Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

9 Nov 2016

Merencanakan Liburan Hemat Bersama Keluarga



www.hidayah-art.com

Assalamu'alaikum. Bagi pekerja kantor, akhir tahun biasanya menjadi saat yang dinanti. Eh, saya udah nggak ngantor lagi, tapi juga menanti liburan akhir tahun. Biasanya keluarga suami akan ngumpul di rumah ibu, dan nantinya kami bersama-sama menyusun rencana liburan. Yang dekat aja sih, seputar Jawa Tengah dan DIY. Iyes banget, akhir tahun sama aja dengan merencanakan liburan hemat bersama keluarga.


Kemarin ada yang merencanakan pengen liburan ke Jawa Timur. Karena masih ada ponakan yang kecil, kami pengennya bisa liburan di tempat yang banyak arena bermain. Tapi yang ponakan udah remaja pengennya liburan ke pantai. Wahahahaaa, banyak orang banyak usulan tempat berlibur nih.

Ada tips agar liburan bersama keluarga nggak menghabiskan tabungan. Apa saja sih tips nya? Yuk, saya bikin list nya di bawah ini :

1. Liburan Sesuai Budget

Tidak semua orang memiliki bugdet khusus untuk berlibur. Tidak semua orang memiliki budget tanpa batas untuk liburan. Apalagi kalo liburannya bareng keluarga besar, tentunya mesti mengatur bugdet agar tidak bikin kantong bolong.

Nah, kalo liburan bareng keluarga besar, tentukan tempat liburan yang ramah di kantong. Apalagi kalo ada anggota keluarga yang masih anak-anak, pasti pengennya bermain di arena permainan. Arena permainan juga biasanya memiliki ketentuan yang tak sama. Ada pilihan berupa tiket masuk yang udah komplit bisa mengikuti semua permainan yang ada di dalam. Tapi ada juga yang terbatas, dan nantinya setiap akan bermain di arena yang jenisnya banyak, mesti beli tiket lagi.

Kebayang kan kalo ada 10 jenis mainan dengan harga tiket Rp. 20.000,- per mainan. Ada 5 anak yang ikut aja, bisa dihitung berapa duit yang mesti dianggarkan. Itu baru satu lokasi wisata, belum kalo mampir lagi di tempat wisata dengan jenis permainan yang berbeda. Seperti tujuan kami rencananya akhir tahun bakal ke Malang. Udah kebayang deh bakal menyisihkan sejumlah anggaran yang lumayan. 

Jadi kami mesti pintar mengatur anggaran agar liburan nggak bikin baper. Anak-anak puas bisa bemain di arena pilihannya. Kami yang dewasa pun juga senang bisa melihat anak-anak tertawa bahagia.


2. Pilih Tempat Liburan Ramah Kantong

Biasanya kalo liburan berombongan gitu, kami lebih senang memilih tempat wisata yang tiket masuknya bersahabat. Wisata alam biasanya menjadi pilihan pertama. Bisa wisata pantai, jelajah ke lereng gunung, kebun buah, atau ke air terjun.

Liburan bersama keluarga itu yang penting adalah kebersamaan. Hanya ngumpul bareng aja dan bercanda, udah bikin hati bahagia. Tempat tak akan menjadi masalah. Jadi bila ingin menikmati kebersamaan yang bikin hati senang, tak perlu memilih wisata yang bertarif mahal. Biasanya wisata alam mempunyai tarif yang terjangkau.

Keluarga suami pernah liburan di pantai, bahkan jadi favorit deh karena kami bisa puas bermain air dan bikin foto keluarga.


3. Ajak Bareng Teman Untuk Berbagi Biaya Liburan

Pengen liburan dengan biaya hemat? Ada trik yang perlu diperhatikan. Bagi yang masih lajang, ajak aja beberapa teman untuk berbagi biaya berlibur. Bagi yang sudah berkeluarga, bisa mengajak keluarga besar. Nantinya untuk biaya hotel dan makan, bisa berbagi di antara keluarga yang ikut. Sementara biaya perjalanannya tentu saja bayar sendiri. Ini terutama yang berangkat sendiri dan bertemu di lokasi wisata.

Bisa menikmati liburan bareng keluarga dan tetap hemat biaya karena gandeng renteng. Berbagi biaya ini selalu kami lakukan ketika liburang bareng keluarga suami. Udah ngumpul bareng, seseruan bareng, dan menikmati suasana liburan yang menyenangkan. Kalo kamu, pernah juga ngalami yang saya lakukan ini?


4. Cari Promo Tiket Gratis di Toko Online

Saat ini semua aktifitas manusia nyaris selalu bersentuhan dengan dunia digital. Bahkan hanya berbelanja bulanan, semacam susu instant, beras, hingga pakaian pun bisa dengan cara online. Tinggal pilih toko online, dan klik klik mencari barang kebutuhan. Kita nggak perlu lelah berjalan ke mall atau minimarket.

Apalagi untuk memesan tiket pesawat dan hotel, lebih murah bila via online. Nah, gimana kalo ada Toko Online yang menawarkan promo Belanja Sekarang Gratis Liburan Sepanjang Tahun? Ihhh, mupeeeeng pastinya.



Saya aja langsung mupeng baca iming-iming dari Toko Online ini dan segera klik klik untuk mencari tahu. Pengen dong menikmati #GratisKelilingIndonesia hanya dengan modal belanja doang. Apa saja sih syaratnya, perlu belanja sampai berapa nominalnya? Hmm... lihat aja yuk.



Asiknya lagi kita bisa pilih sendiri loh, BIG WISH yang kita inginkan. Bisa pilih yang mana aja yang sedang kita butuhkan. 





