Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

20 Jul 2016

9 Tips Cerdas Hadir Dalam Workshop atau Talkshow


www.hidayah-art.com

Assalamu'alaikum. Saya yakin banyak dari teman-teman yang pernah mengikuti workshop atau pun talkshow. Tahu sendiri deh, sekarang banyak banget EO yang menyelenggarakan satu acara karena pesanan brand atau lembaga pemerintah. Saya sendiri sudah nggak terhitung berapa kali menghadiri workshop atau pun talkshow. Karena sejak lama saya memang menyukai kegiatan tersebut. 



Hadir dan mengikuti acara workshop hingga selesai udah biasa. Tapi apakah teman-teman sudah menyerap materi yang dibagi dalam acara tersebut? Atau kah begitu acara selesai, keluar dari ruangan workshop, menguap pula materi yang dibagikan? Artinya selama mengikuti workshop, teman-teman ternyata tidak cermat mendengarkan materi. Mungkin asyik main game, chit chat di grup sosmed, atau malah ngegosip dengan teman satu meja?

Lantas buat apa hadir dalam satu workshop bila usai acara tak ada materi yang kita mengerti? Ah, mungkin niatnya memang sekedar menjaring teman baru. Dan materi workshop ada dalam urutan sekian, tak penting. 

Namun saya yakin masih banyak yang ingin mengikuti dan mendapat materi dalam workshop yang dihadirinya. Nah, saya mau berbagi pengalaman tips menghadiri workshop. Karena niat hadir dalam acara tersebut pasti lah kita ingin mendapat materi dan menambah wawasan. Atau kita ingin mendapat 'insight' yang mampu membuat hati tergugah dan menjadi lebih baik.

www.hidayah-art.com


9 Tips Hadir dalam Workshop agar Sukses dan Menguntungkan Kita :

1. Catat waktu acara 

Ini penting banget karena nggak ingin kan kita melupakan kapan acara workshop berlangsung. Bisa saja loh kita lupa, karena banyak pekerjaan. Atau lupa sudah daftar workshp tapi setuju janjian dengan seseorang. Ntar jadi bingung memutuskan akan hadir workshop tapi telat atau batalin aja janjiannya.

Nah, mencatat tanggal dan jam ikut workshop dalam agenda atau ponsel sangat penting. Kemarin kejadian loh, ada teman yang lupa nggak bisa hadir waktu acara gara-gara janjian sana sini. Bikin bete kan kalo kayak gitu kejadiannya.


2. Cari Tahu Lokasi Acara

Beberapa kali saya selalu mencari tahu lokasi acara workshop meski diadakan di kota sendiri. Karena kita nggak pernah tahu, lokasinya bisa saja menempati bekas resto atau toko. 

Nah, saya pernah terlalu yakin kalo tahu dengan tempat talkshow. Ternyata pada hari H, saya muter-muter nyari lokasi acara karena tempatnya bekas pakai resto lain yang sudah tutup. Jadi pusing dan molor sampai di lokasi. 

Langkah bijak adalah survey lokasi atau tanya teman yang benar-benar tahu lokasi acara. Jangan hanya mengandalkan google map.


3. Persiapkan Diri 

Satu jam sebelum acara workshop saya biasanya udah siap. Oh iya, satu jam ini dengan catatan, jarak tempuh menju lokasi sekitar 30 menit. Kalo lebih dari itu, perkirakan saja prepare untuk datang lebih awal.


4. Bawa Perlengkapan 'Tempur'

Nggak pengen kaaan, hadir dalam acara dengan modal nol. Maksudnya, saat ini tuh kalo ikut workshop pasti akan ada sesi foto, sesi tanya jawab, dan yang lainnya. Nah, saya biasanya selalu mempersiapkan perlengkapan tempur untuk workshop. Sesuaikan aja perlengkapan apa yang perlu dibawa dan penting untuk workshop. Seperti kamera bisa aja bawa ponsel yang udah oke fasilitasnya. 

Ponsel juga bisa digunakan untuk merekam materi pembicara. Beberapa kali saya suka merekam isi materi, untuk mengingat kembali dan menuliskannya di blog. Untuk menulis isi materi bisa mengandalkan fasilitas di ponsel juga. Tapi saya masih melihat banyak yang tetap menggunakan agenda untuk mencatat isi materi. Bebas sih tergantung nyamannya masing-masing aja.

Oh iya, saya juga selalu membawa bekal minum air mineral dari rumah. Meski pihak penyelenggara menyediakan minum, saya lebih merasa aman aja kalo bawa bekal sendiri.


