Resep Ifumie SO GOOD Spesial - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Senin, 17 Juli 2017

Resep Ifumie SO GOOD Spesial


www.hidayah-art.com

Assalamualaikum teman. Resep Ifumie So Good Spesial ala saya ini cukup sederhana. Nggak ribet bikinnya, dan pasti jadi menu makan favorit untuk keluarga. Anak-anak saya cukup takjub waktu saya bikin pertama kali. Mereka bingung, mie goreng kriuk dan ada sayuran di atasnya. Mirip mie goreng kriuk disiram cap jai. 

Waktu saya jelaskan nama masakan yang baru saya sajikan itu adalah IFUMIE. Masakan yang tergolong chinese food ini merupakan makanan favorit di tanah air. Apalagi saya lahir di daerah Pecinan Semarang. Sejak kecil udah kenal banget dengan makanan ini.


Seperti yang dijelaskan di wikipedia, Ifu Mie adalah masakan yang terbuat dari mie yang direbus dan digoreng kembali. Biasanya berbentuk seperti mangkok, atau sarang burung yang lebar. Nantinya tumisan sayuran dituangkan di atas mie tersebut. Tumisan sayuran itu biasanya adalah cap jai.

Bayangkan aja makan mie yang dibentuk mangkok dengan cap jai di atasnya. Sensasi mie kriuk yang renyah dengan toping tumis sayur yang berwarna. Hmm, mantap sedapnya!

Ifumie banyak dijajakan di beberapa resto, warung kaki lima, bahkan penjual mie goreng yang keliling kampung. Namun nggak ada salahnya kalo kalian meracik sendiri masakan ini di dapur rumah. Aroma bumbu yang menguar ke seluruh ruangan di rumah kalian, bakalan mengajak anggota keluarga mengosongkan perutnya. Siap-siap aja menerima senyum terima kasih begitu mereka usai menyantap Ifumie masakan dapur sendiri.

www.hidayah-art.com

Saya lumayan sering bikin masakan tumis yang sederhana. Saya selalu mengajarkan anak-anak betapa pentingnya mengonsumsi olahan sayur. Karena pada masa pertumbuhan, kebutuhan sayur untuk anak-anak itu wajib dikonsumsi. Banyak serat, vitamin, dan mineral yang hanya terdapat dalam sayur. Tidak tergantikan oleh peran multivitamin. Saya berharap anak-anak tumbuh sehat dengan mengonsumi beragam sayuran. Kalo kebutuhan vitamin, mineral, karbohidrat, dan protein sudah tercukupi, mereka tentunya nggak gampang sakit. 

Mengajarkan anak-anak suka sayuran merupakan tugas seorang Ibu. Karena itu saya selalu mengajak anak-anak belajar mengenal beraneka sayur. Sejak usia dini, berbagai sayur saya tambahkan dalam masakan. Jadi ketika mulai remaja, mereka gampang aja makan sayur. 

Seperti saat pertama kali mengenalkan menu Ifumie. Karena sudah familiar dengan tumisan sayur, gampang aja menyajikan menu Ifumie ini pertama kali. Kebetulan di kulkas hanya ada So Good Chicken Stick dan So Good Sozzis, saya pun mengolahnya bersama sayuran favorit anak-anak. Ya, Brokoli dan Sawi putih itu merupakan sayuran favorit anak-anak.

So Good udah lama jadi menu pilihan di rumah. Semua anak kecil pasti suka dengan beragam daging olahan dari So Good. Tekstur dan rasanya yang lezat bikin anak-anak suka. Harganya juga nggak mahal. Jadi So Good selalu ada di kulkas karena tiap belanja ke minimarket sukanya masukin ke keranjang belanja. Apalagi anak-anak kalo ikut belanja suka mengingatkan, So Good nya tinggal dikit. 

"Beli yang Chicken Stick sama Karage, Bu," tutur anak-anak merayu saya.

Saya suka mengolah So Good Siap Masak jadi masakan baru. Bikin Ayam Goreng mentega tapi bahannya karage. Enak banget! Kalo Cap Jai saya juga suka kasih chicken stick, sosis, serta bakso. Tapi karena di kulkas stok bakso kosong, ya udah masak Ifumie pakai yang ada aja. 

