Daur Ulang Sampah Rumah Tangga Menjadi Barang Berguna Bareng Alfamart - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Kamis, 22 Maret 2018

Daur Ulang Sampah Rumah Tangga Menjadi Barang Berguna Bareng Alfamart


Assalamualaikum. Daur Ulang Sampah Rumah Tangga Menjadi Barang Berguna Bareng Alfamart. Wah, kalian penasaran nggak sih, limbah rumah tangga apa yang bisa didaur ulang hingga jadi barang berguna?  Yuk, lanjut baca yaaa.

Kebetulan Kamis tanggal 21 Maret 2018, saya bersama teman-teman blogger perempuan Semarang, beruntung bisa ikut workshop Daur Ulang Sampah Rumah Tangga. Acaranya diadakan di All Stay hotel di jalan Veteran Semarang. 


Workshop ini terselenggara atas kerjasama Titik Tengah Partnership dengan Alfamart. Dan yang sharing dalam workshop dengan tema : Sudahkan Mendaur Ulang Sampah Rumah Tangga Menjadi barang yang bisa dimanfaatkan? adalah Alfa Yuniar. Owner Laquinna Creatives Handmade yang selama ini sering memberikan pelatihan produk handmade pada kaum perempuan di Kota Semarang.

Sebagai MC,  Isul membuka acara dengan gayanya yang khas. Ceria dan komunikatif. 


Berikutnya adalah sambutan pihak Alfamart yang menjadi pendukung workshop, diwakili oleh Mas Eko dari Tim CSR. Beliau mewakili Area Manager Alfamart semarang yaitu Bapak Heru Supriyanto yang tidak bisa hadir. 

Dalam pesannya, Bapak Heru mengharapkan agar kampanye pengurangan sampah rumah tangga layak jadi perhatian semua pihak. Dan Alfamart berupaya mengajak masyarakat terutama perempuan peduli pada lingkungan. Caranya dengan mendaur ulang sampah rumah tangga. Selama ini Alfamart sudah beberapa kali mengajak Mbak Alfa Yuniar sharing ketrampilan di beberapa RT di wilayah Semarang.

Tonton yuk video selama workshop berlangsung, di channel youtube saya. Klik videonya langsung ya :


Selanjutnya adalah perkenalan dari Laquinna Creatives Handmade yaitu mba Yuniar Alfa. Sudah lama Mba Alfa sharing tentang ketrampilan handmade dengan mendaur ulang sampah rumah tangga. 

Usahanya dengan brand produk Laquinna Creatives Handmade, adalah dompet, kotak pensil, tempat tisu, kotak untuk menyimpan pernik, dan lainnya. Yang penting sih kata mba Alfa, ada kardus bekas susu, kain perca, lem, dan kuas, bisa diubah menjadi benda berguna.

Salah seorang founder @titiktengahpartnership yang mengadakan workshop, Nia menuturkan bahwa ini kali pertama Titik Tengah Partnership kerjasama bareng Alfamart. Kegiatan yang mengajak perempuan lebih produktif dan berdaya melalui pengelolaan barang tak terpakai sampah rumah tangga.

Rencananya bulan April akan ada kegiatan dari Titik Tengah Partnership yang mengajak blogger dan komunitas lari. Rencananya adalah melakukan gaya hidup sehat dengan olah raga lari. Kemudian dilanjutkan bikin sarapan sehat. Tungguin ya acaranya.

Nah, kemarin itu di sela tutorial bikin dompet koin, All Stay udah siapin cemilan enak. Lumayan nih, bikin sesuatu sambil ngemil, hihii.


Dan acara berikutnya tentunya tutorial sekaligus prakter bikin dompet koin. Mba Alfa membagikan bahan dompet koin pada semua peserta yang hadir. Isinya adalah sebagai berikut :



- Karton dari bekas kardus susu   
- kain perca, gunakan dua motif (kembang dan polkadot atau bebas)
- Kancing magnet
- Lem kayu/putih
- Lem Castol
- Kwas
- Penjepit kertas sesuai kebutuhan





Siapkan Bahan untuk Dompet Koin :

- Siapkan Karton bekas susu, masing-masing ukuran Karton adalah :
Karton A : 15x7 cm  dan bagian setengah lingkaran 4x7 cm
Karton B : 14,7x7cm, dan bagian setengah lingkaran 3,8x7 cm

- Kain Perca, potong masing-masing motif dengan ukuran berbeda
Motif Bunga/etnik : 10,5x22,5
Motif Bunga/etnik : 9,5x15,15,5 (dua lembar, untuk dompet bagian samping)
Motif Polkadot      : 9,5x22
Kain perca yang mudah digunakan biasanya kain katun Jepang. Hari ini kami pun menggunakan kain katun Jepang untuk bahan pembuatan dompet koin.

