Tetap Sehat di Masa Pandemi Dengan Melakukan Kegiatan Yang Menyenangkan - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Senin, 20 September 2021

Tetap Sehat di Masa Pandemi Dengan Melakukan Kegiatan Yang Menyenangkan


Assalamualaikum Sahabat. Hingga hari ini pandemi masih setia di muka bumi. Meski impian dan doa yang kita harapkan pandemi lekas berlalu, namun apa daya tidak demikian yang terjadi. Akhirnya kita harus beradaptasi dengan kondisi ini. Menjalani protokol kesehatan, hidup dengan kebiasaan baru, yang dulunya bukan hal wajar, dan mengubah semua tatanan kenormalan.

Anak-anak belajar di rumah, tidak lagi bertemu teman sekelasnya di sekolah.  Orang tua yang biasanya sibuk berangkat kerja dari pagi hingga sore atau malam, bekerja di rumah.


Seorang ibu mungkin bisa jadi juga perempuan bekerja, kesibukannya bertambah. Kali ini ibu tak hanya menyiapkan menu untuk sarapan keluarga. Namun juga menemani anaknya mengikuti pelajaran jarak jauh. 


Sementara pekerjaan rumah lain masih menanti perhatiannya. Seperti membereskan dapur, membersihkan ruangan kamar, toilet, dan ruang lainnya di dalam rumah. Bisa jadi ada pekerjaan lain yang masih menanti, seperti menekuni hobi agar hati tetap hepi.


Tips Tetap Sehat dan Bahagia Saat Pandemi

- Mengatur Pola Makan Sehat

Bekerja di rumah, belajar daring, mengakibatkan rasa lapar yang tak kenal waktu. Karena kemudahan akses untuk ngemil yang lebih besar dibanding dengan bekerja di kantor atau belajar di sekolah. Seorang ibu juga lebih permisif dengan menyediakan jajanan rumahan karena menginginkan anggota keluarga tercukupi asupan makanan.


Sebenarnya nggak masalah semisal cemilannya adalah buah, atau makanan yang sehat. Bukan makanan yang mengandung gula, tepung, dan minuman berwarna. Pendapat beberapa dokter yang saya baca dari sosial media, ada saran untuk mengurangi konsumsi garam, lemak, minyak, gula, dan tepung. Pakar kesehatan menyarankan untuk memperbanyak asupan sayur dan buah serta air putih yang cukup sesuai kebutuhan tubuh masing-masing. 


- Tidur Yang Cukup

Bekerja di rumah saat pandemi telah mengubah jam kerja seseorang. Kebiasaan rutinitas bekerja di kantor dengan durasi jam tertentu, tidak bisa dilakukan saat WFH. Kadang kalian akhirnya lembur hingga malam demi mengejar laporan yang ditarget harus dikumpulkan pagi harinya. Efeknya waktu tidur jadi berkurang.


Istirahat yang cukup dengan tidur selama 7 - 8 jam setiap hari dalam waktu tidur dan bangun pada jam yang sama, akan memberikan kualitas hidup seseorang.


- Rutin Aktivitas Fisik

Selama pandemi ini banyak juga yang mengaku kalo BB tubuh geser ke kanan, siapa yaaa? Awal pandemi saya ngalami hal seperti ini. Karena ketakutan berolahraga keluar rumah, jadinya malah mager. Saya dan suami yang rutin jalan kaki seminggu lima kali, berhenti melakukan kegiatan ini. Parno sih karena virus covid begitu mudah menyebar tanpa pilih-pilih.


Padahal olah raga di rumah juga tetap bisa dilakukan. Cukup lakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang dan konsisten sekitar 20 - 30 menit setiap hari. Bisa yoga sederhana yang mengajarkan latihan pernapasan. Atau jalan di tempat, olahraga yang mudah dan murah di rumah aja. Dan kalian bisa meniru video yang tersedia di channel YouTube. Ini udah cukup untuk tubuh mengeluarkan keringat.


