Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

27 Oct 2016

Ngeblog Karena Ingin Berbagi Cerita, Cinta, Cita


www.hidayah-art.com

Assalamu'alaikum. Selamat Hari Blogger Nasional, teman-teman. Dan saya mau curhat tentang ngeblog, karena #BloggerGandjelRel punya jadwal posting serentak hari ini. Tentang niat ngeblog yang merasuki diri ini. *lebay amat* Gimana awal mula saya jadi rajin ngeblog juga. Dan saya tuturkan lewat tulisan berjudul Ngeblog Karena Ingin Berbagi Cerita, Cinta, Cita.

Judulnya nggak lebay loh ya. Karena pada awalnya dulu, saya memang ingin berbagi cerita keseharian. Cerita tentang impian saya, tentang cinta saya untuk anak-anak dan keluarga, tentang cita-cita ingin memiliki buku solo. Karena itu saya memberi nama rumah maya ini dengan nama yang sesuai. Yaitu My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi.


Dengan ngeblog, apa yang ada dalam pikiran dan hati ini akan saya untai dalam baris-baris kalimat untuk berbagi pada pembaca. Saya ngeblog baru mulai sekitar akhir tahun 2011. Tapi saat itu masih sederhana banget tampilan blog dan isinya. Baru ketika akhir tahun 2014 ikut acara Blogging With Heart. Penyelanggaranya adalah IIDN Semarang dengan narasumber MakPuh Indah Julianti, saya seperti mendapat INSIGHT. 

Sejak saat itu, keinginan serius menekuni dunia blogging menjadi begitu mendesak seluruh pori-pori tubuh ini. Saya ingin tetap dengan niat awal, berbagi apa yang saya tahu, saya pikirkan, dan saya alami. Namun saya mengemasnya dalam tampilan blog yang lebih eye catching. Menurut saya sih, hahaha.

www.hidayah-art.com

Saya mulai rajin publish artikel karena baru saja pulang dari tanah suci. Banyak banget cerita pengalaman menunaikan ibadah haji yang ingin saya bagi. Niatnya sih pengen bisa menerbitkan buku solo. Tapi apa daya, jalan menuju ke penerbitan buku tak semulus nulis di blog. 

Nah, saya tuangkan pengalaman selama di tanah suci dalam beberapa artikel yang saya buatkan label khusus yaitu IBADAH HAJI.

www.hidayah-art.com

Saya tak pernah berniat riya'. Saya hanya ingin bisa berbagi pengalaman agar pembaca tahu apa yang mesti dilakukan jemaah haji selama 40 hari di tanah suci. Saya senang bila tulisan dalam label Ibadah Haji menjadi rujukan pembaca setiap musim haji tiba. 

Ya, saya hanya ingin berbagi melalui tulisan untuk pembaca blog ini.

Hingga tepatnya pada bulan Maret 2015, saya memilih platform www.hidayah-art.com sebagai alamat baru. Semula blog ini menumpang di blogspot, karena dulunya saya memang masih kudet dengan urusan blogging gini. Ngertinya sih yang penting nulis dan publish. 

Ternyata blogging tak sesederhana itu, teman.

Saya mendapat bujukan dan rayuan, kalo pengen serius dan profesional, ya pakai domain pribadi. Istilahnya Top Level Domain, artinya blog yang TLD merupakan blog yang profesional karena memiliki domain pribadi. 

Ah saya jadi ingat pesan MakPuh Indjul, about Blogging your heart, money will follow.

Iyesss, saya ingin menulis artikel untuk blog dari hati. Dan tentang uang, saya yakin apapun yang kita kerjakan sepenuh hati, bakal ada imbalannya suatu hari nanti. Imbalan yang saya maksud bukan hanya duit. Tapi bisa berupa ucapan bahagia seorang anak karena membaca artikel saya tentang : Merawat Orang Tua Yang Sakit Dengan Hati Ikhlas.

Atau imbalan berupa pertanyaan, bagaimana saya mendampingi si sulung mengikuti terapi di rumah sakit?  Wah, kami jadi kenalan dan menjadi teman di dunia maya. Sebelumnya saya bahkan tak mengenal ibu tiga anak yang berasal dari Pekanbaru ini. Kami sesekali saling cerita tentang anak-anak kami, kesehatannya, kegiatannya, dan tentang keluarga.

Bisa saja imbalannya berupa mendapat teman baru yang banyak dari dunia blogging. Mereka adalah teman-teman blogger yang berhati baik, welkam banget meski hanya kenal dari dunia maya, dan senang berbagi. Mereka berbagi berbagai printilan penting tentang ngeblog. Berbagi cara naikin DA, PA, Alexa, tentang SEO, hingga resep untuk keluarga lewat chat di grup atau akun sosial media. Bahkan sering juga berbagi job yang akhirnya menambah pundi-pundi tabungan.  

Nah, tentang imbalan duit gimana dong?

