Hotel di Karanganyar Buat Ngadem Sambil Honeymoon - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Senin, 03 April 2023

Hotel di Karanganyar Buat Ngadem Sambil Honeymoon

Assalamualaikum sahabat. Cuaca di kota kalian sama nggak sih dengan Kota Semarang yang panasnya kemripik?! Berasa kayak ikan asin yang dijemur di bawah matahari. Kalo di dalam rumah sih nggak begitu terasa ya, tapi kalo di luar tuh Masya Allah terik banget. Pengen langsung masuk kulkas begitu nyampe rumah, hahahaa.

Ini yang jadi alasan suami mendadak ngajak ngadem ke daerah berudara sejuk. Kebetulan dia juga bisa libur sejenak dan katanya sedang butuh healing dari kepenatan kerja. Suami pengen ngadem di salah satu hotel di Kabupaten Karangayar, Jawa Tengah.

Ada penjual oleh-oleh depan hotel

Maklum deh selama hampir 3 bulan ini kerja ngecat jembatan tol, tiap hari nggak ada liburnya bahkan hari Minggu sekalipun. Karena memang kejar tayang sebelum lebaran udah beres kerjaannya. Jadi bagi pemudik pengguna jalan tol dari Banyumanik sampai Boyolali nggak bosan lagi lihat jembatan di atas tol yang tadinya kusam jadi lumayan baru. Wkwkwkk.

Oia kali ini kami hanya berdua, boleh juga dibilang hanimun karena anak-anak punya kegiatan masing-masing. Namun untuk sarapan dan makan malam sehari sebelumnya, saya seperti biasa udah nyiapin lauk frozen. Si bungsu yang biasanya akan memanaskan lauk simpanan untuk dirinya dan si kakak.

Perjalanan Menuju Karanganyar Mampir Makan Malam di Warung Makan Langganan

Jadi saya dan suami sengaja ngadem ke daerah Karanganyar memang untuk healing. Sambil honeymoon juga ceritanya. Dan pasti ada juga sih nyambi ketemu orang untuk bahas kerjaan yang akan datang. Yaa memang jalan-jalannya selalu nyempil di antara kerjaan paksuami. 

Padahal niat awal katanya pengen healing. Tapi saat hari H mendadak ada orang yang ngajak janjian. Beruntung tempat pertemuan dilewati kalo mau ke Karanganyar.

Perjalanan belum sampai sejam saat hujan mengguyur bumi. Suami langsung mampir ke rest area Km 429A Tol Ungaran Jawa Tengah. Rencana kami pengennya shalat ashar di Masjid yang ada di rest area ini. Namun untuk keluar mobil pasti bakal basah kehujanan meski pakai payung. Akhirnya setelah isi BBM, kami meneruskan perjalanan hingga keluar Kota Solo di daerah Colomadu.  

Singkat cerita kami sempat mampir shalat di salah satu masjid yang ada di pinggir jalan di kawasan Colomadu. Di daerah ini pula suami sempat bertemu dan ngobrolin kerjaan sekitar sejam. Kemudian kami segera melanjutkan perjalanan menuju arah ke Tawangmangu.

Sebelum adzan maghrib, kami sempatkan belanja roti dan air mineral. Takut kelaparan di hotel karena daerah dingin kan yaa dan jauh dari pusat kota, hahahaa.

Setelah mampir shalat maghrib, suami ngasih pilihan makan, mau di warung langganan yang mana. Karena tempat langganan makan di kawasan Karanganyar tuh ada beberapa tempat. Ada warung iga di dekat jualan getuk Semar, warung makan bebakaran, atau Lamongan. Namun saya memilih warung makan bebakaran yang ada di Karangpandan. 


Warung makan Pak Kopyah ini tidak hanya menyediakan menu ayam/ikan/bebek bakar namun ada yang digoreng juga. Selain itu ada menu nasi goreng, capjai dan aneka tumis sayuran lainnya. 

Saya dan paksuami memilih ayam bakar karena pengen yang udah tersedia. Saat itu kebetulan si mas penjual lagi bakar beberapa ayam. Apalagi saya nggak sempat makan siang, udah kelaparan banget pokoknya. 

