Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

12 May 2016

Pengen Menang Lomba Blog? Ikuti Tips Memenangkan Lomba Dari Evrina Budiastuti


www.hidayah-art.com


Assalamu'alaikum temans. Semoga sehat ya, jangan kayak saya yang tengah terkapar karena flu parah. Gara-gara berhenti sarapan buah, dan kena guyuran hujan abis pulang ketemu teman-teman SMP, tubuh saya jadi kacau nih. Senangnya saya jadi punya waktu blogwalking ke rumah teman maya. Salah satunya adalah blog Evrina, seorang Penyuluh Pertanian yang hobi ngeblog.

Udah tahu kan kalo Evrina Budiastuti yang sering dipanggil Evrina ini, blog nya tak hanya berisi seputar dunia pertanian. Namun ada juga cerita jalan-jalan karena menang lomba blog. Iya nih, Evrina boleh dibilang Ratunya ngeblog, langganan juara lomba kompetisi blog. Sering banget kan, pengumunan lomba blog didominasi oleh namanya. 

Baca juga blogger : Mengenal Sisi Lain Eni Martini

Bikin mupeng juga, tapi memang butuh usaha buat bisa menangin lomba. Karena banyak juga kompetitornya, apalagi kalo hadiahnya jalan-jalan gratis. Waaah, banyak tuh saingannya.

Saya kenal pertama kali blog www.evrinasp.com belum lama. Baru dua tahunan lah, ketika saya mulai rajin blogwalking. Begitu kenal, saya udah kagum dengan ketekunannya si pemilik blog mengikuti berbagai lomba. Perjalanan kemenangannya, ditulis khusus dalam Achievement

Banyak yang lantas japri Evrina, nanya tips agar bisa pula menikmati euforia menang lomba blog. Bahkan ada juga yang nanya tentang tips menang lomba saat bertemu langsung. Akhirnya dibikin artikel yang bisa jadi bahan belajar kita nih, teman-teman. Kata Evrina sih ini tips ala dirinya, nanti bisa dipadukan dengan tips dari teman-teman lain yang sudah menang lomba blog.

www.hidayah-art.com

Udah saya rangkum tips nya, kalo pengen tahu lebih banyak, mending langsung aja ke blog www.evrinasp.com yaaa.

Berikut 12 hal yang dilakukan Evrina ketika akan mengikuti lomba blog :

1. Mengumpulkan informasi lomba blog 
2. Susun informasi lomba berdasarkan tanggal deadline
3. Shortir lomba mana saja yang dapat diikuti
4. tentukan bahan atau materi yang akan kita bahas dan gali ide sebanyak-banyaknya
5. pelajari tulisan pemenang sebelumnya
6. Sebisa mungkin mengetahui siapa sih juri yang akan menilai
7. Mempelajari tulisan peserta lainnya
8. Kembangkan tulisan berdasarkan topik yang diangkat
9. Tambahkan infografis, gambar yang unik dan menarik, atau video
10.Publish tulisan berdasarkan keperluan
11.share di seluruh media sosial, lakukan pendaftaran dan cek kembali persyaratan
12. Lupakan kalau sudah mengikuti lomba tersebut dan beranjak ke lomba blog selanjutnya.

Apa aja lomba yang pernah dimenangkan oleh Evrina?

Yang saya ingat sih ada juara II lomba Fruit for Love dari Sunpride Indonesia. Sebelumnya malah udah pernah juga menyandang Fruitaholic of The Year 2015, dari Sunpride juga. 

www.hidayah-art.com
Evrina bilang, ini lah surga dunia
Kemenangannya nyaris dalam segala jenis lomba. Ada yang dari Morinaga Chill Go periode 2, terpilih dalam Laskar Gerhana DetikCom, Lomba Blog Cheria Travel Tahap 3. Lomba Cheria ini mengantarkan Evrina jalan-jalan gratis ke Beijing. Hmm, siapa coba yang nggak pengen?

www.hidayah-art.com
Jalan-jalan bareng pemenang ke 2 dan 3
Rupanya udah lama PNS yang hobi banget naik gunung ini langganan juara kompetisi blog. Tahun 2012, ketika saya tengah belajar ngeblog, Evrina telah memenangi beberapa lomba.

