Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

26 Jul 2016

Apa Sih Pentingnya Ikut Komunitas?


www.hidayah-art.com

Assalamu'alaikum. Manusia pada dasarnya makhluk sosial. Dia nggak bakal bisa hidup sendiri karena senang berkelompok. Sesekali ada saat dia ingin sendiri. Tapi perasaan ingin sendiri itu hanya sebentar. Bisa dipastikan dia pasti akan kembali berkelompok, bertemu dan berbincang dengan sesama temannya. Beberapa kali bertemu, kadang-kadang ada yang mencetuska ide membentuk sebuah komunitas.  Arti komunitas sendiri adalah suatu kelompok yang terdiri dari beberapa orang dengan minat yang sama. Nah, sebenarnya apa sih pentingnya ikut komunitas ini? Apa saja manfaat yang bisa diambil bagi anggota komunitas? 

Banyak banget pengalaman saya sejak ikut masuk menjadi anggota berbagai komunitas. Sejak awal tertarik dunia menulis, saya bertemu dan berkenalan dengan banyak teman baru. Mereka semua baik sekali dan sangat welkam menyambut kehadiran saya. Komunitas yang pertama saya ikuti adalah IIDN. Udah tahu kan ya, kepanjangannya adalah Ibu-Ibu Doyan Nulis. 

Asik juga ternyata, kegiatannya nggak hanya berbagi pengalaman nulis tiap anggota IIDN. Sharing online atau pun saat kopdar. Namun beberapa kali juga mengadakan piknik bergizi. Yaitu jalan-jalan keluar kota, dengan menyambangi penerbit. Sudah dua kali kami menyambangi penerbit di dua kota berbeda. Yang pertama di kota Solo dua tahun lalu. Sementara tahun ini pilihan kami adalah Yogya. Nah, tahun depan kemana lagi nih IIDNers kita piknik bergizi?


www.hidayah-art.com
Piknik bergizi ke Penerbit di Yogya
Yang bikin saya dan teman-teman suka bercanda adalah, kami bisa saja menjadi anggota beberapa komunitas yang berbeda. Sama-sama asyiknya, unik, dan menyenangkan. 

Beberapa komunitas yang berbeda, dan menjadi salah satu anggotanya adalah Komunitas Blogger Gandjel Rel Semarang. Saya bangga menjadi bagian komunitas yang memiliki nama salah satu kuliner dari Kota kelahiran ini. Baru juga setahun usianya, namun anggotanya udah banyak. Mereka bersemangat tiap kali Gandjel Rel mengadakan acara. 

Apalagi saat Gandjel Rel ulang tahun yang pertama, wowww banget deh. Udah pernah saya tulis kan di blog ini? Yuk baca ya, masa sih belum sempat mampir. 


www.hidayah-art.com


Seneng banget loh, ultah Gandjel Rel disupport oleh salah satu brand investasi keuangan. Bahkan ada lombanya segala, seru abiiis.

Asyiknya menjadi anggota komunitas, di samping punya teman baru yang semula nggak akan mungkin saya dapatkan, ada lagi yang lain. Saya mendapat banyak info keren. Pastinya yang menarik adalah bisa hadir dan menjadi tamu undangan dari satu brand yang tengah gathering.

www.hidayah-art.com
Gathering Pizza Hut Delivery
Itu artinya, saya juga bakal mendapat kenalan baru lagi. Nambah kenalan, berarti juga nambah jejaring baru. Meski rasanya saya menjadi yang paling senior dalam usia, nyatanya saya suka lupa diri. Nggak mau kalah dengan teman-teman yang masih muda usianya. Pengennya belajar dan terus mendapatkan pencerahan di bidang yang saya minati.