- Jaga Durasi Menatap Layar Gadget

Selama pandemi berlangsung lebih dari 1,5 tahun ini, Work from home (WFH) dan sekolah daring atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) merupakan hal yang lazim ditemui. Dari sini terjadi peningkatan durasi menatap layar (screen time) gadget. Efeknya adalah meningkatnya angka kejadian computer vision syndrome (CVS). 


Tips untuk mencegah CVS adalah menerapkan rumus 20-20-20. Yaitu kalian perlu mengistirahatkan mata setelah menatap layar setiap 20 menit. Lakukan selama 20 detik dengan melihat obyek yang letaknya sekitar 20 kaki atau 6 meter. Terutama manjakan indera penglihatan dengan menatap warna hijau dari tumbuhan.


- Menikmati Hobi

Banyak yang bilang agar tetap sehat jiwa saat pandemi, jangan lupa melakukan kegiatan yang menjadi hobi kalian. Mungkin selama ini kalian sudah menjalani kegiatan yang menyenangkan, namun tidak maksimal. Karena waktu yang terbatas setelah kesibukan sepanjang hari. 


Pandemi yang mengubah gaya hidup semua warga dunia, menciptakan waktu luang di rumah. Saat harus kerja dari rumah, kalian mungkin memiliki sisa waktu yang cukup untuk kembali menekuni hobi yang terlupakan. Atau bisa jadi justru menemukan hobi baru yang menyenangkan. Seperti saya yang kembali berkebun, meski hanya di teras depan rumah yang kecil.


Ketika pagi hari membuka pintu rumah dan menemukan surga kecil di teras berwujud tanaman hijau yang tumbuh subur, sungguh sebuah positif vibes. Seakan setiap bangun tidur saya kembali menemukan semangat untuk bergerak agar tubuh tetap sehat. Kesenangan berkebun ini ternyata juga bisa menaikan imun tubuh. Dari kepuasan merawat tanaman, menyaksikan tumbuh subur, hati pun bahagia.


Ketika Tubuh Lelah, Tangan Sakit Karena Kegiatan Sehari-Hari

Bagi saya wajar aja ketika usai beberes ruangan, kerja di depan laptop, atau berkebun seperti angkat-angkat pot, mengubah letak tanaman, tubuh jadi pegal. Itu tanda tubuh aktif bergerak. Ada juga kok orang yang rebahan terus tubuhnya juga pegal. Dan saya justru enggak mau kayak gini. 


Enakan yang sibuk kan, karena tubuh yang aktif bergerak menandakan fisik yang sehat. Enggak apa misalkan pegal di lengan atau kaki usai beberes rumah, ada pahala di situ, Bund. 


Saya sendiri beberapa kali mengalami otot jari yang agak nyeri usai angkat pot tanaman. Ya salah saya sih yang hobi banget mindahin letak pot. Bisa loh seminggu itu saya lakukan dua atau tiga kali, wkwkwkk. 


Senang aja kalo melihat pot tanaman yang satu jenis ngumpul di sudut tertentu. Atau saat punya rak tanaman baru yang model bertingkat, hampir tiap hari mindahin untuk menemukan posisi yang pas. Kalo efek mindahin pot gini bikin jempol terkilir ototnya, wajar sih. Beban pot itu lumayan juga, ada yang beratnya mencapai 10 kg lebih.


Enggak hanya kegiatan berkebun, karena bekerja di depan laptop juga bisa menyebabkan nyeri di jari-jarinya. Biasanya karena kebanyakan lembur dan melakukannya dalam waktu nonstop tanpa istirahat. Jadi jari-jari tangan terasa kayak kesetrum atau nyeri di ujungnya hingga telapak tangan. Atau saat beberes rumah, posisi tubuh yang salah juga bisa mengakibatkan nyeri.

 

Solusinya sederhana aja, oleskan balsem untuk meredakan nyeri di bagian tubuh yang sakit. Saya sendiri selalu menyediakan balsem sebagai salah satu perlengkapan P3K di rumah. Kebetulan balsem yang ada di rumah saat ini adalah Tiger Balm.

