Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

7 Mar 2016

Saatnya Sadar Investasi Dengan Memilih Reksa Dana Manulife


www.hidayah-art.com

Assalamu'alaikum teman.
Semoga teman-teman dalam keadaan sehat, aamiin. 
Kali ini saya mau cerita acara ultah Gandjel Rel, komunitas Blogger Perempuan yang punya rumah di Semarang dan sekitarnya. Asiknya lagi, ada bincang investasi juga. Asik nih, pengen tahu juga soal investasi karena sekarang udah jadi ibu rumah tangga. Harus tetep update info dong ya, agar gak kudet. Apalagi ini soal investasi, penting banget nih. Saatnya ibu rumah tangga sadar investasi dengan memilih reksa dana Manulife :D


Karena telat datang, saya hanya dapat bagian akhir sambutan dari founder sekaligus ketua Gandjel Rel, Rahmi Aziza. Maaf ya, atas keterlambatan saya. Sebagian yang saya dengar adalah, komunitas Gandjel Rel ini mewadahi blogger perempuan Semarang supaya makin cetar dan eksis. 

www.hidayah-art.com
Mas Surya dari Manulife sharing investasi
Acara berikutnya dilanjutkan oleh Mas Surya dari Manulife Reksa Dana dengan sharing info seputar investasi. Saya jadi semangat nih, temanya seru "Cicil Masa Depanmu dari Sekarang".

Apa sih yang dimaksud nyicil masa depanmu?

Yuk, cari tahu lebih lanjut karena saya bakal mengupas tuntas tentang tema sharing bareng Reksa Dana Manulife.

Mas Surya mengemukakan fakta bahwa harapan hidup orang Indonesia makin membaik. Namun sayangnya, angka kelahiran menurun. Coba aja lihat, jaman dulu orang tua kita bisa punya anak sampai 10. Trus saat mereka makin tua, 10 anak ini bakal bahu membahu menopang biaya hidup orang tua.

Nah, bandingkan dengan saat ini, ketika rata-rata keluarga Indonesia hanya punya 2 anak saja. Bayangkan dong, bakal 2 anak aja yang menopang biaya hidup orang tua saat mereka udah lanjut usia.

Duuuh, saya sih enggak mau merepotkan anak-anak yang cuma dua. Tapi apa iya, udah lanjut usia masih bisa produktif? Masih bisa punya penghasilan sendiri? Kayaknya jarang banget ya.

Ngambil duit tabungan untuk hari tua? Yakin cukup?

Coba bayangkan. Ekspektasi umur orang Indonesia : 80 tahun

Rata-rata masa pensiun di Indonesia                      : 55 tahun dikurangkan,
                                                                             25 tahun
25 tahun ini adalah jumlah tahun tanpa penghasilan bila mencapai usia hingga 80 tahun. Tinggal kalikan jumlah bulan dalam satu tahun :


          25 th x 12 bulan  =   300 bulan masa pensiun tanpa penghasilan

Kemudian, kalikan 300 dengan biaya hidup sebulan. Hasil akhirnya pasti fantastis. Banyak banget kan? Udah punya duit segitu?

Karena tiap saat, harga beras makin mahal. Belum lagi kebutuhan pokok yang lain. Kebayang nggak sih, udah usia lanjut masih aja mikir kebutuhan pokok yang gak kebeli. Nyesek tahu, hikss.

Saya kasih tahu ya, jangan baper dulu. Karena ada 3 langkah sadar investasi dari Reksa Dana Manulife. 

Apa aja sih? Ini nih 3 langkah mudah yang patut dilaksanakan :

1. INSYAF

Iya, Insyaf. Sadar kalo kebutuhan dana hari tua makin besar. Enggak boleh ditunda lagi, karena usia tuh aslinya bukan bertambah tapi berkurang. Insyaf, jangan mengharap biaya hidup masa pensiun disubsidi oleh anak-anak.

