Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

25 Jan 2018

Kesehatan Fisik Menjadi Resolusi Pada Tahun 2018


www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Kesehatan Fisik Menjadi Resolusi Pada Tahun 2018 ini. Karena mengingat akhir tahun 2017 kemarin saya sempat menikmati ruang perawatan rumah sakit swasta di Semarang. Nggak enak banget, bikin bete dan pengen buru-buru pulang. Apalagi ini merupakan rawat inap pertama karena sakit. Beda kan ya kalo rawat inapnya karena melahirkan. Auranya hepi semua.

Jadi waktu Lestari, blogger dan Embak Kantoran ini nanya, apa resolusi saya? Jawabnya so pasti adalah pengen sehat fisik dan mental. Terutama sehat fisik sih. Karena saya yakin udah sehat mental, hihiii.


Lestari juga yang menjadi pemenang #ArisanBlogGandjelRel periode ke 20. Bersama pemenang lainnya yaitu Gandjel Rel, Lestari meminta kami menuliskan tema Arisan yaitu RESOLUSI DI 2018.

Lestari yang punya blog www.lestari.com adalah seorang karyawati BUMN yang doyan jalan-jalan. Salah seorang founder dari komunitas blogger perempuan Semarang yaitu Gandjel Rel. Lestari juga aktifis Kelas Inspirasi, yang saya pernah tergoda ikut menjadi pengajar.

Nah, kalo Gandjel Rel udah tahu juga kan ya? Seperti yang udah saya tulis di atas. Gandjel Rel adalah komunitas Blogger Perempuan Semarang, yang tanggal 22 Februari 2018 nanti bakal merayakan hari jadinya ketiga. MakMin Gandjel Rel, mau ngerayain di mana nih ultah ketiga ini? *nanya serius

Kembali yuk ngobrolin tema Arisan periode ke 20 ini, yaitu tentang RESOLUSI TAHUN 2018.

Saya sengaja nggak mau muluk-muluk nulis Resolusi Tahun 2018 seperti tahun lalu. Banyak yang nggak terwujud sih. Jadi saya pengennya tahun 2018 ini, pasrah aja dengan pilihan Allah Azza wa Jalla. Meski dalam setiap doa usai shalat, terselip impian-impian yang saya rangkai. Semoga Alllah azza wa jalla mengijabahi doa saya. 

Jadiii.... saya pengen banget tahun 2018 diberi nikmat sehat

Nah urusan sehat ini bakal panjang kali lebar sama dengan luas, kalo dijembrengi satu persatu. 

Karena kalo kesehatan saya selalu terjaga, sepanjang tahun 2018 urusan keluarga, jalan-jalan, maupun pekerjaan bakal lancar semuanya.

Seperti awal Desember tahun lalu, saya bisa jalan-jalan ke Pulau Cemara. Naik kapal nelayan dengan teman-teman blogger saat wisata di Kabupaten Brebes.

www.hidayah-art.com
Komentar si sulung
lihat foto ini,"Ibu bahagia banget," 

Beberapa Hal Untuk Jaga Kesehatan versi saya :

- Mengatur Pola Makan

Berkali-kali saya tanamkan dalam diri, agar memilih makanan sehat. Namun meski udah memilih makanan sehat, saya kadang lupa waktu makan. Jadi ya sama aja, ini namanya merusak diri.

Mengatur pola makan itu nggak sekedar memilih makanan yang masuk ke dalam perut kita. Namun yang terpenting adalah menjaga ketepatan waktu makan. Sehari mesti makan tiga kali. Untuk urusan ini, saya kadang ribet sendiri. Mesti lihat jam dulu, haahahaa.

Sebenarnya kalo kembali jaman saya masih ikut pola makan Food Combining, nggak pernah punya masalah dengan penyakit. Setiap pagi saya mengonsumsi buah dan sayur mentah. Saya bikin campuran semacam salad suka-suka. Kalo lagi males motong-motong sayur, cuma makan buah aja yang sesuai kebutuhan lambung saya.






