Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

17 Oct 2017

7 Perlengkapan Dapur Yang Wajib Dimiliki Pengantin Baru


www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Ada Tujuh Perlengkapan Dapur Yang Wajib Dimiliki Pengantin Baru. Masa iya mau pinjem wajan ama mertua atau orang tua tiap mau masak sesuatu. Repot lah bolak balikinnya. Iya kalo rumahnya dekat sama mereka. 

Atau kalian nggak butuh perlengkapan dapur, karena bisa beli makan aja. Banyak tempat makan yang bisa dijadikan pilihan untuk makan malam atau sarapan. Lebih praktis dan tubuh pun gak capai. Bisa jadi itu dalih kalian.


Ya masa sih, kalian beli makan di luar rumah tiap hari. Kapan dong mau nabung buat Umroh atau Ibadah Haji? Asik dan romantis banget menunaikan ibadah haji bareng pasangan kita. Saya udah menikmati aura honeymoon yang paling menyentuh kalbu juga waktu ibadah haji. 

Baca deh dalam artikel berikut. Tapi saya nggak tanggung jawab kalo kalian bakal ngiler pengen juga menikmatinya.


Sebenarnya sih nggak hanya pengantin baru yang butuh perlengkapan dapur ya. Anak kost juga butuh perlengkapan dapur. Kan lebih ngirit masak sendiri dari pada jajan di luar. Apalagi kalo kalian kost dan akrab dengan sesama penghuni kost lainnya. Bisa loh patungan masak dan dikerjakan bareng-bareng gitu. Pasti hubungan antar teman kost makin akrab.

Nah, berikut ini 7 Perlengkapan Dapur Yang Wajib Kalian Miliki :

1. Kompor Gas

Hari gini pasti setiap rumah memiliki perlengkapan dapur yang satu ini. Kompor Gas menjadi benda yang wajib ada kalo kalian ingin masak. Sekedar goreng telor aja tetap butuh kompor gas. Karena emang kompor gas adalah alat untuk masak yang sekarang diijinkan untuk digunakan. Kompor gas makin jadi favorit sejak menggantikan kegunaan kompor minyak tanah. 

2. Wajan

www.hidayah-art.com

Bagi penyuka telor ceplok, tempe goreng, tahu krispi, wajib banget nih punya perlengkapan dapur yang satu ini. Untuk menggoreng tempe ataupun telor, paling cocok menggunakan wajan. Bebas sih mau pakai wajan anti lengket, wajan biasa atau wajan serba guna. Saya punya segala jenis wajan. Dari wajan biasa, wajan anti lengket, wajan untuk bikin crepes, sampai wajan deep frying untuk goreng ayam krispi.

3. Blender

Nah, bagi yang malas menghaluskan bumbu opor ayam, soto, rawon, wajib punya blender. Alat bantu masak yang paling favorit di rumah saya. Hampir setiap hari saya menggunakannya. Kadang untuk menghaluskan bumbu masakan. Seringnya sih bikin minuman segar dari buah favorit semacam alpukat, nanas, mangga, pokoknya yang sesuai musim aja.

Saya sekarang tiap hari menggunakan blender untuk bikin minuman sehat. Demi agar tubuh bebas penyakit degeneratif, saya bikin jus sehat tiap pagi. Baca yuk dalam artikel berikut :


4. Mixer

Pasangan pengantin baru atau keluarga muda saat ini suka banget sarapan yang ringan. Sarapan yang nggak bikin kekenyangan. Karena kalo sarapan terlalu kenyang, ntar jadi ngantuk di sekolah atau tempat kerja.

www.hidayah-art.com

Anak-anak saya paling suka sarapan ala orang bule. Mereka senang kalo saya buatkan pancake dengan toping beragam. Misal hari ini topingnya icing sugar, besok lusa ganti selai strawberry. Kalo ada mixer di dapur enak, saya bisa bikin sarapan ala orang bule. Kalo bosan sarapan pancake, bisa ganti poffertjes atau dadar gulung. Adonan tepung tinggal diaduk pakai mixer. Tangan nggak lelah kalo dibantu ngaduk pakai mixer.