2. IRIT
    
Tiba-tiba Mas Surya nanya apa beda Irit dan Pelit?
Dalam sepersekian detik, nggak ada yang berani jawab. Nah, napa ya? Takut dibilang pelit ya, hehehe.

Untung aja Rizka Alyna menyelamatkan kami semua. Dengan tegas Rizka menjawab kalo pelit itu nggak mau keluar uang sama sekali untuk membiayai kebutuhannya. Beda dengan irit, tetap mengeluarkan biaya tapi dengan seefektif mungkin.

Asiknya, Rizka dapat hadiah dari jawabannya. Selamat Rizka!

Mas Surya melanjutkan dengan menunjukkan prinsip irit yang tidak mengharuskan setiap orang jadi pelit. 

"Tips irit paling penting adalah : Belanja harusnya lebih kecil dari penghasilan"

Nah, pasti banyak yang setuju ya dengan qoute ini.

Boleh nih kita terapkan dalam keseharian. Mas Surya memberi contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari. Saat minum di kafe, berapa harga satu cangkir? Rata-rata sekitar Rp. 50.000. Nah, bisa tuh ganti ngopi di rumah, paling mahal cuma lima ribu. Hitung aja kalo sebulan ngopi di cafe ada 10 kali, dan ubah jadi sebulan sekali misalnya. Berapa jumlah duit yang bisa dihemat dengan ngopi di rumah. Seharusnya penghematan ini bisa masuk tabungan.

Beberapa tips irit :

- Nebeng mobil teman. Pengeluaran bbm mobil sendiri jadi hemat.
-Bawa bekal dari rumah, udah ngirit beberapa rupiah juga karena masak sendiri.
- Sebelum belanja, makan dulu di rumah. Dijamin udah enggak pengen kulineran di resto
- Ngecat rumah sendiri dari pada bayar tukang
- Nyuci mobil sendiri di rumah
- Liburan di rumah dengan berkebun, masak bareng atau membaca buku
- Pilih olah raga joging, enggak perlu keluar duit buat bayar keanggotaan tempat fitnes.
- Isi pulsa, pilih medsos yang sering dipakai aja. Bisa irit tuh kalo beli paket khusus.

Masih banyak tips irit yang pasti bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran. Dan hasil penghematan itu bisa bikin kita kaget, karena ternyata jumlahnya mencapai ratusan ribu. Waaah, harusnya bisa nabung dooong?!

3. INVEST
Hari gini nggak punya tabungan kayaknya nggak mungkin lah ya. Atau mungkin selama ini uangnya disimpan di bawah bantal? Maksudnya agar nggak kena biaya administrasi dan pajak.

Tapi sayangnya menabung, nyimpan uang di bantal, ataupun deposito bukan pilihan yang bijak saat ini. Menabung udah pasti dipotong biaya yang enggak sedikit, kadang malah menggerogoti jumlah nominal tabungan. Mesti update dengan datang ke customer servise bila lebih dari 6 bulan tabungan tidak aktif. Kayak daftar ulang, hehehe. 

Mau nyoba pasar saham? Yakin, mampu memantau fluktuasi saham yang setiap saat bisa bergejolak? Belum lagi pengaruh politik di dalam negeri atau pun negara lain, terhadap fluktuasi investasi kita.

Nah, Manulife menawarkan produk Reksa Dana Kas II dengan keunggulan :

Tanpa Biaya
Malas aja kalo tabungan di rekening bank udah dikit, masih juga dipotong biaya administrasi. Habis dong, hiks... sedih.
  
Terjangkau
Karena dengan pilihan penyertaan reksa dana minimum sebesar Rp. 100.000 pun sudah bisa. Reksa dana itu investasi yang ditempatkan pada beragam instrumen dan kelas aset (diversifikasi) jadi resikonya lebih kecil.

Flexibel
Nah, bila kita ingin mengambil simpanan reksa dana, bisa kok diambil sewaktu-waktu. Karena Reksa Dana Manulife itu liquid, tidak harus nunggu bulan atau tahun keberapa baru bisa mencairkan simpanan. Misal, nyimpan Reksa Dana Kas II pada bulan Januari, nanti bulan Maret pengen ngambil simpanan. Bisa.

