Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

17 Oct 2016

Bagaimana Pepatah "Waktu Adalah Uang" Berlaku saat Booking Hotel?

www.hidayah-art.com

Assalamu'alaikum. Bagaimana pepatah "Waktu Adalah Uang" Berlaku saat Booking Hotel?  Iya dooong, karena makin banyak kegiatan kita, waktu menjadi begitu berharga. 

Booking hotel adalah bagian penting dari kehidupan modern saat ini. Karena bepergian untuk melakukan perjalanan bisnis, perjalanan wisata, atau untuk sekedar menginap karena kemalaman di perjalanan, sudah jamak dilakukan dan semakin sering dimanfaatkan oleh sebagian besar traveller

Tidak terkecuali saya pribadi, yang lumayan sering melakukan perjalanan dan terpaksa harus menginap. Udah tahu kan kalo saya sering ngintil suami kerja sampai luar kota. Bagi saya, hotel adalah pilihan tepat sebagai tempat menginap karena berbagai kemudahan dan fasilitas yang disediakan.
Kadang-kadang, saya juga tidak sungkan-sungkan untuk memilih hotel yang biasa-biasa saja dengan fasilitas sederhana. Selain harganya murah, tentu kenyamanan saat beristirahat juga cukup terjamin. Kadangkala, saya tidak membutuhkan fasilitas yang mewah terutama saat tidak berwisata bersama keluarga. Hotel yang murah pun sudah cukup bagi saya dan suami untuk menginap saat kerja di luar kota.

www.hidayah-art.com
hotel di kota Solo
Ngomong-ngomong soal hotel, bisnis, dan pepatah yang mengatakan "waktu adalah uang," Ada beberapa hal yang saya rasa penting untuk dibahas.

Modernitas ditandai dengan persaingan yang ketat hingga semakin mudah dan praktisnya segala sesuatu. Misalnya, untuk bepergian, kita bisa mengandalkan pesawat sehingga bisa mencapai tempat yang kita tuju dalam waktu singkat. Kemudian smartphone diciptakan juga untuk mempermudah berbagai aktifitas yang kita lakukan sehari-hari mulai dari kegiatan berinternet, bersosialisasi, berkomunikasi, hingga berbagai hal yang berkaitan dengan pekerjaan.
Bahkan, melalui gadget atau smartphone kita bisa booking hotel, booking tiket pesawat, booking tiket kereta, dan melakukan hal sepele hingga yang paling penting lainnya. Terkesan sangat praktis dan mudah.
www.hidayah-art.com
gambar diambil dari telegraph.co.uk
Saya pribadi sangat concern kalau berbicara mengenai waktu. Satu contoh, ketika dihadapkan apakah harus membeli sayuran yang sedikit harganya lebih mahal di penjaja sayuran keliling atau harus pergi ke pasar yang jaraknya lumayan jauh namun harganya lebih murah. Saya cenderung memilih untuk membeli sayuran dan kebutuhan dapur di pedagang keliling. 

Mengapa? Sederhana aja! 

Jawabannya adalah “waktu” yang saya habiskan untuk pergi ke pasar dan melakukan tawar-menawar, berkeliling mencari apa yang harus dibeli, dan lain-lain, jauh lebih banyak dibandingkan apabila saya membeli di depan rumah.
Jika saya bisa menghemat satu jam, dan jika dalam 1 jam saya bisa mengumpulkan uang misalnya, Rp.50.000-Rp.100.000, maka kalau dipikir-pikir, selisih harga yang tidak sampai Rp.10.000 membeli sayur di depan rumah dengan membeli sayur di pasar yang memakan waktu akan terasa begitu signifikan.
teropongbisnis.com
gambar diambil dari teropongbisnis.com
Itulah salah satu metode yang sering saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak terkecuali juga saat harus memesan kamar hotel. Saat membutuhkan sebuah kamar hotel di tempat tertentu, saya lebih cenderung memilih menggunakan aplikasi di smartphone dan booking hotel melalui aplikasi Booking Online. Selain lebih praktis dan lebih mudah, metode ini juga bagi saya cenderung lebih aman. 

Selain itu, saya juga orang yang mudah was-was sehingga memesan secara online dan membayar terlebih dahulu kamar hotel yang saya inginkan membuat saya jauh lebih tenang saat berada di perjalanan. Hampir bisa dipastikan saya cenderung menghindari metode direct booking dimana kita harus datang langsung untuk memesan kamar di hotel favorit.
Bahkan pada saat kemalaman dan harus menginap di sebuah hotel, saya selalu berusaha untuk menyempatkan diri pesan hotel melalui aplikasi terlebih dahulu. Apalagi jika waktu itu adalah saat musim liburan tiba, misalnya pada saat liburan nasional seperti tahun baru, pada saat lebaran, atau pada saat saat liburan anak-anak sekolah.