Nah, kalo belum pede mengolah Ifumie di dapur sendiri, saya bagi resepnya untuk kalian. Ikuti aja langkah pembuatannya, dijamin pasti sukses.

Siapkan Bahan Ifumie :

www.hidayah-art.com

Mie keriting, ukuran 140gr
Rendam selama 5 menit dalam air panas, angkat dan tiriskan

www.hidayah-art.com

Tata mie di dalam Serok (alat masak dengan banyak lobang untuk mengangkat gorengan) sampai merata. Kemudian panaskan minyak dan goreng hingga benar-benar kering. Angkat dan tiriskan. Sisihkan di atas piring.

www.hidayah-art.com


Bahan Tumis sayur :


So Good Chicken Stick ukuran 200 gr, goreng hingga coklat keemasan

So Good Sozzis, Sosis Ayam siap makan, iris serong


www.hidayah-art.com

Sebelum mengolah bahan sayur, cuci bersih di bawah air mengalir dari kran.

2 buah Wortel, potong serong
100 gr Brokoli, potong masing-masing tangkai
100 gr Sawi putih, potong ukuran sedang
100 gr Sawi bakso, potong ukuran sedang
50 gr Kapri, buang kedua ujungnya
5 buah Buncis, bersihkan kedua ujungnya dan potong serong
i butir bawang bombay, cincang kasar
3 siung bawang putih, cincang kasar
2 sdm mentega
1/2 sdt Lada halus 
1 sdm saos tiram
1 sdt saos tomat
garam secukupnya
gula secukupnya
Penyedap rasa secukupnya
200 ml air
1 sdt maizena, campurkan dengan 3 sdm air, aduk hingga tercampur

Bahan pelengkap :

Slada untuk hiasan

Cara Memasak Ifumie :

1. Panaskan margarin dan masukkan bawang bombay. Aduk perlahan, masukkan bawang putih cincang. 

2. Bila bawang bombai dan bawang putih sudah layu, masukkan Wortel. Tunggu hingga cukup layu, tambahkan air. Aduk sebentar dan masukkan Brokoli.

3. Masukkan lada halus, saos tiram, saos tomat, dan garam. Bila sudah tercampur rata, masukkan semua sisa sayuran, So Good Chicken Stick, dan So Good Sozzis.

4. Masukkan gula dan cicipi, bila ada yang terasa kurang bisa tambahkan bumbu penyedap sesuai selera. Masukkan campuran maizena. Aduk-aduk hingga tercampur rata. Angkat dan sajikan.

Saya udah bikin video bagi yang ingin melihat prosesnya, silahkan klik video di bawah ini ya :


Cara Penyajian Ifumie :

Letakkan mie yang sudah digoreng di atas piring saji. Tata slada di bawah mie goreng. Kemudian, di atasnya sajikan tumisan sayur dengan kuah kentalnya.

www.hidayah-art.com

Ifumie siap disajikan pada orang-orang tersayang kalian. Sajikan dengan nasi atau tanpa nasi. Karena Ifumie cocok dimakan begitu saja. Namun kalo anak-anak saya selalu menikmatinya dengan satu sendok nasi putih hangat.

Bila kalian memiliki putra-putri yang masih kecil namun ingin membantu masak di dapur. Berikan tugas menyiapkan sayuran. Atau bisa juga mengupas bungkus So Good Sozzis. Dengan memberikan tugas ringan tersebut, si kecil akan bangga melakukannya. Ditanggung nggak bakal mengganggu proses masak kalian. Ciptakan suasana nyaman dan aman selama proses masak dengan si kecil. 

Resep Ifumie SO GOOD Spesial ini bisa juga dihidangkan saat ada anggota keluarga yang berulang tahun. Sajian spesial untuk hari yang spesial pasti bikin hati setiap orang bahagia. Gimana teman, berani coba bikin Ifumie spesial ini? Atau mungkin kalian punya resep sendiri? Bagikan yuk dengan mengikuti Lomba Kreasi Masak ala SO GOOD. Lomba ini sudah dimulai pada tangal 8 Juni dan berakhir tanggal 23 Juli 2017. Jangan sampai ketinggalan dan nggak ikut lombanya ya. Banyak hadiah kece menanti kalian. Wassalamualaikum.

Tidak ada komentar: