5 Plugin Wordpress Terbaik Yang Wajib Kamu Gunakan - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Thursday, 25 October 2018

Ini lah 5 Plugin Wordpress Terbaik Yang Wajib Kamu Gunakan



Assalamualaikum Sahabat. Inilah 5 Plugin WordPress Terbaik Yang Wajib Kamu Gunakan. Tentunya apabila kamu adalah pemilik blog dengan platform wordpress. 

FYI, di samping website yang ini, saya juga memiliki web lainnya dengan niche traveling. Website yang baru dan belum kamu kenal ini menggunakan platform wordpress. Nanti deh kalo saya udah selesai menempatkan plugin di web Keluarga Doyan Plesir, baru saya share di sosial media.

Website yang ini saya menggunakan blogspot, karena mudah aja sih ngurusnya. Sementara web keluarga doyan plesir, sengaja saya gunakan wordpress karena alasan khusus. Dan ada anak saya yang menguasai segala macam plugin untuk dipasang di website saya yang baru.

Alasan Saya Menggunakan Platform Wordpress

Sebagai salah satu CMS (Content Marketing System) terbaik dan terpopuler, WordPress sungguh sangat menggiurkan untuk dimanfaatkan bagi para pemilik bisnis online. Selain dapat meningkatkan pemasaran produk, melalui wordpress juga bisa loh meningkatkan brand awareness. 

Hal ini  tidak lepas dari peran banyaknya plugin yang memiliki kualitas baik. Dan di artikel ini kami akan membahas tentang 5 plugin wordpress terbaik yang wajib kamu pasang.

Apa itu Plugin? Apa Fungsinya?

Sebelum mengetahui beberapa plugin wordpress terbaik, kamu harus mengerti terlebih dahulu tentang pengertian plugin itu sendiri.

Jadi Plugin adalah kode software dengan fungsi tertentu yang memungkinkan aplikasi atau program untuk menjalankan fitur tambahan di aplikasi atau program tersebut. Kode software tersebut jamak ditemukan di program atau aplikasi seperti Mozilla, Google Chrome, Opera Browser, dan WordPress.

Mungkin kamu pernah mendapatkan notifikasi “Install plugin A untuk bisa menonton video di browser B”. 

Beberapa aplikasi memang menggunakan istilah berbeda seperti Mozilla Firefox dan Opera menggunakan istilah “Add On” serta Extension yang digunakan Google Chrome. Sedangkan WordPress tetap setia menggunakan istilah plugin.

Umumnya setiap plugin memang didesain untuk satu aplikasi atau program tertentu. Misalnya, add ons Mozilla tidak dapat diinstall untuk Google Chrome. Begitu juga sebaliknya, extension Google Chrome tidak dapat dipasang di Mozilla.


Plugin di WordPress

WordPress sebagai salah satu CMS terpopuler menyediakan plugin supaya para penggunanya bisa memberikan fitur-fitur terbaik di website atau blognya. Ketersediaan plugin di WordPress ini tentu saja memudahkan para pengguna WordPress yang tidak ahli dalam coding.

Singkatnya plugin di wordpress adalah cara mudah bagi para pengguna CMS WordPress untuk menambahkan fitur-fitur di website atau blognya.

Kamu tidak perlu ahli coding untuk menambahkan satu atau beberapa fitur di blog atau website yang menggunakan WordPress berkat adanya plugin ini. Kamu hanya perlu memasang plugin yang dibutuhkan dan mengikuti instruksi yang diberikan oleh pengembang plugin tersebut.

Gimana, udah memahami pengertian dari plugin dan plugin di wordpress kan?

Nah, saatnya saya akan membeberkan 5 plugin WordPress terbaik yang wajib dipasang di WordPress kamu! Berikut ulasannya yaa.

5 Plugin WordPress Terbaik


1. Updraft Plus

Plugin wordpress terbaik yang pertama adalah UpdraftPlus. Plugin ini merupakan plugin backup gratis yang fiturnya paling lengkap. Anda bisa menjadwalkan backup secara otomatis, lalu filenya dikirim ke tempat lain seperti Dropbox, Google Drive, dan sebagainya.

Selain itu, mereka juga punya addon berbayar untuk menambah fitur. Atau anda juga bisa beli versi premiumnya seharga $90.

Ini fitur-fitur utama UpdraftPlus:

- Full backup, dengan penjadwalan otomatis

- Menyimpan file di storage luar seperti Dropbox, Google Drive, Copy.com, OneDrive, dan lain-lain sehingga tidak memakan kapasitas hosting anda

- Email notifikasi ketika backup selesai atau kalau ada error

- Proses restore data yang tidak rumit ** Migrasi website ke tempat lain dengan mudah (addon berbayar)

2. WooCommerce


Selanjutnya ada Woo Commerce yang digunakan oleh hampir sepertiga website e-commerce. Woo Commerce merupakan salah satu plugin WordPress terbaik dan terpopuler di antara para pengguna situs yang hendak mendirikan toko online. Plugin e-commerce ini memudahkan pemilik situs untuk melakukan penjualan berbagai macam produk fisik dan digital ke pelanggan di seluruh dunia. Plugin ini juga memuat ekstensi library yang banyak dengan berbagai kisaran harga.

