Kontribusi PT. Freeport Indonesia Membuka Peluang Kerja Bagi Warga Asli Papua - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Jumat, 03 Januari 2020

Kontribusi PT. Freeport Indonesia Membuka Peluang Kerja Bagi Warga Asli Papua

Kontribusi PT. Freeport Indonesia Membuka Peluang Kerja Bagi Warga Asli Papua



Assalamualaikum Sahabat. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia, khususnya Papua memiliki harta berharga. Harta tersebut dikelola oleh PT. Freeport Indonesia. Harta berupa tambang tembaga dan emas di bawah tanah terbesar di dunia.

Pernah kalian membayangkan menjadi bagian sebagai pekerja di PT. Freeport Indonesia? 

Mata berbinar membayangkan berapa gaji yang akan menjadi hak pekerja tambang di PT. Freeport Indonesia. Saya memiliki beberapa teman yang bekerja di sana. Mendengar kesejahteraan keluarga yang tetap memilih tinggal di Jawa, tentu merupakan kabar bahagia bagi kami, teman-temannya.

Sudah sewajarnya kalo kesejahteraan pekerja tambang menjadi prioritas perusahaan. Sesuai misi PT. Freeport Indonesia yang berkomitmen untuk secara kreatif mentransformasikan sumber daya alam menjadi kesejahteraan dan pembangunan yang berkelanjutan.




Kesejahteraan ini pula yang menjadi impian banyak anak muda ingin ikut menikmatinya, seperti mereka yang sudah bekerja di tambang.

PT. Freeport Indonesia dan Papua

Papua merupakan provinsi terluas Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur wilayah Papua milik Indonesia. Belahan timurnya merupakan negara Papua Nugini. Provinsi Papua sebelumnya bernama Irian Jaya yang mencakup seluruh wilayah Papua Bagian barat. 

Sejak tahun 2003, Papua terbagi menjadi dua provinsi dengan bagian timur tetap memakai nama Papua sedangkan bagian baratnya memakai nama Papua Barat. Papua memiliki luas 808.105 km persegi. Dan apakah kalian sudah mengetahui, kalo Papua merupakan pulau terbesar kedua di dunia dan terbesar pertama di Indonesia.

Freeport-McMoRan (FCX) merupakan suatu perusahaan tambang internasional terkemuka dengan kantor pusat di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat. FCX mengoperasikan aset yang besar, berumur panjang yang tersebar secara geografis, dengan cadangan tembaga, emas dan molybdenum yang signifikan. 

Portofolio aset FCX meliputi kawasan mineral Grasberg di Papua, Indonesia. Hingga gurun-gurun di Barat Daya Amerika Serikat, dan operasi penambangan yang signifikan di Amerika Utara dan Amerika Selatan. Termasuk uga kawasan mineral Morenci yang berskala besar di Arizona dan operasi Cerro Verde di Peru. FCX merupakan perusahaan publik penghasil tembaga terbesar di dunia. Bahkan saham FCX diperdagangkan di New York Stock Exchange dengan symbol “FCX” yang sangat terkenal luas.

Tambang di kawasan mineral Grasberg, Papua - Indonesia merupakan salah satu deposit tembaga dan emas terbesar di dunia. Saat ini tengah mengerjakan beberapa proyek pada kawasan mineral Grasberg, sehubungan dengan pengembangan beberapa tambang bawah tanah berkadar tinggi yang berskala besar dan berumur panjang. 

Harapannya memang secara keseluruhan, semua tambang bawah tanah ini dapat menghasilkan tembaga dan emas skala besar sehubungan dengan peralihan dari tambang terbuka Grasberg.

Keberadaan tambang Freeport Indonesia diharapkan bisa meningkatkan kemampuan masyarakat-masyarakat di Papua, khususnya wilayah Mimika. Sebab 94% pendapatan asli di wilayah Mimika berasal dari tambang emas tersebut.

Wilayah Operasi PT. Freeport Indonesia
Dan tambang emas Freeport merupakan salah satu aset terbaik yang dimiliki bangsa Indonesia. Aset yang dimiliki Indonesia bukan hanya dilihat dari keuntungan dan nilai material. Tetapi juga dilihat dari cara BUMN atau negara mengelola tambang emas Freeport. Untuk itu, para pekerja Indonesia harus bisa menguasai ilmu-ilmu dalam pengelolaan tambang emas secara modern.

Pengelolaan tambang juga harus mampu meningkatkan dan mendorong ekonomi nasional, khususnya Provinsi Papua. Ini tanggung jawab bersama Freeport dan Inalum. Sehingga masyarakat Mimika dan sekitar tambang bisa menjadi mandiri jika sudah tidak ada Freeport lagi.


