Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

7 Jun 2017

Tips Aman Olahraga Saat Puasa


www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Hari ini saya sharing Tips Aman Olahraga Saat Puasa. Jadi meski sedang menjalankan ibadah puasa, olah raga mesti jalan terus. Karena tubuh yang sehat akan lebih mudah mencerna asupan makanan setiap hari. Tubuh yang terbiasa olahraga juga menjadi lebih bugar.

Tapi malas dong olahraga saat puasa. Ntar kalo haus gimana?


Saya sendiri jaman dulu sering berpikir seperti di atas, tiap kali diajakin olahraga sama anak-anak. Iyess, saya justru belajar dari anak-anak saya. Karena mereka ternyata enjoy aja olahraga saat puasa. Nggak ngeluh kayak ibunya ini, hihiii.

Sebenarnya saya sendiri baru beberapa kali melakukan olahraga saat puasa. Setelah tanya-tanya pada dokter keluarga, juga dari pengalaman anak-anak. Dan saya pun memutuskan bahwa olahraga saat puasa itu memiliki aturan tersendiri.

- Pilih Olah Raga Yang Nyaman dan Aman


www.hidayah-art.com


Olahraga saat puasa yang paling nyaman adalah jalan pagi, Gowes, atau senam ringan. Jalan-jalan sore sambil ngabuburit juga asik. Apalagi bareng teman, seru kan kalo rame jalannya.

Kalian bakal nggak merasa kalo sedang olahraga. Sisihkan satu atau dua jam sebelum berbuka untuk olah raga. Pemilihan waktu olahraga saat puasa menjelang berbuka sering dijadikan pilihan karena matahari udah mulai menyurut sinarnya. Kalo pagi hari sekitar pukul 7 malah bikin haus. Ini sih pengalaman pribadi ya, hahaha.

Oiya, jangan pilih olahraga berenang, karena tanpa sadar bisa loh air masuk dan bikin batal puasa. Atau malah emang sengaja? *lol

- Pangkas Waktu Olahraga

Kalo keseharian kalian terbiasa olahraga selama 60 menit, saat Ramadhan tentu beda. Saya kalo puasa, olahraga cuma 30 menit. Tapi anak-anak saya biasanya melakukan olahraga selama 40 menit. 

Memangkas waktu olahraga saat puasa juga memberikan keuntungan sih. Misal, kalo kalian pilih olahraga saat menjelang berbuka, waktunya bisa mepet. Sambil ngabuburit nyari makanan untuk berbuka, olahraga dulu. 


- Anggap Olahraga Sebagai Kesenangan

Yesss, jangan terbebani mesti olahraga! Berbeda dengan keadaan sehari-hari, olahraga saat puasa jangan menjadi beban. Bagi kalian yang memilih olahraga untuk menurunkan berat badan, bisa aja terpaku pada keberhasilan akhir. Lebih baik hapus niat olahraga karena pengen turun berat badan. Yang ada malah kecewa.

Nah, bila kalian olahraga saat puasa, santai aja. Bikin suasana olahraga agar terasa menyenangkan.   Niatkan olahraga saat puasa untuk mendapatkan tubuh yang bugar. Jadi kalian tetap bisa aktifitas dengan baik, semangat, dan bisa beribadah lancar.






- Olahraga di Tempat Yang Sejuk 

Nah, saat kalian olahraga, berasa nggak sih kalo bagian dalam mulut berasa kering. Leher terasa butuh minum, ishhh ingat... masih puasa. Hahahaa. 

Solusinya kalo kalian olahraga saat puasa, pilih daerah yang teduh. Sekarang kan banyak daerah perkotaan yang memiliki fasilitas taman nan rindang. Banyak pepohonan, membantu banget untuk para pecinta olahraga. Tubuh pun memiliki pelindung dari sorot matahari. Karena nggak kena langsung jadinya juga aman dari tenggorokan kering.

- Jangan Olahraga Sebelum Tidur

Oiya, yang perlu diingat nih, jangan olahraga menjelang tidur malam. Mungkin kalian menganggap olahraga saat puasa lebih bagus dilakukan malam hari. Namun ternyata, olahraga yang dilakukan jelang jam tidur bikin masalah loh. Usai olahraga kalian biasanya malah susah tidur. Jadi mending pilih waktu lain, misal jelang makan sahur. Tentunya bangun sahur lebih awal agar nggak mepet dan keburu-buru makan sahur.

