Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

19 May 2017

Tips Aman Melakukan Perjalanan Menggunakan Kereta Api Malam



www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Tips Aman Melakukan Perjalanan Menggunakan Kereta Api Malam. Banyak yang sering menggunakan kereta api malam nggak sih? Saya sendiri naik kereta ke Surabaya dari Semarang pilih pagi hari. Pak suami justru yang sering menggunakan kereta api malam. Dua minggu sekali ke Jakarta, dari stasiun Tawang selalu malam. Ntar nyampai Jakarta jelang Shubuh.


Secara garis besar sih, perjalanan dengan kereta api dibedakan menjadi dua jenis. Pertama perjalanan kereta pada pagi, dan kedua perjalanan kereta saat malam atau overnight. Perjalanan pagi biasanya memiliki jarak yang terlalu dekat atau jarak jauh dengan waktu tempuh lebih dari 6 jam. Perjalanan selanjutnya dilakukan malam hari dengan jarak yang cukup jauh. Biasanya antar provinsi, misal dari Malang menuju Jakarta.

Selain masalah waktu, yang membedakan kereta api pagi dan malam adalah risiko yang didapatkan. Saat pagi, beberapa penumpang jarang tidur. Mereka bisa mengawasi semua barangnya dengan baik dan mudah. Sementara itu untuk kereta malam, hampir sebagian besar penumpang tidur sehingga keamanan barang-barangnya sangat rendah.

Berkaca dari situasi di atas, melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api malam memang lebih berisiko. Namun, bukan tidak mungkin dilakukan dengan baik. Setelah tiket KAI sudah di tangan, berikut tips yang bisa teman-teman terapkan. Maksudnya tentu saja agar perjalanan kereta api malam bisa berjalan dengan aman dan nyaman.

1. Memilih Tempat Duduk Yang Strategis

www.hidayah-art.com

Masalah utama saat melakukan perjalanan malam dengan kereta api adalah keamanan. Untuk sedikit meminimalisasi hal itu, kalian bisa memilih tempat duduk yang strategis. Misal, kalian bisa memilih tempat duduk yang letaknya dekat dengan gerbong petugas kereta. Selain itu, tempat duduknya juga  yang bisa diamati dari jauh. Dengan begitu, teman-teman bisa sedikit tenang ketika tidur.

Nah, agar bisa mendapatkan tempat yang nyaman, tentunya kalian harus melakukan pemesanan jauh-jauh hari. Di Indonesia, tiket kereta api jarak jauh bisa dipesan sejak H-90. Teman-teman bisa memesannya paling tidak sebulan sebelum keberangkatan agar bisa memilih tempat duduk melalui aplikasi dan juga web.

Zaman sekarang, sudah banyak perusahaan yang menyediakan jasa pemesan tiket seperti Traveloka. Dengan menggunakan aplikasi ini, kalian bisa memesan tiket melalui aplikasi ponsel. Dalam hitungan menit, kalian bisa memesan jenis kereta, kelas, dan tempat duduknya. Selanjutnya teman-teman tinggal melakukan transfer dan tiket segera ditransfer ke surel yang digunakan untuk mendaftar.

Gampang kan, teman-teman tidak perlu lagi antre di stasiun selama beberapa jam hanya untuk tiket kereta api. Dari ilustrasi di atas saja terlihat jelas mudahnya beli tiket KA di Traveloka. Tinggal klik dan semuanya bisa berjalan dengan cepat.

2. Jangan Membawa Barang Terlalu Banyak

www.hidayah-art.com

Untuk perjalanan jauh, mending kalian bawa barang-barang yang dibutuhkan saja. Usahakan semua barang ada dalam satu tas yang bisa diberi gembok. Hindari membawa lebih dari satu tas  untuk menghindari kehilangan. Atau kalian bisa saja terlupa membawanya kembali. Membawa lebih dari satu tas juga membuat kalian lebih kesusahan karena harus menenteng sembari membawa ransel di punggung.