Kontribusi Freeport Untuk Masyarakat

Dari prestasi yang dihasilkan secara materi oleh PT. Freeport Indonesia, terselip juga sumbangsih bagi negeri ini.  Adalah Institut Pertambangan Nemangkawi (IPN) di Kuala Kencana, Timika, Papua yang menjadi kebanggan karena hadir tepat di lokasi pertambangan.

IPN merupakan bentuk pendidikan yang aplikatif karena bersentuhan langsung dengan kebutuhan di lokasi tersebut. Kontribusi yang diberikan dengan mendidik sumber daya manusia ini sangat penting.

Institut Pertambangan Nemangkawi memiliki program dengan keunggulan yang dapat diaplikasikan langsung di dunia kerja. Dengan dukungan fasilitas yang memadai, bukan tak mungkin pengelolaan pertambangan di Indonesia secara luas bisa dilakukan oleh putera-putera daerah terbaik lulusan Institut Pertambangan Nemangkawi.


Picture taken by Goodnewsfromindonesia
Institut Pertambangan Nemangkawi merupakan bentuk lembaga pendidikan yang menjadi kontribusi Freeport untuk Masyarakat Papua. Jadi memang tujuan Institut Pertambangan Nemangkawi ini untuk menyediakan pendidikan dan pelatihan bagi siswa pramagang dan magang, dan memberikan pengembangan, terutama bagi orang Papua.

Institut Pertambangan Nemangkawi didirikan dan dikelola oleh sebuah departemen PT. Freeport Indonesia. Institut Pertambangan Nemangkawi terletak di area seluas 8 hektar di dalam area industri PT. Freeport Indonesia di Kuala Kencana. 

Institut Pertambangan Nemangkawi terdapat banyak sekali program yang menarik. Misalnya program pendidikan orang dewasa, program pra-magang, program magang, program master administrasi niaga (MBA), program administrasi niaga (D3), pelatihan dan pengembangan karyawan PT Freeport Indonesia, dan Papuan Bridge Program.

Salah satu programnya adalah Program Pendidikan Orang Dewasa. Program ini dilakukan untuk kelompok suku asli di Mimika, masyarakat Amungne dan Kamoro, yang membutuhkan peningkatan melek huruf dan berhitung. Program ini dilakukan dengan orang lain untuk mengembangkan kompetensi pekerjaan teknis. Ini adalah program tiga tahun, terdiri dari kedua off-pekerjaan dan pengembangan on-job. 


Picture taken by. Tribunnews
Sementara program magang dirancang untuk memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk mendapatkan pekerjaan yang meliputi kejuruan dan posisi operator di PT. Freeport Indonesia dan kontraktor. Apprenticeship merupakan program tiga tahun dengan tiga sampai empat bulan off job class setiap tahun dan sekitar delapan bulan pelatihan on job training. 

Institut Pertambangan Nemangkawi mengelola dan memantau perkembangan on job training dan off job training setiap siswa melalui modul program magang. Program magang ini mengikuti Pertambangan Indonesia dan peraturan Departemen Tenaga Kerja.

Masih banyak program-program lainnya yang menarik misalnya Papuan Bridge Program yang merupakan bagian dari program kepedulian kepada masyarakat setempat yang disediakan oleh Institut Pertambangan Nemangkawi.

Institut Pertambangan Nemangkawi memiliki ruang workshop yang sesuai dengan keadaan aslinya. Fasilitas pendidikan yang memadai tersedia begitu lengkap. Alat-alat berat yang ada di pertambangan semuanya ada di lokasi tersebut. Meski alat berat yang digunakan merupakan barang bekas, namun masih bisa dipergunakan dan tidak nampak seperti barang bekas.

Tentunya bila anak muda Papua mendapatkan pendidikan seperti di Institut Pertambangan Nemangkawi ini, kelak bisa mengaplikasikannya langsung di dunia kerja. Mereka tentu akan lolos seleksi penerimaan karyawan di PT. Freeport Indonesia. 

Bagi anak muda Papua yang memiliki keahlian bekerja di tambang, tentu ada kebanggaan dari diri mereka. Yaitu bisa memberikan sumbangsih dengan bekerja di tanah kelahirannya. Saya berharap makin banyak anak muda Papua yang memiliki kualitas kerja tak kalah bagusnya dengan pekerja lain. Wassalamualaikum sahabat.