5. Pisau

Pisau menjadi benda yang wajib banget ada di dapur rumah kalian. Gimana mau masak kalo kalian nggak punya pisau?

Saya dulu suka koleksi pisau. Dari pisau daging, pisau khusus untuk memotong tempe untuk mendoan, atau pisau biasa. Eh saya pun pernah punya pisau khusus motong kue waktu si sulung ultah. Saya bela-belain beli pisau untuk potong cake karena waktu anak-anak kecil, saya senang bikin kue.

www.hidayah-art.com

Saya sekarang pengen belanja pisau set. Itu pisau yang komplit jenisnya dan ada bonusnya talenan. Pisau set seperti ini bisa jadi penghias dapur saya ya. 


6. Perlengkapan Makan

Entah kalian suka masak atau beli makanan di resto atau warung makan. Wajib banget punya perlengkapan makan di dapur. Seperti gelas, piring, sendok, garpu, mangkok, dan lainnya. Paling nggak masing-masing kalian wajib punya minimal enam buah. Masa mau beli masing-masing jenis dua buah. Ngirit banget, hahaha.

7. Teko Air

Benda ini juga wajib kalian miliki, terutama yang suka ngopi atau ngeteh. Saya waktu pengantin baru langsung menempati rumah baru juga. Alhamdulillah ada yang kasih kado Teko Air. Lumayan untuk melengkapi koleksi benda di lemari dapur saya.

www.hidayah-art.com

Sekarang enak ya, banyak pilihan teko air. Ada teko air bisa bunyi yang dimasak di atas kompor gas. Yang paling praktis tentu saja teko listrik. Cocok banget untuk pelengkap dapur bagi kalian pasangan muda yang senang hidup modern. Kalian nggak perlu ngopi di kafe. Cukup sediakan waktu di rumah bersama pasangan dan seduh kopi di teko. Di samping praktis juga hemat budget kan. Duitnya bisa ditabung untuk traveling atau umroh. 

Ketujuh benda perlengkapan dapur di atas yang minimal wajib kalian miliki. Nanti lah kalo kalian hobi masuk dapur, bisa nambah belanja perlengkapan dapur lagi. Mungkin malah jadi tukang kolektor panci atau wajan, kayak saya. Nggak apa sih karena perlengkapan dapur itu kan investasi. Siapa tahu suatu hari nanti kalian buka usaha katering. Lumayan kan udah punya perlengkapan dapur yang komplit. 

Gimana, masih ragu belanja perlengkapan dapur? Masih pengen jajan aja di luar rumah? Nggak pengen menikmati traveling bareng pasangan kalian aja? Atau mungkin kalian malah kolektor panci kayak teman saya? Yuk sharing di kolom komentar ya, teman-teman. Wassalamualaikum.

31 comments :

  1. Mixer yang aku belum punya. Tapi emang belum bisa bikin kue sih. :'D Untuk sarapan, emang lebih enak yang ringan. Kalau nasi, pasti ngantuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Nis, anak-anakku udah nggak mau sarapan nasi. Mending bawa bekal untuk dimakan saat istirahat pertama

      Delete
  2. Jadi ingat, pengen beli pisau set. Ketunda2 terus. :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, aku jugaa mba Esti. Sampai dapur udah jadi, aku belum sempat beli

      Delete
  3. Nyicil beli tiap bulan satu. :D Udah komplit sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah seneng yaa udah komplit perlengkapan dapurnyaa

      Delete
  4. Sebelum nikah, dulu suamiku udah nyiapin kompor sama tabung gas yg 12kg itu loh mbak Wati. Terus setelah nikah, aku beli teflon sama teko buat masak air. Kalo yg lain2 masih minjem mertua waktu itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo deket mertua atau ortu enak ya mba, bisa pinjem sesekali.

      Delete
  5. Lengkap banget... aku belum punya semuanya. haha. yaiyalah wong sekarang masih numpang di rumah mertua. jadinya seneng sih, kalau butuh props buat foto pun sering pinjam punya beliau. wkwkwk.