Berikut saya kutipkan dari label "Achievement" :

  • Juara 4 Lomba blog Kosmetik Halal yang diselenggarakan oleh Wardah dan LPPOM MUI
  • Juara 6 lomba blog solidaritas blogger untuk TKI yang diadakan oleh Buruh Migran
  • Juara 3 pada Blog Review Contest Bantu Indonesia yang diselenggarakan oleh Marimembantu.org dan Dompet Dhuafa
Keren ya! Dan konsistensi ibu dari anak laki-laki berusia 4 tahun yang bernama Alfi, patut diacungi jempol. Tiap tahun langganan juara, saya sampai melongo terlongong-longong, kok bisa sih langganan juara. Makannya kan sama dengan saya? Nasi iya, buah iya, atau bisa jadi ada yang saya makan, Evrina nggak makan mungkin? Hihiii, kayaknya sih nggak ngaruh deh. 

Emang perempuan yang baru saja merayakan hari kelahirannya ini sangat tekun ketika mempersiapkan partisipasinya dalam lomba. Udah deh, cap cus aja langsung ke tekapeh, di www.evrinasp.com dan baca aja Tips Memenangkan Lomba Blog Ala Evrina. Dijamin deh bakal ingin melakukan semua tips tersebut, dan berharap menang dalam lomba blog berikutnya.

Nah, ketika saya nyaris mempublish artikel ini, ada kabar membahagiakan dari Evrina. Yaitu hadiah smartphone dari Chevrolet Indonesia #TraxUnlockTheCity minggu pertama telah mendarat cantik di mejanya. Aihhh, ikut seneeeeeng.

Benar juga sih, kalo ingin menang harus pintar melakukan stragegi dengan perencanaan yang matang. Seperti lomba blog, harus disiapkan sejak awal pengumuman dishare. Enggak trus diam, dan bikin H-1. Bakal geger deh dunia persilatan kata, gara-gara inet yang lemot, atau tiba-tiba ada tamu yang tak mungkin ditolak (bukan penagih utang, kan?). Jadi gagal posting dan ikut lomba. Sementara hadia smarphone melayang di depan mata. Duuuh, mana tahaaan?!

Tips dari Evrina nggak sebatas tentang 12 hal yang akan dilakukannya bila ikut lomba blog. Tapi juga mencari tahu dengan jelas jenis lomba blog yang akan diikuti. Karena seperti yang dituliskan di artikel tersebut, ada banyak jenis lomba blog.

Jenis lomba blog apa aja?

1. Lomba Blog Review
2. Lomba Blog Karya Tulis
3. Lomba Blog Ilmiah Populer
4. Lomba Blog Teknologi
5. Lomba Blog Story Telling
6. Lomba Blog Travelling

Masing-masing lomba memiliki kriteria penilaian yang berbeda. Teknis penulisan pun beda juga. Jadi memang perlu mengenal terlebih dulu jenis lomba blog yang kita ikuti. Apakah kita memang menguasai teknis dan printilan lomba tersebut? 

Saya termasuk pilih-pilih ikut lomba blog, karena ada syarat teknis yang nggak paham dan mau nanya pada teman blogger sungkan. Tapi saya udah pernah menikmati hadiah dari lomba. Dan itu rasanyaaa, nggak bisa dinilai dengan materi.

Dari cerita Evrina, saya belajar tentang ketekunan, ketelitian, semangat mencari info, riset yang selalu dilakukannya tiap kali ikut lomba blog. Pantas aja langganan juara, effortnya setinggi puncak gunung yang dijelajahinya. Jadi, kalo pengen menang lomba blog, ikui tips memenangkan lomba dari Evrina Budiastuti.

Udah mengikuti tips dari Evrina, tapi masih juga kalah?

Ya nasib itu namanya, ahahaha. Tapi kata Evrina sendiri, dirinya juga masih banyak belajar dan sering pula kalah. Namun baginya, kekalahan justru membuat semangatnya bangkit kembali. 

Ini kutipan dari blog Evrina :

"Perlu diingat, kalah atau menang dalam lomba blog itu urusan belakang, yang penting ambil sisi positifnya: kemampuan menulis terasah, dikenal oleh sesame peserta lomba, update blog dan eksis tentunya. Ayo ikutan lomba blog, banyak banget lho lombanya" 

Senang selalu menyambangi blog Evrina, moga makin semangat berbagi, dan menginspirasi. Sukses selalu yaaa :D 
Wassalamu'alaikum.

