Aplikasi Edit Foto Dengan Fitur Premium Agar Bisa Memperindah Tampilan Konten di Blog - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Jumat, 05 Juni 2020

Aplikasi Edit Foto Dengan Fitur Premium Agar Bisa Memperindah Tampilan Konten di Blog

Aplikasi Edit Foto Dengan Fitur Premium Agar Bisa Memperindah Tampilan Konten di Blog

Edit Foto Fitur Premium Canva

Assalamualaikum Sahabat. Menulis artikel di blog personal sekarang makin marak. Bahkan dosen di beberapa universitas maupun lembaga pendidikan juga memberikan tugas untuk menulis di blog.

Sementara bagi sebagian orang yang memiliki profesi sebagai konten kreator, menulis di blog personal ibarat sesuatu yang seksi. Bukan hanya menjadikan dia sebagai seorang yang kreatif dengan karya menulisnya di blog. Namun juga bisa menjadikan satu profesi yang banyak dilirik anak milenial sekarang ini.

Bagaimana tidak seksi bila hanya dengan menulis di blog, kalian udah bisa mengumpulkan pundi-pundi uang yang lumayan. Tentu saja ada proses yang mesti kalian jalani karena sebuah prestasi selalu ada effort yang menyertai.

Menulis di Blog Untuk Curhat

Awalnya dulu pun saya niat menulis di blog untuk curhat tentang menemani anak-anak tumbuh dewasa. Saya menuliskan cerita kegiatan anak-anak di sekolah, dari bekal yang dibawanya sampai prestasi ekstrakurikuler. Namanya ibu ya, apa aja tentang anaknya pengennya diceritakan.

Saya dan keluarga juga pecinta jalan-jalan, enggak perlu jauh deh. Kadang mlipir di kawasan wisata terdekat dengan rumah juga bisa bikin hati senang. Karena sering jalan-jalan dan kulineran juga, akhirnya saya pun menuliskannya di blog.

Sayang banget kalo cerita jalan-jalan keluarga ini tidak didokumentasikan dalam bentuk artikel. Kalo cuma share foto di sosial media kan udah banyak. Namun foto dengan cerita detil tentang tempat yang kami kunjungi, tiket masuknya, apa aja kelebihan tempat tersebut, tentu punya nilai lebih.

Makin lama artikel di blog personal saya isinya macam nasi rames. Tema apa aja saya tuliskan dengan alasan sayang juga kalo pengalaman yang pernah dialami tidak diceritakan. Kita mungkin udah nggak butuh lagi. Namun siapa yang tahu bahwa di luar sana, ada orang yang butuh belajar dari pengalaman kita?

Dengan beragamnya tema tulisan yang saya masukkan ke dalam blog personal ini, sering disebut juga niche nya lifestyle.

Ternyata dengan niche lifestyle bikin saya dengan mudah memasukkan ide tulisan apa aja. Dari pengalaman menemani anak di sekolah, kesehatan keluarga, perencanaan keuangan, traveling, kuliner, hingga pengalaman merawat kecantikan. Hahahaa.

Biar aja ada yang bilang blog dengan niche lifestyle itu nggak fokus isinya. Saya nggak masalah kok. Yang jadi masalah itu kalo punya blog tapi nggak pernah konsisten menayangkan artikel. Bulan ini sama sekali nggak ada artikel. Sementara bulan sebelumnya ada artikel sejumlah 6 biji. Duhhh, jangan sampai saya seperti ini.

Menemukan Ide Tulisan

Edit Foto Dengan Fitur Premium bayar GoPay

Ada yang beralasan bahwa susah mencari ide untuk tulisan di blog. Saya hanya tersenyum kalo membaca status seperti ini. Sebenarnya ide tulisan itu ada di sekitar kalian loh. Cukup buka mata, baca, baca, dan baca.

Nah, saya punya tips untuk kalian yang masih bingung mencari ide menulis di blog personal.

1. Baca Buku/Novel

Pernah nggak sih ngalami seperti saya, ketika sedang membaca sebuah buku atau novel, kayak terinspirasi? Dari satu kalimat di dalam buku kadang kita menemukan ide dan pengen menuliskannya.

Memang modal seorang penulis itu harus banyak membaca. Tapi juga jangan menyontek tulisan dari buku, novel, ataupun tulisan mana aja. Bikin tulisan kalian sendiri dengan gaya bahasa yang berbeda dan unik.

2. Jalan-Jalan

Yang saya maksud di sini bukan jalan-jalan ke tempat wisata loh. Tapiiii... jalan-jalan di seputar lingkungan tempat kita tinggal. Coba deh tiap pagi jalan-jalan atau gowes sambil olah raga. Kali ini tinggalkan ponsel di saku, dan perhatikan setiap benda yang kita lewati sepanjang jalan. Pasti ada banyak kejadian yang menarik minat kalian.

