Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

23 Oct 2016

7 Tips Membersihkan Peralatan Masak dan Makan di Dapur



www.hidayah-art.com

Assalamu'alaikum. Mumpung weekend nih saya bisa belanja kebutuhan dapur dan jajannya anak-anak. Nggak jauh juga dari rumah, masih satu lokasi dengan kompleks perumahan kami. Tapi tetep aja kalo belanja saya pasti naik motor atau mobil. Nah, saat belanja tadi, saya jadi ingat tentang merawat peralatan masak. Yuk deh, Saya sharing 7 Tips Membersihkan Peralatan Masak & Makan di Dapur.

Kegiatan seorang perempuan di mana-mana sama. Baik itu Ibu rumah tangga yang stay at home, ataupun kerja di kantoran, pasti kesehariannya berkutat juga di dapur. Punya asisten rumah tangga, dan nggak ngurusi dapur? Kalo mereka pulang ke kampung, kita juga tetap turun ke dapur kan?! 


Saya sudah lebih dari 7 tahun mengerjakan sendiri urusan dapur. Mulai dari belanja, masak, membersihkan peralatan masak dan makan di dapur. Ada siiih, bantuan kecil dari si bungsu yang rajin masuk dapur sejak kecil. Tapi tetap beda ya kalo dibantuin orang dewasa. Si bungsu juga suka banget ikut belanja di minimarket dekat rumah. Eh itu dulu, waktu masih anak-anak. Sekarang sih udah remaja dan jarang banget ikut belanja.

Jadi kemarin saya belanja dengan suami. Saya yang memilih barang yang akan kami beli, suami seperti biasa mendorong kereta belanja. Saya sengaja menghampiri display produk alat untuk membersihkan perkakas dapur. Yang di rumah udah saatnya diganti, jadi mumpung belanja dan mumpung ingat nih saya mampir aja. Maklum deh saya banyak lupa kalo tidak mencatat barang apa aja yang mau dibeli sejak dari rumah.

Kalo di minimarket dekat rumah, peralatan untuk membersihkan perkakas dapur, berada dalam satu deretan dengan display lap pel, sapu, karpet keset, kamfer, alat listrik, dan pewangi mobil atau ruangan.

Saya langsung menuju display produk Scotch-Brite yang cukup banyak pilihannya. Oh iya, saya butuh sabut spons untuk mencuci peralatan dapur. Di sana rupanya ada beberapa jenis dengan beda kegunaannya juga. Saya membaca dengan teliti, kegunaan masing-masing produk.



www.hidayah-art.com

Ahhh, ternyata sangat jelas keterangannya di bagian pembungkusnya. Ada dua jenis sabut spons yang akhirnya saya beli. Yang satu Sabut Sons Hijau Scotch-Brite untuk mencuci alat masak.

Dan satu lagi yaitu Sabut Spons Anti-Gores Scotch-Brite untuk mencuci alat makan dan alat masak sejenis teflon atau anti lengket.


www.hidayah-art.com

Saya sudah lama menggunakan Sabun Spons Scotch-Brite untuk mencuci alat masak dan makan di dapur. Saya suka dan setia dengan produk Scotch-Brite karena kualitasnya bagus dan tahan lama. 

Eh ada yang bilang kalo produk Scotch-Brite harganya mahal. 

Iya sih kalo dibandingkan sabut spons yang seharga seribuan, emang terlihat mahal. Tapi mana kita tahu bahan apa saja yang digunakan untuk proses pembuatan sabut spons harga seribuan tersebut. Kalo dihitung-hitung juga malah boros, karena seminggu mesti ganti. Karena bentuknya udah berubah dan 

Sabut Spons Scotch-Brite mengandung serat dan mineral berkualitas. Sabut ini dibuat dengan teknologi yang ampuh untuk membersihkan kotoran yang melekat pada alat masak dan alat makan kita.

Saya lumayan sering menjadi nyonya rumah pengajian atau pun arisan keluarga. Biasanya saya menyajikan snack ringan, serta makan besar berupa Opor Ayam, Nasi Liwet, Nasi Pindang, atau Tengkleng Mentok. Tahu sendiri kan, kalo masakan di atas bakal menyisakan lemak di permukaan alat makan. Begitu juga dengan alat masak, seperti wajan, panci, dan sendok sayur.

Karena saya selalu menggunakan Sabut Spons Scotch-Brite untuk mencuci peralatan masak dan makan, tak ada noda yang tersisa. Kotoran bisa terangkat sempurna dan 3X Cepat Bersih dibanding menggunakan sabut spons biasa.



www.hidayah-art.com
Mug, Mangkok, dan alat makan saat dicuci
Peralatan minum dan makan milik saya terlihat bersih dan tidak kusam. Mangkok yang saya cuci dalam foto di atas, sudah saya miliki sejak 12 tahun yang lalu. Namun warna dan coraknya tetap sama seperti waktu pertama saya beli.