Makan siang dan malam, selalu saya ikuti meski waktunya nggak tentu. Tapi jarang melebihi dari jam makan. Itu yang bikin tubuh saya selalu sehat dan jarang sakit.

- Jangan Diet Sembarangan

Nah, urusan yang satu ini pasti jadi problem kebanyakan perempuan. Enggak emak-emak, anak gadis pun juga punya masalah sama.

Sebenarnya sih saya udah sukses ikut diet sehat Herbalife. Namun karena bosan saya berhenti sebelum mencapai berat ideal. Aslinya sih Berat Badan saya udah turun 13 kg. Nah, abis itu pola makan masih sama kayak ikut diet itu tapi jam makan sembarangan. Jadi lah saya kena mag. Meski sebenarnya udah tiga tahun saya kena sakit mag. Tapi baru ngeh gejalanya kemarin itu, hihiii.

Jadiii, vertigo itu salah satu penyebabnya adalah punya masalah dengan lambung. Pantas aja vertigo saya nggak sembuh-sembuh. Ternyata lambung saya udah bermasalah sejak lama.

Alhamdulillah, usai rawat inap kemarin, saya menurut saran paksumi. Saya makan tiga kali, dengan porsi sedikit. Ngemil pisang rebus sehari tiga buah. Nah yang ini sih untuk menaikkan kadar Kalium dalam tubuh yang cukup rendah.

Bahkan saya juga diharapkan makan protein yang cukup. Kalo yang ini sih agar kadar kolesterol yang tenang di angka 37 mg/dl, bisa naik maksimal di angka 100mg/dl. 

Dilema banget nih. Makan enggak nambah angka kalium dan kolesterol. Tapi angka timbangan yang nambah, ahahahaaa. Yaudah gak masyalaaah kata paksuami. Yang penting istrinya yang cantik ini tetap sehat, aamiin. Eh kagak boleh protes, kan perempuan emang cantiiik, hihiii.

- Aktifitas Fisik Lebih Banyak

Ngaku deh kalo saya memang kurang beraktifitas fisik secara rutin. Belanja sayur tiap pagi cuma berjalan kaki paling jauh 200 meter. Kalo lagi ada suami, baru deh belanja yang agak jauh dengan jalan kaki. Jaraknya paling juga sekitar 400 meter. Tapi kalo lagi rajin banget, bisa juga pilih belanjanya di pasar paling pojok di komplek kami. Jaraknya ada kalo 3,5km pulang pergi. Tapi ini saya lakukan nggak tentu waktunya.

Kecuali kalo hari Minggu, saat jalan kaki di kawasan Car Free Day. MEnyenangkan loh jalan-jalan di kawasan CFD Simpang Lima. Bisa cuci mata, jajan, jalan, ikut senam aerobic juga.


Nah, kalo tiap harinya sih cuma jalan kaki muteri taman depan Toko Roti Virgin. Jaraknya dekat dari rumah. Jadi harus muter taman sampai lima kali kalo pengen optimal. Ini juga sekarang baru bisa tiga kali setiap minggu.

Menurut tubuh saya udah cukup. Tapi kalo anjuran dokter yang juga pegawai Dinkes, itu masih kurang. Saya pernah nulis kalo untuk ukuran usia, BB, kondisi fisik, ada aturan berapa kecepatan yang seharusnya kita lakukan untuk olah raga.

Baca yuk dalam artikel ini :

💪💪💪💪💪
________________

Alhamdulillah, setelah dua bulan ini saya rutin menjaga jadwal makan, kesehatan pun berangsur membaik. Bahkan sejak tiap pagi saya juga sarapan, vertigo saya kabur. 

Ahhh senangnya. Nggak enak banget kalo vertigo kambuh. Dan itu bisa terjadi kapan pun waktunya. Pernah juga tiap hari dengan waktu yang tak menentu. Dan itu terjadi mulai bulan September. Jadi kambuhan vertigo ini ada sekitar empat bulanan. 

Senang ketika udah menjaga pola hidup yang sehat dengan mengatur pola makan yang benar, saya merasakan perubahan. Sudah dua minggu ini vertigo saya menghilang. Tentu saja saya mensyukurinya. Itu tandanya saya nggak perlu bingung kalo pengen jalan-jalan lagi.

Karena sudah empat bulan ini tiap mau jalan-jalan, saya mesti menahan diri. Kalo vertigo terasa, saya pun tidak ingin mengikuti kegiatan apa pun. Pengennya berdiam diri di rumah. Gegoleran aja karena kadang tidur pun tak bisa saya lakukan. 

Namun ada kalanya saya terpaksa berangkat jalan-jalan. Biasanya suami yang meminta saya tetap ikut kegiatan. Terutama ketika dia minta saya untuk menemani kegiatannya hari itu. Kalo nggak begitu parah, saya memang lebih suka keluar rumah. Bisa cuci mata dan kadang vertigonya pun sembuh sendiri.

Seperti saat saya menemani suami ke Pekanbaru, ke rumah adiknya. Kami kesana mengantar mobil baru yang dibeli oleh adik ipar. Trus begitu tiba di Pekanbaru, kami pun jalan-jalan.

www.hidayah-art.com
Foto di depan Pohon tak berdaun
di Lembah Harau, Payakumbuh

Anehnya adalah, sedari pagi hingga sore saya jalan-jalan, tak muncul sedikit pun gejala vertigo. Namun begitu malam datang, baru mau merebahkan tubuh, vertigo langsung hinggap di tubuh. Ruangan pun seakan siap roboh menimpa tubuh saya.

Ah tapi itu udah cerita lama. Alhamdulillah saya udah dua minggu ini tidak terganggu dengan vertigo. Semoga sembuh selamanya, aamiin. Doakan ya teman-teman.

www.hidayah-art.com
Bisa ikut gathering
di GiggleBox Village

Jadi, Resolusi Tahun 2018 ini saya menginginkan tubuh saya sehat dan bugar. Agar semua rencana yang telah saya susun bisa berjalan lancar. Kalo teman-teman, apa resolusi tahun 2018 ini? Sharing yuk di kolom komentar. Wassalamualaikum.

11 comments :

  1. Semoga kita semua sehat2 terus ya buwati.... Lembah haraunya keren

    ReplyDelete
  2. Semoga selalu sehat ya mbak Wati...

    ReplyDelete
  3. Semoga sehat selalu, resolusinya tercapai semua, amiin :)

    ReplyDelete
  4. Semoga senantiasa diberikan kesehatan :) Amiin ^^

    ReplyDelete
  5. Aamiin...semoga terwujud resolusi kerennya ya mbak Wati.

    Pada dasarnya sayapun berusaha untuk mengubah pola hidup lebih baik supaya sehat selalu. Salah satunya dengan pengaturan pola makan. Tapi masih susah menolak gorengan dan nasi goreng.. *syedihh..

    Semoga sayapun bisa segera muvon dari goreng2an ini ya mbak.. :)

    ReplyDelete
  6. Aamiin ya Allah, sehat terus ya mba Hiday.
    Mbaku kesayangan di Gandjelrel.
    Makanan sehatmu bikin mupeng, sekarang jadi tambah singlang :-D

    ReplyDelete
  7. Aamiin.. Semoga sehat selalu ya mbak��

    ReplyDelete
  8. Sama Mbak, setiap tahun saya selalu memiliki resolusi untuk hidup lebih baik, lebih sehat dan lebih bugar. So, ada banyak hal memang yang perlu dilakukan,s alah satunya pengaturan pola makan, dan saya sedang ngebenerin nih

    ReplyDelete
  9. Salfok sama buah yang dipiring. Suegerrr bangetttt hehehe..
    Sehat-sehat ya mba :)

    ReplyDelete
  10. Wah sama mbak, salah satu resolusiku th ini juga hidup sehat, mulai dr workout, olah raga & jaga pola makan.
    Mudah2an resolusi kita tercapai, amin.

    ursulametarosarini.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  11. Hadeh, keliru mlebu tulisan kii.
    Pas laper, pas liat sepiring potongan buah segar.

    Tak moco sambil ngunyah potongan buah impian ae wis ^^

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...