Jangan sampai pengalaman mengetuk pintu hotel satu persatu, terulang lagi deh. Masih ingat kan dengan cerita saya mencari hotel di Jogja usai libur Natal jelang tahun baru? Capai bangeeet!
Daripada datang ke hotel dan tidak mendapatkan kamar, tentu akan memakan waktu lebih banyak jika kita harus putar balik dan mencari hotel yang lain. 

Selain itu, soal pembayaran saya tidak pernah khawatir mengingat hampir semua agen online menawarkan kamar hotel dengan sistem pembayaran yang mudah. Metode yang paling sering saya gunakan untuk membayar hotel adalah melalui mobile banking. Walaupun metode yang lain juga tersedia seperti: Melalui internet banking, sms bangking, pembayaran melalui ATM, Paypal, via Indomaret, transfer langsung di bank, dan lain-lain.
www.hidayah-art.com
Booking hotel bayar via Mobile Banking
Booking hotel melalui aplikasi yang hanya memakan waktu beberapa menit, saya rasa jauh lebih efektif, lebih efesien, dan ujung-ujungnya juga jauh lebih murah apabila kita berpikir "waktu adalah uang."
Harga yang ditawarkan oleh pihak hotel maupun agen online sebenarnya tidak jauh berbeda seperti bagaimana saya menganalogikan antara penjual sayur keliling dengan membeli sayur langsung di pasar. Bagaimana dengan teman-teman? Pilih mana, booking online atau datang langsung ke hotel untuk menginap? Share yuk di sini, setiap orang punya pilihan. Tapi saya lebih memilih booking online. Wassalamu'alaikum.

27 comments :

  1. Hitungannya detil banget Mbak Wati. Tapi memang harus gitu, sayang kalau waktu terbuang percuma ya. OTA lebih simpel :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya mba Wahyu, kalo dikalikan sebulan kan lumayan buat yang lain, hehehe

      Delete
  2. Kalau ada yang lebi mudah dan lebih praktis kenapa mesti pilih yang njelimet yaa mba..hihi..booking online lewat OTA lebih efisien :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Icha, enakan booking online aja. Hemat waktu, tenaga, dan duit juga :)

      Delete
  3. Kalau ada yang lebi mudah dan lebih praktis kenapa mesti pilih yang njelimet yaa mba..hihi..booking online lewat OTA lebih efisien :)

    ReplyDelete
  4. Betul Mbak, lebih baik booking hotel lewat online, daripada ngedadak nyari di tempat wisata.
    Karena saya pernah mengalaminya Mbak. Hotel penuh, karena pas liburan panjang, akhirnya baru dapet jam 1 malam. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong Fit, aku malah baru paginya dapat kamar, pegel semua tubuhku.

      Delete
  5. booking lewat ota enak ya mbak kyknya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja mba Ningrum, ntar sharing pengalaman pakai OTA yaa

      Delete
  6. Kalau saya juga pilih yang murah kalau bayar sendiri, di Solo biasanya nginep di Arina hotel, kalau dibayarin kantor di Paragon hotel hee, mbak Wati aplikasi OTA itu kalau booking harus punya kartu kredit gak, soalnya kita sudah off kartu kredit 2014 lalu, adanya debit hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak perlu kartu kredit loh Vita, di atas udah kutulis juga. Biasanya pakai mbanking, ATM, bebas sih punyanya fasilitas apa.

      Delete
  7. Pengin tiru2 mbak Hidayah ini ajaa yg lebih simpel booking penginapan pake app OTA keren kan☺

    ReplyDelete
  8. Pesan hotel melalui aplikasi tentu lebih praktis ya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih praktis, hemat waktu dan tenaga, juga duit, pak Ustadz

      Delete
  9. Setuju banget, Mba Wati. Jaman digital sekarang emang bener-bener membuat segala sesuatu lebih efektif dan efisien.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita jadi dimudahkan, napa milih yang rumit ya.

      Delete
  10. Bener banget... apalagi kalau lewat online bisa bandingin harga juga kan? sudah lebih cepat, bisa dapat harga lebih murah, sampai tempat wisata langsung menuju lokasi tanpa bingung nyari penginapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Rin, nggak usah keliling cari hotel, bikin pegel ati dan kaki, hihii

      Delete
  11. Bener mba...aku ya prefer pake agent travel online sih.
    Selain praktis suka ada promo/diskon lumayaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pas butuh pas ada promo gitu asik ya mbak Ophi.

      Delete
  12. Apa-apa sekarang bisa dilakukan dengan online. Lebih mudah ya mbak

    ReplyDelete
  13. Sekarang lebih mudah ya mbak kalau cari hotel. Dulu belum ada aplikasi online pesen hotel saya pernah satu2 datengin hotel hihihii..

    ReplyDelete
  14. wew, ga perlu ke hotelnya langsung jadinya ya Mba :-D

    ReplyDelete
  15. sepertinya lbh memilih booking online saat ini. dulu pun sebelum ada online booking, kl datang go show ke hotel kayaknya lbh mahal harganya

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...