Akhirnya seporsi ayam bakar beserta nasi, urap sayuran, dan sambel serta lalapan udah tersaji dan siap kami santap. Saya suka makan di Warung Makan Pak Kopyah karena mereka nggak hanya menyajikan pelengkap lalapan. Tapi selalu ada urap sayur disertakan. Bikin lapar makin lapar deh ngelihat urap sayurnya yang isinya sayuran favorit saya.


Nasi di piring saya udah abis, ya ampuuun baru kali ini makan di sini bisa ngabisin nasinya. Biasanya selalu tersisa sih. Ayamnya juga kadang sisa dikit. Kemarin saya bagi juga ke suami, biar saya bisa abis gitu. Hahahaa.

Perut kenyang, harus segera lanjut perjalanan. Kalo kelamaan duduk di warungnya Pak Kopyah bahaya. Bakal ngantuk nantinya karena perut kenyang.

Hotel Grand Bintang Tempat Yang Cocok Buat Ngadem dan Haneymoon

Perjalanan masih sejam lagi menuju hotel tempat kami nginap. Rasanya pengen segera nyampe ke kamar hotel dan tidur. Karena tadi kami udah jamak shalat Isya dan maghrib, jadi santai pokoknya. 

Suasana malam sepanjang jalan Karangpandan menuju tempat hotel di jalan Raya Lawu, Bener, Tawangmangu, Jawa Tengah. Jalanan sepi karena hari itu Minggu malam, wisatawan mungkin udah nyampe rumah masing-masing. 

Suami sengaja memilih staycation di Minggu malam karena ingin suasana sepi aja. Kalo malam Mnggu pasti rame dengan wisatawan. Kawasan Karanganyar yang memiliki banyak tempat wisata akan selalu padat dan kadang lalu lintasnya pun ramai atau macet di beberapa titik.

Kami juga sengaja nggak mampir ke tempat wisata karena udah sering kesini bersama keluarga maupun teman-teman. Meski ada beberapa tempat yang belum kami sambangi, kali ini sengaja hanya ingin staycation aja sambil pillow talk dari malam sampai besok pagi. 


Setibanya di hotel kami dibantu staf CS yang gercep melayani tamu untuk bisa masuk kamar. Ahhh saya senang karena udah ketiga kali nginap di hotel ini pelayanan selalu memuaskan. Meski malam itu sempat ada kekurangan kecil tapi mereka satset sat set bantuin hingga masalah terselesaikan.

Suasana kamar Hotel Grand Bintang isinya seperti umumnya kamar hotel lainnya. Kami memilih Deluxe room dengan king size, kamar mandi dengan fasilitas toiletries, ada sandal tapi cuma satu pasang, wkwkwkk.



Sayangnya kali ini kami mendapat kamar yang bagian luarnya tidak menghadap jalan besar dan ada di lantai 1. Agak pengap tapi setelah saya kasih parfum, aromanya lumayan lah jadi wangi. Karena bukan long weekend kami mendapat harga murah banget. 

Dahulu kami pernah bayar 350 ribu dan kamar terletak di lantai 3. Sedangkan kemarin hanya bayar 200 ribuan. Oia kali ini saya booking di aplikasi AGODA, menit terakhir hingga dapat tawaran harga murah.

Sarapan Bareng Tamu Workshop Kedinasan

Pagi kami bangun dan ngelanjutin ngobrol santai yang cukup panjang. Sebelumnya suami udah bikin teh dua cangkir dari fasilitas yang disediakan oleh hotel. Selain teh, gula, ada juga kopi sachetan serta teko listrik dan dua botol air mineral.


Meski di rumah bisa juga ngobrol santai, tapi kadang ada aja kan ya anak-anak, atau keluarga saya yang tinggal berdekatan, datang. Jadi beneran ngobrol asik banget dengan suami dan kita butuh banget sampai pengen ngerencanain mau staycation lagi entah di mana lagi nanti, hihihii.

Sarapan di Grand Bintang itu standar, model prasmanan dengan menu Indonesia. Seperti nasi putih, nasi goreng, tumis soon, ayam goreng krispi, tahu bacem, ikan kakap tepung, sambel, dan dua macam kerupuk. 


Untuk minumannya ada pilihan kopi, teh, jeruk, dan air mineral. Ada juga buah dan puding yang sayangnya saya nggak kebagian, wkwkwkk.

Saya cukup kaget juga sih melihat banyaknya tamu. Namun saya langsung teringat dengan bus wisata yang terparkir di teras depan hotel. Ahhh bisa jadi rombongan kedinasan nih yang ngabisin. Bercanda yagesyaaa. 

Kalo nggak salah tamu keluarga saat itu cuma ada 7 pasangan dengan anak, kecuali kami berdua. Saya lihat dari mobil yang terparkir di depan kamar-kamar di lantai 1. Yaa itu lah keberuntungan kami, tamu keluarga yang sarapannya telat meski baru pukul 7. Mau nanya kepada staff hotel juga udah malas duluan.

Sarapan saya

Singkat cerita setelah sarapan kami balik ke kamar. Sebenarnya pengen beli strawbery di tempat penjual yang majang jualannya di teras hotel. Namun penjualnya banyak. Jadi bingung mau beli di tempat yang mana karena mereka pada nawarin jualannya rame-rame. Kami memilih masuk kamar aja.

Lobby Hotel

Review hotel Grand Bintang segitu aja yaa. Nggak ada yang bisa diceritakan karena fasilitasnya juga cuma itu aja. Oiya katanya ada swiming pool tapi saya nggak ke area tersebut, tempatnya udah dingin jadi nggak kepikiran main air. Saya ambil fotonya dari website hotel.

Swiming Pool Hotel
Foto dari website Hotel Grand Bintang

Pendingin udara aja nggak dibutuhkan. Saya malah semalam langsung masuk ke dalam selimut saking dinginnya. Oia semalam saat di perjalanan hujan deras menemani kami. Alhamdulillah perjalanan lancar sampai tiba di hotel.

Udah ya segini aja cerita kami nginap di hotel Grand Bintang di Karanganyar. Hotel ini kalo weekend atau hari libur nasional sering jadi pilihan orang yang ingin wisata di kawasan Karanganyar. Karena memang rate harga terjangkau dan pelayanannya juga sat set gitu. Pokoknya staff hotel ngebantu dengan kebutuhan tamu yang nginap. 

Kami check out pukul 9 pagi karena ingin menjelajah kawasan hijau di daerah menuju Magetan. Saya dan suami paling suka menyusuri jalanan di sana karena pemandangan alamnya yang masih asri. 


Namun kemarin udah mulai berkurang tuh daerah hijaunya Karena terlihat banyak bangunan baru yang muncul setelah pandemi. Terakhir kami sekeluarga kesana tahun 2021, nginap di salah satu wisma yang disediakan oleh klien suami. Saat itu kami ngikut suami kerja sambi lliburan. Dan selalu menyusuri jalanan dengan pemandangan gunung Lawu dan gunung Mongkrang yang saling bersisian di kiri dan kanan perjalanan.

Kali ini bangunan baru kebanyakan adalah cafe, warung, dan rumah villa milik pribadi, menutupi pemandangan hijau. Entah sepuluh tahun lagi, apakah kawasan hijau di lereng gunung Lawu dan Mongkrang akan berubah menjadi bangunan yang makin banyak lagi?


Ahhh sudahlah kita lihat aja nanti ya kalo masih ada rejeki usia, semoga kita tetap sehat dan selalu dalam lindunganNYA. Kalo baca artikel Blogger Kendari tentang kesalahan yang bisa buat liburan boros, saya antara setuju dan tidak. Karena saya dan keluarga seringnya liburan model road trip. Dan kadang malah dapat harga bagus saat booking dadakan seperti pengalaman saya saat ngadem di kawasan Karanganyar. Booking saat menit terakhir jadi dapat diskon besar.

Beda lagi kalo liburannya mesti naik pesawat, harus booking jauh hari kalo ingin dapat harga murce. Saya udah ngalami tiga kali dapat tiket murah. Terutama waktu traveling ke Malaysia awal tahun 2019 bareng suami dan teman blogger. Mungkin begitu yang diinginkan mba Diah Alsa pemilik blog ruangmamak dengan cerita kesehariannya bersama keluarga. Wassalamualaikum.


HOTEL GRAND BINTANG 
Jalan Raya Lawu, Bener, Tawangmangu
Jawa Tengah

15 komentar:

  1. Hemm dari depan pemandangannya udah bagus, hotel seperti ini memang pas banget buat bulan madu suasananya. Apalagi fasilitasnya lengkap dan tempatnya bikin nyaman. Berlanjut ke menu makanan yang bikin ngiler, bakalan puas ini makannya. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Hotelnya mewah ya, harganya juga cukup terjangkau, pantas banyak tamunya

    BalasHapus
  3. dari luar terlihat mewah ya mba desain hotelnya, trus fasilitasnya juga cukup lengkap

    BalasHapus
  4. wah lokasinya di Tawangmangu, kayaknya pernah lihat di peta. Tahun lalu saya camping di daerah Tawangmangu, jaga-jaga cari hotel di sekitar sana juga terus nemu rekomendasi hotel grand apa gitu.
    Bagusss ya hotelnya. Eh penting banget itu bisa quality time berdua dg suami. Kalau ngobrol di rumah ada anak kan gimana gitu yah.

    BalasHapus
  5. Aish, pasangan yg masih muda muda kalah langkah nih. Mudik kali ini kenapa sekalian tidak sambil bukan madu ya? Hehe...

    Suasana, kondisi alamnya emang cocok ya untuk yang berkasih tua nih hotel

    BalasHapus
  6. Enakan kruntelan di kamar kalau udaranya dingin ya, Mbak. Saya juga gak bakal kepikiran berenang hihihi. View di area resto itu bukit ya, Mbak?

    BalasHapus
  7. Setelah baca tulisan ini saya jadi googling pengen tahu soal kota Karang Anyar, ternyata Karang Anyar ini lokasinya sekitar 20 km dari Solo dan cuacanya relatif dingin, pantesan cocok untuk honeymoon hihi

    BalasHapus
  8. Salah satu wish list saya liburan ke Karanganyar, karena kata istri suasana alamnya yang bagus di sana. Istri dulu sering banget wisata ke Karanganyar karena dia kuliah di solo jadi deket untuk wisata ke sana. Hotelnya bisa jadi list nih buat tempat nginep kalau ke Karanganyar.

    BalasHapus
  9. Karanganyar ini terkenal ya dengan alamnya, banyak tempat wisata juga. Sebetulnya kalo dari kampung halaman suami, mau ke solo lanjut karanganyar, gak begitu jauh. Ngawi-Solo paling cuma 2 jam apalagi ada tol sekarang. Cuma belum sempat main2 ke sana.. Kapan2 kalo main ke karanganyar kami coba nginep di sini, Grand Bintang. Untuk harga 200an dengan fasilitas seperti itu dan sudah include sarapan menurutku murah banget ya.. Siaaap sudah masuk list, terima kasih ulasannya mbak..

    BalasHapus
  10. Tahun lalu aku pertama kalinya ke Karanganyar mba, nyekar ke makam tanteku.. Lokasi makannya di atas bukit gitu..

    Karanganyar bagus ya view-nya.. Hotel ini juga punya pemandangan yang bagus.. Kamarnya gede, harga kamarnya juga affordable yaa..

    BalasHapus
  11. Tahun kapan ya aku ke karanganyar waktu masih kuliah dulu..sekarang perubahannya banyak kali ya. daerah sejuk jadi pengennya nyemil mulu hehehe

    BalasHapus
  12. Kemarin saya ke Tawangmangu takjub dengan tawangmangu yang sekarang, banyak kedai kopi dan penginapan

    BalasHapus
  13. Berapa kali ke Solo belum berkesempatan untuk staycation di hotel-hotel di sana nih. Mungkin hotel Grand Bintang Karanganyar bisa masuk opsi list staycation di Solo. Kayaknya cocok dan nyaman buat sekeluarga.

    BalasHapus
  14. Pas di restonya cakep itu mbak pemandangan pegunungannya.
    Walau dapat kamarnya kurang gereget tapi staycationnya tetap asik ya karena bareng yang terkasih

    BalasHapus
  15. paling enak memang kalau penaat banget, ya staycation

    menyelinap sejenak dari keriuh rendahan duniawi (ih apa sih) ya pokoke menyepi sejenak biar cooling down. Tawangmangu pastinya destinasi wisata yang enak dan nyaman buat nyepi ini ya mbak Wati

    BalasHapus