Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

4 Feb 2016

Alkaline Diet, Resolusi Sehat 2016 Untuk Diri Sendiri & Keluarga Tercinta



www.hidayah-art.com


Halo assalamu'alaikum teman, sehat kan ya?!
Nah, kali ini saya ingin sharing waktu ikut Kelas Sehat Alami bersama Bapak Wied Harry. Dengan mengambil tema Alkaline Diet, Resolusi Sehat 2016 Untuk Diri Sendiri & Keluarga Tercinta. Tahu kan Pak Wied Harry, lulusan S1 Gizi dari IPB ini juga penulis buku, ahli gizi dan pelaku Food Combining. Beliau akan sharing tentang diet alkaline bareng emak-emak Semarang. Lokasi acara kami di Eben Haezer Guest House, jalan Veteran Semarang.

Saya jadi ingat jaman dahulu suka ngikuti acara Pak Wied di tivi nasional. Saya bahkan pernah ikut acara beliau saat di Semarang entah berapa tahun yang lalu.

Apa sih Alkaline Diet? Atau mungkin udah banyak yang tahu? 

Saya jelaskan di sini buat pembaca yang masih belum tahu apa sih Diet Alkaline itu. Kalo dari kata DIET, apa yang ada dalam pikiran kalian? Makan dikurangi, enggak makan atau makan suplemen?

Itu semua salah, teman. 

Diet adalah Pengaturan Pola Makan. Nah, diet alkaline sama saja dengan mengatur pola makan dengan asupan makanan pembentuk basa.

Pak Wied mencontohkan saat BAB pagi hari, ada dua jenis kotoran kita.*maaf, bukan bermaksud jorok*

Ada yang mengapung dan tenggelam. Nah, kalo kotoran kita tenggelam, itu tandanya banyak mengonsumsi makanan pembentuk asam. Sementara kalo mengapung tandanya kita sudah makan banyak serat atau mengonsumsi makanan pembentuk basa. 

Pengen tahu yang gampang aja gimana sih BAB yang bisa menandakan makanan kita sudah benar? Ada 5 nih ya:
- Dilakukan tiap pagi
- Keluar otomatis
- Mengambang
- Beres dalam waktu 2 menit (nggak dihitung kalo BAB nyambi baca novel)
- Tuntas! Plong!

Jadii, kalo dari lima itu tidak teman-teman alami, ada yang salah tuh dengan asupan makanan sehari-hari. Nah, sekarang tiap ke kamar mandi, nengok di closed-nya ya, yang kita keluarkan itu mengambang atau tenggelam. Kalo mengambang itu tandanya makanan kita udah berserat, udah benar. Tapi kalo tenggelam, aihhh, makan apa aja tuh sampai berat gitu, wkwkwk.

Tapi gak usah bingung bin cemas, saya udah tulis solusinya *berasa bakul obat*

Ada dua macam makanan keseharian kita. Kalo Pak Wied menyebutnya sebagai berikut :

Conscious Eating, yaitu makanan yang berkesadaran

Maksudnya adalah kita memilih makanan yang tidak mengakibatkan efek buruk pada tubuh. Biasanya jenis makanan ini yang akan membentuk Ph tubuh > 7. Makanan pembentuk basa ini mengakibatkan tubuh kaya oksigen (Aerob).

Apa aja jenis makanan pembentuk Basa? Bisa dilihat pada gambar berikut :     




www.hidayah-art.com

Gimana, sedih bacanya? Haha, iya sih kalo buah-buahan pasti gampang lah itu. Kebanyakan orang suka mengonsumsi buah. Sementara sayur-sayuran segar / mentah, jarang atau sangat sedikit yang bisa mengonsumsinya.


"Maknyus" Eating, yaitu makanan tanpa kesadaran

Ih, napa yang nomor dua sepertinya nge-hits banget? Emang sih, karena 'Maknyus' identik dengan Bapak Bondan Winarno. Menurut bocoran dari Pak Wied, pak Bondan sih aslinya juga pelaku FC. Jadi kalo kalian nonton acara beliau sedang makan masakan lezat nan penuh kolesterol, pulang ke rumah udah langsung FC. Sementara kita, penontonnya asik aja makan makanan lezat setiap waktu. Alamaaak, makanya kolesterol, asam urat, tensi dan teman-temannya melesat kayak angka di timbangan badan, wkwkwkkkk

Yah, gimana coba, makanan lezat identik juga dengan sajian makanan yang endess bin lezatos. Namanya juga makanan lezat, biasanya juga berefek pada kesehatan tubuh.

Sementara makanan lezat yang terasa di lidah kita akan membantuk Ph tubuh < 7 sehingga bersifat asam, atau miskin oksigen (AnAerob).


www.hidayah-art.com
Hmm, saya juga suka sate :D

Nah, kalo teman-teman, saya juga ding, selama ini sangat menikmati makanan seperti rendang daging, sate kambing, Nasi Rawon dan beberapa lainnya, udah pernah merasakan tanda-tanda seperti berikut ini?


www.hidayah-art.com

Bila minimal ada 3 gejala di atas sudah dialami, itu tandanya pH tubuh < 7. Namun tanda-tanda di atas itu untuk pH Asam Ringan. Sedangkan untuk gejala keasaman tubuh pH Asam Sedang, tanda-tandanya adalah :

Depresi, Hilang kemampuan mengingat, Hilang konsentrasi, migrain, insomnia, asma, bronkhitis, sakit telinga, flu, serta gangguan pada indera penciuman, pencecap, pandangan dan pendengaran.