3. Jalan-Jalan di Dunia Maya

Kali ini modalnya gadget ya. Karena kalian mesti jalan-jalan dengan menggunakan gadget kalian, bisa ponsel atau laptop. Dari status teman di linimasa kalian bisa menemukan ide unik atau ngasal. Terserah deh tulis aja tapi jangan tulisan nyinyir ya.

4. Pengalaman Bersama Keluarga

Kalo kalian udah berkeluarga dan memiliki anak, tentunya bisa dong menceritakan pengalaman merawat atau membimbing mereka. Nggak harus sedetil mungkin.

5. Curhat Teman

Siapa yang pernah menjadi tempat curhat? Kalo diijinkan curhatan teman juga bisa dijadikan tulisan. Misal ingin dirahasiakan, nama dan lokasi kejadian bisa diubah.

6. Peristiwa Yang Sedang Ramai Jadi Perbincangan

Nah kalo kalian senang dan mengikuti berita viral, bisa juga ikut menuliskannya. Tentu saja dengan sudut pandang yang berbeda. Sekali lagi jangan pernah sekali pun copy paste tulisan orang lain.

7. Dari Obrolan Saat Hangout

Saat kalian hangout bersama teman di kafe, sebelum pandemi tentunya, ngobrol tentu menjadi hal yang seru. Dari ngobrol ini kadang muncul ide. Asal kalian tetap membuka telinga dan memperhatikan setiap obrolan teman.

Aplikasi Edit Foto Untuk Memperindah Konten

Edit Foto Dengan Fitur Premium bayar GoPay

Nah ketika ide menulis udah ada, langsung aja eksekusi. Tulis dan jangan berhenti sebelum mencapai kalimat akhir. Trus tayangkan di blog personal kalian.

Jangan pernah lupa, sisipkan gambar untuk memperindah tampilan konten di blog kalian. Apa enaknya coba membaca tulisan sepanjang ratusan atau ribuan kata tanpa ada satu pun gambar?

Gambar fungsinya selain sebagai pendukung tulisan, juga agar pembaca tidak bosan menatap tulisan. Gambar juga menjadi pemecah perhatian pembaca. Jadi usahakan tampilkan gambar yang bagus. Lebih baik lagi bila kalian bisa mempercantik gambar dengan tambahan emoticon, kata, infografis, yang menarik.

Selama ini saya menggunakan beberapa aplikasi edit foto atau gambar. Saya udah gonta ganti beberapa aplikasi. Namun aplikasi berikut ini udah saya miliki sejak lama.

- Inshot

Aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk edit foto atau video. Namun tidak seperti aplikasi edit video seperti filmora, viva video, kine master, Inshoot tidak bisa menggabungkan beberapa video atau foto. Saya baru coba edit video dari dua yang digabungkan menjadi satu video.

- Picsart

Aplikasi edit gambar baik tunggal maupun kolase, juga ada video, yang menampilkan beragam keunikan. Kalian bisa menggunakannya untuk mengambil gambar yang sudah ada ataupun dengan mengedit gambar tersebut.

- Photo Layers

Aplikasi ini juga jadi pilihan banyak kaum milenial untuk edit gambar. Biasanya yang ingin menggabungkan dua gambar menjadi satu foto yang menarik. Seperti foto kita yang aslinya di rumah, tapi bisa diedit dengan menempelkan di salah satu landmark dunia.

- Snapsheed

Bagi mereka yang menyukai posting foto di Instagram, bisa menggunakan aplikasi edit foto Snapseed. Aplikasi edit foto yang bisa digunakan di smartphone ini memiliki beberapa fitur serta filter yang menarik.

Fitur Snapseed ada Details, tune image, crop, rotate, transform, brush, selective adjust, spot repair, dan vignette. Sementara filter yang ada seperti lensa blur, glamour glow, tonal contrast, HDR Scape, dan masih banyak lagi. Yuk, eksekusi aja aplikasi nya.

- CANVA

Aplikasi desain grafis yang bisa dilakukan dengan mudah ini bisa dipelajari secara autodidak. Coba-coba aja, dan nikmati keseruan utak-atik gambar, tulisan, stiker, ilustrasi, dengan pilihan template yang sangat banyak. Aplikasi ini bisa kalian gunakan untuk mendesain kartu ucapan, poster, brosur, infografis, presentasi, atau undangan. Segera install aplikasi di smartphone kamu dan rasakan keseruan saat menggunakannya

Selama beberapa waktu, saya masih menggunakan aplikasi Canva yang gratis. Namun suatu hari saya pengen edit gambar dengan menggunakan template yang menarik. Dan ketika udah jadi, ada tulisan canva yang ngikut. Aduh ternyata template premium yang saya gunakan. Waduhhh, gimana caranya agar tulisan watermark itu bisa hilang ya?

Ternyata kudu upgrade Canva Premium agar kita bisa menggunakan semua gambar kece ini. Tahu kan yang ada kode gratis ya paling gambarnya itu lagi itu lagi.

Akhirnya saya pun membeli Canva premium agar bisa menggunakan gambar yang saya inginkan. Ternyata setelah upgrade dengan membeli di Google Play, hasil edit gambar dengan Canva Premium jauh berbeda. Lihat nih kedua tampilan yang gratis dan berbayar.

Aplikasi edit foto Canva Premium
 Yang ini Canva original
Ada tulisan Canva pada gambar love


Aplikasi edit foto Canva Premium
Canva Premium, gambar sama
Tapi tidak ada tulisan canva 
seperti gambar di atas

Begitu juga ketika saya ingin menggunakan pilihan font nya yang terbatas. Padahal saya pengennya bisa bebas menggunakan pilihan font yang ada. Kalo sudah premium, baru deh saya bisa menggunakan semua pilihan font. Ahh sekarang saya jadi bisa memilih font yang mana aja. Udah tahu kan font dengan tanda seperti mahkota itu adalah premium.

Aplikasi edit foto Canva Premium

Nah kalo kalian adalah pemilik smartphone berbasis android, sudah biasa tentunya kan menggunakan aplikasi di Google Play.

Kalo selama ini untuk membayar pembelian atau upgrade aplikasi kudu pakai kartu kredit. Sekarang sih enggak. Saya bisa menggunakan saldo GoPay yang biasanya hanya untuk pesan antar makanan atau naik mobil online.

Tapi ada langkah yang harus dilakukan, yaitu dengan mengubah setting pembayaran menggunakan tagihan pasca bayar dialihkan menjadi Gopay. Cukup sekali klik, lebih hemat dan banyak bonus pilihan template yang bisa digunakan. Asik nggak tuh?!

Kalian bisa dengan mudah untuk top up game di Google Play semudah menjentikkan jari. Bagi yang belum mengaktifkan GoPay sebagai salah satu cara pembayaran di Google Play,  caranya mudah banget.

Berikut ini langkahnya :

Edit Foto Dengan Fitur Premium bayar GoPay

  • Masuk ke Google Play Store dan pilih "Metode Pembayaran".
  • Pilih "Tambahkan GoPay" sebagai Metode Pembayaran.
  • Klik "LANJUT".
  • Masukkan PIN GoPay. Bila PIN belum terpasang, maka pasang PIN GoPay sebanyak 6 digit.
  • Akan ada tanda "centang" yang artinya GoPay kamu sudah terpasang

Nah saya pun juga mengubah aplikasi Canva menjadi premium. Demi bisa menikmati ilustrasi kece yang selama ini cuma bisa dipandangin aja. Caranya dengan upgrade aplikasi Canva menjadi premium. Berikut ini langkahnya  :

Edit Foto Dengan Fitur Premium bayar GoPay

Bisa memilih template yang super kece, atau juga bisa menggunakan pilihan font seperti yang di atas tadi. Puas banget ya sekarang kalo mau pakai aplikasi edit foto dengan Canva.

Promo Bertebaran dari GoPay

Yuk sharing juga kalo kalian udah pernah melakukan pembayaran dengan GoPay untuk upgrade di Google Play. Kalian bisa juga Top-Up game, nonton drakor di Viu, atau upgrade aplikasi workout agar bisa lebih banyak lagi mendapatkan penawaran istimewa. Nah buat kalian yang mau cek promonya bisa ke sini ya. 

Kalo kamu pengguna baru GoPay di Google Play, ada promo yang tak kalah seru nih. Promo Google Play ini ada cashback maksimal 25 ribu, dimulai tanggal 1-30 Juni 2020. Yuk nikmati penawaran promo dari GoPay di Google Play, sahabat. Wassalamualaikum.

43 komentar:

  1. Saya sering menggunakan Canva, tapi bukan untuk mengedit foto sih. Lebih tepatnya untuk membuat desain grafis. Enaknya Canva premium itu, sekali bikin desain, desainnya bisa diset untuk Story, Twitter Ads, Facebook header, poster, cover YouTube, dan banyak lagi secara serempak.

