Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

14 Jul 2016

Cara Jitu Mendapat THR Bagi Penulis Freelance

www.hidayah-art.com

Assalamu'alaikum. Lebaran sudah berlalu, tapi gaungnya serasa lekat dalam ingatan. Apalagi kalo duit di dompet juga ikut berlalu, makin berasa banget pasti aura kesedihannya. Duuh, jangan berlarut-larut dibuai kesedihan ah. Justru dompet kosong kudu makin semangat berkarya. Apalagi buat para freelancer yang dompetnya terisi bila sudah berkarya. Enggak bisa rutin dan tetap jumlahnya tak mengapa, yang penting pemasukan tetap banyak. Loh!

Seperti saya yang udah resign dan mempersiapkan hati dan isi dompet karena lebaran kali ini nggak ada lagi bos yang bakal kasih saya THR. Ya iya lah, saya kan sudah memilih jadi Freelancer sebagai Blogger dan penulis lepas, jadi nggak bakal ada yang kasih THR. Seperti ketika saya masih kerja kantoran.


www.hidayah-art.com
Tapi saya nggak mau dong lebaran tahun ini dan tahun berikutnya jadi hampa gara-gara tidak menerima duit menjelang lebaran. Saya berusaha menuai THR dari sumber keuangan yang dapat diandalkan menjelang lebaran. 

Seperti apa sih sumber keuangan agar saya tetap bisa dapat THR? Santaiii, sumber keuangannya halal dan bisa dipertanggungjawabkan. Saya akan berbagi pengalaman dari beberapa teman blogger dan penulis, dan tentu saja pengalaman sendiri. Yuk baca satu persatu, boleh juga ditambah bila masih ada yang kurang saya tuliskan di sini.

- Dari Tabungan sendiri


www.hidayah-art.com
Picture by Pixabay

Setiap bulan kan saya dapat Job Review, ini nggak bermaksud riya' ya. Nah, meski nominal yang saya terima nggak sebanyak seleb blogger, bisa lah saya tabung sebagian besar di bank. Lumayan juga tuh jumlahnya, bisa buat bagi-bagi angpau seperti tahun sebelumnya.

- Dari Hadiah Lomba

Saya bukan blogger remahan. Hati-hati deh dengan candaan penyebutan diri meski cuma dijadikan status di facebook kalian. Saya nggak pernah ikut-ikutan menyebut diri sebagai blogger apalah apalah. Saya bangga menjadi blogger, dan saya nggak mau mengelompokkan diri saya sebagai blogger ini itu. 

Saya ingin berkarya dengan menulis konten yang baik dan bermanfaat bagi pembaca. Alhamdulillah, dengan konsisten menulis artikel yang baik, saya sudah merasakan #berkahngeblog dari lomba blog. Menjelang lebaran lalu, saya menikmati transfer dana dari panitia lomba karena artikel saya terpilih sebagai juara 2. Senang banget loh melihat nominal yang tercetak dan menambah pundi-pundi tabungan. Saya tak henti menatap lembar buku tabungan di pelataran cabang bank di daerah Majapahit Semarang. Senyum-senyum sendiri, sampai dicolek pak suami agar segera masuk mobil. Hehehe.

Nah, sepertinya bukan cuma saya yang menerima THR dari lomba blog. Selama bulan Ramadhan kemarin, bersliweran di linimasa facebook, kabar gembira dari sejumlah teman yang menang lomba. Saya ikut senang membaca kabar gembira tersebut. 

- Menjadi Kuis Hunter

Kalo saya sih belum pernah menang kuis hunter berupa duit berjuta-juta. Selama ini saya baru sebatas dapat buku, pulsa, atau tas dari kuis di Twitter, atau Facebook. Pernah juga dapat makanan, hehehe. 

Tapi ada beberapa teman juga yang menikmati buah manis sebagai kuis hunter. Lumayan loh, ada brand yang kasih hadiah hingga tiga jeti. Asik kaaan?!