Caranya mudah banget, tinggal belanja aja di toko online berikut ini. Nanti ikuti saja langkahnya, perhatikan detilnya ya. Nggak pengen dong BIG WISH yang udah kamu pilih, terlepas gara-gara salah langkah.



Ada banyak pilihan dan promo produknya dari partner berikut ini. Kalo masih belum menemukan yang cocok di hati *eaaa, cari lagi pilihan produk lainnya. Ada banyak sekali produk yang pasti kita butuhkan di toko online ini.




5. Susun Itinerary 

Ada pesan dari seorang teman yang hobi jalan-jalan, agar sebelum liburan melakukan perencanaan. Salah satunya dengan menyusun itinerary agar tak melenceng dari bugdet. 

Bila liburannya rombongan keluarga besar, tentu saja menyusun itinerary bisa dilakukan lewat chat room khusus. Apalagi kalo tinggal di kota yang berbeda. Ini juga yang kami lakukan tiap kali mau jalan bareng berombongan. Mau memilih wisata kemana aja hari pertama dan berikutnya. Kalo udah ada itinerary, nggak perlu lagi rapat di jalan dan ribut karena nggak cocok dengan pilihan wisatanya atau pun akomodasinya.

Nah, merencanakan liburan hemat bersama keluarga itu penting banget. Apalagi kalo dalam rombongan ada anak balita. Nggak pengen kan mereka rewel karena kurang nyaman dalam perjalanan liburan keluarga? Sharing yuk, udah liburan bareng keluarga besar kemana aja? Semoga sharing kamu bermanfaat buat pembaca dan saya tentunya. Wassalamu'alaikum.

Foto :
- Koleksi Pribadi
- Blibli.com

26 comments :

  1. Yg jelas harus sesuai budget ya mbak. Biasanya kalo ke tempat wisata dan denger2 jajanan mahal aku dah siapin bekal hehehe... #mak irits

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga bawa bekal untuk sarapan di jalan kalo nggak sempat makan. Tapi kadang mampir makan di jalan, kalo tempat wisata pasti harganya beda ya mba :)

      Delete
  2. Cari tempat yg ramah kantong itu kadang perjuangan apalagi kaya theme park gtu mbak. Masuknya mahal ntar ga boleh bawa makan sdr belum klo ada pwemainan yg harus beli lg. Wes pokoknya duit tok isinya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, anaknya pengen main emaknya mesti pinter ngatur budget ya :)

      Delete
  3. Aku juga sekarang perginya milih ke tempat yang murah mwriah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ealah malah wes keklik 😱😱
      Budget liburan ga ada, jd jalan2 ke wisata alam aja yang bs bawa bekal sendiri dan tiket masuknya murah. Hihi.
      Makasih tips-nya Mba.. 👍👍

      Delete
  4. Pas mbak. Lagi ngerencanain liburan bareng keluarga. Uda nyiapin budget dgn "nabung" bersama siy. Semoga bneran bs terlaksana deh. Dan siap mengamalkan tips nya mbak wati nih ^^ makasiy tipsnya y mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan diamalkan dan dilaksanakan semaksimal mungkin ya Rahma :)

      Delete
  5. Asyik ya belanja dapat hadiah liburan. Dua hal yang kebanyakan. Didampakan wanita. Belanja bebas tanpa mikir bugdet dan liburan kapanpun hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik ya, belanja juga bisa milih2 bebas dan kalo beruntung dapat hadiah liburan :)

      Delete
  6. Asyik ya belanja dapat hadiah liburan. Dua hal yang kebanyakan. Didampakan wanita. Belanja bebas tanpa mikir bugdet dan liburan kapanpun hihi

    ReplyDelete
  7. Setuju, pengen ke Bali bareng keluarga cari waktu cuti dan nabung bareng buat piknik ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahhhh asiknya yang punya BIG WISH ke Bali :)

      Delete
  8. Setuju mbak Wati, tempatnya bagus murah dan bisa untuk semua keluarga termasuk anak kecil, misalnya ke pantai :)

    Btw minggu kemarin saya dan keluarga ke Parangtritis loh mbak.. *siapa yang nanya..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ngikuti di timeline mba Anjar, kayaknya lagi naik delman ya :)

      Delete
  9. Akhir tahun aku pengen ngajak Kak Ghifa ke kebun binatang Mangkang Mbak. Murah meriah, tak terlalu jauh tapi banyak ilmunya.

    ReplyDelete
  10. paling pas memang harus lihat2 dulu ada promo apa gak yang kita tuju, kan lumayan..heheh

    ReplyDelete
  11. Noted, Mba. TFS the tips...lg ubek2 hotel murah di Jogja niih, kayaknya di sana bnyk spot wisata yg bagus n murah.

    ReplyDelete
  12. Yup. Akhir tahun.. Suami libur, anak dah terima raport. Semoga bisa jalan2. Klo ke Jogja... Mampir mbak Wati☺

    ReplyDelete
  13. Mbak Watii...aku ketagihan jalan-jalan niih...hihi.
    Pengen liburan bareng keluarga, mantai kalo nggak ya nggunung :D

    ReplyDelete
  14. Yang paling cocok liburan di Toko Online, hehe
    lebih murah dan tidak beranjak hehe

    ReplyDelete
  15. Kalo q sama keluargaku liburan hemat ya ke pantai.plus bawa bekal makan sendiri hehe

    ReplyDelete
  16. ikutan my big wish ah,, sapa tau bisa dapet keliling indonesia

    ReplyDelete
  17. Memang mesti terencana ya Mbak biar nggak salah perhitungan

    ReplyDelete
  18. Wah pasti seru ya mbak bisa seneng2 bareng keluarga :-)
    Apalagi sudah terencana..

    ReplyDelete
  19. akhir tahun biasanya banyak promo tu untuk liburan keluarga

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...