Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

17 Nov 2017

Manfaat Internet Bagi Kehidupan Sehari-Hari


www.hidayah-art.com

Assalamualaikum, temans. Sudah tahu kah ada begitu banyak Manfaat Internet Bagi Kehidupan Sehari-Hari? Bagi pengguna internet aktif pasti udah tahu manfaatnya dong. Namun tak ada salahnya juga saya sharing tentang Manfaat Internet Bagi Kehidupan Sehari-Hari.

Nah, artikel ini untuk tema ArisanBlogGandjelRel periode ke 15 yang dipilih oleh pemenangnya. Mereka adalah mba Dewi Rieka dan Prana Ningrum. 

Sudah tahu dong dengan Dewi Rieka, penulis AKD yang udah difilmkan, dan puluhan buku lainnya. Yang nggak kenal beliau pasti nggak kudet dengan dunia maya deh. Karena Dewi Rieka juga penggiat sosial media, pemilik blog www.dewirieka.com yang judul blognya adalah Blog Dedew, Penulis Serabutan. Dengan tagline Small Things, Kecil Tapi Penting. Iyes, sesuatu yang kecil namun sangat penting yang banyak diceritakan mba Dedew di blognya. Banyak tips nulis juga yang penting banget dibaca. Aihhh kalo mba Dedew mah udah ngehits deh ya. Saya nggak perlu banyak cerita, hihiii

Pemenang berikutnya adalah mba Ningrum, Ibu Rumah Tangga yang juga sibuk mengembangkan usaha rumahan. Pemilik blog yang juga rajin update artikel di blog www.prananingrum.com dengan judul blog Blog Mama Lala. Cerita dalam blog nya seputar keseharian keluarga mba Ningrum, juga cerita jalan-jalan sambil kulineran.

Tema arisan Blog Gandjel Rel kali ini adalah tentang Internet. Tahu dong kalo internet saat ini telah menjadi bagian dalam kehidupan setiap warga dunia. Bukan hanya dibutuhkan oleh praktisi pakar internet. Namun internet telah menyentuh berbagai sendi kehidupan warga dunia. 


Indonesia Masuk Enam Besar Pengguna Internet Terbesar di Dunia

www.hidayah-art.com

Istilah Internet berasal dari kata 'Interconnection Network'. Artinya adalah Jaringan yang saling terhubung. Kalo dari Kamus Besar Bahasia Indonesia, definisi Internet adalah Jaringan Komunikasi Elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisir di seluruh dunia melalui Telepon atau Satelit.

Indonesia sendiri menjadi salah satu negara terbesar pengguna internet. Indonesia berada dalam urutan keenam dengan jumlah pengguna internet sebanyak kurang lebih 102,8 juta orang. Ini adalah data tahun 2016. Bisa saja saat ini telah tumbuh makin besar dan berkembang pesat. Bahkan diprediksi bisa menyingkirkan posisi Jepang dari peringkat kelima.

Hiruk pikuk pengguna internet di Indonesia makin bertambah terutama sejak pemilihan presiden tahun 2014. Tumbuh suburnya pengguna internet banyak juga yang tanpa dibarengi sikap bijak penggunanya. Luapan kebencian, saling nyinyir dan membuka aib sesama, menjadi hal biasa bagi pengguna internet. 

Masya Allah, padahal negeri ini dulunya terkenal sebagai negeri yang ramah penduduknya. Namun sejak maraknya penggunaan internet, seakan pesan kebencian mudah sekali ditebar sembarang waktu dan tempat. 

Seharusnya internet menjadi sarana yang membawa manfaat bagi penggunanya. Terlebih dengan adanya internet, begitu banyak orang yang terbantu mendukung pekerjaan ataupun kegiatannya.

Nah, manfaat apa aja yang bisa dinikmati para penggunanya?

Manfaat Internet Bagi Pengguna :

- Mempermudah Pekerjaan

Saat ini profesi pekerjaan sangat beragam. Berbagai profesi tersebut banyak yang bersinggungan dengan kebutuhan pendukung seperti internet. Informasi yang dibutuhkan bagi seorang penyiar radio, bisa dengan gampang dicari melalui internet. 

- Menambah Wawasan

Dahulu jaman saya masih kecil, buku menjadi satu-satunya jendela dunia. Tempat saya bisa mendapatkan informasi tentang seluruh kejadian yang ada di dunia. Namun sekarang, posisi buku telah tersingkirkan begitu dahsyat dengan internet. 

Ada jutaan bahkan bisa jadi bermilyard informasi yang bisa didapatkan di internet. Update info terbaru pun menjadi hal yang gampang diakses oleh pembacanya.

