Review Film Jumanji: The Next Level, Dari Kegelisahan Yang Berujung Petualangan Seru - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Rabu, 01 Januari 2020

Review Film Jumanji: The Next Level, Dari Kegelisahan Yang Berujung Petualangan Seru

Review Film Jumanji: The Next Level


Assalamualaikum Sahabat. Akhir tahun 2019 disemarakkan dengan kehadiran film-film yang menarik, seru, mendebarkan, hingga yang romantis. Desember jadi bulan yang semarak dan penuh warna. Saya dan suami sampai kewalahan memilih judul film, karena tidak semua kami sukai. 

Meski aslinya selera suami dan saya tidak sama. Tetep nggak jauh juga bedanya, yaitu film import dari Hollywood. Bukan itu saja sih, tapi juga menyesuaikan waktu longgar suami. Pernah loh saya udah siap sesuai janji suami mau nonton jam segini misalnya. Eh suami kelupaan dan bikin janji dengan klien, wkwkwkkk.

Sebenarnya ada beberapa film yang udah saya tonton pada bulan Desember ini. Di antaranya ada Knives Out, yang review nya sudah saya tulis di blog ini.

Silahkan baca : 


Kisah petualangan empat sahabat yang kembali hadir dalam film aksi petualangan yang mendebarkan. Dari kejar-kejaran dengan burung unta, menghindari pertarungan sengit dengan kawanan monyet, hingga menemukan kembali sebuah warisan milik suku tertua di Jumanji.

Bagian dari sekuel Jumanji: Welcome To The Jungle ini, hadir dengan bumbu komedi yang pas banget. Bahkan dari awal pun cukup sukses membuat penonton tertawa tanpa henti. Namun tidak hanya menghadirkan komedi yang memunculkan tawa penonton. Jumanji The Next Level juga menghadirkan adegan yang menyentuh hati.

Komplit deh cerita dalam film ini, dengan hadirnya adegan yang menyentuh hingga mengobrak-abrik emosi penonton. Huehuee, saya teringat pada mata yang terasa panas karena menahan isak tangis.

Sungguh film ini mampu mengaduk-aduk emosi saya. 

Sinopsis Film Jumanji, The Next Level:

Petualangan Spencer (Alex Wolff), Fridge (Ser’Darius Blain), Martha (Morgan Turner) dan Bethany (Madison Iseman) dimulai dengan hal yang konyol. Rasa insekuriti spencer-lah yang mengantarkannya kembali ke dalam permainan gila bin ajaib itu. 

Mereka adalah empat sahabat yang memiliki perasaan kuat terhadap satu sama lain. Martha, Fridge, dan Bethany kembali ikut mempertaruhkan nyawa mereka demi menyelamatkan Spencer.


Mau tidak mau, suka atau tidak suka, mereka harus kembali ke permainan itu. Avatar utama dalam permainan ini seperti Dr. Smolder Bravestone (Dwayne Johnson), Ruby Roundhouse (Karen Gillan), Moose Finbar (Kevin Hart), dan Professor Shelly Oberon (Jack Black) adalah karakter yang tentu saja familiar kalo kalian adalah penyuka film petualangan ini sebelumnya.

Namun kali ini ada karakter tambahan yang membantu empat karakter utama tadi untuk menyelesaikan permainan. Yang paling konyol antara penentuan avatar kali ini tidak semulus biasanya. Permainan gila itu justru memunculkan tambahan avatar dan melakukan perubahan avatar secara acak.

Akankah Spencer kembali menjadi Dr. Smolder Bravestone di dalam permainan tersebut? Ataukah ada orang lain yang tak terduga memasuki permainan gila tersebut? 


Review Film Jumanji, The Next Level

Saya dan suami nonton film ini untuk menemani adik ipar dan ponakan. Kami sengaja memilih nonton film pukul 21.10 malam itu karena pas dengan waktu pilihan kami semua.


Oiya film ini sebenarnya bukan pilihan tontonan kesukaan saya dan suami. Kami nonton film ini karena ajakan adik ipar aja, hahahaa. Tapi so far, saya suka sih. Alasannya adalah Jumanji, The Next Level cukup untuk dijadikan film yang menghibur. Saya dan hampir semua penonton selalu tertawa ngakak sepanjang nonton film ini.

Kali ini Jumanji yang mereka mainkan lebih sulit dan berbahaya dari sebelumnya. Mereka harus menjelajah ke daerah-daerah baru yang belum mereka taklukkan sebelumnya. Dahulu mereka hanya bermain di hutan belantara. Namun di film ini, komplit deh lokasinya. Mulai dari gunung es, gurun pasir, hingga ke hutan belantara. Nah tentunya rintangan yang dihadapi bakal berbeda dengan film sebelumnya.



Yang lebih menarik lagi, kakek Spencer, Eddie dan sahabatnya, Milo, juga ikut-ikutan terjebak dalam permainan ini. Keberadaan 2 kakek ini bikin permainan jadi makin sulit.

