Menikmati Mie Kocok Mawar, Jajanan di Kota Bogor Yang Mengenyangkan - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Senin, 06 September 2021

Menikmati Mie Kocok Mawar, Jajanan di Kota Bogor Yang Mengenyangkan


Assalamualaikum Sobat Traveling. Udah kangen traveling, kangen kuliner di kota tujuan, sayangnya kondisi pandemi mengharuskan kita di rumah dulu. Apalagi ada PPKM sampai berseri macam drama Korea kesukaan kalian. 


Akhirnya sebagai pengobat rindu, saya cuma bisa membuka folder foto. Tersenyum sendiri saat mengenang hal lucu dari balik pengambilan foto. Atau meringis ketika menatap foto dengan terselip kisah yang enggak asik. Kejadian masa lalu yang terekam atau tidak terekam dalam foto, bisa jadi masih tersemat dalam ingatan.


Mendadak senyum terurai manakala tertangkap beberapa foto di Kota Bogor. Beberapa kiriman foto dari WAG keluarga, yang udah saya satukan di Google Foto. Ada foto semangkok mie berkuah yang terlihat menggiurkan. 


Ahhh, kenangan itu, saat Corona belum ada di bumi Pertiwi. Tapi mungkin juga udah ada di negeri asalnya. Karena saat foto itu diambil terjadi pada bulan Desember 2019. Tahun yang sangat menyenangkan, mengesankan, menciptakan haru, dan kenangan termanis dalam hidup saya, mungkin juga keluarga besar.


Ya, foto mie kocok yang saya dan keluarga suami nikmati saat traveling di Bogor dan sekitarnya. Tuhhh kan jadi kangen makan mie kocok, hikss.


Kuliner Mie Kocok Asalnya Dari Mana? 

Kalian udah pernah menyicipi mie kocok? 

Enak ya rasanya, mengenyangkan juga makan satu porsinya. Mie kocok yang asalnya dari Kota Bandung ini merupakan sajian makanan berkuah dari kaldu daging sapi. 




Isinya terdiri dari mie kuning, dengan kuah kaldu sapi yang agak kental dibandingkan kuah bakso. Kemudian ada irisan kikil, taoge, bakso, irisan seledri dan daun bawang, ditaburi bawang goreng, dan jeruk nipis.


Istilah kocok dalam nama hidangan ini merujuk kepada proses memasaknya, yaitu mengocok-ngocok mi dalam wadah logam bolong-bolong bergagang, seraya mencelupkannya ke dalam air panas. Jenis yang digunakan adalah mie kuning gepeng yang bertekstur lebih lembut.

https://id.wikipedia.org/wiki/Mie_kocok

Beberapa penjual mie kocok menggunakan bara api dari arang agar kaldu dan aroma lebih terasa. Kaldu biasanya didapat dari daging, kikil, dan tulang yang berisi sum-sum yang direbus selama berjam-jam. Dengan cara ini aroma kaldu terjaga, sementara daging dan kikilnya lembut saat dinikmati di lidah. Untuk bumbu, ada yang menambahkan daun salam, sereh, dan jahe untuk menghilangkan bau anyir tulang. Ada juga yang menambahkan kunyit, ketumbar, tenggiri, serta bawang putih untuk menambah rasa serta aroma kuah.


Meski aslinya dari Kota Bandung namun mie kocok bisa mudah ditemukan di wilayah Jawa Barat. Kali ini saya akan mengulas mie kocok yang ada di Kota Bogor. Kebetulan saya cukup sering menyambangi Kota Bogor karena suami sering mendapat kerjaan di sana. Eh tapi ini cerita sebelum pandemi. Jadii ya gitu deh, kulinerannya kapan, ditulisnya kapan-kapan, hehehee.


Mencari Warung Mie Kocok di Bogor

Sebagai warga pendatang yang sesekali berkunjung di Bogor, saya menurut aja saat diajak makan mie kocok di satu lokasi. Namanya di kota orang, terserah deh diajakin kemana. Yang penting kerinduan makan mie kocok saya tertunaikan. 