    Kudu noted buat nanti kalo nanti nggak tinggal sama mertua lagi. makasih Mba.. :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belinya nanti kalo udah pindah di rumah sendiri, Rin

      Delete
  6. Mixer sampe udah 10 tahun nikah belum punya mbak. La wong bikin kue aja ga bisa hehehhe....

    ReplyDelete
  7. Yeaaay..uda punya semuaaaa.. punya ibu tp. *nasib masih numpang*. Wkwkwkwk... naksir pisau set nya ih..warnanya lucuk2 y mba wati

    ReplyDelete
  8. peralatan dapur setelah menikah dulu terbatas banget, apalagi jauh dr siaoa siapa, kudu banget membeli perlengkapan tersebut dengan cara mencicil dr yg penting

    ReplyDelete
  9. Awal menikah, justru ibuku yang membelikan perlengkapan dapur. Padahal suami sudah nolak karena malas bawa barang, berat, naik bus pula. Nasib pengantin baru.

    ReplyDelete
  10. kalau aku pernh dikasih pisau sama temen pas nikahan, eh ternyata perlu dan penting banget buat didapur.

    ReplyDelete
  11. hahhaa, aku ga punya teko sama mixernya rusak sama tetangga dipinjem hiks.
    Aku punya panci serbaguna awal nikah, hasil kreditan pula hahhaha, tapi berguna banget ampe sekarang, masih bagus pula , jadi ga perlu kolektor banyak panci, karena bisa buat goreng ato ngukus

    ReplyDelete
  12. alhamdulillah, waktu awal nikah dulu punya barang barang itu dari kado. Cuma piring dan sendok yang diberi oleh ortu...isshhh ga modal banget sih wkwkwk

    ReplyDelete
  13. Hihihi jadi inget jaman dulu ya mbak

    ReplyDelete
  14. Aku gak nunggu jadi pengantin baru tetep pengen punya barang2 itu Mbak. Kemarin pisau aja jauh2 beli dr Madura,heheh

    ReplyDelete
  15. Aku punya semua dari awal nikah sampai sekarang, cuma mixer yang gak punya hehe

    ReplyDelete
  16. Aku jg blm punya mixer mbk. Tp maulah punya. Biar bs belajar bikin kueh.

    ReplyDelete
  17. Dan biasany pengantin baru dapetin barang2 itu dari kado. Hehe

    ReplyDelete
  18. Wis duwe kabeh tapi tetep gabisa masak. Huhuhu

    ReplyDelete
  19. KAlau sekarang saya malah pengen wajan besi :)

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah kompor aku dapat dr kado nikah. Mixer dikasih ma mertua, mayanlah nek tuku kabeh yo entek akeh 😁😁

    ReplyDelete
  21. Jadi ingat pas jadi pegantin baru, peralatan masak di atas aku dapet semua dari kado, jadi ga beli

    ReplyDelete
  22. Pengantin baru saya udah punya semua mbak Wati, karena langsung tinggal di rumah mertua, hehe..

    Eh, ada deng yang belum, yaitu mixer dan kompor gas karena saat itu kompornya masih minyak tanah :)

    Sekarang sih, alhamdulillah udah ada semua dan punya sendiri, meskipun ngumpulin satu per satu. Yang jarang dipakai ya mixer itu, karena saya jarang bikin kue, hehe..

    ReplyDelete
  23. Nah kalo aku mikser punya sejak SMA gara2 disuruh praktik pelajaran keputrian bikin bolu kukus mba :)

    ReplyDelete
  24. Waktu pengantin baru, aku blm pny mixer. Jd kalau ke rmh bunda selalu minta dibikinin cake. Ini sih modus ya? Hihihi...

    ReplyDelete
  25. Waktu pengantin baru, ada semua kecuali blender dan mixer. Blender aku baru beli saat sudah punya bayi sedangkan mixer malah baru punya 3 tahun lalu hehe.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...