Saya bahkan menyempatkan diri datang ke kota lain, bila mendapati info yang menarik tentang satu acara. Sempat loh dua kali saya menyambangi kota Yogya, demi memperoleh tambahan pengetahuan tentang blogging. Senang juga bisa bertemu teman dari dunia maya, yang selama ini hanya saling nitip komentar di postingan status sosial media masing-masing.  

www.hidayah-art.com

Yang paling menyenangkan adalah ketika menghadiri salah satu workshop Fun Blogging. Teman-teman yang selama ini hanya ketemu di dunia maya, akhirnya ketemu juga di dunia nyata, hahhahhaa. Dunia maya emang enggak dunia nyata yak?!

Saya, Rosa, Jiah, dan Muna Sungkar adalah teman satu kelompok Arisan Link yang diadakan oleh komunitas Blogger Perempuan.  Sayang kami nggak bisa ngobrol banyak, cuma numpang narsis aja. Ntar dipamerkan pada teman-teman kami di kelompok 3 Arisan Link, pasti jealous tuh. Ah iya, Noorma sebenarnya hadir juga saat acara Fun Blogging, namun saat itu dia belum masuk kelompok 3. Baru aja nyusul beberapa waktu kemudian. Hebat yak, bumil yang tetap semangat ngejar setoran blogpost artikel Arisan Link. Kereeen!

www-hidayah-art.com


Namun ikut workshop Fun Blogging bikin saya mendapatkan banyak insight. Nggak hanya ilmu penting yang jadi modal dasar penulis, yaitu EYD. Namun juga segala hal yang berhubungan dengan blogging, yaitu SEO, bahkan gimana caranya dapat duit dari blogging. Ahahahihii, ini nih yang jadi pemancing semangat ngeblog.

www.hidayah-art.com

Menjadi anggota komunitas memang banyak manfaaatnya. Terutama adalah sebagai mood booster tiap kali melihat teman-teman rajin update blogpost, menang satu kompetisi blog, hingga dapat tawaran job review.

Namun tentu saja, yang paling penting di atas semua itu, tetap menjadi anggota komunitas yang selalu menulis artikel bermanfaat. Selagi usia masih setia menemani raga ini, saya akan selalu menuliskan kebaikan. Ingatkan saya bila menemukan artikel saya yang menebar keburukan. Itu lah artinya berkomunitas, saling berbagi, saling mengingatkan, dan saling menjaga pertemanan. 

Kayaknya kok saya malah curhat sih hari ini. Mungkin karena temanya One Day One Post kali ini sangat menyenangkan. Tema yang ringan, gampang ditulis dan seru. Bisa nostalgia juga saat bertemu teman satu komunitas. Atau bisa jadi karena ini hari terahir ODOP. Tuntas juga One Day One Post selama 14 hari. Senang bisa menjadi bagian tantangan yang ditawarkan oleh Mbak Ani Berta. Terima kasih juga udah ikut jadi bagian sebagai pembaca artikel ODOP selama ini. Wassalamu'alaikum.

10 comments :

  1. Karena komunitas jug jadi bisa kenal mamak kece macam dirimu maak

    ReplyDelete
  2. Saya sih malah keluar dari komunitas blogger.. entah ya tapi kok lebih enjoy sendiri.. lone blogger gitulah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana nyamannya aja ya, Mas. Kan tiap orang punya persepsi beda. Namun yg penting tetap rajin ngeblog dan mengabarkan kebaikan :)

      Delete
  3. Komunitas membuat hidup lebih berwarna ya mba. Hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, lebih seru dan bikin hepi, hehehe.

      Delete
  4. Ikut komunitas bikin happy bikin pinter dan ga kuper. Kd kangen ama mbak wati..lama kita ga ketemu ya mbak

    ReplyDelete
  5. Betul banget Mba... :)
    Berkomunitas kalau yang komunitasnya bagus dalam banyak hal, bisa membawa banyak banget manfaat untuk kita.. :)

    ReplyDelete
  6. Berkomunitas itu sangat menyenangkan ya mbak :D

    ReplyDelete
  7. komunitas bikin kita jadi tambah sodara :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...