Nah, kalo yang sudah parah tingkah pH keasaman tubuh, gejalanya sebagai berikut :


www.hidayah-art.com


Enggak usah cemas kalo ada beberapa gejala yang sudah terasa pada tubuh. Biasanya tubuh sudah diberikan kemampuan alami untuk mendeteksi beragam gangguan penyakit. 

3 Kemampuan Alami Tubuh :
1. Immunity (Sistem Kekebalan Tubuh)
2. Rejuvenating (Peremajaan Sel)
3. Self-healing (Kemampuan Menyembuhkan Diri)

Atau bisa juga menerapkan pengaturan pola makan yang berkesadaran. Tapi kan kita tidak bisa makan sayuran mentah dalam waktu seketika? Harus belajar kan? Nah, ini contoh pola makan yang berkesadaran.


www.hidayah-art.com


Bisa dimulai dengan belajar makan sayur pada pagi hari. Kalo saya sih selama ini udah mulai, dengan mengonsumsi salad sayur. Seringnya yang gampang, seperti Sawi putih, slada, tomat, timun, paprika, wortel, trus kasih mayones. Nah, kemarin pak Wied bilang, mayones ganti aja dengan buah masam, seperti mangga atau nanas. Iya sih, saya udah coba kasih strawberry dan nanas. Enak ternyata, enggak perlu lagi pakai mayones.

Acara makin seru ketika diberikan waktu untuk bertanya. Banyak yang ingin ditanyakan, disesuaikan dengan kondisi si penanya. Ada yang bilang, kalo makan buah-buahan di pagi hari, sakit mag-nya kambuh. Ada juga yang enggak bisa makan sayuran mentah.

Pak Wied justru balik bertanya, ingin sehat atau sakit?
Tentu saja inginnya sih sehat, berumur panjang dan bisa tetap berkarya. Tapi kalo sakit stroke, atau asam urat, gimana bisa berkarya? Sedih ya, jika membayangkan kita sakit begini. Aduuuuh, naudzubillah.... jangan sampai terjadi pada diri kita dan teman-teman ya.

Yuk yuk mulai melakukan pengaturan makan yang benar. Saya pun ingin menjalani alkaline diet, tapi mulainya yang gampang dulu, yang bikin saya doyan, hihii. Seperti berikut ini :


www.hidayah-art.com
Hari ketiga ada tumisan buncis dan sambel goreng *khilaf*

Karena seperti kata Pak Wied, saya ingin hidup lebih sehat, tidak mudah sakit, tidak mesti jual aset gegara masuk rumah sakit. Naudzubillahi... jangan sampai terjadi. Pengen rajin olah raga, yang mudah aja seperti pilates, joging, jalan sehat, yoga. Maksudnya sih enggak hanya diet alkaline, tapi juga diimbangi olah raga. Jadi emang mesti seimbang. Jangan abis olah raga, pulangnya mampir beli steak ^^

Okay deh, abis ini rajin lagi olah raganya, yang konsisten gitu, hihii.

Oh iya, nggak ketinggalan dooong, kita narsis bareng pak Wied dan teman-teman yang hadir pada siang hari itu.


www.hidayah-art.com


www.hidayah-art.com


Noted, yak!
Semoga sih setelah ngikuti cara pengaturan makan seperti sharing siang ini, mestinya foto tiga bulan lagi mesti lebih cerah wajahnya. Eh, ini pun kata pak Wied udah cerah dan cantik. Tapi kalo ngikuti Alkaline Diet, Resolusi Sehat 2016 Untuk Diri Sendiri & Keluarga Tercinta, wajah kami bakal lebih cerah, lebih cantik, lebih mudah.*uhuks*
Wassalamu'alaikum, temans :D


Foto courtesy :
-Archa Bella
-pribadi

15 comments :

  1. Noted banget...aku mau insap mba Wati...hiks, soale aku banyak makan yang berat2 *watu, makanya badanku juga berat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sak ngertiku, watu itu buat bangun rumah loh mbak, qiqiqiii

      Delete
  2. Makasih mak tipsnya. Iya nih jarang makan yg pembentuk basa. Gejala ph asam ringan juga kadang2 kerasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga kadang suka nyampur, belum bisa konsisten, hiihii

      Delete
  3. Biasanya aku nyreri sendi jika salah makan. Waduh aku mulai sekarng harus memperhatikan saat buang BAB. biar lebih paham :)

    ReplyDelete
  4. Oke... bakalan ngelongok ke closet..hahahhaa... makasih infonya ya. Berguna banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awas kalo nemu yang aneh di 'sana' ya,mbak

      Delete
  5. Sangat informatif dan berguna mbak Wati, semoga bisa saya praktekkan. Selama ini saya sering menemukan lapisan putih di lidah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sariawan ya, kurang mengonsumi makanan masam tuh, yuk yuk enak loh

      Delete
  6. Aku mulai insap mbak.
    Sejak dikuliahi beliau...makanku beras merah ma sayur dan buah.
    Eh tp bener loh..
    Setelah makan begituan..skrg aku liat nasi putih ma daging jd nolak sendiri mbak.
    Ngerasa dosa..gitu.

    ReplyDelete
  7. Tertohok mak,aq kurang makan sayur,hihi.. makasih mak Wati,menyadarkan daku,beruntung mampir kesini:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayuran penting banget loh, trus juga bikin awet kenyang :)

      Delete
  8. Aku tuh kalo gak makan nasi putih, terasa gak makan. Ada yang kurang gitu

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...