Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

24 Feb 2016

Ada Peraturan Baru, Siswa Boleh Tidur Siang di Kelas?


www.hidayah-art.com
gambar dari sini
Assalamu'alaikum teman, semoga sehat semua ya. Kalau pun sakit, ya udah istirahat aja diperbanyak dan jaga pola makan yang seimbang. Dan semoga teman-teman yang tengah sakit, segera diberikan kesembuhan. Diambil hikmahnya aja, moga dosa yang menempel lekat di raga kita berguguran, aamiin. 


Teman-teman udah mendengar atau membaca tentang peraturan terbaru dari Bupati Purwakarta? Pak Dedi Mulyadi ini berencana mengeluarkan kebijakan tentang tidur siang di sekolah. Setiap siswa wajib tidur siang saat jam istirahat di ruang kelas. Sebelumnya kebijakan Bupati Purwakarta adalah mewajibkan setiap siswa masuk kelas pada pukul 06.00 hingga 15.00 WIB.

Maksud kebijakan baru tersebut agar siswa tidak mengalami kelelahan yang berakibat stres karena jam belajar yang panjang. Jadi sekolah harus memberikan waktu bagi siswanya untuk tidur siang. Yaitu saat istirahat yang dimulai pukul 11.30 hingga 12.30 WIB. Siswa bisa menikmati tidur siang di kelas selama minimal 10 menit dan maksimal 45 menit. Waktu istirahat itu bisa digunakan untuk makan, beribadah shalat dan tidur siang. 

Menurut Pak Dedi, dengan tidur siang otak bakal menjadi fresh kembali dan siap menerima pelajaran berikutnya. 

Waah, ide yang cemerlang ini. Saya tertarik dengan usulan beliau, karena menerima pelajaran sepanjang lebih dari delapan jam itu bikin otak lelah. Apakah sekolah anak-anak juga memiliki kebijakan serupa?


www.hidayah-art.com
Salah satu kegiatan di SMP IT PAPB,
Naufal kebagian tugas melukis tong sampah

Waktu anak-anak masih belajar di SMP IT PAPB, mereka juga mengalami hal serupa. Pihak sekolah mengijinkan siswanya tidur siang saat istirahat. Terutama saat bulan Ramadhan, karena siswanya pasti mengalami kekurangan jam tidur di rumah. Kegiatan keagamaan pada bulan Ramadhan pasti lah makin padat. Seperti shalat Tarawih, Qiyamul Lail, dan sahur. Pasti lah pagi hingga sore di kelas, siswa bakal ngantuk. 


www.hidayah-art.com
Satu dari sekian banyak acara di kampus sekolah

Pernah loh si sulung cerita kalo ia sempat tertidur di ruang kelas saat jam pelajaran berlangsung.

"Lumayan, bisa tidur bentar, Bu," cerita Milzam.
"Emang boleh sama sekolah?"
"Kan puasa, boleh lah."
"Tidur di kelas?"
"Di perpustakaan, atau di mushola sekolah. Tapi kadang juga ada yang di kelas," tutur Milzam.

Hmmm, iya ya, kan kalo puasa itu bawaannya ngantuk. Apalagi kalo sahurnya makan nasi, bakal ngantuk tuh seharian, hahaha.

Tapi kalo bukan bulan Ramadhan apakah sekolah anak-anak ini mengijinkan siswanya tidur siang?

Ketika saya tanya pada si bungsu yang saat itu udah sekolah di sana, dan si kakak udah lanjut ke SMK negeri, jadi enggak bisa lagi ditanya seputar sekolah SMPnya tentu. Ini jawaban si bungsu.

"Boleh aja, aku pernah tidur di kelas. Ngantuk abis ngerjian tugas sampai malam," ungkap Naufal.

"Siapa yang ngajar waktu itu?" 

Naufal menuturkan guru yang saat itu tengah meminta siswanya membaca buku pelajaran, tak melihatnya saat tertidur. Gurunya sendiri sedang menyalin di white board. 

"Lumayan, bisa tidur bentar. Kayaknya cuma lima menit lah. Temen sebelahku yang bangunin,"

Hihiii, saya geli membayangkan tampang Naufal terbangun dari tidur di kelas. Gurunya saat itu memang tidak tahu kalo ada siswanya yang tertidur. Misalkan tahu, biasanya juga dibiarkan. Karena kalo cuma terlelap barang lima menit juga udah terbangun lagi. Atau teman sebelahnya yang bakal membangunkannya.

Saya kebetulan mengenal hampir semua guru di sekolah anak-anak ketika mereka sekolah di SMP IT PAPB. Sekolah ini memiliki kegiatan luar sekolah yang cukup sering, seperti peringatan hari besar Islam dengan mengadakan beragam lomba. Dan, biasanya juga mengikutsertakan wali murid. Jadi sering banget berkunjung ke sekolah. Enggak hanya ngambil raport aja.


www.hidayah-art.com
Kegiatan pesantren Ramadhan selama 5 hari 
Jadi satu ketika, saya bertemu dengan guru yang pernah memergoki anak-anak tertidur saat pelajaran tengah berlangsung, biasanya saya samperin. Saya meminta maaf karena mereka tertidur di kelas. Tanggapan guru yang saya mintai maaf malah kaget, enggak tahu kalo anak saya tertidur. 

"Mungkin hanya dua menit, enggak apa sih dari pada menguap berulang kali, Ibu," tutur pak Agung (nama disamarkan).

