Dengan Program CSR, JNE Melakukan Aksi Sosial Untuk Masyarakat - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Rabu, 03 Agustus 2022

Dengan Program CSR, JNE Melakukan Aksi Sosial Untuk Masyarakat

Assalamualaikum sahabat. Satu minggu setelah masyarakat muslim khususnya bersukaria pada malam takbiran dan pelaksanaan shalat Idul Adha, karena selama dua tahun tidak bisa melakukannya dengan normal. Ada kabar duka dari Garut, banjir dan tanah longsor akibat hujan deras mengguyur sejak Jumat hingga Sabtu dinihari (15-16 Juli 2022).


Sebagai warganet yang lebih suka melihat linimasa Twitter, saya terkejut dengan tagar yang trending topic itu. Apalagi hingga Sabtu siang tanggal 16 Juli 2022, tagar #PrayForGarut masih dicuitkan mencapai 2454 kali.  

Laporan sementara, banjir di Garut tersebut merendam ratusan rumah di dua kecamatan, yakni Tarogong Kidul dan Garut Kota. Semoga kita semua senantiasa diberikan lindungan oleh Allah SWT #PrayForGarut - tulis akun @Sobat_RK


Ada info dari salah seorang warganet bahwa beberapa akses jembatan putus. Bahkan yang paling menyedihkan kabar rumah hanyut terbawa arus banjir bandang.


Berbagai pihak memberikan bantuan untuk warga terdampak banjir. Terutama daerah pinggiran sungai yang mengakibatkan beberapa rumah rusak parah akibat terjangan banjir bandang.


info.bisnis.co

Jabar Quick Response (JQR) hingga seminggu setelah musibah banjit, masih memberikan bantuan kepada korban banjir bersama JNE cabang Bandung. Koordiantor unit respon kebencanaan JQR Syehabudin menjelaskan, korban banjir dan longsor masih butuh dibantu walau skalanya tidak sebesar masa tanggap darurat.


"JQR telah berkordinasi dengan teman jaringan di beberapa wilayah bantuan masih dibutuhkan untuk dapur umum warga," ujar Syehabudin di lokasi bencana Garut, pada siaran persnya, Minggu 24 Juli 2022.

Program CSR JNE Melibatkan Berbagai Pihak 

Kepedulian JNE terhadap lingkungan sekitarnya tak perlu diragukan. Sejak sebelum pandemi JNE selalu hadir setiap terjadi bencana maupun untuk berbagi kebahagiaan. Sudah tiga dekade lebih JNE tidak sekadar mengantarkan paket. Namun juga mengantarkan kebahagiaan sesuai taglinenya #ConnectingHappiness 


JNE bekerja sama dengan BenihBaik.com yaitu kemudahan pelayanan bagi masyarakat untuk berdonasi pada kaum dhuafa atau orang yang membutuhkan bantuan. Jadi setiap orang yang mengirimkan paket dan menggunakan jasa JNE dapat memberikan sumbangan. Dikirim dari mana aja, kemana tujuannya, secara digital melalui BenihBaik.com. 


Beberapa program CSR lainnya dan sudah dilaksanakan berkolaborasi dengan lintas organisasi. JNE mengirimkan bantuan yang didonasi atau digalang oleh berbagai pihak. Total ada lebih dari 20 Ton kiriman APD dan alat kesehatan sampai dengan saat ini dan akan dilakukan secara berkelanjutan. Beberapa organisasi sebagai berikut ; Mr. Zack @1000hari, YADAS (Yayasan Dana Abadi Surga) /Glek, Andi F Noya (Benihbaik.com), Adib Hidayat/ APD Kita/ (Kitabisa.com), BTP Foundation/ Bpk. Ahok, GLC (Global Leadership Center), CT ARSA – Trans Media, Poppy CB (Cotton Ink), Anne Avantie (designer APD), MCI (Mualaf Center Indonesia)/ Ikhlas Fondation, dan Media Grup/Metro TV.


Untuk pendistribusian makanan bekerja sama dengan  Relawan Siaga (Oke Oce) Sandiaga Uno, Institut Perempuan, Dr. Pukat, HDCI (Harley Davidson Club Indonesia), Food Bank of Indonesia (FOI).