Mengapa saya memilih TIGER BALM karena best balsem yang paling cocok untuk oles-oles engkel kaki yang sesekali nyeri usai beraktivitas. Aromanya yang menenangkan seperti memulihkan bagian tubuh yang nyeri, menyembuhkan dan memberikan rasa nyaman. 


Solusi Memilih Pereda Nyeri Untuk Keluarga

Tiger Balm telah menemani hari-hari saya saat butuh pereda nyeri usai melakukan rutinitas harian di rumah. Saya ingin berbagi pengalaman selama menggunakan produk ini. Ada dua jenis produk dari Tiger Balm yang ingin saya ceritakan dan keduanya sudah saya pergunakan. 


- Balsem Tiger Balm Putih



Balsem Tiger Balm Putih ini saya gunakan ketika kulit gatal akibat gigitan nyamuk. Tahu dong ketika pergantian musim dari kemarau ke musim penghujan, nyamuk pun ikutan datang. Dari pada saya garuk kulit 
yang kena gigitan nyamuk, mending dioleskan balsem Tiger Balm Putih ini. 












Balsem Tiger Balm Putih ini juga bisa digunakan untuk meredakan sakit kepala, hidung tersumbat, dan inhalasi di rumah. 

Untuk mengetahui DIY Inhalasi di rumah, kalian bisa cek di video berikut ini :

                                      

(right click file above to play,
click "Activate contents:)
- Balsem Tiger Balm Merah

Nah untuk perempuan yang masih rajin melakukan rutinitas sehari-hari, seperti beberes rumah, berkebun seperti saya, juga pekerja yang menggunakan laptop atau komputer terlalu lama, kadang merasakan pegel atau ototnya nyeri. Balsem Tiger Balm Merah ini pas banget untuk meredakan nyeri otot, pegal linu, dan nyeri di bagian tertentu akibat anggota tubuh yang salah gerak.

Juga untuk kalian yang hobi banget olahraga atau pekerjaan berat lainnya, mesti menyimpan Balsem Tiger Balm Merah ini di rumah. Atau bagi kalian yang masih harus bekerja di luar rumah, jangan lupa simpan di tas untuk persediaan. Namanya kecelakaan kecil di otot atau lelah karena ngejar jadwal kereta itu bisa terjadi kapan pun waktunya.


Tiger Balm Indoneisa merupakan balsam analgesik (pereda nyeri) unggulan yang banyak digunakan di seluruh dunia. Tentunya karena efektif dalam mengurangi sakit atau nyeri pada bagian tubuh yang mengalami cedera/keluhan. Merk ini juga best recommendation, sudah terkenal dan terpercaya dari generasi ke generasi dalam merawat, menyembuhkan dan memberikan kenyamanan selama hampir 100 tahun.


Formulasi Tiger Balm yang unik dibuat khusus dengan bahan-bahan herbal alami yang terbukti aman dan efektif. Terdapat khasiat penyembuhan dari Tiger Balm untuk mengatasi nyeri dan sakit di anggota tubuh kalian. Nah yang saya suka adalah aromanya yang menenangkan. Kalian bisa nyobain juga dan percaya lah aromanya memulihkan keseimbangan pikiran dan jiwa dari pengaruh gaya hidup masa kini yang penuh dengan kesibukan. Setelah menghirup aroma Tiger Balm, tubuh dan pikiran terasa lepas dari penat.


Cara Menggunakan Tiger Balm :

Sejak dahulu Tiger Balm sudah terkenal akan kualitasnya, dimana sering digunakan untuk pengobatan sakit kepala. Produk andalan ini telah menjadi pilihan favorit keluarga dalam menyembuhkan berbagai penyakit seperti hidung tersumbat, perut kembung dan gatal akibat gigitan serangga. 

Caranya kalian bisa mengaplikasikan atau menggosokkan balsem dengan lembut pada daerah yang mengalami keluhan untuk merasakan khasiatnya secara efektif.


