Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

25 Dec 2016

Co-Working Space Untuk Mendukung Semarang Smart City


www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Co-Working Space Untuk Mendukung Semarang Smart City. Waahhh, kayaknya keren ya temu komunitas dengan tema Generasi Kreatik Untuk Mendukung Semarang Smart City. Saya yang penasaran makin antusias kala mendapati ruangan penuh dengan anak muda dari berbagai komunitas di Semarang.


Rupanya kota Semarang menjadi salah satu kota dari 10 kota yang menyediakan Co-Working Space. Gerakan Nasional 1000 Startup Digital memang dilaksanakan di 10 kota di Indonesi. Kota tersebut antara lain Jakarta, Bandung, Medan, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Malang, Makassar, Bali, dan Pontianak.

Dan di 10 kota tersebut akan didirikan pusat inovasi sebagai titik kumpul komunitas teknologi, kreatif, dan budaya.

Nah, Co-Working Space sendiri menjadi wadah bagi pelaku dan kreator lokal agar dapat berkolaborasi menciptakan solusi bagi kebutuhan masyarakat.

www.hidayah-art.com
Menara Mutiara Appartment, MG Suites
Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah sambutan dan salah satunya dari Walikota Semarang, yaitu Bapak Hendrar Prihadi. Sayangnya karena peserta yang hadir sangat banyak, saya kurang bisa mendengar dengan jelas pengarahan walkot dan pembicara pertama. Saya sharing yang bisa saya dengar aja deh.

www.hidayah-art.com
Bapak Hendrar Prihadi, memberikan sambutan
Sinergi Membangun Ekosistem Digital

Ibu Septriana Tangkary, SE, MM. selaku Direktur Pemberdayaan Informatika Dirjend Aplikasi Informatika KOMINFO. Beliau menuturkan tentang Penguatan Startup menuju Indonesia Digital. Menurut beliau, potensi Digital Indonesia itu sudah menjadi pasar bebas, namun sayangnya belum optimal.

Di sini lah KOMINKO akan berperan, yaitu dalam hal :
1. Kebijakan

Dengan menerapkan aturan e-commerce paga tiga segmen, yatu UKM, Perusahaan e-commerce yang established, Startup (perusahaan rintisan) yang bergerak di bidang teknologi.

2. Sumber Daya Manusia

Dengan didirikannya Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang tersebar di 10 kota di Indonesia.

3. Teknologi dan Infrastruktur

Dengan menyediakan 1juta domain serta internet yang bisa diakses merata hingga di Indonesia bagian Timur.

Nah, di sini lah peran Co-Working Space akan membantu bagi pelaku bisnis yang bergabung. Di Semarang sendiri Co-Working Space berada di kawasan kota lama.

Sinergi Membangun Ekosistem Digital pun diniatkan untuk menciptakan sinergi antara Startup dengan Instansi Pemerinta, Perusahaan dan Investor untuk memperkuat Ekosistem Startup Indonesia.

Gerasi Kreatif Untuk Mendukung Semarang Smart City

Ibu Dr. Ir. Eny Budi Sri Haryani, M.Si selaku asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda. Memaparkan tema Generasi Kreatif untuk mendukung Semarang Smart City.

www.hidayah-art.com

Yang pertama dijelaskan siapakah pemuda itu?

Pemuda adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 - 30 tahun. Ini diambil dari Pasal 1 pint 1, UU40/2009.

Pemuda berperan aktif menjadi :
- Kekuatan Moral
- Kontrol Sosial
- Agen Perubahan

Ibu Eny mengharapkan pemuda menjadi anak muda yang kreatif, inovatif, mandiri, dan memiliki daya saing.

KEMENPORA sendiri selama ini fokus pada peningkatan kreativitas pemuda di bidang :
A. Bidang Kreativitas Grafika dan Kriya
B. Bidang kreativitas Fashion dan Film
C. Bidang Kreativitas Teknologi Informatika
D. Bidang Kreativitas Musik dan Kuliner

Menuju Gerakan Nasional Pemuda Kreatif, KEMENPORA pun membangun Website Gerakan Nasional Pemuda Kreatif dan bisa diakses di www.gnpk.online. Udah bisa diakses mulai 9 September 2016.

Nah, rencananya pada tahun 2017 nanti akan ada Kirab Pemuda Nusantara 2017 yang tersebar di kota-kota terpilih di Indonesia. Penasaran kan, seperti apa kira-kira Kirab Pemuda itu? Apa sekedar karnaval? Hmm, kayaknya bukan deh.

www.hidayah-art.com

Dari penurutan ibu Eny, nantinya di kota-kota terpilih akan ada aktifitas pemuda bisa berupa fashion, pemutaran film, aksi musik serta kegiatan positif lain yang didukung oleh KEMENPORA.