Perlu teman-teman ketahui, bahwa Program CSR di JNE ada 3, yaitu :

JNE Hijau



Adalah program tanggung jawab sosial perusahaan JNE di bidang pelestarian lingkungan. Tujuan dari program CSR JNE Go Green ini diantaranya untuk mendukung gerakan pungut sampah dan pembuatan taman kota ilmu pengetahuan.

JNE Komunitas 


Merupakan program tanggung jawab sosial perusahaan JNE di bidang kegiatan komunitas. Tujuan dari program CSR Go Community diantaranya untuk mendukung pemberdayaan masyarakat dan pengembangan ekonomi desa, serta pelestarian budaya.


JNE Pendidikan



Adalah program tanggung jawab sosial perusahaan JNE di bidang pendidikan. Tujuan dari program ini diantaranya adalah untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar, calistung, edukasi kesehatan, olahraga, bisnis, dan internet.


Program CSR di bidang pendidikan salah satunya adalah memberikan banduan dana untuk TK Kartika III-03 di Kelurahan Pudakpayung. Bantuan berupa meja dan kursi belajar untuk mendukung kegiatan di sekolah yang sehat dan ramah anak.


Penyerahan bantuan dilakukan pada Kamis (23/12/2021), di TK Kartika III-03 oleh Kepala Cabang JNE Semarang, Wahyu Sangerti Alam, kepada Ketua Yayasan Kartika Jaya Koordinator 4 Denintel Sintel Cabang lll Diponegoro, Ny. Pramita Sanjayati, disaksikan Komandan Detasemen Intelijen Kodam IV/Diponegoro, Letkol Inf Mokhamad Husnur Rofiq SIP.

Ketua Yayasan Kartika Jaya Koordinator 4 Denintel Sintel Cabang lll Diponegoro, Ny. Pramita Sanjayanti mengaku, dukungan dari JNE sangat membantu bagi peningkatan sarana prasarana di TK Kartika III-03. Sekolah ini pernah juara dalam Lomba Sekolah Sehat tingkat Jawa Tengah. Ny. Pramita berharap adanya bantuan ini sekolah bisa kembali meraih juara untuk lomba yang akan segera berlangsung.
 

Program Vaksinasi Covid-19 di Semarang

Sampai dengan bulan September 2021, sudah lebih dari 21.000 karyawan JNE menerima vaksinasi. Program vaksinasi ini tak hanya dilakukan di kantor pusat JNE di Jakarta. Namun juga digelar oleh kantor cabang di Bogor, Depok, Kupang, Jambi, Padang, Jayapura, Solo, Yogyakarta, Bandung, dan Semarang.  


Kepala JNE Cabang Utama Semarang, Wahyu Sangerti Alam, menuturkan bahwa kuota vaksinasi JNE di Kota Semarang mencapai 700 orang. Program vaksinasi Covid-19 dosis pertama tersebut diselenggarakan di Kantor JNE Cabang Utama Semarang di Jl Kumudasmoro Tengah, No 5 Kota Semarang. 




Program vasinasi terselenggara karena adanya kerja sama antara JNE dengan Kodam IV/Diponegoro. 


“Selain karyawan JNE, masyarakat umum juga mengikuti acara ini. Bahkan mayoritas peserta vaksin justru masyarakat umum,” jelasnya dalam siaran pers pada Jumat (1/10/2021).  


Program vaksinasi tersebut merupakan wujud dukungan JNE terhadap gerakan vaksinasi Covid-19 yang dicanangkan pemerintah. Seluruh karyawan JNE dianjurkan mengikuti vaksinasi. Karena JNE bergerak di bidang jasa yang selalu berinteraksi dengan masyarakat dan dituntut sehat


Kepala Urusan Pengamanan Kesehatan (Kaur PAM) Kodam IV/Diponegoro, Sarwo, mengungkapkan harapannya, kerja sama dengan JNE tersebut dapat memudahkan masyarakat mendapatkan vaksin Covid-19. Sarwo juga berharap agar inisiatif JNE tersebut diikuti perusahaan lain.  


Sejak pandemi merebak pada Maret 2020 sampai saat ini, JNE sudah mengalokasikan lebih dari Rp 13 miliar untuk penanggulangan penyebaran Covid-19 dan lainnya. 


Program CSR dilakukan untuk membantu penanggulangan bersama pemerintah dan swasta. Beberapa kolaborasi tersebut, antara lain: pendistribusian 10.000 masker ke 25 rumah sakit rujukan pasien corona di berbagai kota di Indonesia, pengiriman lebih dari 25 juta perlengkapan APD ke seluruh rumah sakit. JNE juga mendistribusikan ratusan ton bantuan Covid-19 lainnya ke lebih dari 1.200 faskes dan 1.135 lembaga dan perorangan di seluruh Indonesia


Dukungan JNE pada UMKM Tak Pernah Berhenti

Siapa yang udah pernah berkunjung ke Desa Sade, Lombok? Desa Sade terletak di Desa Rembitan, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Desa Sade masih mempertahankan adat Suku Sasak yang merupakan suku asli Lombok. 



Desa ini dalam satu kompleks rumah yang masih mempertahankan adat dan budaya leluhur. Yang khas dari desa Sade adalah hampir setiap rumah memajang hasil kerajinan warga. Dari selendang, dompet, tas, kain, dan masih banyak lagi yang lain. Saya dan mba Tanti pun ikut memilih beberapa produk untuk oleh-oleh.


Tapi yang nggak bisa datang langsung memilih hasil karya warga desa Sade, gimana dong?

Tenang... Kita bisa belanja online untuk produk kerajinan Lombok. Produk UMKM udah banyak yang dipasarkan di beberapa market place.


Selama ini pula JNE memberikan dukungan dengan menggelar program-program yang menarik, seperti promo diskon ongkir, cashback dan sebagainya. Apalagi pandemi telah mengubah masyarakat lebih memilih belanja online demi keamanan dan kenyamanan karena adanya virus Covid-19.


Dengan pemberian promo diskon ongkir, dan promo lainnya, diharapkan dapat mendorong minat masyarakat untuk berbelanja secara online. Hal ini tentunya akan meningkatkan penjualan UMKM.


Pengembangan bisnis pun dilakukan dengan strategi pemasaran online lebih diperluas. Diskon spesial dan promo untuk para pengirim, dan prioritasnya adalah UMKM serta dimaksudkan untuk peluang kolaborasi.


Kolaborasi dikenal sebagai salah satu trik membangun usaha yang jitu. Selain menguntungkan kedua belah pihak, kolaborasi juga mampu menghasilkan ide-ide baru yang dapat diterapkan di masa mendatang. 


Oleh karenanya JNE terus berupaya untuk berkolaborasi dengan UMKM setempat, menghadirkan berbagai program pelatihan. Seperti event JNE Goll..Aborasi Bisnis Online yang dilakukan di beberapa kota di Indonesia. Goll…Aborasi Bisnis Online tahun 2022 akan dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. 


Nah tentang Penimbunan Beras di Depok adalah Standard Operating Procedure bahan untuk bantuan sosial yang diberikan harus yang layak konsumsi. Misal kondisi beras udah rusak tentu tidak boleh diberikan agar tidak menyebabkan sakit bila dikonsumsi. Wassalamualaikum.


Sumber Materi :
- https://jatengpos.co.id/jne-dukung-dunia-pendidikan/arif/
- https://semarangbisnis.com/
-https://infobrand.id/strategi-jasa-kurir-bertahan-dan-berinovasi-di-kala-pandemi.phtml

22 komentar:

  1. Udah teruji dan terbukti JNE ini baiikkknya ngga ada obat.

    Tapi....namanya desas desus pasti adaaaaa aja ya mba.😰😥
    Alhamdulillah. Semangaattt tim.JNE 👍💪

    BalasHapus
  2. Semakin sukses akan semakin banyak yg iri. Tapi jika niat awalnya baik, JNE yakin akan bisa melewati desas desus penimbunan itu dengan lapang

    BalasHapus
  3. Kagum dengan kepedulian JNE dengan berbagai program CSR-nya. Selama ini tahunya hanya program pelatihan digital untuk UMKM, tapi ternyata lumayan banyak yah program CSR-nya mulai dari bidang lingkungan, komunitas sampai pendidikan

    BalasHapus
  4. Banyak ya jenis CSRnya JNE mbaa, salut. Perlu dipertahankan dan ditiru oleh perusahaan nasional lain^^. Terus tepat sasaran gitu.
    UMKM didukung sama JNE jugaa luar biasa. Bermanfaat untuk masyarakat. Sukses teruuus untuk JNE
    btw aku blm pernah ke SADE nih mba, tapi nama kakak 1 aku namanya sade hehe

    BalasHapus
  5. Wah keren, ternyata CSR JNE sendiri ada 3 macam yah. Apalagi JNE juga selalu mendukung UMKM untuk terus maju dan berkembang dengan mengadakan JNE Goll..Aborasi Bisnis Online.