Terakhir makan mie kocok itu tahun 1988, lama juga ya. Dan saya makan mie kocok di Bandung. Oh sesudah itu pernah juga makan mie kocok beberapa kali di Kota Semarang. Ada tetangga yang berasal dari Bandung dan suka masak mie kocok. Kami beberapa kali pernah mendapat seporsi mie kocok dari tetangga tersebut. Jadi terakhir makan mie kocok tahun 2007, kalo gak salah ingat ya.


Nah saya tahu kalo di Bogor juga ada penjual mie kocok yang rasanya enak dan terkenal. Dari mana saya tahu? Yeee, gampang lah. Dari situs pencarian Google ada banyak tulisan tentang mie kocok di Bogor.  Sebelumnya juga suami udah cerita kalo dia pernah diajakin makan mie kocok. Maklum aja karena dia tinggal di Bogor untuk pengerjaan rumah tinggal. Sementara saya paling lama 2 mingguan aja nemenin suami.


Jadi saat Desember 2019 keluarga suami berkunjung ke Kota Bogor lagi, adik kami ngajakin kulineran. Dan mie kocok ini salah satunya. Kebetulan saat itu pulang dari jalan-jalan di Kebun Raya Bogor. 



Capek kan ya dan belum sempat makan siang juga karena resto nya rame. Warung makan yang lain juga rame. Tapi alasan sebenarnya memang kami udah rencana bakal makan mie kocok siang itu. 


Mie kocok Mawar adalah warung yang menjadi tujuan utama. Begitu kami keluar dari mobil dan melihat warung yang rame, sempat ciut juga hati ini. Tapi karena udah lapar, kami sabar aja nunggu dan tetap memesan beberapa porsi untuk serombongan. 


Oia kami serombongan ada 2 mobil dan jumlahnya 11 orang. Anak sulung saya waktu itu nggak ikut karena kerja, jadi ditinggal di Semarang. 


Saya dan beberapa anggota keluarga udah dapat tempat duduk. Namun aslinya saya nggak sabar sebenarnya nungguin orang makan, wkwkwk. Kami memang memutuskan untuk makan ketika pesanan udah siap di meja masing-masing. Tapi karena suami, adik ipar, dan anak saya yang bungsu belum dapat kursi, ya kami pun nungguin mereka.


Padahal kan udah ngiler nih saat saya perhatikan penjualnya menata mie kocok di mangkok-mangkok. Dari mie, bakso, tetelan atau kikil, sayurannya, dan bawang goreng. Kemudian menuangkan air kaldunya ke dalam mangkok itu. Beneran bikin ngiler, wkwkwkk.




Akhirnya setelah semua mendapatkan mangkuk dan duduk di kursinya, kami pun menyantap seporsi mie kocok. Menyendok kaldunya suap demi suap,  membangkitkan kenangan lama. Menyantap pertama kali saat masih sekolah SMA bersama teman-teman saat studi tour. Juga saat menyantap bareng tetangga di rumah lama dulu. 

Dari satu hidangan kadang menghadirkan banyak kenangan

Menikmati kuah mie kocok yang masih mengepulkan uap panas, juga bikin tubuh menghangat. Setiap gigitan kikil, bakso yang kenyalnya pas, dan paduan kuah yang terasa bumbunya, melunasi kangen yang mendalam.




Saya udah menghabiskan semangkok mie kocok dengan isian yang lengkap. Perut kenyang bikin hati bahagia ya. Senyum merekah menjadi tawa. Terlebih kami merasa mulai ngantuk. Pengen segera kembali ke rumah adik di bilangan Dramaga. 


Nanti ya tunggu kami kembali menyambangi warung mie kocok Mawar di Bogor. Penjualnya ramah dan enak diajak ngobrol. Warungnya kecil dengan meja dan kursi yang hanya mampu menampung pembeli sekitar 30 orang. Namun pembeli nya tak pernah sepi. Dari yang saya saksikan dan juga cerita adik kami yang tinggal di Bogor.


Mungkin kalian yang tinggal atau pernah ke Bogor, sempat beberapa kali makan mie kocok Mawar ini? Boleh yuk meninggalkan komentar di blog post ini. Terima kasih udah berkenan membaca cerita pengalaman saya menikmati mie kocok Mawar di Bogor. Wassalamu'alaikum.