    Oh ya, saya juga menggunakan GoPay untuk beli aplikasi premium lho. Saya pakai GoPay ini untuk upgrade Google Drive menjadi Google One.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, aku juga kadang desain sendiri.

      Wah ternyata udah upgrade Google Drive ya. Asik lah lebih banyak tempat penyimpanan untuk foto

      Hapus
  2. Saya belum pernah sih beli yang premium.
    Saya pakai pics art, canva sejak lama tapi yang gretongan :D
    Snapseed juga.

    Memang enak yang premium sih ya, nggak dibatasi oleh yang biasa aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya karena berbayar jadi lebih banyak pilihan template atau font tulisan

      Hapus
    2. Nah iya Mba, font tulisan menarik juga asyik loh kalau kita punya banyak pilihan, cantik-cantik dan nggak banyak samanya hahaha.
      Kalau yang free terbatas dan jadinya banyak yang pake :D

      Hapus
  3. Snapseed saya udah punya lama aplikasinya eh malah blom pernah dipake, padahal kalau ditekuni sebentar cepet bisa kok ya Mbak Hidayah... tfs

    BalasHapus
  4. Saya paling sering pake Canva kak. Tapi baru tau ternyata upgrade ke premium bisa lewat gopay. Asik banget ya gak repot harus punya kartu kredit. Lain kali mau coba ah..

    BalasHapus
  5. aku pakai juga kak beberapa aplikasi diatas, alau belum mahir-mahir amat hehehe. lumayan lah belajar dikit2 yaa

    ternyata ada yang premiumnya gitu ya kak, boleh juga ya

    BalasHapus
  6. Edit mwngedit emang udah jd bagian dr fotografi. Apalagi akrg serba digital n media sosial , perlu bgt edit foto video , design dll
    Makaaih infonya

    BalasHapus
  7. Bayar upgrade canva premiumnya sekali untuk selamanya, atau bayar per bulan (misalnya)?
    Kalau sering pakai, jika per bulan ya ga sayang ya. Tapi kalua pakai jarang sementara (misalnya) harus bayar upgrade pee bulan, kena sayang juga ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadikan bisnis dong, karena tidak semua orang pintar utak atik infografis. Dengan upgrade Canva Premium, kita bisa buka jasa kartu ucapan hari raya, untuk acara apa aja. Bakal balik modal deh, cukup kasih tarif murah agar banyak yang order kartu ucapan, hehee

      Hapus
    2. Jadi itu bayarnya sekali saja untuk selamanya langganan premium, atau setiap bulan harus bayar dan kalau ga bayar langganannya akan hangus?

      Hapus
    3. Ada yang per bulan, ada yang per tahun. Kalo gak dibayar gak bisa buka yang baru,eh ini kemungkinan ya. Aku masih bayar jadi gak tahu misalnya gak dibayar lagi gimana nanti, cmiiw

      Hapus
  8. Andalan saya Canva kalau mau edit foto. Saya juga lagi pingin beralih ke premium nih, biar pilihan desain dan fontnya banyak. Kalau yang gratisan bagus juga sih, tapi terbatas ya... kadang suka mupeng ngeliat templatenya bagus-bagus,hihi.

    BalasHapus
  9. Saya belum upgrade ke premium, Mbak. Masih pakai yang free. Punya aplikasi Canva dan Snapseed aja di gawai. Picsart sepertinya recommended juga.

    BalasHapus
  10. Sekarang enak ya mau aplikasi apapun tinggal beli di google play menggunakan gopay jadi mudah

    BalasHapus
  11. Aku juga suka pakai canva tapi ga tau kalau itu bisa untuk edit foto mba... Aku harus banyak belajar tentang edit mengedit foto ini nih...

    BalasHapus
  12. Andalan aku banget ini dalam mengedit foto pakai Canva Aku juga pakai yang pro biar hasilnya juga maksimal

    BalasHapus
  13. Aku juga kepengen bisa pakai gambar yang lucu-lucu itu. Oiya, kalau update ke Canva Premium, pembayarannya sekali aja atau dihitung berlangganan ya, Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang berlangganan bulanan atau tahunan. Tinggal pilih sesuai budget, aku pilih yang bulanan

      Hapus
  14. Klo saya suka pakai snapsheet buat edit foto. Klo canva bt bikin infografis hehehe. Dulu sempet juga pakai inshot bt bikin video tp karena kapasitas nya gede bgt saya hpus sementara heheeh

    BalasHapus
  15. Mpo pakai canva masih yang gratis bukan premium. Mpo pecinta gratisan so selama masih ada yang ngasih gratis. Mpo jabanin

    BalasHapus
  16. Aku juga pakai canva yang tahunan iar bisa pakai berbagai tools gratis hehe memang lumayan tapi worth it kok.