Sabut Spons Scotch-Brite juga 3X Tahan Lama karena mengandung serat dan mineral berkualitas. Bahkan si bungsu sejak usia 8 tahun sudah senang mencuci peralatan makan orang serumah. Nggak ada yang menyuruh, dia ambil sabun cair dan menambahkan air. Kemudian tangannya mulai meremas sabut spons hingga keluar busanya. Baru lah dia mencuci piring, sendok, dan mug.

Eh, saya nyaris lupa nggak sharing tips yang sudah saya janjikan di atas.

Berikut ini 7 Tips Membersihkan Peralatan Masak dan Makan di Dapur :

1. Bersihkan sisa kotoran yang ada di piring di tempat sampah

Buang sisa makanan yang masih ada di piring atau mangkok. Masukkan kotoran tersebut ke dalam tas kresek atau sampah yang disediakan di samping tempat cuci peralatan masak (washbak). Maksudnya adalah agar kotoran berupa nasi, atau bumbu masakan tidak masuk ke dalam saluran pembuangan bak cuci. Dari kotoran sedikit kalo tiap hari terkumpul bisa saja menyumbat saluran pembuangan. Kalo sudah menyumbat, air cucian bakal meluber dan tidak bisa lancar turun ke bagian bawah pipa saluran. 

2. Pisahkan antara mug atau gelas dengan piring dan mangkok

Cuci mug dan gelas terlebih dahulu, baru piring, mangkok, dan sendok makan. Maksudnya adalah agar mug dan gelas tidak terkontaminasi dengan aroma amis dari piring.


3. Gunakan Sabut Spons Yang Tepat

Gunakan Sabut Spons Anti-Gores Scotch-Brite untuk mencuci alat makan seperti mug, gelas, piring, mangkok, dan sendok. Sabut Spons ini juga bisa digunakan untuk mencuci peralatan masak berbahan teflon atau anti lengket.
4. Siapkan Wadah Untuk Tempat Sabun Cair dan Sabut Spons

Siapkan wadah khusus yang bersih untuk sabun cair dan tambahkan air. Kemudian remas Sabut Spons Scotch-Brite hingga muncul busa yang berlimpah. 

5. Bersihkan Alat Masak di Bawah Air Mengalir

Sebelum mencuci peralatan masak, bersihkan terlebih dulu dengan merendamnya. Atau bisa juga dengan diletakkan di bawah air yang mengalir. Baru dicuci dengan menggunakan Sabut Spons Hijau Scotch-Brite.


www.hidayah-art.com

6. Bilas Alat Masak dan Minum Dengan Air Mengalir

Setelah dicuci menggunakan Sabut Spons Scotch-Brite, bilas peralatan masak dan makan di bawah air yang mengalir. Agar semua kotoran dan busa sabun larut. Letakkan peralatan masak dan makan yang sudah bersih dengan cara ditiriskan agar lekas kering. 

7. Cuci Sabut Spons Scotch-Brite

Setelah selesai mencuci semua peralatan masak dan makan, cuci Sabut Spons Scotch-Brite dengan air mengalir. Tunggu hilang busa sabun luruh bersama air. Remas hingga air dalam sabut spons berkurang dan letakkan di tempat kering.

Sabut Spons Scotch-Brite mencuci 3X Cepat Bersih dan 3X Tahan Lama. Harga lebih mahal dari sabut spons biasa tak terasa karena 3X Tahan Lama. Saya juga nggak sering beli sabut spons karena bisa digunakan hingga lama.

Nah, itu lah pengalaman saya selama menggunakan Sabut Spons Scotch-Brite selama beberapa tahun ini. 7 Tips Membersihkan Peralatan Masak dan Makan di Dapur saya boleh juga loh ditambahkan di kolom komentar. Mungkin teman-teman punya pengalaman yang lebih bagus lagi? Yuk sharing dengan menuliskan pengalaman teman-teman di kolom komentar ya. Wassalamu'alaikum.

42 comments :

  1. saya juga kalo cuci piring selalu mendahulukan cuci gelas dan cangkir, selanjutnya sendok baru kemudian mangkuk dan piring. dan yang terakhir barulah peralatan masak seperti panci dan wajan :)

    kami juga menggunakan scotch brite Mba Wati :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah di Bau-Bau udah sedia Scotch-Brite juga ya, kereeeen :D

      Delete
  2. Pas kmrn aku liputan blm ada yg warna empink.. Hihihi

    ReplyDelete
  3. Aku juga fans berat scotch-brite. Soalnya aweeet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. malah ngirit ya pakai Scotch-Brite. Nggak tiap minggu beli sabut spons terus, hehehee

      Delete
  4. Aku biaasae slalu langganan sama mae disuruh beli spons yg seribuan gitu mbak. Gampang protol. Hiksss..
    Mau nyoba sotbrite jugaa lahh... hhew warnae unyuk2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk ganti pakai sabut spons Scotch-Brite ya, Rohmah. Malah ngirit loh, karena bahannya berkualitas dan tahan lama :)