Sumber Materi :
-https://id.wikipedia.org/wiki/Papua

-Website PT. Freeport Indonesia

-https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/01/10/lebih-dekat-melihat-institut-pertambangan-nemangkawi

-https://ekbis.sindonews.com/read/1424605/34/kontribusi-freeport-ke-ekonomi-papua-dan-indonesia-harus-lebih-besar-1564314174

-https://finance.detik.com/energi/d-4643384/di-sini-warga-papua-ditempa-menjadi-petambang-freeport

41 komentar:

  1. gaji dan fasilitas para pekerja di wilayah Freeport tuh aselik bikin takjub dan melongo ya Mbaaa :D
    Semoga makin banyak kontribusi Freeport untuk Papua dan INDONESIA!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang bikin ngiler, tapi resiko dan tanggung jawabnya pun juga gak main-main ya

      Hapus
    2. Betuuulll!
      Sebanding banget gitu ya heheheh

      Hapus
  2. Semoga indonesia bisa mengambil alih pengelolaan perlahan-lahan freeport menjadi 100% . Amin

    BalasHapus
  3. Ini dulu jd issue bngt y mba,,, pegawai buruhny orgng papua sedang yg atasannya rata2 orang bule.. mudah2an Freeport bisa d kuasai Indonesia dn tenaga ahlinya bnyak orang2 pribumi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya semoga petinggi nya makin banyak orang Indonesia terutama anak Papua

      Hapus
    2. Nah iya banget nih.. dampak Freeport effort nya besar banget buat kemajuan Papua soalnya,, semoga Aja nih bisa jd milik anak bangsa

      Hapus
  4. Program pendidikan dari Institut Pertambangan Nemangkawi sangat bagus, bisa meningkatkan pendidikan di Papua. Siapa sangka bahwa ternyata itu salah satu kontribusi dari PTFI.

    BalasHapus
  5. Ternyata banyak ya kontribusi freeport untuk papua. Selain terbukanya lapangan kerja, sekarang ada institut pertambangan. Kabarnya juga bidang kesehatan tak luput dari perhatian freeport juga.
    Semoga makin membawa kebaikan bagi papua khususnya dan Indonesia pada umumnya.

    BalasHapus
  6. Semoga sukses ya alumnus IPN
    Sehingga kekayaan Papua diolah oleh yang berhak

    BalasHapus
  7. Kontribusi Freeport dgn mendirikan Institut Pertambangan Nemangkawi sangat berguna sekali untuk anak2 muda Papua. Dengan pendidikan yang mereka dpt kan di IPN, mereka bisa memiliki keahlian bekerja di tambang.

    BalasHapus
  8. Bekerja di Papua atau dulu disebut Irian memang banyak resikonya. Tapi tentu saja sepadan dengan gaji dan penghasilan ya. Meski biaya hidup Bahia sebagian orang di sana tinggi juga.

    Semoga Freeport bisa membantu mereka yang berkesulitan

    BalasHapus
  9. Suatu usaha memang harus begitu, di mana berlokasi sudah segarusnya memberikan peluang bagi masyarakat setempat.
    Karena ini juga sdh ada undang2nya kalau ga salah. Tapi, saya ga tau ini UU atau peraturan daerah.

    Senang mengetahui Freeport memberikan peluang bagi masyarakat asli sana.

    BalasHapus
  10. Kalau belum baca tulisan ini, mungkin aku akan tetap menganggap bahwa pulau terbesar di Indonesia adalah Kalimantan, dan ternyata kurang tepat ya.

    Baru tau banget tentang Nemangkawi. Tentang Freeport pun lebih banyak dapat info negatifnya di media. Tapi ternyata Freeport telah berkontribusi dalam diam untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki anak Papua melalui IPN ini.

    BalasHapus
  11. Bagus deh kalau ternyata Freeport memang memberikan peluang kepada penduduk sekitar. Yaa bagaimanapun mereka, orang asli sana, adalah yang paling berhak, bukan?

    BalasHapus
  12. Wah, kubaru tahu ttg keberadaan Institut Pertambangan Nemangkawi ini, Mba. Keren yaa?
    Selain masyarakat dan anak muda Papua yng menimba ilmu di sini, ku jadi kepo, adakah anak muda dari luar Papua yng belajar di Institute ini? Menarik banget soalnya, Mba.

    Programnya baguus!

    BalasHapus
  13. 94% pendapatan asli di wilayah Mimika berasal dari tambang emas Freeport ya, Mbak Wati. Semoga masyarakat di sana makin sejahtera bersama Freeport.

    BalasHapus
  14. Ini salah satu kontribusi yang sangat dibutuhkan masyarakat Papua. Bagi mereka yang ingin ikut bekerja di sektor pertambangan, tentunya harus memiliki ketrampilan yang dibutuhkan, dan institut pertambangan nemangkawi telah menyediakannya

    BalasHapus
  15. Kontribusinya oke banget ini yah untuk tujuan mensejahterakan masyarakat sekitar.