5. Pilih Outfit Yang Sesuai 

Kalo ikut workshop gitu saya melihat lokasi acara. Kalo nggak ada aturan dresscode, saya memang lebih suka pakai padanan celana dan tunik. Tapi akhir-akhir ini saya lagi suka pakai gamis, jadi pilihan outfit bisa aja berubah.

Yang penting apapun model pakaian, menurut saya harus nyaman dipakai. Terbuat dari bahan yang menyerap keringat, gampang untuk kita bergerak, dan terlihat menarik untuk foto nantinya. Hahaha, tetep ya foto itu penting, sodaraaaa.


6. Duduk dan Perhatikan saat di Ruangan Workshop

www.hidayah-art.com
peserta favorit workshop: duduk dan mencatat materi
kebetulan saya yang mengisi workshop menulis 
Pernah nggak sih mendengar dengungan mirip lebah ketika kita hadir dalam workshop. Padahal kita ada di dalam ruangan hotel. Mana ada lebah segede buah nangka agar bisa memperdengarkan  dengungan masif?

Nah, itu bukan lah dengungan lebah. Namun suara beberapa orang yang hadir dalam workshop tengah asyik ngobrol sendiri. 

Etika hadir dalam workshop adalah duduk dengan tenang. Mendengarkan pembicara, bertanya waktu sesi khusus, dan tidak ngobrol sendiri. Malu loh bila pembicara sampai menegur. Dan saya pernah menghadiri workshop, melihat pembicara menegur yang asyik ngobrol dengan teman satu deretan tempat duduk. 

Kalo ngobrol gitu kan mengganggu peserta lain yang ingin menyerap materi dengan serius. Jadi, tahan diri, tahan mulut agar jangan ngobrol asyik sampai lupa pada yang tengah berbicara di hadapan kita.


7. Rekam isi pembicaraan 

Oh iya, tadi saya udah menjelaskan tentang alat tempur untuk workshop. Nah, saya sering merekam pembicara tengah menyampaikan materi dengan fasilitas di ponsel. Nanti sampai rumah, bila ingin menuliskan materi untuk artikel di blog, saya tinggal memutar rekaman. 

Lumayan juga, karena saya suka lupa dengan isi materi. Nggak bisa mengingat denga komplit semua pembicaraan, tanya jawab, dan yang lainnya. Karena saya kadang fokus dengan pengambilan foto saat workshop berlangsung.


8. Menjadi Peserta Yang Aktif

Kalo yang ini sih saya baru-baru ini saja melakukannya. Dulu tuh malu kalo mau tanya-tanya pada pemateri. Atau ikut aktif melontarkan sesuatu bahan pembicaraan agar mendapat hadiah, misalnya. 

www.hidayah-art.com
Sesi sharing pun bisa dapat bonus merchandise
saat acara Fun Blogging 9

Nah, sejak memompakan semangat agar berani ngomong, saya berusaha aktif dengan ikut bertanya pada pemateri. Rugi kaaan, kalo sebenarnya kita bisa mendapatkan materi tambahan karena menanyakan sesuatu. Mungkin aja informasi yang penting dan tidak masuk dalam materi workshop.


9. Jaring Teman Baru

Saya pernah membaca entah di mana, kalo ikut workshop usahakan berbaur dengan orang yang belum dikenal. 

Tapi ya itu tadi, saya kan pemalu dan kadang suka minder, hihii. Jadi kadang maju mundur cantik kalo pengen kenalan dengan orang baru. Saya selama ini memang lebih memilih duduk dekat teman yang udah kenal baik. Kayaknya harus berusaha mengubah kebiasaan ini ya. Hayooo, siapa lagi yang punya sifat kayak saya? *nyari teman*

9 Tips di atas rasanya bisa deh dilakukan, sepanjang kita mau berusaha. Yes, 9 Tips Cerdas Hadir Dalam Workshop atau Talkshow di atas mungkin masih ada yang kurang. Boleh ditambah di kolom komentar. Pasti banyak juga yang membutuhkan tips cerdas hadir di workshop. Terima kasih kunjungannya. Wassalamu'alaikum. 

4 comments :

  1. Tips nya sangat bermanfaat mbak..tp saya msh suka telat aja klo ikut workshop.hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo berangkat gasik, karena bisa foto selfi dulu, hihiii

      Delete
  2. Penting buat tau lokasi acara nih biar nggak telat. Saya pernah hampir telat gegara nggak tau lokasi acaranya dan jalanan yang dilewati macet.

    ReplyDelete
  3. Thanks sharingnya mba..saya jg suka gatel nengok hp kalo ikutan seminar atau workshop. Ini ni kbiasaan yg susah dihindari. Hehe..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...