- Mengirim Naskah ke Media

Nah, ini nih yang paling cepat juga dapat duitnya bila teman-teman mengirimkan naskah sebanyak-banyaknya kepada beberapa media. Jadi misalkan kita kirim 10 naskah ke 10 media, semoga aja ada 3,4, atau mungkin kesepuluhnya nyantol semua dan dimuat. Asik ya, lumayan kan dapat duit menjelang lebaran.

- Royalti Buku

Wah, kalo yang ini sih saya belum pernah menikmati. Kecuali saat saya ikut lomba menulis yang hadiahnya duit. Saya pernah tuh merasakan menang lomba menulis dan dapat duit lumayan banyak dari penerbit mayor. Nggak apa sih bukunya hingga detik ini belum terbit, tapi duitnya udah dinikmati sampai habis, hehehe.

Kalo saya cuma punya ide Lima Cara Jitu Mendapat THR Bagi Penulis Freelance. Nah, gimana dengan kalian yang juga bekerja sebagai Freelancer? Punya tips jitu lain? Cerita yuk di kolom komentar. Kan lumayan ya kalo bisa dapat pemasukan jelang lebaran, bisa berbagi rezeki juga. Entah untuk sedekah, bagi angpau, atau pun belanja kue lebaran. Semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca di blog ini. Wassalamu'alaikum.

15 comments :

  1. Haha..betul juga ya, setelah jadi freelancer duit jadi dimana-mana (kalo ada job). Tapi mayan lah...aku masih punya simpenan karena invoice nya belum caiir.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, yang penting rajin nulis kannn. Asik tuh masih ada calon pemasukan usai lebaran :)

      Delete
  2. Wah banyak cara ya mbak ... Saya newbie bgt ni, jd dpt ilmu baru ... Makasih ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga masih terus belajar dari blogger yang udah banyak pengalaman, Ri

      Delete
  3. Bener banget cara2 terswbut bisa bikin kita ga sedih kalo ga dapat thr secara official ya

    ReplyDelete
  4. hahahha banyak banget pundi2 THR nya ya Mbaaa...
    Maujuga donk hihii...

    ReplyDelete
  5. Aku sdh lama gak dpt THR, jd emang nggak ngarep dan msh jg hidup, hihihi

    Maaf lahir batin, mbak

    ReplyDelete
  6. waah boleh juga nih dicoba cara2nya mba...biar bs dobel THRnya hahaha.
    alhamdulillah sblm lebaran kmrn ada 2 lomba blog yang aku menangin yang hadiahnya cash n jumlahnya lumayan banget...ngelomba memang nagih sih yaa

    ReplyDelete
  7. tipsnya sangat menarik mbak..idih..kok ada ya mbak yang menyebut dirinya sdr blogger remahan :( kalo kirim naskah k media, media apa aja mbak?

    ReplyDelete
  8. kebetulan saya juga freelancer tapi bukan hanya dalam dunia blogging. Tapi bidang lain juga, memang namanya THR masih bisa dinikmati meski kadang trfnya suka mepet2 gitu :D. Royalti buku, kadang ada juga penerbit yang ngirim royaltinya 6 bulan sekali, Mbak. Buat lomba, saya masih perlu bekerja lebih keras nih, hihihi

    ReplyDelete
  9. Wah..ternyata banyak juga ya..sumber THR untuk freelancer

    ReplyDelete
  10. Asal ada kemauan, dari rumah pun bisa menghasilkan ya.. mau dong Makdijelasin detailnya bagaimana ngirim naskah ke media

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah aku juga merasakan berkahnya ngeblog, menang ngeblog, baik uang atau barang lumayan lah, bangga jadi blogger bantu promosi dan mengangkat tempat wisata 😊

    ReplyDelete
  12. Wah... asyiknya mbk. Saya lagi stagnan nulis nih, blognya jadi gak keurus, cuma bisa dipantengin aja.. gak pernah update #sedih

    ReplyDelete
  13. Senangnya bisa mendapat THR hehehe :D mantap nih tipsnya dan perlu dicoba hehe

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...