Indikasi Balsem Tiger Balm :

Mengatasi sakit kepala, meredakan hidung tersumbat, perut kembung, dan gatal akibat digigit serangga. Berkhasiat cepat sebagai pereda nyeri, dibuat dari bahan herbal alami berkualitas.


TIGER BALM PLASTER



- Tiger Balm Plaster Warm :

Selain penggunaan balsem, kalian juga bisa menyediakan best plaster dari Tiger Balm Indonesia. Produk yang pertama yang saya ulas adalah Tiger Balm Plaster Warm. 

Tiger Balm Plaster yang memberikan kenyamanan saat kalian tempel di bagian tubuh yang nyeri. Best plaster yang mampu meredakan nyeri otot, bahu yang kaku karena terlalu lama duduk depan laptop, luka memar, keseleo, dan sakit punggung.




- Tiger Balm Plaster Cool :



Untuk Tiger Balm Plaster Cool ini udah saya gunakan ketika punggung kanan terasa pegal banget. Kayaknya karena saya salah bergerak ketika memindahkan pot ukuran besar dari dalam ruang tamu ke teras depan.

Setelah pemakaian selama sehari, punggung saya kembali nyaman. Ternyata Tiger Balm Plaster Cool ini memang untuk menghilangkan ketegangan akibat cedera. Misalnya keseleo, cedera olahraga, terutama di pergelangan tangan, siku, dan pergelangan kaki. 




Tiger Balm Plaster ini memang best plaster yang ngebantu saya mendukung kegiatan sehari-hari. Dengan menggunakan teknologi hidrogel, plaster berkualitas tinggi yang terbuat dari bahan non-woven yang berventilasi nyaman. Untuk penggunaanya juga sangat mudah. Setelah selesai pemakaian, tidak meninggalkan bekas pada kulit, sehingga cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Plaster Tiger Balm merupakan analgesik dan produk anti-inflamasi ringan. Setelah ditempelkan, herbal diserap ke dalam kulit untuk merangsang sirkulasi darah yang membantu mempercepat proses penyembuhan. Tindakannya yang serba cepat membantu meredakan nyeri dan nyeri otot, leher dan bahu kaku, memar, keseleo dan tegang dengan cepat, nyeri punggung, dan nyeri artritis.


Sekilas Tentang Tiger Balm

Bermula dari Aw Chu Kin seorang ahli herbal istana kekaisaran mendirikan praktik dokter dan apoteker yang bernama Eng Aun Tong. Nama ini memiliki arti Aula Kedamaian Abadi

Pada tahun 1908 Aw Chu Kin meninggal dunia. Kedua putranya Aw Boon Haw dan Aw Boon Par mengambil alih serta menciptakan sebuah balsem analgesik untuk melawan berbagai penyakit yang kemudian diberi nama Tiger Balm. Pada Tahun 1926 kedua bersaudara ini membawa bisnisnya ke Singapura, dan berkembang hingga saat ini. 

Tiger Balm telah diabadikan sebagai salah satu formulasi penghilang rasa sakit,nyeri otot, sakit kepala, gigitan serangga serta lainnya, yang paling terkenal di dunia, dan dipasarkan dari generasi ke generasi.

Selama hampir 100 tahun Tiger Balm dipercaya dari generasi ke generasi untuk menyediakan perawatan dan kenyamanan. Tiger Balm juga sudah tersebar lebih dari 80 negara di dunia. Kenyamanan dan penyembuhan yang diberikan Tiger Balm, menjadi pilihan untuk pereda nyeri eksternal. Dengan formulasi unik yang dibuat khusus dari bahan-bahan berkualitas yang dapat meredakan nyeri dan memulihkan keseimbangan bagi tubuh dan pikiran. 

