Pilih Hotel Murah Ini Bila Menginap di Tawangmangu, Karanganyar - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Rabu, 04 Mei 2016

Pilih Hotel Murah Ini Bila Menginap di Tawangmangu, Karanganyar

www.hidayah-art.com

Assalamu'alaikum teman. Menjelang long weekend nanti, sudah punya destinasi wisata bersama keluarga atau teman? Saya sih menyarankan teman-teman memilih wisata ke kota Solo dan sekitarnya. Banyak destinasi wisata yang bisa jadi pilihan di sana. Ada wisata alam, wisata heritage, dan tentu saja wisata kuliner yang selalu jadi pendukung setiap jalan-jalan. Mau cari penginapan pun gampang, ada banyak hotel murah di kota Solo dan sekitarnya.

Seperti yang keluarga kami lakukan awal bulan April lalu. Seperti biasa, tanpa perencanaan kami tiba-tiba memutuskan jalan-jalan ke daerah kabupaten Karanganyar. Kabupaten Karanganyar terletak di sebelah Timur kota Solo. Memiliki kontur wilayah yang beragam, dengan pegunungan di bagian Timur yaitu terdapat gunung Lawu. Daerah ini masih berupa hutan yang lebat dan memiliki udara sangat sejuk. Sementara di bagian Barat merupakan dataran rendah dengan jalur Sungai Bengawan Solo yang mengalir menuju Utara.

Kabupaten Karanganyar memiliki potensi wisata yang banyak. Saya dan keluarga pernah menyambangi situs Candi Sukuh yang bernuansa hening dan damai. Saya pernah menuliskannya di blog ini dengan judul artikel : CANDI SUKUH : Biologi Alam, Peninggalan Leluhur

Masih ada lagi peninggalan leluhur, yaitu candi Cetho. Dan ada juga tempat bersejarah yang lokasinya ada di Desa Janti, yaitu tempat dilakukannya Perjanjian Giyanti.

Sementara wisata alam juga ada banyak, dari wisata Tawangmangu, Mendaki gunung Lawu, hingga ke Sondokoro. Dan awal april kemarin kami memilih wisata di kawasan Taman Balekambang.

Karena berangkat hari Sabtu siang, tentu saja mesti menginap di hotel agar paginya kami bisa jalan-jalan di obyek wisata alam. Dan kami pun meluncur langsung mencari penginapan di sekitar Karanganyar.

Saya sebenarnya versi emak yang nggak rajin-rajin amat kalo urusan beberes rumah. Tapi untuk kebersihan kamar mandi, kamar tidur, dan ruang keluarga, mesti sering dibersihkan. Tentu saja tiap kali menginap di hotel, kamar mandi menjadi tempat pertama saya melihat kondisi kebersihannya. Kalo sebelumnya udah booking tempat dulu, saya akan melihat kondisi kamar mandi dari foto yang ditampilkan di website hotel. Dari situ akan terlihat tampilannya, apakah perlengkapan kamar mandi bersih, model closetnya, fasilitas water heater apakah masih oke. Pokoknya yang standar aja sih. Nggak perlu mewah, karena kami juga memilih rate harga kamar yang murah, hahaha.

Dan saat memutari kawasan wisata Tawangmangu di daerah Karanganyar, saya dan suami langsung memutuskan Hotel Bintang begitu menatap fasad bangunannya. Fasilitas parkirnya cukup luas untuk tamu hotel yang menginap. Meski bagian luar hotel kurang banyak dengan pepohonan, namun agak tertolong dengan udara sejuk kawasan Tawangmangu.

Begitu turun dari mobil, saya dengan si sulung diarahkan oleh satpam menuju bagian front office di lobby yang terbuka. Seorang petugas di bagian lobby udah memasang senyum ramah menyambut kami. Alhamdulillah masih ada kamar yang tersisa.

www.hidayah-art.com

Pilihan kamar yang tersedia saat itu hanya ada dua kamar di lantai 2, dan 4 kamar di lantai 3 yang bersebelehan. Kami memilih kamar di lantai 2, lebih enak aja sih buat turun naik kalo mau keluar hotel.

Dan, ini teras di bagian depan kamar kami. Duduk saja di depan kamar, dengan melemparkan pandangan ke bagian depan hotel, akan bertemu dengan pemandangan hijaunya pepohonan.