Selain membawa barang dalam satu tempat, pisahkan benda berharga seperti dompet, ponsel, atau kamera dalam satu tas kecil. Saat tidur, teman-teman bisa memegangnya dengan erat. Dengan tidak ada barang berharga di dalam tas, tidur bisa berjalan dengan tenang tanpa ada rasa khawatir yang berlebihan.

Temans, sempatkan yuk baca cerita jalan-jalan saya :

Bermain Air di Air Terjun Sekar Langit Magelang 

3. Membawa Headphone atau sejenisnya

www.hidayah-art.com
picture by Pixabay
Tidak semua orang bisa tidur di situasi yang terlalu berisik entah itu karena banyak orang atau suara kereta yang bergerak di atas rel. Untuk menghindari gangguan tidur dan membuat kalian selalu terjaga, gunakan headphone untuk mendengarkan musik-musik pengantar tidur. Kalian juga bisa mencari lagu terlebih dahulu sebelum berangkat atau mendengarkannya secara online.

Susahnya tidur di kereta akan mengganggu kalian dalam perjalanan wisata. Saat menjelang siang kalian akan kembali mengantuk dan tidak bisa menikmati semua destinasi yang telah direncanakan sebelumnya. Untuk itu, berusahalah tidur dengan baik bagaimana pun caranya, misal dengan membaca buku.

4. Membawa Jaket atau Pakaian Tebal

www.hidayah-art.com

Kereta tidak sama dengan kamar yang ada di rumah atau pun hotel. Beberapa kereta ekonomi AC, eksekutif, dan bisnis di Indonesia memiliki AC yang sangat dingin. Beberapa orang mungkin akan nyaman dengan situasi ini. Namun, mereka yang terbiasa tinggal di kawasan panas seperti Jakarta atau Surabaya, dinginnya AC bisa membuat mereka susah tidur atau flu.

Untuk mengatasi hal tersebut, disarankan untuk membawa jaket atau pakaian tebal. Bila perlu kaus kaki dan kaus tangan bisa digunakan. Dengan membawa perlengkapan tidur itu, udara dingin di dalam kereta bisa diminimalisasi.

5. Makan Terlebih Dahulu Sebelum Berangkat

www.hidayah-art.com
picture by Pixabay
Sebelum naik ke dalam kereta dan melakukan perjalanan jarak jauh, disarankan untuk makan malam terlebih dahulu. Teman-temanbisa makan dari rumah atau makan di kedai dekat dengan stasiun. Kalau kalian merasa belum lapar, bisa membawa bekal yang awet dan bisa dimakan kapan saja hingga esok hari.

Kereta malam mungkin memiliki restoran di bagian ujung depan atau belakang. Namun, karena jarang sekali yang menggunakan restoran itu, beberapa persediaan makanan kerap kosong. Beberapa yang masih ada hanyalah kopi atau teh yang tidak akan membuat rasa lapar kalian jadi hilang.

6. Pasang Alarm Agar Bisa Turun di Stasiun Yang Tepat

www.hidayah-art.com
picture by Pixabay
           
Seseorang yang tidur dengan nyenyak biasanya susah dibangunkan. Mereka pun tidak bisa mendengar pengumuman dari kereta tentang stasiun yang akan disinggahi. Jika stasiun yang akan kalian tuju adalah yang terakhir, tidur tidak menjadi masalah. Namun, jika stasiunnya bukan yang terakhir, kalian akan mengalami masalah karena harus kembali ke kota yang dilewati.

Untuk menghindari hal buruk itu, disarankan untuk memasang alarm pada ponsel. Kurangi 30-45 menit jadwal tiba untuk setingan. Dengan setingan itu, teman-teman tidak akan salah turun dan bisa bersiap untuk turun dengan keadaan yang sudah terjaga sempurna.

Inilah beberapa tips melakukan perjalanan menggunakan kereta api malam. Semoga bisa dijadikan acuan ketika teman-teman melakukan perjalanan malam jarak jauh. Ah iya, jangan lupa berdoa agar hati kalian tenang. Pergi sendirian naik kereta api malam pun tak masalah. Teman-teman sharing yuk, pengalaman naik kereta saat malam. Wassalamualaikum.

