Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

24 Aug 2017

5 Cara Alami Mencegah Insomnia


www.hidayah-art.com


Assalamualaikum. Ada 5 Cara Alami Mencegah Insomia. Cara alami tentunya lebih sehat dan tidak membahayakan tubuh kalian. Bayangkan peristiwa yang baru saja terjadi pada pasangan suami istri Tora Sudiro dan Mike Amalia. Gara-gara ingin tidur tanpa gangguan, mereka mengonsumsi obat terlarang. Dan akibatnya mereka pun kena masalah dengan pihak berwenang.

Mengapa mereka harus mengonsumsi zat adiktif? Alasannya adalah karena pekerjaan mereka mengharuskan istirahat yang cukup. Sementara mereka cukup sering mengalami insomnia. 

Kalian pasti sudah sering mendengar tentang Insomnia. Atau bisa jadi kalian sendiri cukup sering mengalami insomnia? 

Insomnia adalah gangguan tidur yang membuat penderitanya susah tidur. Padahal tidur adalah kebutuhan vital untuk tubuh. Jika kita kurang tidur, maka kesehatan tubuh bisa terganggu. Selain itu, kurang tidur dapat berpengaruh dan mengganggu kerja sistem hormonal dan meabolisme dalam tubuh. 


Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan insomnia, antara lain: salah mengonsumsi obat, sering mengonsumsi makanan atau minuman stimulan, stres, atau juga bisa karena tidur siang terlalu lama. Agar tidak mengganggu kesehatan tubuh, sebaiknya insomnia segera diatasi dengan cara alami. Seperti berikut ini:


1. Olahraga Secara Teratur

Dengan melakukan olahraga, ternyata akan membantu mengatasi masalah insomnia. Hal ini telah dibuktikan melalui sebuah penelitian. Akan lebih baik jika kalian melakukan olah raga setiap pagi. Selain dapat mengatasi masalah inomnia, berolahraga secara teratur juga baik untuk kesehatan kalian.

www.hidayah-art.com

Dan saya juga sudah membuktikannya. Setelah rajin jalan pagi di sekeliling komplek, saya merasakan tubuh makin bugar. Sepanjang hari saya bisa konsentrasi mengerjakan kegiatan tanpa rasa lelah. Dan malam pun saya bisa tidur nyenyak tanpa gangguan insomnia.


2. Jangan Menggunakan Cahaya Terlalu Terang

Menggunakan cahaya yang terlalu terang dalam kamar akan membuat seseorang menjadi susah tidur. Kalian lebih baik memilih cahaya yang redup agar cepat tertidur. Jadi akan lebih baik jika tidak menggunakan cahaya yang tidak terlalu terang di dalam kamar agar tidak menyebabkan susah tidur atau insomnia.

Kalo saya memilih lampu benar-benar padam, karena cahaya lampu yang terang memang bikin saya susah tidur. Tapi ada juga sebagian orang yang tidak bisa tidur bila lampu kamar dipadamkan. Solusinya bisa memasang dua jenis lampu. Satu lampu terang untuk membaca dan satu lampu yang redup ketika akan tidur. Kalian bisa memasang dua jenis saklar untuk mengganti fungsi kedua jenis lampu ini.

3. Hindari Konsumsi Kafein

www.hidayah-art.com

Terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein akan membuat seseorang menjadi susah tidur. Jadi akan lebih baik jika kalian tidak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein setelah pukul 14.00. Karena memerlukan waktu beberapa jam untuk menghilangkan kafein dalam tubuh.

Nah, bagi yang suka lembur sampai tengah malam dengan alasan nyelesaiin pekerjaan. Jangan bikin kopi untuk teman lembur. Iya, pekerjaan beres, tapi mata pun jadi kuat melek sampai dini hari. Di tempat tidur pun tahan melek karena efek kafein yang terlanjur menetap lama dalam tubuh.

4. Mandi Air Hangat

Mandi menggunakan air hangat akan membuat tubuh kalian merasa lebih nyaman. Karena otot-otot dan saraf dalam tubuh menjadi rileks. Sehingga luangkanlah waktu untuk berendam menggunakan air hangat agar bisa cepat tertidur dan mengatasi masalah insomnia.

5. Mematikan Alat Elektronik

www.hidayah-art.com
gambar dari pixabay

Jika ingin cepat tertidur, akan lebih baik jika semua alat elektronik yang ada dalam kamar dimatikan. Karena alat elektronik hanya akan membuat kalian menjadi susah tidur. Alat elektronik seperti HP, TV, ataupun komputer sebaiknya dimatikan sebelum tidur. Hal ini karena lampu yang dipancarkan dari barang elektronik tersebut akan membuat mata kita menjadi tidak mengantuk dan susah tertidur.

______________

Walaupun insomnia tidak berbahaya, akan lebih baik jika masalah ini segera diatasi. Karena jika dibiarkan terlalu lama akan berpengaruh untuk kesehatan. Tidak hanya itu saja, insomnia atau kesulitan tidur akan membuat seseorang kesulitan berkonsentrasi. Dan ujung-ujungnya, membuat pekerjaan menjadi terganggu dan tidak bisa berjalan lancar.

Semoga Lima Cara Alami Mencegah Insomnia ini bisa bermanfaat untuk teman-teman. Terutama yang mengalami susah tidur saat malam hari. Lebih baik menggunakan cara alami mencegah insomnia. Karena dengan mengonsumsi obat-obatan agar tidur lebih cepat, bakal berdampak buruk di masa datang. Bisa saja kalian menjadi kecanduan dengan terus mengonsumsi obat-obatan. Ataupun efek samping dari obat-obatan bakal berpengaruh buruk pada tubuh kita. Yuk lebih aware dengan tubuh kita, teman. Wassalamualaikum.