Cara Buat Dompet Koin :

1. Masing-masing bagian yang polos dari Karton A dan B, diolesi lem kayu/putih. 



cara-bikin-dompet-koin
Jadinya seperti gambar yang kiri
2. Letakkan kain motif bunga, dan tempel karton A yang sudah diolesi lem. Tempelkan bagian setengah lingkaran karton A. Susun di atas karton berukuran panjang 15x7 cm. Rekatkan hingga terlihat rapi dengan cara menekan kain pada karton, di sisi kanan dan kiri. Sementara bagian atas, gunting bentuk rumbai, dan rekatkan pula pada karton. Lakukan hingg terlihat rapi.

Lakukan hal yang sama pada Karton B dengan merekatkan pada kain motif polkadot. Di antara karton panjang dengan karton setengah lingkaran dikasih jarak, sekitar 4 - 6 mm. Bagian kosong itu nantinya agar gampang ditekuk.


cara-buat-dompet-koin

3. Kemudian ambil karton B yang sudah terbungkus kain pokadot. Tempelkan kancing magnet bagian pipih di bagian karton luar, dan tandai bagian lubang dengan pensil warna atau pulpen pada lubang kanan dan kiri. Kemudian lubangi dengan gunting atau pisau. Kalo sudah berlubang, pasang kancing dan rekatkan dengan bagian pipihnya. 


Kancing pada bagian dalam dan luar
4. Lakukan hal yang sama pada karton A, namun posisi kancing di bagian luar. Ambil Karton B, kemudian ditekuk setengah lingkaran. Posisi yang tertutu kain seluruhnya, ada di dalam. Sebelumnya karton B diolesi lem dulu di bagian yang tidak semua tertutup kain. Diamkan sejenak agar lem agak setengah kering.

Kemudian ambil kain untuk bagian samping. Rekatkan dengan cara menutup satu bagian sisi Karton B yang ditekuk tadi. Rekatkan dengan cara menekan kuat-kuat. Lakukan pada sisi yang satunya lagi dengan cara yang sama.


buat-dompet-koin-dari-katun-jepang

5. Kemudian olesi bagian dalam karton A dengan lem, diamkan sejenak. Rekatkan karton A denganan Karton B. Posisi karton A ada di luar nantinya. Posisi karton setengah lingkaran dipasang pada masin-masing karton. Untuk membantu agar kedua karton bisa merekat sempurna, bisa dengan bantuan penjepit kertas.



cara-bikin-dompet-koin
Salah satu dompet yang dibantu dengan
penjepit kertas agar terekat sempurna

Tadaaaa, udah jadi nih dompet koin bikinan saya. Yah, meski kurang rapi, lumayan lah untuk latihan pertama. Bisa nih bikin yang banyak trus dijual untuk souvernir pernikahan. Siapa yang mau order? Qiqiqiii.


dompet-koin

Setelah semua peserta selesai mengerjakan dompet koin, maka dipilihkan lima orang pemenang. Ada yang paling cepat dan terpilih karya mba Archa. Ada pula dompet terbagus. Dan ada lagi kriteria lainnya. 


Foto dari @olaole22
Senengnya me time bikin dompet koin bareng teman-teman blogger perempuan Semarang. Senangnya lagi semua peserta mendapat goodie bag dari Alfamart berupa perlengkapan makan. Kalo beli di Alfamart lumayan tuh, dan mesti tukar poin. Rejeki banget nih ya. Alhamdulillah.


goodie-bag-dari-alfamart
Picture kanan by @ikapuspita
Semoga sharing saya tentang daur ulang sampah rumah tangga jadi dompet koin, nggak bikin bingung ya. Kalo bingung, boleh deh colek mba Yuniar Alfa langsung, hihiii. Sungguh saya tak bertanggung jawab. Maklum deh masih amatir pakai banget. Sampai jumpa pada sharing ketrampilan selanjutnya, kapan-kapan. Wassalamualaikum.

10 komentar:

  1. tutorialnya lengkap dan jelas banget mbak

    BalasHapus
  2. Wee.. Dokumentasinya bagus mba, saya suka��

    BalasHapus
  3. Mbak Wati tutorialnya lengkap plus foto-fotonya juga jelas euy

    BalasHapus
  4. Sangat bermanfaat nih, bisa mengurangi sampah.

    BalasHapus
  5. Seneng ya bisa praktek langsung salah satu cara daur ulang sampah..kemarin sudah daftar juga di acara ini sayang pas sakit jadi gagal hehehe

    BalasHapus
  6. Daur ulang kardus bekas bisa jadi produk yang cantik seperti ini ya, kreatif banget.

    BalasHapus
  7. Wah, tutorialnya lengkap banget ya mbak. Asik nih mbak Wati bakalan bikin dompet koin untuk souvenir pernikahan.

    BalasHapus
  8. Ada tutorialnya, jadi pengen bikin lagi nih

    BalasHapus
  9. Acaranya bergizi banfet ya bu watiii... sayang banget deh gabisa ikutan. Hiksss

    BalasHapus
  10. nggak nyangka nih kalau dompet itu terbuat dari sisa karton susu.

    BalasHapus