Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

19 Nov 2016

Tips Cara Mengatur Gaji Bulanan Agar Dompet Tak Meringis Jelang Akhir Bulan


www.hidayah-art.com

Assalamu'alaikum sahabat. Udah mau akhir bulan nih, apa kabar isi dompet sahabat? Semoga tetap tebal dan bisa untuk belanja bulanan ya. Nggak enak banget kalo nyaris akhir bulan, duit pun nyaris tinggal dua lembar warna biru. Alamaaakkk, mana cukup buat belanja kebutuhan dapur? Nah, saya punya tips cara mengatur gaji bulanan agar dompet tak meringis jelang akhir bulan.

Hahaaayyy, kalo dompet meringis, kita serasa ingin menangis. Tapi menangis nggak bikin masalah terselesaikan. Dari pada nangis nyesek, mending belajar mengatur gaji bulanan aja. Apalagi buat emak-emak yang kebutuhannya kayak nggak pernah abis. 

Ada tips cara mengatur gaji bulanan, yang udah lama banget saya terapkan pada diri sendiri. Yuk baca lanjutannya ya.

1. Bikin Beberapa Amplop Untuk Masing-Masing Pengeluaran

Setiap menerima gaji bulanan, saya langsung mengelompokkan pengeluaran rutin yang mesti ada tiap bulan. Seperti membayar uang SPP anak-anak, uang saku, donasi, untuk bapak ibu, untuk bayar listrik dan tagihan telepon serta internet, belanja bulanan, belanja harian untuk keperluan dapur, dan lainnya.

Jangan pernah mengambil atau pun dengan alasan meminjam duit yang udah ada di amplop untuk keperluan lain. Kan kadang ada tawaran dari teman, mumpung diskon belanja gamis atau wadah cantik untuk dapur. Nanti deh kalo dapat duit arisan bakal diganti. Tapi waktu beneran dapat duit arisan, lupa deh sama janji dengan diri sendiri. Duit arisan buat borong sepatu di mall. Akhirnya, duit yang mestinya untuk bayar telpon nggak ada penggantinya. 

Minta suami? Ihhh, saya sih sungkan kalo minta lagi. Kecuali kalo minta untuk membeli sesuatu yang memang belum dianggarkan dan saya menganggap penting. Tapi kalo untuk mengganti duit yang udah ada pos pengeluaran, saya selalu berusaha tidak memakai untuk yang lainnya.

2. Bawa Catatan Saat Belanja Bulanan 

Siapkan catatan yang isinya kebutuhan barang untuk seminggu, dua minggu atau sebulan mendatang. Jadi tangan kita nggak bakal tergoda mengambil barang yang tak diperlukan dari rak etalase. 

Atau saat ada beli 2 dapat tiga, untuk barang yang belum kita butuhkan pada saat satu bulan ini. Bukannya untung, malah boros karena membebani pengeluaran bulan ini. 

Eh tapi boleh juga memilih barang kebutuhan yang selalu rutin kita pakai setiap bulan. Misal sabun cuci pakaian atau sabun mandi, bumbu dapur, dan mi instant. Beberapa barang ini biasanya selalu habis dalam satu bulan. Jadi kalo ada promo beli lima bayar empat, saya selalu memasukkannya ke dalam keranjang belanja.

3. Pilih Mini Market Dekat Rumah

Kalo ada mini market dekat rumah, ngapain belanja ke mall yang jauh di pusat kota? Itu prinsip saya dan suami. Apalagi dekat rumah ada mini market Alfamart yang menyediakan segala kebutuhan rumah tangga. Mulai dari sabun mandi, hingga popok sekali pakai untuk anak-anak. Dari bumbu dapur hingga perawatan tubuh. 


Saya dan suami bahkan masing-masing punya kartu Alfamartku, saking seringnya belanja di tempat terpisah. Suami karena sering keluar kota, dan saya karena hobi belanja di Alfamart. Tentunya butuh kartu sendiri dan nggak perlu nunggu belanja bareng kan?!

Ya, karena di mana pun kita berada, Alfamart selalu siap menyediakan segala kebutuhan kita. Jadi ngapain milih yang jauh, kalo ada mini market dekat dengan keberadaan kita?! So, jangan cemas karena ada puluhan ribu gerai Alfamart tersebar di seluruh Indonesia.