    BalasHapus
  17. I just noticed that go pay can be used for that as well. And I love using all the applications as well because they are very good and handy

    BalasHapus
  18. Canva premium itu biayanya berapa kak?
    Aah...rasanya seneng sekali kalau Canva uda gak ada tulisan "Canva" nya lagi, heheh...
    Belum pernah beli premium verse.

    BalasHapus
  19. Banyak juga ya aplikasi buat editing photo dan video. Saya belum pernah make semau itu. Selama ini makenya yang grid. Sekali nyoba canva malah bingung caranya. Perlu waktu buat pembiasaan sepertinya.

    BalasHapus
  20. Saya belum pernah pakai premium. Sejauh ini pakai yang gratisan aja. Walaupun memang jadi terbatas ya pilihan editannya. Kalau premium kan bisa eksplorasi lebih dalam dan variatif.

    BalasHapus
  21. Kalau saya malah kebanyakan ide dan sudah dibuatkan list judul tulisan yang akan dikerjakan. Ini pun masih ada sekitar 20 judul lagi yang belum ditulis. Tapi ya gitu waktunya kudu pinter-pinter menyiasati supaya tidak kesalip rasa malas. Kalau malas buka laptop mulai muncul, udah deh bakalan molor berminggu-minggu.

    BalasHapus
  22. Ya Allah... Jadi pengen kekep HP jangan sampai lihat promo di Gopay. Saldo ya sedang lumayan. Hahahaha.

    Saya pakai aplikasi Canva dan Snapsheet untuk edit foto Mbak. Tapi masih agak males gitu, krn waktu ngeblog cuma malam saja.

    BalasHapus
  23. Aku pun penggemar Canva. Udah lengkap banget ya mba mau bikin apa aja, mulai dari poster untuk melengkapi postingan, sampai untuk bikin postingan instagram dan facebook pun bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah sukanya karena template nya komplit. Meski sesekali kalo butuh bikin infografis sendiri juga udah ada stiker, atau gambar pendukung ya mba

      Hapus
  24. Andalanku Snapseed mba .hihi.. Lagi belajar Canva juga, pengen bisa bikin infografis keren seperti mba & teman2 lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayok mba tan belajar bareng aku ya ga pinter utak atik kagum ama yang pada pinter bikin

      Hapus
  25. Yang belum aku cobain dari semua rekomnya mbak wati yg photo layer. Kalo aku paling seneng dan nyaman pakenya tuh canva trs snapseed juga sih

    BalasHapus
  26. Aku selama ini masih pakai canva yang free, sempet pengen upgrade jadi yang premium tapi belum kulakukan hehehe

    BalasHapus
  27. Maya dulu sempat pakai canva, sekarang pakai yg gretongan lagi macam Snapseed, sama ini lagi main elementor, walau elementor rada ribet juga sih, tapi kayaknya jadi lebih cantik gitu

    BalasHapus
  28. Pantas foto Mbak Wati keren-keren ternyata ini rahasianya ya..aplikasinya seru deh..

    BalasHapus
  29. Iya, ya, Buk, sebagai penggemar Canva, aku selama ini masih kai yang gratisan. Emang agak nyebelin sih, pas nemu emoticon yang lucuk, eh, ternyata berbayar. Kalau nggak gitu pas nemu background gambar yang bagus, malah ada watermarknya.

    BalasHapus
  30. Canva klo premium ada kotak2nya gitu ya mbak. Jadi harus beli dulu ya itu. Bagus2 gambarnya dan memang membantu sekali untuk edit foto.

    BalasHapus
  31. Asyik ya mba oprek Canva, apalagi kalau udah upgrade menjadi akun premium. Fiturnya kebuka semua dan font2nya yang cantik bisa kita gunakan semua.

    BalasHapus
  32. Aku udah coba unlock bbrp item premium di Canva pake Gopay, tadinya ribet kudu pake vcn numbet krn ga ada cc... Emang paling enak sih pake Canva praktis. Btw, snapseed ga pake h kan Mba... Sayang soalnya kalau nulisnya snapsheed nanti ga keindeks

    BalasHapus
  33. Aku pernah nyoba pakai premium waktu dapat offering gratisan. Memang asyik kok pakai akun premium, karena jadi unlimited gitu. Wah, aku baru tahu kalau sekarang bisa bayar Canva via gopay, jadi lebih mudah ya, nggak perlu pakai credit card.

    BalasHapus
  34. Haha..aplikasi hpku isinya cuman aplikasi edit foto mbak. Abis asyik sih..utak atik foto..

    BalasHapus