Resep Soto Ayam Sokaraja - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Minggu, 18 Juni 2017

Resep Soto Ayam Sokaraja


www.hidayah-art.com

Assalamualaikum sahabat. Resep Soto Ayam Sokaraja ala Dapur Wati ini udah lama banget pengen saya share dalam artikel di blog ini. Sayangnya saya pelupa kalo urusan foto-foto. Trus kadang udah foto juga lupa nyimpen di folder laptop yang mana, hahahaaa. 

Untungnya bulan Ramadhan cukup longgar setelah tadarus, jadi saya bisa ngumpulin foto di folder dan ngedit ukurannya dulu. Agar kalian bisa menikmati foto soto ayam dengan nyaman. Kalo pengen nikmati soto ayam langsung, bikin aja ya. Gampang sih cara masaknya. Saya sharing resepnya di sini.


Eh orang Semarang kok bisa sharing Resep Soto Ayam Sokaraja? Ihhh jangan-jangan nyontek resep soto ayam di gugel nih?! 

Kebetulan bulik saya, istri dari adik bapak yang paling bungsu, berasal dari Banyumas. Bulik juga kebetulan rumahnya dekat dengan rumah Ibu. Jadi lumayan juga sering antar makanan hasil masakan Bulik yang terkenal kelezatannya di keluarga besar. 

Nah, Soto Sokaraja ini menjadi masakan favorit keluarga besar. Di samping kuahnya yang lezat karena ada penambahan sambel yang tak biasa. Soto Sokaraja juga paling nikmat disantap bareng kupat atau lontong.

Soto Sokaraja biasanya juga terbuat dari Daging Sapi, bagian sandung lamur yang enak banget kalo dibikin soto atau rawon. Namun sejak lima bulan ini saya memang sengaja mengurangi konsumsi daging sapi serta daging merah lainnya. Nggak ada masalah kesehatan yang penting banget sih sampai mesti ngurangi daging sapi dan daging merah lainnya, juga seafood. Saya sengaja mengurangi agar terbiasa hidup lebih sehat. Karena faktor usia menjelang 50 tahun, jadi mesti aware aja. Kan saya pengennya bisa menikmati hidup sehat bersama suami meski usia merambat senja nantinya.

Jadi, mau nggak mau memang konsumsi daging ayam, tahu tempe, jamur, ikan, serta sayuran aja yang aman untuk tubuh kita. Aslinya sih untuk kuah soto yang paling enak dan gurih memang dari daging sapi. 

Nah, agar mendapat kuah soto yang tetap gurih, saya pakai ayam kampung. Kalo mau diganti dengan ayam merah (ayam petelur), bisa juga. Asal jangan ayam broiler ya. Karena ayam jenis broiler ini disuntik hormon, jadi kuah rebusannya selalu saya buang.

Oiya, Soto Sokaraja itu khas karena menggunakan sambel kacang untuk pelengkap rasa. Biasanya juga disajikan dengan kupat atau lontong. Tapi yang pengen menikmati Soto Sokaraja dengan nasi pun, tetap oke rasanya.

www.hidayah-art.com

Resep Soto Ayam Sokaraja ala Dapur saya, silahkan yuk dicatat :

Bahan Kuah Soto :

1 ekor Ayam Kampung
2 lt air
3 batang sere, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
3 lbr daun salam
7 lbr daun jeruk purut
4 sdm kecap manis (saya suka pakai Mirama, tapi bebas sih)
secukupnya garam dan gula jawa

Bumbu halus :

27 butir bawang merah
15 siung bawang putih
9 butir kemiri, disangrai
3 cm kunyit, dibakar
3 cm jahe
1 sdt merica butir

Bahan sambal kacang :

250 gr kacang tanah, digoreng dan dihaluskan
3 buah cabe merah keriting
2 buah cabe rawit setan (lombok galak)
5 butir bawang putih
1 buah gula merah ukuran sedang
secukupnya gula dan garam
3 sdt air asam jawa
350 ml air
3 sdm minyak untuk menumis

Bahan pelengkap :

www.hidayah-art.com

2 bungkus soun RRT (soun kering bisa dibeli di pasar atau swalayan), rendam air panas sekitar 10 menit
250 gr tauge pendek (khusus untuk soto), siram air panas
Bawang merah goreng, sesuai selera
5 batang daun bawang, iris kasar
5 batang seledri, iris kasar
250 gr krupuk bawang
2 buah jeruk nipis, iris sisi-sisinya

Nah, semua bahan mesti disiapkan komplit ya. Jangan ragu bikin ini karena kalo semua bahan udah tersedia komplit, langkah berikutnya gampang banget. Lanjut yuk.

Langkah 1 :

Rebus ayam kampung hingga matang dan empuk, gunakan api kecil sekitar satu jam agar benar-benar empuk. Biarkan agak hangat, kemudian saring. Ambil air kaldunya dan tambahkan sekitar 3 ml air. Rebus lagi ya, gunakan api sedang. 

Langkah 2 :

www.hidayah-art.com

Panaskan minyak dan tumis bumbu halus, lengkuas, serai, daun jeruk, daun salam, sampai harum. Masukkan ke dalam rebusan daging ayam kampung. Gunakan api kecil agar bumbu meresap ke dalam daging ayam.

Masukkan kecap manis, garam, dan gula. Masak hingga bumbu meresap. Test rasa ya, kalo kurang manis atau garam, tinggal tambahkan secukupnya dan sesuai selera tentunya.

Daging ayam diangkat dan digoreng sebentar aja ya. Kemudian disuwir-suwir ukuran sedang. Sisihkan.

Langkah 3 :

www.hidayah-art.com

Cara membuat sambel kacang : haluskan cabe, bawang putih, kemudian tumis hingga harum. Tambahkan kacang tanah yang sudah dihaluskan, gula merah, garam, air, dan air asam jawa. Aduk sampai kuah mengental. 

Cara penyajian :

Siapkan mangkok dan isi dengan irisan lontong secukupnya. Tata soun, tauge, daun bawang, daun seledri, suwiran ayam, tambahkan kuah dan taburan bawang goreng. Masukkan sambel kacang dan krupuk bawang. Yang terakhir kucuri dengan perasan jeruk nipis, agar makin segar. 

Sajikan soto ayam dengan tempe goreng kalo memang sedia. Saya kadang pakai tempe tapi kadang juga enggak. 

www.hidayah-art.com


www.hidayah-art.com


Sambel kacangnya terserah, kalo suka pedas ya kasih aja 2 sendok makan. Hmmm, jadi laper nulisnya, hahaha.

Jangan ragu ya nyoba bikin soto dengan resep soto ayam Sokaraja ini. Gampang bikinnya dan nggak ribet kalo bahan udah tersedia semua. Tinggal ikuti saja langkah dari awal hingga selesai. Untuk menu buka puasa pasti cocok nih, menyegarkan banget.

Tidak ada komentar: