Nyari Cuan Mudah? Manfaatkan Sosial Media - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Minggu, 17 Oktober 2021

Nyari Cuan Mudah? Manfaatkan Sosial Media


Assalamualaikum Sobat. Pandemi udah berjalan nyaris dua tahun. Apa kabarnya kalian, masih tegak berdiri menjemput rejeki? Semoga saja kalian tetap setrong meski kondisi belum seperti yang diinginkan. Nggak apa-apa sesekali sedih namun jangan sampai patah semangat. 


Saya masih ingat belasan tahun lalu saat masih suka membaca koran atau majalah. Saat itu hanya pengusaha yang bisa mempromosikan usahanya. Karena ongkos iklan itu mahal. Pasang iklan kecil untuk jual mobil atau rumah aja mesti keluar duit minimal 35 ribu. Jaman dulu segitu lumayan loh, bisa belanja beras 10 kg. Sekarang duit segitu cuma buat dua gelas kopi kekinian. Itu aja kalo pas ada promo diskon ya.


Jaman udah berubah, dunia digital telah mengubah cara promosi dengan lebih cepat dan praktis. Teknologi dan internet menjadi satu kesatuan di era yang serba digital. Enggak hanya usaha kecil menengah, perusahaan besar juga udah melirik digital marketing ini.


Beberapa kelebihan digital marketing adalah kecepatan penyebaran promosi bahkan dalam hitungan detik. Semua itu karena alat promosi yang menggunakan sosial media. Namun tetap saja ada strategi yang harus dijalankan agar promosi sampai pada target pemasaran yang diinginkan oleh perusahaan.


Nah, bagi kalian yang ingin punya usaha dari rumah, bisa juga memanfaatkan sosial media. Nggak harus membayar orang untuk mempromosikan usaha kalian. Dengan modal gawai, paket data internet, dan membuat akun sosial media, udah cukup menjadi digital marketing kalian sendiri.


Pilih Peluang Usaha Bagi Pemula


Bukan hal mudah memulai usaha saat kondisi pandemi. Namun juga bukan hal mustahil untuk memulai usaha. Sejak pandemi makin banyak orang terdampak pandemi, seperti kena PHK misalnya. Namun justru makin banyak pula mereka yang terdampak ini bangkit dan berpikir kreatif memulai usaha baru.


Beberapa orang memulai usaha sendiri, dengan modal minim, pengalaman yang juga sama minimnya, namun bisa tetap bertahan di tengah pandemi. 


Yang paling banyak adalah usaha kuliner, jualan produk kesehatan seperti masker dan hand sanitizer, dan jualan sayur. Semua menggunakan sosial media untuk mempromosikan usahanya. 


Beberapa burung jualan adik saya

Nah, ada juga peluang usaha yang berasal dari hobi yang selama ini ditekuni. Seperti adik saya yang suka memelihara burung. Saat kena PHK, dia menggunakan uang pesangonnya untuk membeli indukan burung. Kemudian dia rawat hinggal burung yang dibeli sepasang jantan dan betina itu bertelur. 



Dari telur ini memang membutuhkan perawatan yang harus telaten, hingga tumbuh menjadi anak burung. Dan ketika usianya udah remaja, bisa dijual lagi kepada orang yang mengoleksi burung. 



Atau peluang usaha dari hobi tanaman. Banyak usaha jualan tanaman online yang bermunculan saat pandemi berawal dari hobi merawat tanaman. Kalian bisa melihat promosi yang gencar di akun sosial media, terutama Instagram.  


Jangan Ragu Mencari Info


Jangan patah semangat ketika kalian menemukan hambatan. Orang yang sukses menjadi pengusaha sebelumnya adalah mereka yang pernah gagal merintis usahanya. 


Jadikan pengalaman mereka sebagai guru terbaik untuk dipelajari. Tidak perlu bertemu secara langsung dan bertanya pada pengusaha sukses ini. Ada banyak cara belajar pengalaman sang ahli. Dari wawancara yang ditulis di media sosial maupun media konvensional. Atau dalam wawancara di portal berita online. Bahkan kamu bisa juga mempelajari dari biografi. Ada kan tokoh pengusaha sukses yang membuat buku biografi. 


Kamu bisa juga mencari info tentang tips memulai usaha di website Indozone. Indozone  merupakan media yang menyajikan berita, informasi, dan hiburan di media online. Indozone hadir sejak tahun 2014 di Instagram. Saat ini Indozone dikenal dengan tagline #KAMUHARUSTAU


Tekuni Dan Kelola Usaha 


Hal yang kadang bikin usaha tidak berkembang adalah tidak konsisten mengelola usaha. Memulai usaha bisa saja mudah dilakukan. Yang paling susah itu mengelola usaha agar tetap bertahan. Terlebih bila ingin usaha juga bisa berkembang dan makin maju.


Suami saya memulai usaha di bidang bangunan sejak masih usia 30 tahun. Dengan berbekal pengalaman bekerja di bidang konstruksi, dia tergolong pekerja yang cerdas dan tekun. Dia dipindahkan dari beberapa bagian, hingga akhirnya menekuni bagian logistik. Dari sinilah dia mulai belajar menghitung kebutuhan bahan bangunan untuk fisik gedung. 


Dan akhirnya ketrampilan dia menghitung, menganggarkan biaya, dan mengelola renovasi atau membangun gedung baru dari tempat kerjanya jadi modal awal. Sebuah modal yang pasti tak ternilai harganya. Langkah selanjutnya hanya butuh ketekunan, kesabaran, konsisten, dan kejujuran di bidang pelayanan ini.


Promosikan Usaha Kamu di Akun Sosial Media


Saat ini dunia digital telah mengambil alih fungsi pemasaran konvensional. Dengan peran teknologi dan fasilitas internet, pemilik usaha mendapatkan kemudahan mempromosikan usahanya. Caranya sangat mudah. Hanya dengan membuat akun di sosial media, pemilik usaha udah punya tempat untuk mempromosikan usahanya.


Kalo misal pemilik usaha tidak punya waktu atau tidak paham mengelola akun sosial media, gak masalah. Mereka bisa meminta orang lain atau teman, keluarga, untuk menjadi admin sosial media usahanya. Kerjasama ini bisa saling menguntungkan dengan prinsip kerja yang amanah.


Nyari cuan mudah saat pandemi bukan lagi sekadar impian. Wujudkan impian dengan memulai usaha. Jadikan usaha milikmu berkembang dan cuan akan berdatangan. Semangat berjuang ya Sob. Wassalamu'alaikum.

22 komentar:

  1. Gagal fokus sama kaktusnya yang cantik warna-warni dan imut, hemm bener banget sekarang memang bisa berjualan online, dan lainnya untuk mendapatkan cuan dari sosial media.

    BalasHapus
  2. Nah, bener banget gak hanya jualan online, dari blogger, youtuber, dll juga bisa dapat cuan dengan mudah cuma bermodal bermain di sosial media.

    BalasHapus
  3. Iya mbak jaman dulu bisa beriklan itu di majalah atau koran harganya juga lumayan, tapi skr UMKM udah bis apromosi lewat sosial media tanpa modal banyak. Media sosial udah terbukti bantu ya asalkan digunakan dengan bijak

    BalasHapus
  4. Aku masih ingat pasang iklan dulu mahal benar ya..padahal cuma bentuk kolom gitu di koran. Duh. Bikin biaya promosi besar!
    Serius kini dengan gawai dan akses internet saja kita bisa manfaatkan sosial media untuk cari cuan. Sehingga siapa saja bisa menambah penghasilan
    Btw, itu burung dan tanamannya lutjuuu:)

    BalasHapus
  5. Saat ini media promosi tidak lagi semahal dulu. Dengan akun media sosial sendiri saja kita udah bisa melakukan digital marketing ya. Itulah sisi baik dari dunia digital. Kalau dimanfaatkan dampaknya justru menghasilkan

    BalasHapus
  6. Memang saat ini kita harus peka dalam melihat peluang yah mbaaak
    Di zaman yang serba digital kayak gini harus bisa memanfaatkan media sosial semaksimal mungkin supaya bisa menghasilkan cuan yaaah

    BalasHapus
  7. capa ituu yg lagi gendong momon :) cakepnyaa
    klo ternak burung jg nggak boleh asal ya mba, kudu telaten, salut deh. Bapak aku hobinya ternak dari dulu, burung dan ayam. Yg bertahan hanya ayam karena sama mamah nggak boleh burung heheuu.
    Pemasarannya udah digital aja lagi sekarang mah ya, dan informasinya meluas^^

    BalasHapus
  8. Dulu pasang iklan baris aja bayar mahal ya mbak.
    Sekarang bisa beriklan gratis dengan memanfaatkan media sosial, tinggal pandai-pandainya mengolah gambar dan kata.
    Sepakat, memulai usaha itu sebenarnya mudah, yang susah itu adalah konsisten menjalankan usaha itu

    BalasHapus
  9. Sekarang semakin mudah ya kita mencaru cuan asalkan niatnya kuat dan benar-benar fokus serta tekun. Dimanaoun akan mudah mendatangkan uang jika ada proses itu.

    BalasHapus
  10. Media sosial adalah koentji ya mbak untuk pemasaran produk di masa sekarang, apalagi seteah pandemi makin banyak deh yang memanfaatkan.
    Ternyata Indozone tidak hanya memberikan informasi terkait info2 heits tapi juga tips2 untuk usaha yaa TFS

    BalasHapus
  11. Sekarang itu rasanya (rasanya??ahahaha) cari uang lewat medsos bisa banget. Yang pebting kita harus kreatif ya mbak.. Salah satunya yang nggak disangka-sangka, pandemi buat yang hobi tanaman, bisa jual tanamannya lewat medsos

    BalasHapus
  12. Betul banget selain aktif jualan di dunia nyata, perlu juga mengembangkan sayap ya berjualan di dunia maya biar makin dikenal produk kita

    BalasHapus
  13. Memanfaatkan medsos dengan hal produktif ya, Mbak. Gak sekadar untuk mencari hiburan. Lumayan penghasilannya bahkan bisa besar banget. Memang udah saatnya medsos dimanfaatkan lebih baik lagi.

    BalasHapus
  14. emang jaman sekarang mudahin ya mba bikin kita produktif
    aku py=un ngerasain walau timelineku berubah yang dulunya timeline brand postingan sekarang jualan ikan asin dan rengginangku

    hayo hayo dibeli wkwkkw

    BalasHapus
  15. sebenarnya sosmed itu banyak banget manfaatnya ya Mbak, mau cari informasi apa saja ada,mau jualan juga bisa, bahkan banyak banget orang2 yang dapat rejeki dari sosmed. dan pandemi gini, sosmed itu ngebantu banget menurutku. apalagi banyak orang2 yang lebih suka belanja online daripada offline.

    BalasHapus
  16. Iklan via sosmed itu cepet banget lo gerakannya. Adek iparku jualan makanan beku iklannya cuma via sosmed laris banget mba Wati. Senang banget liat orang yang bisa memanfaatkan sosmed

    BalasHapus
  17. Bener, sosial media adl penolong di masa pandemi begini. Bkn cm buat jualan tp jg buat mcm2 ya mba. Yg jls bikin kita makin produktif

    BalasHapus
  18. Menurutku pengusaha jaman sekarang wajib banget melek soal social media, karena dari digital ini peluangnya sangat besar. Tapi kalau pun dirasa susah pahamnya nih, bisa minta bantuan profesional misalnya digital agency. Boleh lho kalau perlu jasa agency kontak aku aja karena aku kan kerja di agency hahaha

    BalasHapus
  19. Media sosial sekarang emang penting banget ya perannya..bukan cuma sarana hiburan bahkan bisa jadi ujung tombak untuk meraup penghasilan...

    BalasHapus
  20. Suamiku nih, jualan burung via sosmed, haha. Kalau saya tetep daster dan piyama. Sekarang mulai merambah celana kain dan tunik casual gitu. Emang sosmed sangat banyak membantu usaha kami.

    BalasHapus
  21. Benar banget ini Mbk, cari cuan dari media sosial saat ini dapat dilakukan, apalagi ya bisa menjangkau orang banyak dan dari kalangan mana aja, media sosial alhamdulillah membantu banget buat penghasilan keluargaku.

    BalasHapus
  22. Buat sebagian orang - kesulitan di masa pandemi ya tapi di bagian belahan dunia lain, yaitu dunia maya, ternyata memiliki potensi besaaaar menghasilkan cuan!

    BalasHapus