Sekolah anak-anak ini memang menerapkan jam belajar yang panjang. Dimulai dari pukul 6.45 dan berakhir pukul 15.45 WIB. Biasanya ada istirahat dua kali, shalat fardlu dua kali dan sunnah Dhuha. Jadwal pelajaran dari pagi hingga pukul 12.00 adalah pendidikan umum, seperti Matematika, Bahasa, dan lainnya. Sementara usai shalat Dhuhur diisi dengan materi pelajaran Agama Islam.

Jadi wajar aja kalo udah lama sekolah menerapkan istirahat siang sejenak. Agar anak-anak bisa belajar dengan lebih optimal, tidak mengantuk dan lelah karena panjangnya jam belajar di kelas. 

Nah, gimana dengan sekolah anak-anak di tempatmu? Apakah sekolah juga menerapkan jam tidur siang di kelas? Atau memang nggak ada jam tidur? Pasti anak-anak bakal gampang lelah sepulang sekolah dan langsung tertidur begitu tiba di rumah. Hmmm, kasihan juga kalo kondisinya begitu. 

Tapi memang semua kembali pada kebijakan masing-masing sekolah. Kecuali kalo pihak diknas setempat atau pejabat pemerintah tertinggi tidak memberlakukan peraturan seperti Bupati Purwakarta. Nggak akan terikat pada peraturan tentunya. Yah, semoga dengan berlakunya peraturan tersebut, makin meningkatkan daya tarik belajar di kelas, dan jadi enggak ngantuk lagi.
Wassalamu'alaikum teman :D

25 comments :

  1. Boleh juga nih diterapkan di sekolah-sekolah yang full day school. Kita aja yang biasa kerja, rasanya ngantuk banget di jam2 itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kaaan, di rumah aja aku suka ngantuk kalo kerjaan rumah udah beres, hihii

      Delete
  2. SD disini juga ada yg menerapkan sistem tidur siang di sekolah mbak

    ReplyDelete
  3. Kalau di sekolah anak saya kayaknya belum tuh mbak Wati. Bagus juga ya seandainya murid-murid diperbolehkan tidur siang di Masjid sekolah misalnya, supaya nggak terlalu stres :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Munkin karena enggak sampai sore belajarnya, jadi belum butuh tidur siang ya

      Delete
  4. wah,boleh juga idenya ya...pastinya anak2 fresh lg kl hbs tidur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, jadi enggak capek karena mesti belajar terus sepanjang hari

      Delete
  5. di solo juga ada mbak ponakanku sekolah full day abis shalat dhuhur ada acara bobo siang. enak banget ya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi seger lagi pikirannya, bisa belajar dg semangat ya :)

      Delete
  6. bagus juga sih idenya...si sulung sekolah di PAPB ya mbak? pingin juga maskin anakku ke situ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anakku smp nya PAPB semua, Ningrum. Alhamdulillah sistem belajar dan pengajarnya bersahabat dg murid.

      Delete
  7. Bagus juga idenya ya. Tapi anak-anak itu kalo sudah ngumpul bareng temen-temennya, bawaannya pasti ngobrol melulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, iya mbak, kadang gitu juga, nggak tidur malah ngobrol :D

      Delete
  8. Ya, memang lebih baik dikasih waktu khusus untuk istirahat/tidur, agar mengurangi kecendrungan tidur saat jam pelajaran berlangsung :D

    ReplyDelete
  9. Di sekolah anak-anakku kadang-kadang juga ada yang tidur mbak. Dibolehin sama gurunya :D

    ReplyDelete
  10. aku protes yang pertama tentang jam sekolah anak anak dan pelajaran yang mereka pelajari. kurikulum kita itu maruk, kebanyakan yang dipelajari, gak ada yang masuk satupun sehingga menimbulkan budaya MALAS. kurang tidur siang juga menjadi salah satu penyebab nya. They need take a nap, they are only children. #jadikesel #jadicurhat tapi tidur siang itu penting, even itu sedang di bulan ramadhan atau tidak. kasihan anak anak jaman sekarang. hhiikksss

    ReplyDelete
  11. Ini kemaren ada hot fm kuala lumpur radio loh. Supir taxy nya sampai nanya ke aku is that true? Hehehehe berhub ak ga ngerti ak jawabnya must be true if its on the radio but i think its a new policy hahaha ternyata bener yah! Asik bgt bisa bobo siang :D

    ReplyDelete
  12. tidur siang masuk sunnah nabi, banyak manfaatnya
    seneng ya dibolehin tidur siang, ketimbang muridnya ngantuk :))

    ReplyDelete
  13. Waaah enak yah ada kebijakan seperti ini.
    Orang kantoran pun harusnya begini pas istirahat hihihi

    ReplyDelete
  14. wah asik banget ini...tidur di kelas...moga2 lanjut inspirasinya termasuk tidur di kantor...hihihi

    ReplyDelete
  15. kalo sekolahnya panjang ya wajar ya mba dibolehkan tidur siang bentar. Saya liat tayangan pak Dedi ini, keren ya beliau memang menera[kan pendidikan karakter di Purwakarta

    ReplyDelete
  16. Di sekolah alam sini full day juga ada tidur siang mbak. Tapi beneran tidur siang. Abis tidur, mandi trus pulang jam setengah 4 sore.

    ReplyDelete
  17. Kalo di kartun timmy the sheep memang ada aturan tidur mbak supaya anak2 fresh. Di zaman ku blm ada. Ini perlu juga sih untuk menjaga stamina anak

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...