Setiap orang pasti butuh duit. Namun tak seharusnya duit menjadi pengatur hidup kita, atau cara ngeblog kita. Saya tetap setia menuliskan pengalaman jalan-jalan bersama keluarga serta mampir kulineran.

www.hidayah-art.com

Saya senang waktu pertama dapat duit dari ngeblog. Duit dari pekerjaan sebelumnya dengan duit dari ngeblog itu rasanya beda. Duit dari ngeblog itu seperti rezeki yang luar biasa. Karena saya pernah punya mimpi, ketika usia menua ingin bisa berkarya di rumah menjadi penulis.

Ya, sudah setahun ini saya resign dan bekerja di rumah sebagai penulis. Meski akhir-akhir ini saya hanya mampu menulis artikel di blog, never mind. Tuhan akan selalu mendengar doa saya tentang impian memiliki buku solo.

Jadi sementara ini saya menulis di blog dulu, tentang berbagi cerita, berbagi cinta, dan berbagi cita. Semua orang bisa memiliki cerita kehidupannya masing-masing. Sayang sekali kalo nggak menuturkannya dalam bentuk tulisan. Seperti yang pernah saya ungkapkan, apa yang kita tulis semestinya bisa memberikan manfaat pada pembaca. 

Bahkan mesti artikel itu merupakan job review dari brand, saya berusaha menulis dengan sebaik-baiknya. Meski artikel sudah ada dan saya tinggal publish, tetap ada niat untuk mengolahnya lebih baik lagi. Artinya, apapun artikel yang saya publis, saya berusaha memberikan yang terbaik. Memberikan sentuhan pribadi agar pembaca tetap mendapatkan manfaat dari artikel yang saya tulis.

Cita-cita memiliki penghasilan dari menulis sudah terwujud. Saya senang bisa mewujudkan mimpi ini. Niat awal ngeblog karena ingin berbagi cerita, cinta, cita telah mewujudkan mimpi-mimpi yang sudah tersimpan sejak lama. Kalo kamu, apa niat ngeblogmu? Sharing yaaa. Wassalamu'alaikum.

55 comments :

  1. Alhamdulillah, dari niat berbagi jadi profesi ya mba..cool! Keep sharing, keep inspiring ya mba sayang :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, makasih mbak, ini berkat support dari mba Dew dan teman-teman di grup Gandjel Rel juga

      Delete
  2. Setuju Mbak. Dari ngeblog kita bisa berbagi. MAkin eksis blognya ya Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Wahyu agar tak sia-sia pengalaman dan pengetahuan yang kita miliki. Meski dikit juga nggak apa sih :)

      Delete
  3. Mbak wati keren masih terus belajar dan rajin posting 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, mumpung banyak teman yang share teknis ngeblog 😄

      Delete
  4. Mbak Wati kereen...blogku lumutan sdh setengah tahun ndak posting :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barusan posting kan, enjoy aja ngeblognya ya 😄😘

      Delete
  5. mbak wati aku padamu deh mbak, byk belajar dari mbak wati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk belajar bareng, aku juga belajar dari mba Ningrum yang rajin BW

      Delete
  6. Mbaakk wati emang jozz gandosss kotos kotoss

    ReplyDelete
  7. Mbak Wati kereeeeen.... semangatnya top bangeeet


    Selamat hari blogger nasional, mbak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kan terinspirasi Ririt yang rajin ngeblog juga meski hamil tua :*

      Delete
  8. berbagi cerita itu mudah, tapi cinta dan cita tidak mudah. semoga kami bisa ketularan menunaikan ibadah haji, aamiin :)

    ReplyDelete
  9. Dulu awal2 ngeblog sih tujuannya hanya ingin eksis aja xixixi.... curhat2 dan cerita ttg kesrharian sj. Tp makin kesini kok semakin sering lihat teman2 blogger yg bs punya penghasilan dr ngeblog... jd pengen jg hihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo semangaat blogging dan BW juga, mbak. Kalo ikhtiar udah, insyaAlah pasti bisa dapat rezeki pemghasilan dari ngeblog,.hehehe

      Delete
  10. Saya terharu sekaligus kagum membaca petualang mba di dunia blog.
    Pasti awalnya berat sekali untuk resign dr pekerjaan dan totalitas di dunia blogger. Tetap semangat mba, saya juga percaya apapun yg kita kerjakan dg sepenuh hati pasti imbalan akan selalu mengikuti. Blog merupakan investasi tersendiri.. dan semoga impian mba untuk menerbitkan buku segera terwujud. Keep writing dan selamat hari blogger mba... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduuhhh, jangan memuji gitu. Masih lebih banyak blogger yang semangat usahanya lebih keras dan keren. Aku masih belajar.

