Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

18 Mar 2017

Kalkulator Zakat Mempermudah Urusan Umat


www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Kalkulator Zakat Mempermudah Urusan Umat. Sebentar lagi Ramadhan, dan biasanya banyak umat muslim yang mulai menyisihkan hartanya untuk membayar zakat. Eh, napa nunggu bulan Ramadhan untuk bayar zakat? Mengapa nggak dari sekarang aja kita belajar bayar zakat? 

Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang menyentuh langsung hubungan antara manusia. Bagi yang mampu, hukumnya adalah wajib. Seperti kewajiban menunaikan shalat, puasa, dan haji. Ada hak orang lain di dalam harta yang kita miliki. Dan harta kita belum bersih bila kita belum mengeluarkan zakatnya. Itulah mengapa fungsi zakat adalah untuk membersihkan harga agar hati dan jiwa kita menjadi lebih tentram. 



“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka, dan mendo`alah untuk mereka. Sesungguhnya do`a kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”. (QS. At-Taubah:103)

Beberapa waktu lalu, saya dan teman-teman blogger beruntung menjadi saksi Launching Kalkulatorzakat.com yang diluncurkan oleh Dompet Dhuafa Jawa Tengah. Dengan peluncuran landing page dan beralamat web kalkulatorzakat.com ini masyarakat pun makin mudah menghitung zakat.

Lantas gimana sih kalo pengen menghitung zakat kita? Apa aja yang perlu dimasukkan, harta berupa tabungan, mobil, apa aja?

Sebenarnya banyak juga yang belum tahu, bagaimana cara menghitung zakat sesuai tuntunan dalam Islam. Nah Dompet Dhuafa yang merupakan lembaga Nirlaba milik masyarakat dan berdiri sejak tahun 1993, mengajak untuk mendayagunakan dana zakat, infak, wakaf, dan sedekah.

Dompet Dhuafa telah menjadi organisasi Filantropi Islam yang menghimpun dana masyarakat terbesar di Indonesia. Di Jawa Tengah DD berkantor di jalan Abdulrahman Saleh no. 199 D Semarang. Juga ada di jalan Jendral Sudirman Timur Gang Yayasan No. 1 Berkoh, Purwokerta. Cakupan wilayah kerjanya ada di seluruh area Jawa Tengah.

Pimpinan cabang Dompet Dhuafa Jateng, Imam Baihaqi menjelaskan tentang Dompet Dhuafa dan proses kerja menyalurkan dana yang terhimpun selama ini.

www.hidayah-art.com

Bagaimana cara menghitung zakat kita?

Gampang sebenarnya. Teman-teman tinggal klik kalklatorzakat.com di situs online. Nantinya akan ada pilihan untuk mengisi data dan cara menghitung zakat. Di sini yang akan dihitung adalah zakat harta penghasilan dan zakat harta simpanan. 

Untuk Kalkulator Zakat Harta Peghasilan :


Untuk mempermudah menghitung zakat, tinggal diisi penghasilan tiap bulannya. Ini mempermudah para pekerja yang mendapatkan gaji rutin per bulan. Kalo untuk pengusaha malah lebih mudah lagi. Tinggal dihitung aja penghasilan tiap bulan karena pendapatannya tentu berbeda. 

Cara menghitung zakat penghasilan :
Nishob = 522 kg beras x Rp. 10.000 (asumsi harga beras 1 kg)
           = Rp. 5.220.000

Misalkan : gaji bapak Adi :

Gaji + Tunjangan + Insentif + pemasukan lainnya dijumlah 
sebesar = Rp. 8.500.000

Apakah Bapak Adi sudah wajib berzakat? IYA 

Cara menghitung :

Zakat = 2,5% x Rp. 8.500.000
         = Rp. 212.500

Zakat sejumlah Rp. 212.500 bisa dibayarkan begitu mendapatkan penghasilan. Nilai itu bisa berubah bila pendapatan ada kenaikan pertahun atau tiap periode tertentu.