Selain memberikan kenyamanan pada 51% warga Amerika saat berbelanja online, memiliki pondasi yang kuat dengan memilih WooCommerce merupakan kunci keberhasilan toko online Anda.

Keunggulan Utama:

- Berintegrasi dengan berbagai ekstensi dan plugin lainnya.

- Mudah untuk di-setup atau diinstall.

- Menerima berbagai opsi pembayaran.

- Menawarkan struktur yang mudah digunakan oleh developer.

3. Yoast SEO

Plugin wordpress terbaik selanjutnya adalah Yoast SEO yang diklaim sebagai plugin WordPress terbaik untuk Optimasi Mesin Pencari (SEO). Yoast SEO didesain untuk membantumu menerbitkan konten yang berkualitas tinggi dan dioptimalkan untuk pencarian. Karena cakupan SEO terkadang berubah-ubah, penting bagi kamu untuk menginstall plugin ini agar selalu menjadi terdepan.

Sistem operasi Yoast SEO digambarkan seperti sistem traffic light yang unik. Sistem ini menunjukkan bagaimana konten yang kamu tulis ditampilkan di mesin pencari. 

Selain itu, kamu pun dapat menilai kualitas post yang berarti bukan hanya mesin pencari saja yang mudah membaca artikel milikmu, tetapi juga pembaca atau pengunjung situs kamu.

Meskipun Yoast SEO merupakan plugin yang sepenuhnya gratis, kamu bisa loh mendapatkan versi premiumnya yang dihargai mulai dari $69. www.IDwebhost.comsendiri menggunakan plugin Yoast SEO ini karena memang memiliki keunggulan dan fitur yang sangat menguntungkan

Keunggulan Utama:

- Menganalisa halaman dan post WordPress serta mengidentifikasi kelemahan SEO.

- Memperbarui halaman hasil analisis pada saat perubahan SEO yang sesuai dibuat.

- Membuat XML Sitemap.

- Membuat breadcrumbs pada tema WordPress yang kompatibel.

4. W3 Total Cache

Website dengan performa dan kecepatan yang lambat hanya akan memberi pengaruh buruk pada traffic dan juga tentu penjualan produk kamu. Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya install plugin, seperti W3 Total Cache. Mengapa harus plugin ini?

Karena secara singkat plugin ini menyimpan versi halaman situs di komputer pengunjung web yang kamu punya. Hal ini membuat situs milikmu akan me-loading lebih cepat saat pengunjung tersebut kembali membuka situs kamu. 

Plugin ini merupakan senjata ampuh untuk meningkatkan kecepatan browser, apalagi penggunaan smartphone yang semakin menjamur di tahun 2018.

Fitur-fitur utama W3 Total Cache:

- Segala jenis pengaturan cache

- Mendukung CDN, minify, dan GZIP

- Kompatibel dengan berbagai fitur dan server hosting

- Cache sebagian besar elemen website WordPress.

5. Jetpack

Plugin WordPress terbaik yang terakhir adalah Jetpcak. Jetpack merupakan plugin yang didesain oleh developer WordPress untuk membantu kamu meningkatkan lebih banyak traffic online, mengamankan website, mengawasi performa situs, dan lain-lain. 

Jetpack menawarkan berbagai modul yang dapat diaktifkan (atau tidak), dan menjadi salah satu pilihan bagi kamu yang ingin menambahkan fungsionalitas WordPress.

Fitur inti Jetpack sepenuhnya gratis. Versi premiumnya menawarkan backup dan scanning keamanan tambahan bersamaan dengan segudang fitur lainnya.

- Keunggulan Utama:

- Menganalisis dan membuat statistik website.

- Mengamankan website.

- Mengawasi downtime dan uptime website.

Memungkinkan pengunjung web berinteraksi denganmu dan konten yng kamu miliki melalui media sosial, komentar tingkat lanjut, dan formulir kontak yang menarik.


Nah itu dia 5 Plugin WordPress terbaik yang wajib kamu install supaya bisa meningkatkan kinerja cms wordpress anda menjadi lebih maksimal. Dengan menggunakan 5 plugin diatas, dijamin kualitas wordpress anda akan meningkat dan akan semakin memudahkan anda untuk membangun bisnis online anda menjadi lebih baik lagi.

Well, setelah memiliki wordpress yang menarik serta menggunakan 5 plugin terbaik diatas jangan lupa anda juga harus membuat nama domain kamu menjadi lebih menarik lagi. Selamat mencoba Sahabat, wassalamualaikum.