Kami memilih tipe kamar Superior Room yang luas kamarnya sekitar 4x6 m2. Temat tidurnya cukup besar, bisa untuk tidur pasangan ayah ibu dengan dua anak yang masih balita. Kalo untuk keluarga kami, bisa aja sih. Tapi cukup satu aja yang tidur di atas, yang satu anak di bawah. Ih, kasihan banget. Hahaha.

www.hidayah-art.com

Nah, kalo kamar yang di bawah ini sama juga dengan kamar pilihan kami. Bedanya tempat tidurnya jenis twin bed. Anak-anak yang udah remaja kayak anak saya, bisa dipesankan di kamar ini. Tempat tidurnya bisa juga digabung kalo misalkan mereka ingin bermain dulu sebelum tidur.

Ada meja dengan cermin rias di samping pintu masuk. Dengan TV masih model tabung. Tapi kayaknya kami juga nggak bakal nonton tayangan apapun sore itu. Anak-anak lebih asik dengan smartphone dan laptop yang dibawa dari rumah untuk nonton film di kamar kami.

Lemari model tanam berada di samping kamar mandi. Sayang saya lupa mengambil gambar bagian dalam kamar mandinya. Tapi yang pasti di sana ada wastafel dengan cermin terpasang di bagian dinding di atas wastafel. Closet duduk dengan tisu dan kran untuk membersihkan diri.

Sementara di bagian kanan sebelah pintu masuk adalah kamar mandi di dalam box kaca dengan shower. Fasilitas air panas dan dingin bisa jadi pilihan tamu hotel. Karena udara gunung sore itu mulai dingin, saya memilih menggunakan air hangat.

www.hidayah-art.com

Menginap di hotel ini nggak perlu cemas untuk pilihan makan malam. Meski pihak hotel menyediakan pesanan makanan, ada banyak pilihan makan di luar. Malam itu kami sudah berencana makan malam di luar hotel. Sambil menikmati suasana kawasan Tawangmangu saat malam. Sudah lama juga kami nggak menginap di kawasan sini.

Tidur nyenyak semalam mampu memulihkan semangat untuk jalan-jalan esok hari. Pagi itu saya terbangun dan keluar kamar usai shalat Shubuh. Udara pegunungan dengan kabut yang masih turun menyelimuti pagi nan cerah, bikin saya enggan beranjak dari tempat itu.

Namun kami harus segera berbenah dan meninggalkan kamar hotel. Ada lokasi wisata yang sudah menanti kunjungan kami. Jadi, meski pandangan mata ini enggan berpaling, ada tugas menanti.

Setelah beberes barang yang semalam dikeluarkan dari dalam tas, dibantu anak-anak tentunya, kami siap sarapan.

Oh oh rupanyanya sarapan disediakan di hotel yang lokasinya berhadapan dengan tempat kami menginap.  Jadi kami mesti menyeberang jalan dan menuju tempat sarapan di lantai 2. Sayangnya saya juga lupa mengambil gambar menu sarapan kami pagi itu. Ada nasi goreng teri, mie goreng, Tumis sayur, Ikan goreng tepung, sambel goreng, dan krupuk.

www.hidayah-art.com

Usai sarapan kami harus segera meninggalkan hotel agar tak bersaing menikmati tempat wisata dengan pengunjung lain. Sebelumnya saya ngambil beberapa foto cantik dulu di lokasi hotel.

Lain kali kami menginap di hotel Bintang, kami berniat memilih kamar Family. Yang ukuran bed nya lebih besar. Atau bisa juga memilih Suite Room, yang ukuran bed nya dua kali ukuran bed di Superior room. Asik tuh bisa bercanda dan berbincang sekeluarga sampai larut malam. Ah, harusnya menginap di kamar hotel memang menikmati suasana di dalam kamar. Atau jalan-jalan di seputar hotel. Menikmati udaranya yang masih bersih, hangatnya sinar mentari yang merasuk dalam tulang. Berasa banget betapa nyamannya sesekali terbebas dari kesibukan dan kepenatan karena pekerjaan sehari-hari.

Mumpung besok libur panjang, lumayan tuh bisa menikmati udara pegunungan yang bersih dari polusi. Selamat berlibur, teman-teman. Wassalamu'alaikum.