- Mempermudah Komunikasi

www.hidayah-art.com

Tentunya banyak sekali pengguna internet yang telah dipertemukan dengan teman masa kecilnya, teman sekolah maupun mantannya. Iyess, sosial media yang beragam, seperti Twitter, Instagram, Facebook terutama telah menjadi alat komunikasi yang paling murah dan sangat mudah digunakan.

Jarak pun tak lagi menjadi kendala yang berarti untuk menjalin komunikasi dengan saudara atau teman yang tinggal terpisah pulau atau negara.

- Menjadi Sarana Hiburan

Hayooo, siapa yang suka nonton film melalui jaringan internet di rumah, sambil nunggu kereta datang, atau di kafe? Nonton drama Korea yang berseri pun menjadi tak terasa panjang karena terhibur. Bahkan tak jarang tanpa sadar, kaiian senyum-senyum sendiri, hihiii.

- Menjadi Sarana Pendidikan

Jaman anak-anak masih sebagai pelajar SD, saya pernah menemani mereka mencari bahan artikel yang merupakan tugas dari gurunya. Hampir sebulan sekali guru di kelas memberikan tugas bagi siswanya. Karena saya ingin mengenalkan internet secara positif, penting banget mendampingi anak-anak mencari bahan di internet. Tahu dong kalo ada banyak situs buruk yang menebar informasi negatif dan tak pantas diakses anak-anak tanpa bimbingan orant tua.

- Menjadi Sarana Bisnis dan Belanja Online

www.hidayah-art.com

Nah, internet telah membantu pembeli dan penjual yang ingin belanja tanpa keluar rumah. Hari gini siapa sih yang belum menikmati belanja online? Banyak sekali pebisnis yang terbantu usahanya karena menggunakan fasilitas internet.

Ah, banyak sekali sebenarnya manfaat positif internet. Kalian bisa dong menambahkan daftarnya di kolom komentar. Siapa tahu ada yang bertemu jodoh melalui internet? Semoga langgeng ya dan hanya maut yang memisahkan kalian, aamiin. 

Manfaat Internet bagi kehidupan sehati-hari di atas hanya sebagian kecil yang kalian alamai. Saya sendiri mendapatkan banyak manfaat dari internet. Memiliki teman baru yang banyak dan tak kalah baiknya dengan teman-teman yang sudah saya miliki sebelumnya. Yuk, manfaatkan internet sebaik-baiknya ya temans. Wassalamualaikum.


11 comments :

  1. Alhamdulillah sekarang ada internet ya mbak banyak banget aktivitas keseharian yg terbantu dgn adanya internet. Kita jd bisa makin produktif dimanapun

    ReplyDelete
  2. Internet sudah menjadi kebutuhan sekarang. Nggak ada internet hidup terasa sepi #halah :D
    Tapi bener, semua serba internet sekarang, termasuk pelajaran sekolah, jika ada sesuatu yg belum diketahui, langsung googling dan biasanya sih ketemu jawabannya. Membantu sekali.

    ReplyDelete
  3. Semua manfaat internet di atas sudah saya alami sendiri. Dan memang benar, saya sangat terbantu dalam banyak hal karena internet.
    Salam..

    ReplyDelete
  4. sangat merasakan manfaat dengan adanya internet Mbak. Dulu, mau telepon bapak dan ibu harus ke warnet, mau nulis panjang ke kekasih harus ke warnet juga buat kirim email, sekarang dengan adanya internet dan gadget yang mendukung, bisa sepuaskan video call dengan bapak dan ibu, bukan hanya mendengar suara tapi bisa melihat wajahnya, mau nulis buat sanga kekasih, sekarang sudah mudah dengan adanya aplikasi digadget berinternet dengan banyak cara.

    ReplyDelete
  5. Manfaatnya banyaak sayang kalau dipakai buat berantem aja yaaa mbak

    ReplyDelete
  6. Banyak bsnget mamfaat internet,yang jauh jadi dekat. Apa aja bisa dicari lewat internet

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah internet bermanfaat banget ya. Sudah menjadi kebutuhan. Apa saja ada. Termasuk godaan belanja...

    ReplyDelete
  8. Banyak banget manfaat internet ya mb. Memang setelah ada internet komunikasi jadi lebih mudah 😀

    ReplyDelete
  9. Kalau di tempatku, kebutuhan banget. Selain buat kerja, juga bisa buat belanja-belanja murah. :D

    ReplyDelete
  10. Manfaat internet jika digunakan dengan bijak memang banyak ya mbak wati 😊

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...