35 comments:

  1. Katanya lebih asyik pakai WP ya Mba? Tapi kalau aku malah bingung, mungkin karena belum terbiasa. Wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih SEO friendly sih, aku udah pernah nulis di 2 web dg platform WordPress. Jadi waktu bikin blig baru ya milih yg wordpress akhirnya

      Delete
  2. Wuih,, seru.
    Belajar lagi nih. Kebetulan aku juga pake wordpress untuk cikal bakal konten ttg kain2 tradisional & turunannya.
    Aku note dulu.

    ReplyDelete
  3. Wih
    .. jadi pengen aktifin WP lagi. Lama sudah saya tinggalkan tu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh kayaknya lebih asik pakai wordpress loh mba, ayo diaktifkan lagi

      Delete
  4. Blog saya juga wordpress, selama ini plugin-nya baru pakai Yoast n jetpack ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah memadai kah, atau pasang plugin lainnya agar lebih kece lagi

      Delete
  5. Plugins WP keren-keren ya. Jadi bikin pengen migasi deh ke WP. Tapinya, aku takut kalo PV DA PA kudu dari awal lagi. :(

    ReplyDelete
  6. Wah aku baru tahu ni mba, tahunya yoast SEO aja

    ReplyDelete
  7. Saya pengguna blospot sejak pertama kali ngeblog. Setelah baca artikel ini jadi kepikiran pengen migrasi ke WP nih.. Hehe.

    ReplyDelete
  8. Aku pakai Yoast Seo dan asyik banget buat artikel SEO.

    ReplyDelete
  9. WP memang lbh seo friendly sih menurutku. Apa lagi pake yoast, beuh mantap!

    ReplyDelete
  10. Aku suka banget plugin yoast seo nya, jd sambil belajar menerapkan seo di artikel2 blog

    ReplyDelete
  11. Sebenarnya tertarik banget sama WP, tapi kantongnya belum kuat euy.. Kalo blogspot kan murce..hehe..

    Tapi ya ada harga ada rupa ya, Mbak.

    ReplyDelete
  12. Saya belum pernah coba pake wordpress mbk. Mash berkutat di blogg aj. Hee

    ReplyDelete
  13. Aku masih betah pake blogspot. Templatenya WP emang lucu-lucu tapi aku masih pening sama setingan ini itunya WP hihi dan soal seo friendlynya itu emang bikin env, sih. Dasar akunya aja yang males *cubit diri sendiri*

    ReplyDelete
  14. Ak jg pake WP bun. Krn saran suami sebetulnya, pdhl ak agak gaptek. Haha. Ak blm pny W3 total cache it, selama ini yoast SEO sm Jetpack kerasa banget bantuannya. Btw, TFS bun..

    ReplyDelete
  15. Aku penge blogku yang satunya ta pakeiin WP

    ReplyDelete
  16. Daku juga pakai wordpress, dan terbantu banget dengan 5 plugin tersebut :)

    ReplyDelete
  17. Kagum sama WP. Bisa melakukan banyak Hal dengan plugin

    ReplyDelete
  18. Nah, aku punya nih akun WP cuma masih bingung pakainya. Karena kebiasaan pakai Blogspot, gampang dan enak banget jqdi begitu pakai WP aku berasa gaptek. Tapi mau ah nyobain lagi dan pakai tools yang share ini

    ReplyDelete
  19. Satu lagi kyknya mbak, brokenlink checker. JAdinya gak ngecek manual kalau ada brokenlink di blog kita :D

    ReplyDelete
  20. makasih infonya mbaaa
    sayang aku gak pake WP euy
    maklum gaptek hihi

    ReplyDelete
  21. Saya gak pake WP pakenya BP hehe, but ini bisa jadi ilmu juga mak siapa tau tar saya mau bikin blog WP juga

    ReplyDelete
  22. Dari 5 itu kayaknya cuma pake 2 deh. Yoast SEo sama Jetpack :D

    ReplyDelete
  23. Aku cuma paket Yoast dan Jetpack. Tertarik mau nyobain W3 total cache, ntar coba install ah

    ReplyDelete
  24. Dari kelima plugin itu, aku cuma pakai yoast seo dan jetpack doag.....jetpacknya sekarang lagi enggak diaktifin juga. Tapi yoast ini membantu banget hlo soal seo

    ReplyDelete
  25. Aduduu...bunda beneran gaptek kl membicarakan, membaca atau membahas tentang teknik penggunaan WP ini.

    ReplyDelete
  26. Aku punya juga blog yang WP tapi nggak pernah di utak atik kaatik karena saking fokusnya dengan blogspot.

    ReplyDelete
  27. Tapi yg bs dikasih plugin2 gini hanya yg self hosted setahuku ya mbak? Yang gratisan keknya terbatas juga plugin nya. Aku seneng pakai yoast SEO.. jadi helpful banget bikin artikel cepet masuk first page search engine.. Kita juga jadi tahu seberapa nilai SEO artikel Kita dgn plugin itu.. aku juga nyaman pakai wp benernya. Tapi kok rung mampu pindahan ke wp wkwk.

    ReplyDelete
  28. Aku wordpress punya doang, belum sempat otak-atik. Masih belum nyambung karena agak beda sama blogspot

    ReplyDelete