      Delete
  5. yeaay aku beruntung dapat yang warna PINK jadi semangat bersih n cuci2 perkakas dapur nih mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli juga yang warna hijau, jadi masing-masing ada tugasnya sendiri-sendiri. Nggak boleh nyampur pakainya :)

      Delete
  6. Ada harga ada rupa. Aku setuju meskipun harganya mahal, tapi setara dengan keawetannya

    ReplyDelete
  7. Cocok buat kupakai di warungku Mbak :)

    ReplyDelete
  8. Harga memang gak bisa bohong, Mba. Meski lebih mahal dibanding harga spons biasa namun kualitas scotch bride juga jaminan. Puas pakai produk ini...

    ReplyDelete
  9. semoga calon mantu baca ini mak, jadi pas ketemu mak wati gak cangguh mau ikut bersih2 di dapur hehe

    ReplyDelete
  10. Merk ini uda trusted bgt dr dulu. Sy pnh beli yg murah ujung2nya beli scott brite juga.. krn cpt rusak dan ga bersih

    ReplyDelete
  11. Mbak, aku to tahunya yg warna hijau aja. Ternyata ada warna lain juga. Tapi sayang, kalau di kampung sini warna lain susah didapat.

    ReplyDelete
  12. Aku juga tahunya yang warna hijau. Lebih populer dan gampang di dapatkan didaerahku sini.

    ReplyDelete
  13. Wah makasi Mbak untuk infonya, lengkap dengan foto2nya pula!

    ReplyDelete
  14. Ibu rumah tangga sejati... keren tipsnya mbak Wati, hehe. Aku mah berharap Ifa cepat besar biar bisa cuci piring dengan benar :D

    ReplyDelete
  15. aku seneng banget cuci piring pake scotch brite. lebih bersih :)

    ReplyDelete
  16. Sponsku di rumah juga pakai scotch brite, biasanya aku pakai yang warna hijau.

    ReplyDelete
  17. scotch brite bentuknya lucu2 ya sponsnya mb

    ReplyDelete
  18. Meski agak mahal kalau kualitas bagus gak nyesel ya mba..lucu2 lagi bentuknya

    ReplyDelete
  19. Rada mahal tp tahan lama jatohnya ttp murah ya mba

    ReplyDelete
  20. ini spon paforit aku nih... emang sedikit lebih mahal tapi awet, nggak cepet rusak busanya, dan empuk digenggam serta lebih kesat saja jadi lebih bersih ya pas dipake nyuci

    ReplyDelete
  21. jadi inget kalau orang dulu mah pakai serabut kelapa sekarang udah ada spon

    ReplyDelete
  22. wajannya mulus dan bersih spt baru ya Mbak, ini pasti karena Scotch-Brite ya Mbak ;)

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Saya juga pake spons ini, ternyata beda warna dan bentuk spon, beda kegunaannya ya mba.

    ReplyDelete
  25. Baru tahu kalau beda warna spons ternyata beda kegunaan. Duuh ketahuan jarang nyentuh dapur nih saya *tutup muka

    ReplyDelete
  26. Saya pun sudah dari zaman baheula pakai spons scoth brite buat cuci piring 😊

    ReplyDelete
  27. Dipi blm pernah pake scotch bright mbaa.. Hehehe. Bolehlah nanti dicobaa

    ReplyDelete
  28. Scotch-Brite aku juga menggunakannya. Cucilah alat rumgah tangga/piring dengan air yang mangalir. Kadang aku meremehkannya.

    ReplyDelete
  29. Sama Mba, kalau nyuci mendahulukan gelas-gelas biar ga kena amisnya.

    makasih tipsnya.. kebetulan belum pernah pakai sabut yang warna pink :)

    ReplyDelete
  30. Scotch Brite memang lumayan tinggi harganya dibanding produk sejenis. Tapi ada harga ada kualitas, lah :)

    ReplyDelete
  31. Ooh dari bahan berkualitas ya Mbak, pantesan kuat nih Scotch n Brite.
    Hai Mbak, maaf baru main ke mari :)

    ReplyDelete
  32. tipsnya oke nih mbak. saya juga pake scotch brite

    ReplyDelete
  33. Saya juga sudah lama pakai produk ini mbak Wati, memang agak mahal tapi tahan lama sehingga lebih hemat pengeluaran..

    Tipsnya sangat berguna dan saya juga sudah melakukan beberapa tips tersebut :)

    Yang baru tahu bahwa spons harus dicuci juga setelah digunakan, biasanya sih tinggal taruh aja didekat wadah sabun cair :)

    Good luck!

    ReplyDelete
  34. Wih, biasanya yang nyuci peralatan masak emak.
    tapi lumayan tipsnya , bisa buat bantu-bantu

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...