- Konsumsi Makanan Yang Seimbang

Halo Sistah! Olahraga saat puasa mesti diimbangi dengan makanan yang bergizi seimbang. Maksudnya adalah kalian mesti memperbanyak makanan berserat tinggi, kadar air banyak, serta dengan kalori seimbang. Jangan kebanyakan makan karbo yang cepat dicerna dalam gula darah. Karena kalian bakal merasa lapar terus.


www.hidayah-art.com
Menu sahur saya dari tahun ke tahun
Saya lebih suka memperbanyak konsumsi buah yang memiliki serat tinggi. Dan buah yang dianjurkan adalah bengkuang yang memiliki kandungan serat dan air lumayan banyak. Juga Apel, Pear, Jeruk, atau Pepaya. Masih banyak sih buah yang masuk kriteria ini, silahkan aja dipilih sesuai favorit masing-masing. 

Bisa juga bikin salad dari sayuran mentah dengan menyuci bersih terlebih dulu. Tentunya jangan pakai mayonese untuk topingnya. Saya biasanya bikin salad dari racikan sawi putih, wortel, mentimun, tomat, dengan toping buah nanas diparut. Atau bisa juga kasih strawberry yang manis asam bikin seger salad yang saya buat. Duhhh, masih puasa nulis gini bikin ngiler, bahayaaaa.


www.hidayah-art.com
Salad favorit keluarga kami
Olahraga saat puasa ini membantu banget bagi yang suka ngantuk pada jam produktif. Mesti ngejar tugas kantor, diajakin meeting klien, atau presentasi produk, malah ngantuk datang. Bikin bete banget kan?! 

Beda kalo kalian tetap olahraga, konsumsi makanan juga lebih banyak karbohidrat kompleks yang berserat tinggi. Seharian bakal melek beraktifitas dengan semangat. Nggak gampang ngeluh capek atau ngantuk.

Mulai yuk belajar hidup lebih baik dengan gaya hidup yang sehat. Sebagai manusia kita diwajibkan ikhtiar meski takdir Tuhan di atas segalanya. Namun bila terbiasa rutin olahraga, tentu hasilnya beda ketika usia mulai bertambah. Jadi, tips aman olahraga saat puasa ini moga bermanfaat bagi teman-teman semua. Wassalamualaikum.

12 comments :

  1. Aku selama puasa plus menyusuin nih, sama sekali ga olahraga dududu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngejar anak juga olah raga dong mba, hehee

      Delete
  2. Hihi selama puasa blom olahraga, biasanya tiap pagi zumba dari mnc tipi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh mupeng zumba jadinya mba, ikutan ah

      Delete
  3. Busui sore2 gini kok fokusnya ke salad ya mbak :p

    ReplyDelete
  4. aduh aku ga puasa aja males mba apalagi puasa mager hahaha kurang banget ni minatnya sama namanya olahraga meskipun terkadang apa yang aku lakuin kemasuk olahraga ringan kek misalnya jalan dari parkiran ke kantor atau naik turun tangga berulang kali heheh

    ReplyDelete
  5. saya olahraga jalan kaki aja alias ngabuburit kl lg puasa

    ReplyDelete
  6. Wah liat tulisan ini, jadi semangat untuk olahraga lagi, dan konsumsi buah tetap semangat nih 😊

    ReplyDelete
  7. jadi ngingetin buat olahraga nih mba. Ramadhan tahun lalu, cuma keisi jalan santai, habis sahur ada jeda waktu sebelum shubuh. keluar deh dari rumah sembari menghirup udara segar. kayae cuma 15 menitan aja.

    ReplyDelete
  8. Aku lho gak olahraga selama puasa hehe, baiknya sambil jalan kaki gitu ya mbak udah termasuk olahraga

    ReplyDelete
  9. Itu olahraga beneran apa jalan dikit terus foto hayooo :D

    ReplyDelete
  10. Enaknya sh ya sebelum berbuka tuh ..lumayan 15-20 menit dapet ,,sama kalo bada shubuh .beuh segerrrr

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...