17 komentar:

  1. Baca Mie Kocok Mawar pas lapaaar. tydaaac! menggoda iman ini
    Aku makan mie kocok di Bandung, Mbak Wati. Kalau di bogor makan soto mie. Eh beda kan ya...semoga iya. Sama-sama enaknya sih.
    Baiklah kalau ke Bogor aku cari kapan-kapan Mie Kocok Mawar ini

    BalasHapus
  2. Ulalaaa, sebagai penggemar makanan serba mie dan bakso, aku mupeeng buanget!
    enaakk banget iniii mbaa.
    aku lupa pernah makan mie kocok di Bogor apa kagak.
    tapi yg jelas dari penampakannya aja udah ngundang selera

    BalasHapus
  3. Wah aku br denger nih namanya, mie kocok mawar. Kapan2 pgn cobain juga deh sebagai pecinta mie :)

    BalasHapus
  4. Wah baru tahu tentang mie kocok ini gimana rasanya? Pasti enak untuk disantap, hemm gak habis pikir dengan cara pembuatannya

    BalasHapus
  5. Mie kocoknya karena proses pembuatannya, tapi bagaimana dengan mawar?

    BalasHapus
  6. Mie Kocok salah satu kuliner andalan yang mesti dicoba di Bogor, tapi aku sendiri ga mudah menemukan tempat mie kocok enak kalau sedang ke Bogor. Mie Kocok Mawar konon memang sangat populer, tapi aku belum pernah cobain wkwk. Baca tulisan mbak Wati asli jadi kebawa ngiler. Mesti cobain lain kali kalau sedang lewat.

    BalasHapus
  7. wah Bogor!!
    duh kok sama sih mbak, aku pin kalau habis jalan jalan ke kebun raya bogor, selalu mampir beli mie kocok

    BalasHapus
  8. Kalau di Bogor ada mie kocok, di Semarang ada mie kopyok yaaa mbak. Hehehe.
    Jadi penasaran mi kocok ini kayak apa rasanya.

    BalasHapus
  9. Uwaah, iya banget.
    Kudu makan Mie Kocok kalau ke Jawa Barat yaah...terutama ke Bogor yang mie kocoknya sedap luar biasa...
    Mie kuning itu bikin kenyang pengganti karbo yaa..

    BalasHapus
  10. udah lamaa deh mba ngga maakn mi kocok Bogor. Duh liat kuahnya memang narik banget yaa mba. Jadi lapaar hehehe

    BalasHapus
  11. Ya Allah.. saya ngakak Mbak sambil ikut mupeng bayangin pas masih nunggu makan, trus lihat mangkuk-mangkuk yang sudah berisi mie kocok yang siap disajikan. Wuihhh itu ngiler banget pastinya yaa :D
    Kayaknya saya belum pernah makan mie kocok, apalagi di Bogor. Semoga suatu saat bisa menikmati sajian yang menggoda selera ini :)

    BalasHapus
  12. Iya mbak biasanya aku makan mie kocok di Bandung, tapi di Bogor juga ada ya. Suka banget aku sama kuahnya itu loh. Walaupun Bekasi masuk Jawa Barat tapi susah menemukan mie kocok di sini mbak

    BalasHapus
  13. Mi kocoknya enak banget nih. Langsung pengen. Kebeneran anak di sebelah colek-colek minta uang buat beli mi. Huhuhu. Pas banget ga sih.

    BalasHapus
  14. Udah nyobain juga mba... enak Seger, pedessnya aplg pas klo lagi cuaca Bogor mendung tambah nikmat makan mie kocoknya

    BalasHapus
  15. Belum pernah nyobain nih jadi pengen nyobain apalagi yang berhubungan dengan makanan atau Mie, aku suka banget

    BalasHapus
  16. Dulu tuh suka enggak mau sama mie kocok karena denger namanya aja aneh. Eh pas incip minta nambah, haha
    Jadinya sekarang kangen makan mie kocok...

    BalasHapus
  17. bogor memang selalu dirindukan ya
    aku juga waktu ke bogor nyarinya mie
    tapi waktu itu mie bakar gitu di kedai kita
    juga ikutan kuliner street food ituloh, enak-enak semuaaa

    BalasHapus