Okay berikut saya tuliskan review ala saya untuk film Jumanji, The Next Level.

Film ini dibuka dengan kisah empat anak muda di empat tempat yang berbeda. Mereka adalah Spencer (Alex Wolff), Fridge (Ser’Darius Blain), Martha (Morgan Turner) dan Bethany (Madison Iseman). 



Spencer dan Martha dulunya sepasang kekasih, sebelum akhirnya putus. Saya kok lupa alasan mereka putus karena apa, hahahaa.

Yang jelas mereka terhubung dengan semacam alat komunikasi. Mereka berjanji untuk bertemu dan berkumpul di kafe yang sekarang dimiliki oleh Nora. Kafe ini dulunya milik kakek Spencer yang bernama Eddie dan temannya, Milo Walker.

Rupanya Spencer khawatir mengenai pertemuan dengan semua orang terutama Martha. Mereka sudah memutuskan hubungan, dan Spencer berpikir mereka mempunyai kehidupan lebih baik.  Spencer galau dengan keputusannya untuk kembali ke rumahnya dan bertemu tiga sahabatnya. Ia memutuskan turun ke ruang bawah tanah rumahnya, dan mencari permainan Jumanji yang sudah disimpannya.

Martha, Bethany dan Fridge menjadi khawatir sebab Spencer tak juga muncul malam itu. Pagi harinya, mereka pun ke rumah Spencer. Di sana mereka hanya bertemu dengan kakek Spencer, yaitu Eddie yang tinggal di rumah itu untuk memulihkan diri dari operasi pinggul. 

Kebetulan pula ada Milo Walker, temannya yang membuka kafe, namun sudah dijual dengan alasan ingin pensiun. 

Di ruang bawah tanah, Bethany udah curiga bahwa Spencer sengaja masuk ke permainan Jumanji. Ketiganya berniat menjemput Spencer karena beranggapan hanya mereka yang mampu menyelesaikan permainan bersama-sama.

Namun permainan Jumanji itu rusak. Dan hanya mengisap Martha dan Fridge, bersama Milo dan Eddie. Bethany tak tinggal diam. Ia pun memaksa sesama Player Jumanji, yaitu Alec Vreeke agar bersedia membantu masuk ke dalam permainan.


Sementara di dalam permainan Jumanji, Martha kembali dalam avatar Ruby. Namun Fridge berakhir dengan perannya sebagai profesor Oberon sementara Eddie dan Milo mendapati karakter Bravestone dan Mouse. 

Aturan dalam permainan Jumanji The Next Level ini  adalah, setiap kejadian mereka gagal dan mati. Nyawa mereka berkurang satu dari tiga yang dimiliki. Jadi seru kan karena mereka mesti mempertahankan diri agar mereka tidak kehilangan tiga nyawa yang dimiliki. Pertama kali nyawa yang hilang adalah milik Fridge karena dimakan ular. 



Pada saat yang sama, mereka pun mengetahui bahwa panglima perang Jurgen the Brutal, telah mencuri kalung ajaib the Falcon's Heart.

Dalam kesempatan itu, mereka juga diberitahu bahwa Jurgen bertanggung jawab terhadap kematian orang tua Bravestone.

Mereka harus menemukan kalung ajaib The Falcon's Heart karena memberikan kesuburan pada lahan milik daerah Jumanji. Selama kalung ajaib itu tetap dibawah sinar matahari, lahan akan tetap subur.

Kekeringan melanda negeri tersebut saat Jurgen mencuri permata tersebut. Mereka harus mengambilnya sebelum dia menjualnya menuju sindikat kejahatan.

Beberapa kali mereka menjumpai masalah, dari penyerangan burung unta, bertemu kelompok penjahat pimpinan Jurgen, hingga masalah pribadi. 

Masalah pribadi itu adalah kisah masa lalu antara Eddie dan Milo. Eddie menyalahkakn Milo sebab menjual restoran mereka, memaksanya pensiun. Pertengkaran keduanya mengakibatkan Milo dihancurkan sebuah batu besar yang mengakibatkannya kehilangan nyawanya yang ke-2. 

Fridge, Spencer, dan Bethanya mendapati avatar asli mereka kembali, sementara itu Milo dan Eddie masing-masing berakhir pada Ming dan Cyclone, namun mereka ditangkap pasukan Jurgen tidak lama kemudian. Di benteng Jurgen, Bethany dan Fridge menghentikan tentara bayaran, Sementara itu Martha, Spencer dan Alex menyelamatkan mereka.



Bagaimana dengan kejadian berikutnya? Tentunya ada banyak aksi yang mendebarkan saat adegan bertemu sekawanan monyet ganas. Saya ngak akan kasih kisah petualangan Spencer dengan kawan-kawannya, kakek Eddie, dan Milo secara komplit. Kalian mesti nonton langsung aja deh. 

Kisah Jumanji, The Next Level ditutup dengan kembalinya kakek Eddie memasuki kafe yang dulu dimilikinya. Kemana kah Milo, sahabatnya? Hmm, spoiler again dong kalo saya tulis di sini, hahahaa.