Tiger Balm dipercaya di berbagai belahan dunia sebagai produk yang efektif untuk setiap anggota keluarga, karena dapat diaplikasikan dengan mudah serta ideal untuk penggunaan sehari-hari. Tiger Balm juga telah diakui kualitasnya di negara-negara seperti Australia, Jerman, Hong Kong, Jepang, Swedia, Inggris, dan Amerika Serikat.


Kalian bisa mendapatkan produk Tiger Balm di Century Healtcare, Guardian Healty beauty, Watsons. Juda tersedia di Ranch Market, Farmers Market, AEON, The Food Hall, Boston, dan Hypermart.

Untuk kalian yang masih WFH dan tidak ingin keluar rumah, bisa juga order di market place Tiger Balm Indonesia :


- Shopee: https://shopee.co.id/tigerbalm

- Tokopedia: https://www.tokopedia.com/tigerbalm 

Pandemi tidak harus bikin kalian mager, rebahan, dan kegiatan di kasur atau sofa sepanjang hari. Tetap lakukan kegiatan yang produktif dan menyenangkan untuk mengisi waktu. Dengan tetap aktif di rumah aja, semoga jiwa dan raga sehat meski pandemi belum usai. Semoga tetap bahagia ya sahabat, wassalamualaikum.


Sumber materi :

- Akun Instagram @tigerbalm_id

-https://www.generali.co.id/id/healthyliving/detail/495/6-tips-menjaga-kesehatan-di-masa-pandemi

39 komentar:

  1. Wah ini nih senjata orang sehat dan kuat orang zaman dulu kalau gak balsem ya koyo sekarang masih ad yang kayak gini patut dicoba.

    BalasHapus
  2. Yang jelas Bahagia pangkal Kesehatan 😂🤗

    BalasHapus
  3. Iya ya mbak Wati, sejak pandemi walaupun sering di rumah melulu, pasti kerjaan domestik rumah tangga ada dan makin menggelora hahahaha :) SOalnya semua ada di rumah, kita makin sering masak, berkebun dll. Angkat2 pot, bungkuk2 dan gerakan2 yang ga sengaja bikin tulang pegal2 serasa mau copot wkwkwk. Untung kini ada solusinya ya pakai Tiger Balm aja. Ada diShoppe dan Tokopedia juga nih, ceki2 ah kepengen coba.

    BalasHapus
  4. Gagal fokus sama koleksi tanamannya. Banyak banget dan sepertinya unik ya. Maklum ga jelas juga sih di mata saya bunganya. Hehehe
    Bikin happy saat pandemi ini bisa bikin imunitas tubuh kita meningkat lho ya

    BalasHapus
  5. Wow, Tiger Balm ini kiprahnya memang ga usah diragukan lagi yaa, setelah 100 tahun dipercaya dari generasi ke generasi untuk perawatan dan kenyamanan si penggunaanya.
    Trus banyak pula macamnya sesuai dengan kebutuhan yaa..

    BalasHapus
  6. Tetap aktif bergerak aja, ya. Soal pegel2 tinggal serahkan ke tiger balm.

    BalasHapus
  7. Kalo ditanya saat pandemi memang sudah banyak hal yang dilakukan baik secara online atau fisik, Terkadang bisa terkena risiko pada otot atau sendi, Jika itu terjadi misalnya pegel-pegel bisa juga menggunakan Tiger Balm sebagai pilihannya.

    Yang penting selalu jaga kesehatannya selama pandemi ini

    BalasHapus
  8. Mbak Wati rajin bertanam ya, bikin happy jadinya ya mbak. Urusan pegel bisa diserahkan ke Tiger Balm. Kayanya aku harus cobain juga nih untuk kakiku yg lagi pegel. Ternyat abisa dipakai untuk hidung tersumbat juga ya

    BalasHapus
  9. saya dapat tiger balm dari sepupu waktu kepala nyut-nyutan, leher terasa tegang

    biasalah kalo ngejar dedlen suka lupa waktu

    dan ternyata sangat membantu, saya juga sering pakai di pagi hari

    karena cuaca Bandung lagi dingin banget

    BalasHapus
  10. Wah kabar gembira buat aku nih sebagai penggemar plaster alias koyo. Kalo kuliat di foto ukurannya lumayan lebar ya. Pastinya mantap nih di tempel di tengkuk/leher belakang. Bisa juga u.di bahu atau punggung ya kan. Mantap banget! Cus ah beli.