    BalasHapus
  6. Turut prihatin dengan bencana alam yang menimpa Garut. Alhamdulillah JNE sangat responsif ya dalam memberikan bantuan untuk korban bencana. Dan program CSR-nya JNE insya Allah bisa menginspirasi banyak pihak untuk melakukan hal positif untuk masyarakat.

    BalasHapus
  7. Luar biasa ya bentuk empati yang diberikan oleh JNE.Tidak hanya dalam bentuk bantuan sosial tetapi juga ada dalam pendidikan,vaksinasi dan juga untuk komunitas

    BalasHapus
  8. Salut banget sama JNE, selalu ada gebrakan baru yang luar biasa dampaknya. Salah satunya program CSR, terus yang hits banget itu JNE Ngajak Online. Benar-benar membantu para pelaku UMKM. Sukses selalu untuk JNE

    BalasHapus
  9. dengan berbagai program yang bagus dan bermanfaat untuk banyak masyarakat, JNE benar - benar berbagi yaaa mba

    BalasHapus
  10. JNE keren sihh selalu berinovasi untuk membantu UMKM di Indonesia. Semoga makin sukses kedepannya

    BalasHapus
  11. Semua program JNE yang ada kaitannya dengan CSR sangat membantu terutama ketika sebuah lingkungan sekitar yang sedng kesulitan, JNE segera memberikan afeksi positif sehingga masyarakat menjadi terbantu.
    Dan bantuan jangka panjang seperti ini yang sangat diperlukan.

    Barakallahu fiik, JNE.

    BalasHapus
  12. Waaah kereen banget JNE ikut membangkitkan perekonomian Indonesia malalui kolaborasi dg UMKM.

    Semoga JNe tambah maju berkah selalu makin banyak yg dibantu🤲🤲

    BalasHapus
  13. Senang kalau melihat ada perusahaan yang menjalankan CSR
    Ini jadi bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan disekitarnya

    BalasHapus
  14. Perusahaan biasanya punya aturan untuk melakukan CSR sebagaimana ketentuan dari pemerintah juga & sebisa mungkin memberikan yang terbaik dalam donasinya.

    BalasHapus
  15. Mengikuti berita CSR JNE memang sejak dulu itu selalu terdepan, di semua sektor terlibat. Pelaksanaan tagline Connecting Happines dengan berbagi, menyantuni, mendukung, siap sedia membantu yang membutuhkan menjadikan JNE salah satu perusahaan yang aksi sosialnya tak perlu diragukan. Sukses terus JNE!

    BalasHapus
  16. Kalo urusan CSR emang udah terpercaya sih JNE ini ya...Semoga instansi atau lembaga lainnya juga terisnpirasi dengan apa yang sudah dilakukan JNE ini

    BalasHapus
  17. Belakangan ini ini banyak banget berita baik tentang JNE ya Mba. Semoga kegiatan ini berkelanjutan dan semakin baik di masa mendatang ya

    BalasHapus
  18. Luar biasa JNE ini tak hanya giat mendukung UMKM tapi juga rajin dan rutin mengadakan aksi sosial untuk masyarakat yang membutuhkan. Terima kasih JNE semangatmu berbagi patut kami contoh...

    BalasHapus
  19. Keren ya JNE, banyak jenis CSR-nya. Dari beasiswa untuk anak sekolah, donasi, hingga pemberdayaan UMKM.

    BalasHapus
  20. Ternyata program CSRnya JNE ngga cuma fokus pengembangan UMKM aja.
    Ada JNE Hijau, JNE Komunitas, kalau JNE Pendidikan saya tahu JNE pernah bagi-bagi beasiswa.

    BalasHapus
  21. Aku kira hanya support untuk umkm tapi banyak juga ya mba untuk program csr-nya dari yg hijau sampe pendidikan semoga terus lanjut dlm memberikan program bermanfaat

    BalasHapus
  22. JNE bukan sekedar ekspedisi yaa, tapi aksi sosialnya itu loh pantas buat ditiru. Sudah gitu, mendukung para pelaku UMKM juga. Keren bgt JNE ini, semoga kedepannya semakin sukses dan semakin banyak yang terbantu ya...

    BalasHapus