Aman & Dipantau
Kita enggak perlu cemas dengan simpanan Reksa Dana Manulife, karena investasi ini sudah dikelola oleh manajer yang profesional. Di samping berpengalaman, juga diadministrasikan oleh Bank Kustodian, di bawah pengawasan OJK (Otorias Jasa Keuangan). 

Tuh, nggak perlu mantau sendiri, bisa tidur nyenyak tiap malam.

Transparan
Kalo pengen tahu nilai aktiva bersih dan kinerja reksa dana, bisa loh dengan mencari kabar di situs internet atau media cetak. 


Nah, udah komplit ya tentang Reksa Dana Kas II. Udah tahu kan ya detil sederhana kalo pengen nyimpan duit dengan memilih produk Reksa Dana Manulife. 

Trus, ngapain kalo udah tahu? Ikuti langkah saran berikut nih, teman :

- Buat prioritas 
Pengen gaya atau kaya? Kalo selama ini habis terima gaji langsung aja belanja, ke cafe atau kulineran. Kemudian nabungnya belakangan kalo udah ada sisa, coba deh diubah gaya hidupnya. Dibalik aja urutannya, abis terima gaji langsung sisihkan buat tabungan. Baru deh belanja belanji.

- Pilih investasi reguler
Dengan berinvestasi secara bulanan, jadi jatuhnya bisa berbeda. Tapi ini hanya cocok bila untuk investasi jangka panjang. Kalo ingin yang gampang ya tetap aja Reksa Dana kas II, lebih liquid.

- Saatnya beraksi
Yup, kapan lagi mulai berinvestasi, tahu-tahu usia udah 50 tahun. Duh, makjleb ini. Tapi belum telat, masih ada waktu jadi jangan terus menunda-nunda, ntar rugi sendiri. 

Kok rugi? Iya, karena makin kita menunda investasi, makin banyak  yang harus kita sisihkan dari pendapatan setiap bulan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. 

Pengen naik haji? Atau jalan-jalan ke negerinya Paman Sam? Pilih deh investasi sesuai waktu yang kita inginkan. Atau mungkin ingin menyekolahkan anak-anak ke luar negeri? Wah, harus mulai dini disiapkan berapa investasi yang kita cadangkan.

- Disiplin
Iya nih, kalo nabung kan suka bolong-bolong. Trus gimana kalo investasi nggak bisa tiap bulan? Ada yang nanya gitu kemarin. Jawab Mas Surya, gampang. Tinggal pilih autodebet aja. Anti repot dan anti lupa, hihiii... yup bener juga.

Tapi ingat ya, baru ada tiga bank yang bekerja sama dengan Reksa Dana Manulife. Yaitu BRI, Mandiri, dan BNI 46. Dan, tentu aja tetap butuh effort datang ke ATM doong.

Ya udah, itu semua yang udah dishare oleh Mas Surya dari Manulife. Semoga udah paham sekarang ya, kalo hidup pengen aman dan nyaman saat masa pensiun, ingat aja dengan Reksa Dana Manulife

Banyak yang dapat hadiah saat Mas Surya melontarkan tanya jawab. Apalagi saat ditanyakan apa sih sebenarnya arti Reksa Dana? 

Banyak yang jawab, berbeda namun tetap punya arti sama. Dan semua dapat hadiah. Senangnyaaa.

