5 Cara Alami Mencegah Insomnia - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Kamis, 24 Agustus 2017

5 Cara Alami Mencegah Insomnia


www.hidayah-art.com


Assalamualaikum. Ada 5 Cara Alami Mencegah Insomia. Cara alami tentunya lebih sehat dan tidak membahayakan tubuh kalian. Bayangkan peristiwa yang baru saja terjadi pada pasangan suami istri Tora Sudiro dan Mike Amalia. Gara-gara ingin tidur tanpa gangguan, mereka mengonsumsi obat terlarang. Dan akibatnya mereka pun kena masalah dengan pihak berwenang.

Mengapa mereka harus mengonsumsi zat adiktif? Alasannya adalah karena pekerjaan mereka mengharuskan istirahat yang cukup. Sementara mereka cukup sering mengalami insomnia. 

Kalian pasti sudah sering mendengar tentang Insomnia. Atau bisa jadi kalian sendiri cukup sering mengalami insomnia? 

Insomnia adalah gangguan tidur yang membuat penderitanya susah tidur. Padahal tidur adalah kebutuhan vital untuk tubuh. Jika kita kurang tidur, maka kesehatan tubuh bisa terganggu. Selain itu, kurang tidur dapat berpengaruh dan mengganggu kerja sistem hormonal dan meabolisme dalam tubuh. 


Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan insomnia, antara lain: salah mengonsumsi obat, sering mengonsumsi makanan atau minuman stimulan, stres, atau juga bisa karena tidur siang terlalu lama. Agar tidak mengganggu kesehatan tubuh, sebaiknya insomnia segera diatasi dengan cara alami. Seperti berikut ini:


1. Olahraga Secara Teratur

Dengan melakukan olahraga, ternyata akan membantu mengatasi masalah insomnia. Hal ini telah dibuktikan melalui sebuah penelitian. Akan lebih baik jika kalian melakukan olah raga setiap pagi. Selain dapat mengatasi masalah inomnia, berolahraga secara teratur juga baik untuk kesehatan kalian.

www.hidayah-art.com

Dan saya juga sudah membuktikannya. Setelah rajin jalan pagi di sekeliling komplek, saya merasakan tubuh makin bugar. Sepanjang hari saya bisa konsentrasi mengerjakan kegiatan tanpa rasa lelah. Dan malam pun saya bisa tidur nyenyak tanpa gangguan insomnia.


2. Jangan Menggunakan Cahaya Terlalu Terang

Menggunakan cahaya yang terlalu terang dalam kamar akan membuat seseorang menjadi susah tidur. Kalian lebih baik memilih cahaya yang redup agar cepat tertidur. Jadi akan lebih baik jika tidak menggunakan cahaya yang tidak terlalu terang di dalam kamar agar tidak menyebabkan susah tidur atau insomnia.

Kalo saya memilih lampu benar-benar padam, karena cahaya lampu yang terang memang bikin saya susah tidur. Tapi ada juga sebagian orang yang tidak bisa tidur bila lampu kamar dipadamkan. Solusinya bisa memasang dua jenis lampu. Satu lampu terang untuk membaca dan satu lampu yang redup ketika akan tidur. Kalian bisa memasang dua jenis saklar untuk mengganti fungsi kedua jenis lampu ini.

3. Hindari Konsumsi Kafein

www.hidayah-art.com

Terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein akan membuat seseorang menjadi susah tidur. Jadi akan lebih baik jika kalian tidak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein setelah pukul 14.00. Karena memerlukan waktu beberapa jam untuk menghilangkan kafein dalam tubuh.

Nah, bagi yang suka lembur sampai tengah malam dengan alasan nyelesaiin pekerjaan. Jangan bikin kopi untuk teman lembur. Iya, pekerjaan beres, tapi mata pun jadi kuat melek sampai dini hari. Di tempat tidur pun tahan melek karena efek kafein yang terlanjur menetap lama dalam tubuh.

4. Mandi Air Hangat

Mandi menggunakan air hangat akan membuat tubuh kalian merasa lebih nyaman. Karena otot-otot dan saraf dalam tubuh menjadi rileks. Sehingga luangkanlah waktu untuk berendam menggunakan air hangat agar bisa cepat tertidur dan mengatasi masalah insomnia.

5. Mematikan Alat Elektronik

www.hidayah-art.com
gambar dari pixabay

Jika ingin cepat tertidur, akan lebih baik jika semua alat elektronik yang ada dalam kamar dimatikan. Karena alat elektronik hanya akan membuat kalian menjadi susah tidur. Alat elektronik seperti HP, TV, ataupun komputer sebaiknya dimatikan sebelum tidur. Hal ini karena lampu yang dipancarkan dari barang elektronik tersebut akan membuat mata kita menjadi tidak mengantuk dan susah tertidur.

______________

Walaupun insomnia tidak berbahaya, akan lebih baik jika masalah ini segera diatasi. Karena jika dibiarkan terlalu lama akan berpengaruh untuk kesehatan. Tidak hanya itu saja, insomnia atau kesulitan tidur akan membuat seseorang kesulitan berkonsentrasi. Dan ujung-ujungnya, membuat pekerjaan menjadi terganggu dan tidak bisa berjalan lancar.

Semoga Lima Cara Alami Mencegah Insomnia ini bisa bermanfaat untuk teman-teman. Terutama yang mengalami susah tidur saat malam hari. Lebih baik menggunakan cara alami mencegah insomnia. Karena dengan mengonsumsi obat-obatan agar tidur lebih cepat, bakal berdampak buruk di masa datang. Bisa saja kalian menjadi kecanduan dengan terus mengonsumsi obat-obatan. Ataupun efek samping dari obat-obatan bakal berpengaruh buruk pada tubuh kita. Yuk lebih aware dengan tubuh kita, teman. Wassalamualaikum.

1 komentar:

  1. Ini adalah informasi yang hebat dan berguna. Saya senang bahwa Anda baru saja membagikan informasi bermanfaat ini kepada kami. Terima kasih telah berbagi.

    BalasHapus