    BalasHapus
  16. Semoga anak muda papua semakin banyak yang belajar dan bekerja di Freeport supaya kembali lagi ke Indonesia memakmurkan Indonesia dan sekitarnya

    BalasHapus
  17. Amin mba. Aku juga berharap hal yang sama. Banyak anak bangsa ini teredukasi dan memiliki skill yang mumpuni sehingga kita bisa mengelola sendiri milik kita sendiri dan berharap semoga kesejahteraan bisa dirasakan oleh seluruh warga papua ya. Hingga tak akan ada lagi warga papua yang marah, hasil mereka diambil tetapi mereka sendiri hidup miskin. Dan semoga juga PT freeport ini lebih baik. Amin. Doa dari seseorang yg terbaik untuk negeri ini dan Papua ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan aku juga acungi jempol dengan PT freeport ini karena mereka memberikan edukasi untuk anak bangsa terutama anak muda di Papua ya. Sama aja kayak ikut memajukan bangsa ini

      Hapus
  18. Semoga dengan kontribusi yang diberikan oleh Pt. Freeport dapat memicu semangat belajar masyarakat Papua ya, Mbak. Kemakmuran mereka tentu merupakan nagian dari kemakmuran negara kita.

    BalasHapus
  19. Bahagia banget melihat kontribusi Freeport untuk masyarakat Papua, semoga makin banyak warga Papua yang bisa meraih pendidikan tinggi dan berprestasi, mereka juga bisa makmur seperti perekonomian kita yang ada di Pulau Jawa..

    BalasHapus
  20. Pendidikan orang dewasa nih emang perlu banget untuk tingkatkan daya saing warga asli ya mba. Dan biar mereka juga bisa tetap berkarya

    BalasHapus
  21. Semoga dengan besarnya potensi bisnis freeport, mereka tidak memberlakukan sistem kerja kontrak seperti umumnya perusahaan tambang sejenis ya mba... sehingga masyarakat tempatan memperoleh manfaat lebih besar...

    BalasHapus
  22. Gak sekedar mengrlola kekayaan alam ya tp juga mendidik masyarakat sekitar untuk berdaya saing tinggi

    BalasHapus
  23. Memang seharusnya gitu sih ya mbak, membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitarnya dulu. Soalnya ingat beberapa temanku tuh pengen banget loh kerja di Freeport Indonesia.

    BalasHapus
  24. Sepupu suami ada yang kerja di freeport wow bangetlah untuk fasilitasnya hehehe mantab pokoknya

    BalasHapus
  25. Waah baru tau ada Institut Pertambangan Nemangkawi. Bagus juga ya mbak programnya. Jadi memberikan kesempatan kepada para pemuda asli Papua untuk bekerja secara profesional di Freeport. Jadi bukan hanya pendatang. Tapi penduduk asli pun punya kemampuan yang sama.

    BalasHapus
  26. Baru tahu nih kalau di Timika juga ada institut. Institut Pertambangan Nemangkawi, patut berbangga juga nih saya meskipun bukan orang Papua. Semoga dg adanya institut tersebut mampu menyerap pemuda khususnya dari Papua untuk turut memberikan sumbangsihnya dan bersinergi di dunia pertambangan.

    BalasHapus
  27. Wah pas banget buka institut pertambangan di Timika. Jadi praktek langsungnya ga jauh dan sekalian pemberdayaan manusia ya.

    BalasHapus
  28. Semoga Institut Pertambangan Nemangkawi yang dikelola Freeport bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama di Mimika dan Papua. Salut untuk Freeport!

    BalasHapus
  29. Aku baru tau sm institut pertambangan nemangkawi ini mba. Semoga SDM nya semakin berkualitas ya mba. Salut buat freeport

    BalasHapus
  30. Kontribusinya bagus banget yah, semoga memberikan hasil baik.

    BalasHapus
  31. Kerja di freeport ini idaman ya mak. Tapi dulu aku takut, takut kalau ada pergolakan gitu. Semoga sekarang aman sentosa demi Papua Indonesia

    BalasHapus
  32. Baru tau nih mba Freeport menyediakan sekolah pertambangan juga di lokasi sana. Bagus nih agar masyarakat lokalnya makin berdaya dan memiliki kemampuan yang tak kalah dengan orang lain.

    BalasHapus
  33. waaah ada sekolah pertambangan yg bikin anak negeri bs jd salah satu pengelola dan pekerja di freeport nantinya. makasih infonya, saya jadi tahu deh

    BalasHapus
  34. Semoga ada kuota untuk warga asli dari Papua yang lebih besar daripada mengambil SDM dari luar.
    Aku yakin...mereka ini yang lebih mengenal daerahnya. Dan setuju banget untuk memberikan beasiswa. Agar dari segi keilmuan, mereka lebih mumpuni.

    BalasHapus
  35. Aku baru tahu nih kalau ada institut pertambangan yang dibuat oleh Freeport. Siapa saja yang ingin bekerja di tambang bisa belajar lansung di sini. Kalau terjun ke dunia kerja bisa langsung kerja nih.

    BalasHapus