    BalasHapus
  11. Harus banget jaga kesehatan di masa pandemi ini yaa.
    kudu bahagia juga, gimana caranya ojo sampe stres yg berlebihan.
    dan yg jelas, aku juga demen pakai Tiger Balm ini mba.
    ampuh banget!

    BalasHapus
  12. perlu dicoba nih! soale aku lg mabok dan makin ngeselinnya tau2 jd benci dg aroma minyak kayu putih. siapa tau tiger balm bs jd alternatif

    BalasHapus
  13. Ngomongin balsem jadi inget ibu, karena ibuku pengguna balsem sejati. Katanya nyaman dikulit, karena hangat. Betul banget mba, melakukan sesuatu yang menyenangkan itu penting juga untuk jaga imun. Sehat selalu Mba Wati.

    BalasHapus
  14. Mbak Watiii..masya Allah tanamannya makin banyak ya mbak. Sampe sekarang aku pemakai balsem lho, pas capek banget lumayan terobati dengan engoles balsem. Baru tau tiger balm ini ada plesternya, tinggal tempel ya mbak,praktis

    BalasHapus
  15. wah udah lama saya gak pernah megang balsem lagi mbak. Kalau dulu sering, karena ada nenek yang suka minta diolesin balsem. Selain balsem, ada koyonya juga yaa. Jadi enggak terlalu lengket kalau pakai koyo mah.

    BalasHapus
  16. Tulisan Mbak Wati pas banget dengan kondisi aku saat ini. Tanganku lagi pegel banget. Kata suami, itu karena tanganku menggantung kalau lagi ngetik. Sepertinya salah beli meja, karena posisi tangannya kurang enak. Efeknya tangan jadi cepet pegel, dan kalau malam terasa sakit banget. Kayaknya perlu balsem atau plaster tiger balm juga deh.

    BalasHapus
  17. Aku kayanya perlu sedia Tiger balm niih..
    Kalau malem tuh suka mendadak merasa badan sakit dan ripuh semua. Paling nyaman, diolesin balsem dan bobok cantik.
    Uda paling bener pakai balsem, jadi gak cepat konsumsi obat.

    BalasHapus
  18. Wah bener, ini balsem udah legend banget, aku inget dulu mendiang Mbah paling suka ama tiger balm ini. Sakit apa aja pasti olesin tiger balm, ya sakit kepala, pegal2, mpe sakit gigi juga pipinya dioles tiger balm. Udah kayak balsem sakti. Aku baru tau kalau sekarang ada plasternya juga

    BalasHapus
  19. Aku jugaa masih pake sampai sekarang mba ini panasnya pas buat tubuh. Balsem TIGER BALM memang best balsem yang paling cocok untuk oles2 engkel kaki yang nyeri kadang Aku malah buat kerokan

    BalasHapus
  20. Aku udah lama gak tercapai tidur 7-8 jam ini, hehehe. Dulu palingan wiken aja tidur begadang. Sekarang nih lagi upaya banget buat atur jam tidur. Pegal juga bangun tidur suka dipijitin anak2, kayaknya pakai balm ini asik juga ya

    BalasHapus
  21. Yang belum bisa saya lakukan itu tidur awal atau tidur tepat waktu. Hiksss. Seringnya tidur telat sudah gitu kebangun-kebangun terus untuk mengASIhi. jadi sangat berantakan pola tidurnya.