      Makasih supportnya, Hanan :)

      Delete
  11. Sebenernya pengen juga bikin buku tp tulisanku masih acakadut jd biarlah di blog dulu. Tp semangat mba smg ada jalan menerbitkan buku

    ReplyDelete
  12. Selamat Hari Blogger, mba Wati... Semoga pencapaiannya makin melangit ya mbak.. Berbagi bikin happy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat Hari Blogger juga untuk mba Mechta, semoga sukses ya mbak :)

      Delete
  13. alhamdulillah ya mba Hidayyy
    akhirnya kewujud doa2nya.
    Aku jadi inget foto kita :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, ayo fotbar lagi, Nyi :D
      Doa terbaik juga untuk Nyi ya, moga terwujud impianmu :)

      Delete
  14. Selamat Hari Blogger Nasional. Terus semangat untuk berbagi ya, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih supportnya, Chi
      Sukses juga buat Chi :D

      Delete
  15. Semoga cita cita mba wati untuk menerbitkan buku solo bisa tercapai mba..Aamiin
    Selalu berkesan dengan tulisan tulisan mba..keep inspiring yaa mba :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, senang kalo bisa bermanfaat artiel di blog ini. Makasih ya mbak Icha. Semoga terwujud juga impian mbak Icha ya :)

      Delete
  16. Selamat hari blogger nasional mbak Wati. Ceritanya seru dan penuh perjuangan ya. Saya sampai sekarang masih kudet nih tapi pengen juga punya tampilan blog yang kece kayak punya mbak Wati. Semoga bukunya segera keluar ya aamiin :)

    ReplyDelete
  17. Barakallah Mba Wati...

    sama bangeet.. gara-gara Mak Indjul aku jadi semnagat ngeblog :)

    ReplyDelete
  18. Banyak belajar dari mbak Wati yg jago tapi tetap rendah hati.
    Keep inspiring mbak...I behind you..

    ReplyDelete
  19. Banyak belajar dari mbak Wati yg jago tapi tetap rendah hati.
    Keep inspiring mbak...I behind you..

    ReplyDelete
  20. Tetep cemunguut mb Wati..penuh kreatifitas dikau nih.met Hari blogger yaaaa

    ReplyDelete
  21. Pengen deh semangat nulis kaya mbak wati. Produktif banget blognya

    ReplyDelete
  22. Nggak sia sia ya mba wati melepas karir di kantor untuk karir di dunia maya. Teman kantornya seluruh indonesia ..

    ReplyDelete
  23. Hai Mba Wati, salam kenal...baru kmrn Kamis saya gabung di GRes... Ini niih yg bikin semangat, dpt pencerahan dr tulisan nya blogger spt Mba..hihihi, selamat hari blogger ya, Mba

    ReplyDelete
  24. aku dlu niat ngeblog mmg bwt ngumpulin pundi2 mbk, #AkuMatre hahayyy,
    tp skrg udh aku ubah, niaat ngblog yaaa, pgnbs mamfaat ke bnyak org.
    btw semoga mimpi dikauercapai

    ReplyDelete
  25. Salam kenal Mbak... saya selalu takjub pada mereka yang berani keluar dari comfort xone, demi mengejar apa yang jadi passionnya :)

    ReplyDelete
  26. Semoga buku solonya bisa segera terbit ya Mbak, Aamiin :)

    Keep Blogging Mbak Wati ;)

    ReplyDelete
  27. Mba Wati, saya pun mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan menyenangkan ini. dengan ngeblog, saya medapatkan banyak teman-teman baru yang luar biasa seperti Mba, dan tak ketinggalan materi juga sudah mulai mengikuti. Alhamdulillah!

    dan yang paling membahagiakan adalah saat ada yang tiba-tiba inbox kita karena membaca tulisan kita di blog. itu adalah kebahagiaan yang tak terkira

    ReplyDelete
  28. Ikut ngaminin doa dan keinginan mbak wati ah. Sukses terus y mbaa..

    ReplyDelete
  29. Aku pas tahu Mbak Wati ya dari postingan Haji Mbak. Jadi, yang membekas di hatiku kalau ketemu Mbak Wati ya Bu Haji.

    ReplyDelete
  30. Didoakan untuk buku solonya bisa segera terwujud ya mba. Tentunya tetap sambil menginspirasi lewat blog. Selamat Hari Blogger Nasional, mbakku sayang :*

    ReplyDelete
  31. Makpuh injul disebut dimana2, mungkin telinganya berdenging sekarang hihi

    Nice to know you mbak watiiii

    ReplyDelete
  32. tetap berbagi mb
    semangat ngeblog

    ReplyDelete
  33. Selamat hari bloger nasional

    ReplyDelete
  34. Mau kayak bu Wati yang isa dapatin duit dari blog. Tapi aku juga ingin punya buku solo hehe malah curhat..

    ReplyDelete
  35. wah,, so sweet,,, semangat untuk cita-cita masa tuanya ya bu

    ReplyDelete
  36. 3 C niye, saya juga mb ira, berbagi dg cara lain ya

    ReplyDelete
  37. Mbaaak Watiiii :D hihihih cita-cita kita sama deh, pengen punya buku solo :' aaakh, mari berjuang :') hihii

    ReplyDelete
  38. dari keinginan kuat sampai menjadi penulis blogger yg sukses

    ReplyDelete
  39. saya ngeblog ingin berbagi ilmu pada para pembaca, tapi ingin juga sich dapatkan penghasilan dari blog ... :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...