Untuk rekening bisa ditransfer di :
BNI Syariah  : 33.11.55.77.41
MANDIRI      : 135.000.999.6909
BCA             : 009.535.948.1
BRI Syariah  : 103.076.630.6

Untuk Kalkulator Zakat Harta Simpanan :



Zakat Harta Simpanan dikenakan pada seseorang yang memiliki harta simpanan berupa uang di tabungan, emas, maupun perak. Zakat harta simpanan ini dikeluarkan setelah jatuh tempo satu tahun (haul). Nishobnya adalah senilai 85 gram emas atau 20 dinar. Dan zakat yang harus dikeluarkan adalah sebesar 2,5% dari total harta yang disimpan.

Gerakan One Month One Care

www.hidayah-art.com


Dalam kesempatan yang sama, Dompet Dhuafa juga menginisiasi gerakan kepedulian dengan tema "One Month One Care - Satu Kepedulian Sejuta Manfaat". Gerakan ini mengajak masyarakat untuk peduli kepada sesama yang membutuhkan. 

Caranya gimana?

Gerakan ini mengajak komunitas, individu, dan kelembagaan untuk menghimpun dana. Nantinya dana akan disalurkan melalui program-program Dompet Dhuafa. 

Sebaran manfaat program Dompet Dhuafa Jateng selama tahun 2016 bisa dilihat sebagai berikut :


  •  Manfaat Kesehatan telah mencakup sebanyak 4.508 penerima
  •  Manfaat Ekonomi telah mencapai 7.350 penerima
  •  Manfaat Kemanusiaan telah mencapai 2.319 penerima manfaat
  •  Manfaat Sosial dan Pendidikan sekitar 9.362 penerima manfaat
Dalam kesempatan tersebut, beberapa komunitas pun berbagi testimoni :


Ada Komunitas Seribu Guru, Ko-Jek, Semarang Runners, dan Mahasiswa Berbagi yang menuturkan tentang peran mereka selama ini. Saluuuut!

Dan berikut adalah produk dari binaan Dompet Dhuafa selama ini. Ada kopi dari Temanggung, dan Kripik Pisang Balado dari Meteseh.

www.hidayah-art.com

Semoga banyak lagi manfaat yang bisa diterima oleh masyarakat yang membutuhkan dengan makin banyaknya zakat yang disetor oleh pemberi zakat. Dengan kalkulatorzakat.com makin banyak masyarakat yang sadar untuk menghitung sendiri zakat penghasilan dan simpanan yang dimiliki. Kalkulator zakat mempermudah urusan umat karena bisa mandiri menghitung zakat. Nah, teman-teman udah menghitung zakat sendiri? Wassalamualaikum.

10 comments :

  1. Wah membantu banget ni mba, kalkulator zakat jadi ngga galau lagi yaa, seru acara kayak gini jadi nambah ilmu

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah jadi makin mudah menghitung kewajiban kita dengan kalkulator zakat ya mbak...

    ReplyDelete
  3. Kalo selama ini bayar zakat ya kalo pas ramadhan gitu ya. Ada jatah dari mushola atau masjid sekitar. Dari dulu ya segitu aja zakatnya meskipun ada kenaikan gaji. Ntar deh mau nyobain aplikasi baru ini, Mbak.

    ReplyDelete
  4. Dengan adanya kalkulator zakat mempermudah kita buat menghitung dan membayar zakat ya mbak

    ReplyDelete
  5. Cobain ah buat bayar zakat bulan ini biar ga salah jumlahnya. Tfs mbak

    ReplyDelete
  6. Baru tahu ini Mbak wati. Tengkyu sharingnya ya

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah yaa mba, ada situs online nya, semoga mempermudah klien yang memiliki kesibukan luar biasa untuk berzakat :) Aamiin

    ReplyDelete
  8. Semoga dengan ini makin banyak orang yang sadar zakat untuk membantu sesama. Aamiin..

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah, memudahkan kita bila ingin menghitung zakat :)

    ReplyDelete
  10. Wah, bayar zakat jd lebih mudah ngitungnya ya..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...