Yang ingin ngobrol, bisa menghubungi :


Email: evrinasp@gmail.com
FaceBook: http://www.facebook.com/evrinasp
Twitter: @evrinasp
Instagram: @evrinasp

28 comments :

  1. Wahh perlu kenalan ni, saya juga akhir akhir ini lagi pengen ikutan lomba blog tapi masih belajar nulis yang bener dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajar nulis yang bener emang perlu. Tapi belajar sambil ikutan lomba aja, kalo menang itu bonus :)

      Delete
  2. Mba Ev memang kereeen.. Boleh ngga sih nyuruh beliau berhenti ikutan lomba, biar ada peluang menang buat saya, hahaha.. *kidding

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending belajar sama mba Ev aja, biar ketularan menang lomba, hehehe

      Delete
  3. Mbak Ev total kalau ikut lomba, dari artikel yang lengkap foto yang bagus, video dan desain grafis yang menawan. Dengan semua kerja keras dan kreatifitas, rasanya pantas deh kalau mbak Ev sering menaang lomba ya, mbak Wati :)

    Mbak Wati juga sering menang lomba kan? Saluttt :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu diikuti langkahnya ya, mbak, moga gantian kita juga bisa menang.

      Ih aku mah baru pertama kali itu menangin smartphone. Sebelumnya kan hadiah voucher dan merchandise. Tapi tetep bersyukur udah menikmati berkah ngeblog, hihii

      Delete
  4. Wah...mantap nih tips ala Mba Evrina..pantesan dia selalu menang lomba blog ya Mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, lagi seneng kepo blog mba Ev, sang juara sejati, hihii

      Delete
  5. Mbak maksih banyak ya sudah mereview ku dengan lengkap, ayo ikutan lomba, perkara menang kalah belakangan, nikmati dulu prosesnya, justru proses menyusun naskah lomba itu mengasikkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu menikmati prosesnya ya, yang bikin nulis jadi asik. Oke, noted.. makasih mbaakkk

      Delete
  6. Iyaaa bener akupun terkagum2 stamina evrina luaaarrr biasa, udah ngantor, punya balita, sering naik gunung, kok ya masih bisa ikut lomba blog dan menang hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komplit yaa, pengen satu aja deh menangin lomba beberapa, wkwkwk

      Delete
  7. Keren memang Mak Ervina... saya paling susah melupakan lomba dan beranjak ke lomba berikutnya...hahaha.... Jam terbangnya belum tinggi kali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kadang teringat terus ya, bikin baper, hahaha

      Delete
  8. Memang hebat ya mbak emak 1 ini psntes aja menang lomba terus semangat gtu ikitnya dan bener2 all out ya. Kalo aku pantes aja ga pernah menang wong nulisnya ga serius :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, aku juga kadang nggak serius ikut lomba. Yg penting ikut, hihii

      Delete
  9. Selalu totalitas dalam banyak hal ya mba Ev ini. Meski dipost mepet-mepet deadline, tapi hasilnya top banget.

    Mba hidayah syafakillah laba'tsa thourun insya allah. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, makasih doa indahnya, terharuuu. Doa terbaik juga untukmu, mbak

      Delete
  10. buahnya bikin mupeng Mba, enaknya Mba Ev
    mba wati juga keren ulasannya

    ReplyDelete
  11. pernah ikut lomba blog travelling, tapi belum menang

    ReplyDelete
  12. Mbak Evrina memang keren, banyak menang lomba. Tulisannya bagus, jago bikin video juga :)

    ReplyDelete
  13. wuih mantep bgt kak ev, praktekkin ah ilmunya

    ReplyDelete
  14. Fruitholic, kereeenn banget yakk..

    Itu jalan2 ke Beijing nya bener2 bikin mupeng, huhuhuhh... pengen juga bisa kayak Mbak Ev :)

    ReplyDelete
  15. ayooo balajar dr mbk ev :D curi ilmunya biar ketularan hehe

    ReplyDelete
  16. Wuih keren prestasinya mbak ev..
    Thanks juga kak udah mau sharing kembali di artikel ini, aku juga sering untuk ikut lomba ngeblog, mudah mudahan rezeki :)

    ReplyDelete
  17. wah mbak evrina jagian neon yah ternyata mbak hehe mantap dah....

    ReplyDelete
  18. Evrina emang jago deh, tulisannya bagus. Jago juga buat infografis dan video.

    ReplyDelete
  19. Mak Evrina total banget ya..Semua ditotalin..:)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...