4. Makan Dulu di Rumah Sebelum Belanja Bulanan

Dulu saya selalu pengen mengambil berbagai barang yang ada di etalase saat belanja. Ada produk biscuit yang terlihat enak, langsung aja masuk kerangjang belanja. Atau ada promo parfum dengan harga diskon 30%, hahaayyy tentu aja saya segera mengambilnya. Padahal di rumah masih ada tiga botol parfum yang masih dalam kemasan segel. 

Ternyata bikin kenyang perut sebelum pergi belanja adalah solusi jitu agar tak kalap mata. Kalo perut udah penuh, nafsu belanja yang nggak penting bakal menghilang. Jadi duit di dompet aman, karena nafsu belanja udah terpuaskan dari barang yang ada dalam daftar.

5. Belanja Saat Ada Promo


Biasanya saya suka mencatat dalam ingatan, kapan ada promo belanja hemat di Alfamart. Nah, saat ada promo hemat, saya kan segera belanja kebutuhan rumah tangga. Lumayan loh bisa menghemat uang belanja beberapa ribu rupiah untuk satu atau dua item. Apalagi kalo belanja sabun cuci dapat bonus pewangi lantai. Wah, lumayan kan!

Eh, kalo yang gajinya dua minggu sekali gimana? Gampang malah, tinggal belanja aja saat ada promo pas tanggal gajian. Karena Alfamart selalu ada promo menarik tiap hari. Bagi saya belanja di Alfamart itu memuaskan. Sesuai banget dengan slogan Alfamart, belanja puas harga pas! 

Nah, udah komplit sih kayaknya tips cara mengatur gaji bulanan agar dompet tak meringis jelang akhir bulan. Atau sahabat bisa loh menambahkan tips yang berbeda di kolom komentar. Sharing yuk, sahabat. Wassalamu'alaikum.

Foto :
- koleksi pribadi
- website Alfamart

15 comments :

  1. kalau kondisi perut kenyang juga kalo jalan2 pengene beli apa gtiu mbak.. es krim lah, atau es teh lah.. atau sego kucing wkwkwk..

    tipsnya oke banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan lagi hamiiil, ada excuse deh, Pit 😁

      Delete
  2. Aku juga selalu catet apa yang mau kubelanjain. Gaboleh melenceng, tapi seringnya melenceng sih, hihihi. Pokoknya jadi emak harus Mak Irits :D
    Makasih tipsnya Mbak Wati :)

    ReplyDelete
  3. Harus kenyang dulu ya mbak? Yayayayaaa... Intinya amankan perut agar uang ikut aman sebelum belanja ya mbaaak. Boleh dicoba niy tipsnya.hihihi

    ReplyDelete
  4. wah ini...perlu di print lalu di tempel di lemari biar baca terus dan gak boyos,,,hahha

    ReplyDelete
  5. wah cocok nih untuk anak kosan kayak saya hohoho

    ReplyDelete
  6. Wah sama nih abis gajian dipos-posin juga, kalau aku lebih nyimpen beda-beda atm, buat kendaraan, rumah, kebutuhan pokok, sanitary, nabung dll,kalau aku sama suami sama-sama suka ngemil kalau luar kota mesti jajan cemilan atau kulineran, belanja juga pasti mau beli ini jadi tambah buah dan snack hehe

    ReplyDelete
  7. Aku juga klo belanja2 milih di Alfamart aja mba, klo ke supermarket tuh malah ngombro2 sembarang kalir diambil :)

    ReplyDelete
  8. aku juga kalau belanja sukanya di alfamart mbak..lengkap semuanya ada

    ReplyDelete
  9. Kiat yang sangat bermanfaat mbak :)

    ReplyDelete
  10. tips no 1 gak bisa aku terapkan mba, hehehe

    ReplyDelete
  11. Aku banget ki, akhir bulan udah meringis hiks.
    makasih tipsnya mb, kudu bikin beberapa amplop ki..:)

    ReplyDelete
  12. biasanya saya suka bikin catatan apa aja yang mau dibelanjain biar gak banyak melencengnya, Mbak :D

    ReplyDelete
  13. Daku banget ni mbaa, belanja milih yang promo ngga peduli merek yg penting diskon haha

    ReplyDelete
  14. Hmm, beneeeeer! Selalu ngebut ke minimarket tiap tau ada saleee, duh, emak-emak banget gak sih aku? Huhuhu.

    Salam,
    Rava.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...