Udah deh mumpung masih tayang kalian bisa nonton aja ke bioskop. Apakah anak-anak boleh nonton film ini? Saya tetap menyarankan temani mereka sepanjang nonton film dan ajak diskusi setelah usai. Nggak ada adegan serem sih, misal kekerasan atau tak senonoh. Semua dalam batas kewajaran. So, kuy nobar. Wassalamualaikum.

Gambar dari : vox.com

23 komentar:

  1. Kalau filmnya bisa menghibur dan bikin tertawa, bakal mupeng nih aku,hehehe, apalagi ini menyentuh soal lingkungan dan satwa juga. cakeplah..

    BalasHapus
  2. whoaaa, ini asyik ditonton bareng keluarga, anak2 dan sahabatnya yaaaa
    Seruuu dan beneran entertaining nih jalan ceritanya

    BalasHapus
  3. Pas banget ini emang berencana mau ngajak nonton suami dan anakku, amanlah ya ini untuk ditonton anak mbak?

    BalasHapus
  4. aku belum nonton ini. cuma jumanji yg pertama n legend doang itu aja diulang2 nonton di tv bareng anak2. pankapan mo nonton streamingnya ahh

    BalasHapus
  5. Sayang banget saya belum nonton film ini. Kemarin soalnya bersamaan mainnya dengan Knives Out dan saya kayaknya lenoh tertarik nonton Knives Out, huhu..

    BalasHapus
  6. Baru nonton yang Jumanji jadul bersama aktor kawkanan Robin Williams.
    Btw, aku jadi ingat Knives Out, kudu nonton filmnya ne!

    BalasHapus
  7. Suamiku yang udah nonton full kalau aku nonton akhirnya aja karena ga diajakin suami wkwkwk emang yah suami licik nonton film sendirian :p

    BalasHapus
  8. Jumanji jadul aja aku lupa apa udah nonton yak? Wkwkwk. Cocok untuk ngajak anak-anak saat liburan gini nih.

    BalasHapus
  9. Jumanji selalu jadi tontonan menarik yaa...
    Tapi aku belum nonton sama sekali...bahkan Jumanji sebelumnya.
    Huhu...
    Menarik karena yang di eksplor kali ini lebih luas. Pasti banyak CGI yang super keren...

    BalasHapus
  10. Baca reviewnya jadi pingin nonton Jumanji ini mbk. Pas banget ya tayang waktu libur, jadi bisa nonton bareng bareng

    BalasHapus
  11. Pengen nonton ini kemarin tapi bocah keburu ke Bogor ternyata seru yaa..

    BalasHapus
  12. Aku nggak ngikutin yang Jumanji awal dulu mba, jadi agak ga mudeng baca review ini hehehe... Banyak tokohnya ya soalnya. Pengin bisa nonton nih kalau lucu gini, bener-bener memberi hiburan ya. Okelah, mau jadwalin nonton sama Faris.

    BalasHapus
  13. Saya dulu lihat jumanji pertama lewat TV. Seru juga sih...jadi pengen nonton yang sekuel keduanya juga..tfs mb..

    BalasHapus
  14. Aku belum nton yg jumanji next level. Kayanya seru ya mba.

    BalasHapus
  15. Saya dan anak-anak suka dengan Jumanji pertama dan kayaknya perlu nonton yang selanjutnya ini ya...dari reviewnya kayaknya asik

    BalasHapus
  16. Suami suka jumanji tapi aku gak tau, gak tahan sama tegangnya hahaha.. padahal disitu serunya ya

    BalasHapus
  17. Hmm.. sebenernya aku kurang tertarik sama film Jumanji ini mba, tapi baca reviewnya bikin ketawa-ketawa gini kok aku jadi penasaran ya.

    BalasHapus
  18. Aku jumanji yang dulu aja belum lihat mba apalagi yang ini *nangissss di pojokan

    BalasHapus
  19. Dulu yang seri Jumanji awal-awal seingat saya pemainnya Robin Williams, Kirsten Dunst, David Alan Grier, Bonnie Hunt, Bradley Pierce dan lainnya, itu saja sudah seru banget. Apalagi film masa kini yang efek dan cinematografinya apik.

    BalasHapus
  20. Aku nonton film jumanji asli kocak. Diawal cerita aku sempat ngantuk, tapi pas masuk ke dalan game, makin seru.

    BalasHapus
  21. lebih seru karena areanya gak hanya hutan.jadi gak hanya ketemu gajah dan monyet. hihi

    BalasHapus
  22. Pengen sekali nonton jarena Jumanji pertama sudah bikin degdegan juga
    Meskipun ada beberapa pemainnya ganti ya jadi penasaran saya

    BalasHapus
  23. Nonton Jumanji tu bikin deg-degan melulu. Selalu bikin bertanya-tanya, habis ini kenapa lagi nih, habis ini kenapa lagi? Gitu.. Wwkwk, seru..

    BalasHapus