Oke, saya tuliskan ya arti dari Reksa Dana

"Reksa Dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari sekumpulan investor untuk kemudian diinvestasikan dan dipantau oleh manajer investasi serta diadministrasikan oleh bank kustodian dengan pengawasan OJK"

Usai sharing bareng Mas Surya, founder Gandjel Rel pun berfoto bareng perwakilan dari Manulife.

www.hidayah-art.com
Siapa yang paling kece?
Senangnya bisa ikut hadir dan seseruan dalam acara ultah Gandjel Rel yang pertama. Apalagi banyak bertabur hadiah dari tanya jawab, games seru, hingga bagi-bagi hadiah dari posting serentak dalam rangka ultah Gandjel Rel. Eh iya, ada acara tiup lilin juga, asiiiik.

www.hidayah-art.com
Tiup lilin oleh founder dan calon blogger :D

www.hidayah-art.com
Alhamdulillah, terpilih sebagai pemenang artikel favorit
Dan, saya termasuk yang beruntung dapat hadiah dari posting serentak ulang tahun Gandjel Rel. Komunitas blogger bagi perempuan yang tinggal di kota Semarang dan sekitarnya. Atau bisa juga perempuan yang pernah tinggal di kota Semarang.



www.hidayah-art.com
Pinjem foto mas Jo :D
Keseruan acara ulang tahun pertama komunitas blogger perempuan Gandjel Rel masih berlanjut. Dengan dipandu MC kece yang cantik, Archa Bella, ada bermacam games seru. Mulai dari mengucapkan selamat ulang tahun pada Gandjel Rel, hingga menirukan gaya salah seorang founder. Yang paling kasihan saat diumumkan siapa pemilik follower Twitter yang paling sedikit, hahaha. Fakir follower pun bisa dapat rezeki kalo Gandjel Rel yang ngadain acara. Ada juga penyandang dress code terbaik, datang paling gasik dan tentu saja pemenang livetwit yang jemponya pasti letoy, qiqiqii.

Banyak tawa deh hari minggu tanggal 6 Maret 2016, hingga nggak terasa udah pukul 13.00 wib. Saya tapi masih pengen foto-foto dulu, hihiii.

www.hidayah-art.com
Sudah punya simpanan Reksa Dana Manulife?
Saatnya kami mesti berpisah, cipika cipiki lagi. Tapi masih pengen ngobrol lagi secepatnya. Karena bagi saya, kopdar dengan teman komunitas blogger itu bikin nambah semangat ngeblog. Enggak ada alasan malas atau jiper, karena saya dikelilingi oleh teman-teman yang peduli dan mau berbagi seputar blogging.

Terima kasih Gandjel Rel, makasih para foundernya yang suka berbagi info dan merangkul dalam satu wadah yang spesial ini. Terima kasih juga pada Manulife, yang udah nyupport acara ultah Gandjel Rel. Jangan kapok untuk ngajakin kerja sama lagi. Semoga sharing ini bisa memberi pencerahan pada  masyarakat agar sadar untuk berinvestasi. Sudah saatnya masyarakat sadar investasi dengan memilih Reksa Dana Manulife.

Wassalamu'alaikum.

67 comments :

  1. Mbak wati kereenn udah posting aja. Gasik. Goodluck mbak :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mumpung masih semangat, masih hangat dalam memori otakku, mbak

      Delete
    2. Ooh nama panggilannya Mbak Wati toh .... sip sip ... jadi, mulai sekarang saya akan menyapa dengan "Mbak Wati" :D

      Delete
    3. Monggo aja manggil apa pun yang penting ada dalam deretan nama yang disematkan bapak saya, pasti saya noleh, mbak Niar, hehe

      Delete
  2. Wuiih kereeen...udah selesai aja nih. Bisa niru ah tips iritnya...akhirnya mak Irits banyak temennya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Ika, mak Irit ngajak-ngajak teman ya, hehehe

      Delete
  3. Jaman sekarang banyak pilihan investasi ya Mak. Saking banyaknya sampe bingung mau invest kemana. keburu uangnya abis buat belanja kalo kelamaan mikir. Hehehe. Tapi boleh juga ya dilirik reksadana ini. Ntar aku coba cari tau lebih dalam lagi deh. Hehe. Makasi infonya Maaaaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo cari tahu lebih banyak, moga ketemu info kerennya Manulife ya