    BalasHapus
  22. ini andalanku mba dulu dikenalkan sejak pas sekolah sama mendiang papah kalau udah sesak atau flu oles tiger balm jadi enak baru tau sekarang ada plasternya

    BalasHapus
  23. Duh aku banget iini butuhhh secara aktifitas macem-macem mak
    kalau pakai begini jadi bikin badan enakan sehabis pegel-pegel
    cuma aku belum pernah e pakai ini kayaknya enak yo ternyataaa

    BalasHapus
  24. Iya, mba, penting memang kita tetap sehat di masa pandemi biar terjaga hati dan tubuh ya. Btw itu aromanya enak ya mba, jadi pengen buat tanganku pegel

    BalasHapus
  25. Aduh aku banget ini suka pegel2 kalau udah beraktivitas di rumah heuheu. Oles2 pake Tiger balm enak banget kayaknya ya.
    Btw plester nya gede juga ya. Mantep nih jd area yg bisa diobati nya juga bisa luas.

    BalasHapus
  26. Hal yang paling penting neh menjaga kesehatan saat kondisi seperti ini. Menjaga pola makan dan berolahraga wajib dilakukan. BTW, boleh di coba neh tiger balm pas lagi capek kan bisa dioles

    BalasHapus
  27. Saya juga nyetok balsem dan koyo penghangat begini, Mbak. Habis gimana lagi, tiap hari harus kerja keras jadi guru dan beresin urusan rumah. Kalau malem udah tinggal pegel linu. Akhirnya oles-oles balsem yang selalu bisa diandalkan biar tubuh enteng dan bisa beraktivitas kembali.

    BalasHapus
  28. Saya pernah nih mbak melakukan aktifitas di rumah dan angkat barang sampai kecetit tapi gak sempat diobati, berlalu begitu saja. Baca ini jadi memilikii wacana kudu siap balsem di rumah ya buat jaga-jaga kalau kecetit atau keselo tinggal oles setidaknya untuk meredakan sakit

    BalasHapus
  29. Lelah segera sirna setelah menggunakan Balsem Tiger Balm Putih yaa, kak.
    Aku juga kadang kalau lagi pengen wangi mint, oles-olesin di telapak tangan. biar hidung lega dan mood naik lagi.

    BalasHapus
  30. Baru tahu ada Tiger Balm Mbak, dan pengen nyobain yang plaster...thanks infonya Mbak

    BalasHapus
  31. Tiger Balm ini juara banget..baru tau kalau ada koyonya kapan-kapan perlu dicobain kalaupas badan pegel-pegel

    BalasHapus
  32. Ya Allah jd ingat almarhumah eyangku mbak kalo balseman ga mau yg lain selalu pake tiger balm. Dan aku baru tau sekarang ada plesternya..cobain ah kapan2

    BalasHapus
  33. kayaknya saya baru dengar nih tiger balm ini. memang kayaknya produk balsem ini termasuk yang harus ada ya, mbak di rumah kita soalnya memang banyak manfaatnya

    BalasHapus
  34. Wah..ada plasternya juga ya mba? kirain cuma balsem saja lho.. Terima kasih sharingnya, mba Wati.. perlu disimpan di rumah nih..maklum faktor U bikin sering pegel2 hehe..

    BalasHapus
  35. Geng jompo merapaaat. Pas banget nih kayanya udah mulai wfo dan byk kegiatan. Begitu wfh, langsung kerasa butuh balsem 😂

    BalasHapus
  36. Cocok ni yg hobi motoran jauh.
    Bakal jd travel mate dan andalan buat gosok2 ke pinggang atau buat ngangetin dada.

    BalasHapus
  37. Tiger Balm ini andalan mamaku sejak aku kecil jadi familiar banget dengan produknya, ternyata ada yang kemasan merah dan koyo ya..

    BalasHapus
  38. Semua tipsnya mantul banget mba Hidayah. Aku sekeluarga kalo ga salep ya koyo. Kalo nyeri tapi baru tahu tiger balm nih mbak. Pengen. Coba juga,. Mau kepo-kepo dulu ah.

    BalasHapus
  39. Suami kalo mijitin suka pake balsem atau lotion juga. Tapi ini balsemnya pedes banget ya di kulit?

    BalasHapus