24 comments :

  1. Wah, aku belum pernah nih naik kerata api malam. Patut dicoba tipsnya, makasih ya Mbk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini juga dari pengalaman pak suami yang sering naik kereta malam ke Jakarta, mba Naqi

      Delete
  2. Aku kalau naik kereta jarang tidur jadi ga pasang alarm heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kalo perjalanan jauh pasti tidur. Mata nggak kuat melek lama, hihii

      Delete
  3. aku lebih suka kereta pagi..banyak yg bisa dilihat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, sama mba Ade. Aku juga suka pagi, apalagi rute Smg -jakarta itu ada pantainya kalo sampai weleri

      Delete
  4. aku lebih suka kereta pagi..banyak yg bisa dilihat

    ReplyDelete
  5. berdoa , sudah psti bun. jaga stamina badan juga dan minum kopi deh, kalau berangkat malam . hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku udah lama nggak minum kopi, bikin pengen ke toilet, hahaa

      Delete
  6. aku udah lama pingin naik kereta api mbak wati tapi belum kesampaian sampai sekarang...nt deh kalau liburan smoga terwujud

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik yang menuju Solo aja, trus ganti jurusan ke Jogja, deket kan itu

      Delete
  7. Kapanhari saat perjalanan dari jember ke solo, kaki kedinginan akhirnya beli kaos kaki untuk dipakai saat perjalanan balik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya mba, pakai kaos kaki emang bikin hangat. Kapan ke Semarang lagi mbak, naik kereta bisa kan :)

      Delete
  8. Barang tu lo, gabisa dihemat pasti barangku banyak mbak. Kok susah ya meminimalisir bawaan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wihhh berapa hari perginya mba, sampai banyak gitu bawaannya, hehee

      Delete
  9. minum obat mabuk mungkin bisa membantu agar bs nyenyak tidurnya

    ReplyDelete
  10. Aku udah lama banget ga naik kereta. Jadi rindu. Dulu kalau mudik suka naik kereta malam ke Surabaya atau Malang. Senang sih, tapi lumayan pegel pantat, padahal masih 5 jam lagi jalan darat menuju tempat tujuan dari stasiun.
    Perut harus diisi itu penting banget. Biar ga masuk angin. Kalau aku ga lupa bawa minyak angin hehehehe

    ReplyDelete
  11. Hai mba. Dulu banget pas belum nikah lebih milih naik kereta dari Jakarta ke Surabaya. ENaknya sih bisa tiduran di kereta dan istirahat di kereta mnurutku nyaman. Eh skarang udah nggak pernah kereta jarak jauh. Aku simpan ah tipsnya :)

    ReplyDelete
  12. Aku dari kecil sering diajak kalo keluar kota naik kereta malam mba.. Dan sekarang pun kalo ke luar kota bareng anak jg lbh suka naik yg waktu malam.. :) Bener bgt mesti bawa jaket dan makan sebelum berangkat. Aku jg bawa makanan biar kalo tengah malem kebangun laper bisa makan bekal.. :D Enaknya naik kereta malam bisa bobok, apalagi anak2 jg ikut tidur. Kebayang kalo siang mereka pasti gak bisa diem.. Hehe

    ReplyDelete
  13. Perjalanan panjang naik kereta api memang favorit aku dan suami mbak. Enak, bisa istirahat dan kalau di kereta suasananya sunyi apalagi kalau malam hari.

    ReplyDelete
  14. Kalau aku naik kereta bawaannya susah tidur, paling ngantuk2 dikit melek lagi. Amannya sih minimal pergi berdua ya supaya bisa saling menjaga, kalau pergi sendiri kudu ekstra waspada

    ReplyDelete
  15. Udah lama banget ga pernah naik kereta api, setelah pindah ke India ga berani naik kereta di sini.

    ReplyDelete
  16. Enakan malam kalo naik kereta tinggal bobok, nyampe..asal ngga lupa bawa jaket..

    ReplyDelete
  17. belum pernah naik ckckck, jadi ga bisa rasain :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...