      Delete
  4. Alhamdulillah berarti saya termasuk irit juga mbak karena pikniknya nggak perlu jauh-jauh cukup jalan-jalan ke pasar aja tiap minggu *LOL

    Iya sih mbak hari gini kita memang butuh invest terutama saya dan suami yang bukan PNS jadi ngga dapat pensiun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke pasar itu juga liburan loh, bisa dapat hiburan sambil belanja buat seminggu, hihiii

      Delete
  5. Reksadana itu semacam menanam saham ya mbak? *makgaptekistilahfinance*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama simpanan, tapi beda resiko. Kalo saham kan terpengaruh fluktuasi kondisi ekonomi dan politik. Kalo reksa dana itu kayak tabungan, tapi tanpa kena biaya administrasi.

      Delete
  6. Replies
    1. Belum tentu, hehehe... mungkin ada yang duluan posting tapi nggak share-share, Dit

      Delete
  7. Liputane lengkap..

    Sukses ya mbak..

    Nek aku ikut pasti tambah rame ya mbak.

    ReplyDelete
  8. terimakasih tips iritnya Mbak Wati :)
    sebagian udah saya praktekkan tapi sebagian lagi belum.. Sepertinya reksadana ini bisa dicoba :)

    TFS Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, senang kalo bisa bermanfaat. Meski sebenarnya tulisan ini juga buat introspeksi diri pribadi :)

      Delete
  9. ternyata reksadana ada yang mulai dari 100 ribu ya ? fotonya yang atas bagus mbak...tp kurang besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, belum piawai bikin infographis dari laptop, nanti deh coba bikin lagi yang lebih bagus. Makasih ya kritikannya :)

      Delete
  10. Tips irit : Belanja harus lebih kecil dari pendapatan


    Ini sungguh menohok diriku sangat, Mak. Hehehe, abis yaa kadang laper matanya itu loh, belanja sana belanja sini, giliran dibawa pulang, ga kepake juga -__- *sedih*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak, aku juga kemarin sempat makjleb, soal tips iritnya itu kayaknya mesti kita tinjau ulang ya. Nyuci motor atau mobil di luar, trus kulineran hampir tiap minggu, hihiii

      Delete
  11. Investasi sekarang memang wajib dilakukan sejak dini ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, bikin kita gampang mengkalkulasikan kebutuhan dan juga makin rendah setorannya

      Delete
  12. ngitung-ngitung umur, iya banget kudu sadar dan insyaffff. harus bikin plan investasi. thank ya mba wati liputannya menyadarkanku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, mbak Erna

      Aku juga ikutan kena tonjok abis acara, berasa banget banyak dosa ttg pengeluargan, hiksss

      Delete
  13. Aduh, iya juga yaaa... baru ngeh kalau investasi tuh emang penting banget.Hiks... Makasih mbak atas pencerahannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, mbak... senang bisa berbagi info dari Manulife :)

      Delete
  14. Barakallah Mba Wati..

    MOga sukses lagi ngontesnya :)

    ReplyDelete
  15. Investasi, wajib nich buat masa depan...

    ReplyDelete
  16. Iya, Insyaf. Sadar kalo kebutuhan dana hari tua makin besar. Enggak boleh ditunda lagi, karena usia tuh aslinya bukan bertambah tapi berkurang. Insyaf, jangan mengharap biaya hidup masa pensiun disubsidi oleh anak-anak.

    --> waaah peringatan besar buat saya, Mbak.

    Selamat ya, artikelnya yang jadi favorit

    Selamat juga buat Gandjel Rel ... makin keren deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peringatan buat semua yang mau insyaf, mba Niar :)

      Delete
  17. semoga gandjel rel semakin menginspirasi, ikut merasakan ilmunya nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhh senangnya kalo ada yang merasakan manfaat dari artikel ini, makasih udah mampir mba :D

      Delete
  18. Kencangkan ikat pinggang, melawan keinginan, memenuhi kebutuhan. Semangat!!!

    ReplyDelete
  19. saya belum ikutan :(
    tapi Alhamdulillah euforianya udah nyampe :D
    semoga di ultah Gandjel Rel kedua bisa ikutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, moga tahun depan bisa ikutan ya mbak, belum pernah ketemu off air kita ya :)

      Delete
  20. Sejak lama menimbang - nimbang ikut reksa dana. Masih bimbang ikut ga yaa...nice info,Mbak :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, saya juga mau daftar, mbak Sugi :)

      Delete
  21. Duh tips iritnya kena banget. :D

    Nyobain stalking ke reksadana ahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Nis, buat anak-anak ya, moga rezeki bumil lancar, aamiin :D

      Delete
  22. Jadi ketampol juga nih diriku, Mba. Harus mulai berinvestasi dari sekarang. Artikelnya komplip plit... good luck ya Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini juga reminder buat diri sendiri, mbak Uniek.

      Makasih supportnya yaaa :)

      Delete
  23. jadi malu aku ikut acara kemarin abisnya aku manusia paling bolos sedunia hehehe...
    abis baca postingan mbak wati moga2 terus insaf lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya banyak temennya deh mbak, hihiii

      Delete
  24. Btw itu ada Mbak Muna yah ;)

    Hmm, reksa dana gitu yah Mbak? Dipertimbangkan dulu ahh, kemarin waktu kerja dari kantor asuransi kesehatannya jg pake Manulife, proses claimnya jg lancar.

    ReplyDelete
  25. Btw itu ada Mbak Muna yah ;)

    Hmm, reksa dana gitu yah Mbak? Dipertimbangkan dulu ahh, kemarin waktu kerja dari kantor asuransi kesehatannya jg pake Manulife, proses claimnya jg lancar.

    ReplyDelete
  26. Dijaman semua harga melangit..memang mesti irit ya mbak wati. Tp..bnr juga, kdng2 pelit ma irit beda tipis..:-)

    ReplyDelete
  27. Mbak Wati emang kerennnn....👍👍👍
    Semoga Reksa dana Manulife adalah pilihan tepat untuk investasi.

    ReplyDelete
  28. Gegara ikut acara kemarin mbak saya jadi insyaf beneran ngabisin uang suami hanya utk berburu diskonan diaper e Ghifa :(

    Kudu irit tenan ki mbak. Saya ndak mau kalau sampai kena stempel "istri tukang ngabisin uang suami tanpa mikir investasi"

    ReplyDelete
  29. Gayanya di depan bakcdrop manulife mantap euy :)

    ReplyDelete
  30. Seru banget acaranya. Pinky :))

    ReplyDelete
  31. Kopdar keren ini mah. Bermain dan belajar. Yuk kita belajar investasi di reksadana, Mbak :)

    ReplyDelete
  32. Wah acaranya seruuu, sarat informasi... kereeen

    ReplyDelete
  33. Ayo mbak wati ndang cuzz wong teorinya sudah khatam tinggal prakteknya :D

    ReplyDelete
  34. Sama-sama mbak Wati mikirin pensiun *I adore you, mbak

    ReplyDelete
  35. aku suka sama posenya mbak ida..hihii..keren punya :)

    ReplyDelete
  36. Wahhh...Gandjel Rel Ultah yaa. Hepi besdey yaa. Selamat ya Mbak dapat hadiah. he..he.. semoga kalau pas pulang ke kampung suami bisa kopdaran ama para member Gandjel Rel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asli semarang ya mbak, waaah... mau dong kopdar :D

      Delete
  37. aku udh lama ikutan manulife.. asuransinya sih.. tapi sama aja, pada dasarnya menabung juga... secara aku kerja di bank, aku jd sadar mbak, kalo saving dan deposito itu memang GA MENGUNTUNGKAN samasekali :).. makanya aku lbh bnyk invest di reksadana, mulai manulife, schroder, ashmore... toh tujuannya jangka panjangkan.. kalo memang cuma cari jk pendek mah, ya bukan di reksadana mainnya :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...