34 comments :

  1. Hahahaha..

    Ini nih yang paling susah di hentikan "MEMATIKAN ELEKTRONIK" wooong Hape aja kalo malem masih tak genggam di tangan, karena main game..

    Nice sharing ya mba :)

    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kudu ada niat buat matikan elektronik, gak sosmed an dulu, hihii

      Delete
  2. alhamdulillah belum pernah kena insomnia mbak.. kalau agak malaman tidur pernah.. itu karena pikiran saya masih konsentrasi pada sesuatu.. salah satunya kalau tiba tiba mau tidur muncul ide nulis.. nah tu kalau nggak segera dicatatkan, maka saya belum bisa lelap tidur..karena mikirin, wiih ntar kalau nggak dicatat besok bisa lupa neh hehe... makasih tipsnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. HArus rileks sih kalo pengen tidur cepet. Kalo masih ada pikiran yang ngganjal jadi gak konsen istirahatnya, selesaikan dulu urusannya, hahaha

      Delete
  3. klo saya yg penting gak boci
    klo boci alamat malamnya gak bisa tidur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi kalo boci nya sampai dua jam lebih, malam pasti melek lama, hahaa

      Delete
  4. Aku kadang susah tidur juga, mungkin karena kebanyakan konsumsi kafein ya. Harus mulai olahraga teratur juga, nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, dikurangi dulu kopinya mbak, olah raga juga dikit2

      Delete
  5. Alat elektronik spt hp mmg bikin insomnia mb, karena keasyikan mainan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan giliran pengen tidur, mata terlanjur awas gak mau terpejam, hahaa

      Delete
  6. MUngkin aku insomania karena kurang olah raga mbak :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy mau jawab olah raga tapi udah keduluan.. hehe

      Betul mbak.. Olah raga sampai capek, ntar malemnya enak buat istirahat..

      Salam dari menggapaiangkasa.com

      Delete
    2. Bener sih, kalo udah cape tinggal tidur aja langsung ya

      Delete
  7. Aku mantan penderita insom akut mba. Kelima2nya sdh aku terapin. Ditambah satu minum coklat hangat kalo aku :) alhamdulillah skg uda berkurang. Kalo lg byk pikiran aja insomnya dtg... tfs yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah betul minum coklat hangat atau susu, jadi lambungnya tenang dan bisa bobok sampai mimpi indah, ya

      Delete
  8. Aku udah coba poin no 1 sampai 4. terbukti ampuh; jitu. Terutama yang nomor 1. Relate juga dengan mandi air hangat buat relaksasi. heheh. Yang kafein dari teh gak terlalu buatku, tapi kopi, beh, efeknya ajib banget. Tapi nomer 5, ya... hehehe. Rada susah ya. Nice info anyway Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. DImatikan bentar jelang mau tidur, pagi kan udah megang lagi. Hahaha, ternyata banyak yang nggak bisa berpisah dari gadged ya.

      Delete
  9. alhamdulilah aku termasuk yang kepala kena abntal langusng lep tidur

    ReplyDelete
  10. alhamdulilahnya aku termasuk yg kena bantal langsung lep tidur, bahkan kl lagi banyak masalah larinya ke tidur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo untuk tidur, sejenak masalah jadi lenyap mbak..

      Delete
  11. Ya Alloh mbaa pernah aku ngerasain gajisa tidur, aseli ga enak banget. Mana rumah sepi semua pada tidur aku krik krik sendiri. Aku coba baca buku juga ngga ngantuk2, tersiksaaa. Untung dah ga pernah ngerasain lagi yg kaya gt.

    ReplyDelete
  12. Kalau aku insomnia kalau terlalu capek karena badan gak enak semua hehe, atau ketika ada yang sakit kerasanya di badan gak enak jadi sulit tidur heuheu

    ReplyDelete
  13. Bagian 'konsumsi kafein' masih berat, mbak :D

    ReplyDelete
  14. aku insomnia nih mbak...dari poin di atas poin nomor 1 yang jarang dilakukan hehe

    ReplyDelete
  15. Insomnia itu ga enak banget,sama ga enaknya kalo ngantukan kayak yg saya alami ��

    ReplyDelete
  16. aku pun mencoba cukupkan tidur mba..itu salah satu kunci istirahat yang baik..

    ReplyDelete
  17. Aku mah ga ngaruh mbak mo minum kopi seteko kalo mgantuk ya tidur. Pelor banget aku hahhaha...

    ReplyDelete
  18. Aku setuju bgt ma yg no 5 itu mb matikan gadget....aku klu udh nempel kasur lgsung mimpi he he

    ReplyDelete
  19. Mematikan elektronik masih jadi PR buat saya :D

    ReplyDelete
  20. Saya dulu sering kena insomnia, olahraga teratur memang bermanfaat banget

    ReplyDelete
  21. Duh ternyata tidur nyenysk itu rezeki dan berkah ya mbaaa..

    ReplyDelete
  22. aku kadang insomsia, tapi karena salahku sendiri: minum kopi

    dan ga enak banget rasanya kalau ga bisa tidur, ntar paginya jadi nguantuuukkk.
    Makasih Mba, kudu OR teratur nih akunya

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...