Masih ada lagi pembicara dari INDIGO Creative Nation, yang merupakan komunitas binaan Telkom. Dengan bergabung di sana, anak muda kreatif akan dibina dengan mentoring bisnis, pendanaan, mendapat akses ke lebih dari 150 juta pelanggan Telkom, menggunakan infrastruktur PT Telkom Indonesia, seperti hosting, dan lainnya.

Sebenarnya acara pagi hingga siang hari itu sangat positif. Sayangnya karena fasilitas pengeras suara atau sound system yang kurang pas, peserta kurang maksimal mendengar materi yang dibagikan. Tunggu saja info terbaru nanti tentang Kirab Pemuda Nasional yang akan menggerakkan minat anak muda Indonesia agar terus semangat berkarya dan berinovasi. Sebagai orang tua, saya sangat semangat menantikan acara tersebut. 

www.hidayah-art.com
Arina, saya, dan Anita sempat narsis dulu
Semoga aja perwujudan Co-Working Space untuk mendukung Semarang Smart City bukan hanya wacana. Semoga wadah ini mampu menggerakkan generasi muda menjadi lebih produktif dalam hal karya masing-masing. Nah, gimana dengan sarana Co-Working Space di kota kalian? Yuk sharing di sini, teman-teman. Semoga saya bisa sharing tentang Co-Working Space lebih detil lagi. Wassalamualaikum.

18 comments :

  1. Aamiin! :D Semoga sukses. Aku ikut mendukung. ^_^

    ReplyDelete
  2. Keren banget. ^_^ Semoga berhasil, ya? :D

    ReplyDelete
  3. Saatnya yang muda yang berperan. Aku juga gak boleh kalah. ^_^

    ReplyDelete
  4. Keren ya? ^_^ Semoga sukses. Semangat, ya?

    ReplyDelete
  5. owh berati kemarin gak ada yang mbahas tentang kota pintar bikin KTP dan KK yang praktis ya? hihihi

    ReplyDelete
  6. Wah, acara yg lain dari biasanya Mbak. Nyanyiin lagu Indonesia Raya di awalnya,ini sesuatu banget. Programnya juga canggih. Semoga bisa berkembang maksimal ya

    ReplyDelete
  7. pemuda adalah harapan bangsa ... ayo bangkit pemuda indonesia

    ReplyDelete
  8. Sayangnya Gerakan Nasional 1000 Startup Digital nggak masuk ke kotaku yang kecil. padahal ini gagasan bagus untuk anak muda yang sedang berperan di dunia star up. :)

    ReplyDelete
  9. kota-kota di Indonesia sedang berbenah. Semoga nantinya semakin bisa membangun Indonesia.

    ReplyDelete
  10. Waaahh... Keren banget nih kalau Semarang punya banyak co-working space. Di Jakarta sudah ada beberapa co-working space yg beroperasi. Di luar negeri, misalnya di US, co-working space ini malah sudah umum. Semoga co-working space di Indonesia semakin banyak ya :)

    ReplyDelete
  11. Sudah nyicip co-working space punya pemerintah di SBY. Enak sih tempatnya, sayang jauh dari peradaban. Di Semarang, baru nyobain yg punya perseorangan. Next nyobain yg di kota lama ah.
    Di Jakarta mah udah dari dulu & makin banyak kalo punya perseorangan :))

    ReplyDelete
  12. keren nih, pemerintah udah memfasilitasi dengan baik ya, Mba. Semoga orang2 muda makin banyak yang tergerak untuk menjadi individu yg kreatif

    ReplyDelete
  13. Masih belum merasakan co-working space sepertinya. Apakah masih terpusat di pusat kota saja belum menyeluruh?

    ReplyDelete
  14. Wow bagus nih kota-kota lain juga ada co-working space. Bandung juga ada, udah banyak banget. Co-working space yang pertama ada tahun 2009.

    ReplyDelete
  15. Semoga terwujud ya Co-Working Space untuk mendukung Semarang Smart City.

    Law di kotaku sih belum ada hal yg kayak gitu.. :)

    #SalamSapa

    ReplyDelete
  16. One would need to reason, given our voracious requirement for everything versatile and remote, the advanced workplace would go up against new measurements. co-working space service

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...