Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

27 Jan 2017

Begadang Jangan Begadang


www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Nyanyikan lagu 'Begadang Jangan Begadang' seperti sang raja dangdut. Jangan sekedar dibaca aja judul di atas. Hahaha. Intermezo aja agar nggak stres ya. 

Penggalan lirik lagu dengan judul yang sama itu jadi pilihan teman #Day10 Writing Challenge. Juga merupakan hari terakhir, alhamdulillah bisa konsisten ikut dari hari pertama sampai terakhir tanpa telat. Eh tapi ada 4 kali mepet detlen, wkwkwk.


Sebenarnya saya udah janji lama kalo nggak akan begadang lagi demi nulis. Makanya saya resign itu juga agar punya waktu luang banyak untuk nulis. Nggak perlu lagi begadang sampai jam 1 dinihari. Jadi mengganggu jadwal tahajud yang rutin tiap pukul 2 dinihari.

Tapiii ... iyaaa tapi, adaaaa aja alasan begadang. Biasanya kalo sering diajakin keluar sama paksuami trus sampai rumah usai shalat Isya. Trus lagi ada kerjaan nulis yang hari itu mesti setor. Haduuuhhh, langsung deh kejar tayang nulis agar nggak melebihi DL dari si pemberi kerjaan. Biasanya si pemberi job ngasihnya H-2 dari detlen. Dan saya memang suka dapat kerjaan mendadak gitu. Jadi bisa langsung dikerjakan. 

Nah, ternyata kebiasaan begadang efeknya buruk banget. 

Salah satunya adalah vertigo. Rupanya saking seringnya lembur sampai malam, trus di tempat kerja juga sibuk, istirahat jadi kurang. Vertigo pun menyapa saya selama dua hari. Dua hari pula saya mesti bedrest di tempat tidur. Saat itu saya bahkan tak menyadari  kalo efek begadang bisa jadi vertigo.

Ketika udah resign, saya pikir nggak bakal kena vertigo lagi. Alasannya karena tekanan pekerjaan juga nggak ada kan. Namanya udah resign ya udah selesai pula kerja serius ngerjain laporan keuangan dan lainnya. Trus saya bisa nulis dengan jam kerja yang sama kayak kerja kantoran. 

But, it's not finish!

Saya masih sesekali nulis sampai malam. Ya itu tadi, seringnya pas jelang detlen saya seharian sibuk di luar rumah. Kali ini adaaa aja alsannya. Masih sibuk merawat bapak dan ibu yang barengan sakit, tetap aja nerima job. Yah gimana, masa nolak rezeki? Sayang kaaan?!

Ternyata karena sering begadang hingga dinihari, vertigo pun rajin berkunjung. Kali ini sih bisa cepet sembuh. Tapi mampir lagi nggak lama kemudian.

Sampai kemarin, saat nulis untuk Writing Challenge ini selama tiga hari berturut-turut mepet detlen. Vertigo kali ini nggak sempat berkunjung. Karena saya ganti waktu istirahat pagi hari. Usai Dhuha, saya tidur. Ini lah enaknya nggak ngantor. Saya bisa bayar waktu tidur malam saat pagi harinya.

Cuma kan ngggak bisa begini terus. Satu hari nanti, bisa aja saya nggak bisa mengganti waktu tidur karena paginya ada kegiatan lain. Nah, solusinya saya nggak boleh begadang lagi. Ini nggak sekedar janji. Saya pun meminta paksuami untuk mengingatkan jam tidur. Mulai semalam pula saya pasang alarm untuk tidur. 

Jadi alarm nggak hanya berfungsi untuk bangunin dari tidur. Bagi saya mulai semalam juga berfungsi sebagai pengingat jam mulai tidur. 

Dan ternyata, sungguh berat menepati janji tidur lebih awal. Cuma akhirnya saya mengingat kembali saat tubuh lemas gara-gara vertigo berkunjung. Belum lagi mual dan nggak doyan makan sampai beberapa hari sesudahnya. Bikin tubuh benar-benar drop dan butuh fit kembali lebih lama. Oke, mulai semalam saya janji tidak lagi begadang. Karena begadang bikin saya mudah sakit dan tak produktif berkarya.

Jadi, begadang jangan begadang yaaa. Banyak mudlaratnya dibanding kebaikannya. Yuk, kerja sesuai jadwal aja. Nggak lagi-lagi begadang! Semoga makin banyak karya kalian juga meski nggak begadang. Wassalamualaikum, teman.
#Day10 #10DaysKF #10DaysWritingChallenge

7 comments :

  1. Sipp mbak. Kalau aku gaksah bergadanglah seringe tidur pagi. Gak vertigo cuman insom. :'( btw, yeaaay. Uda lunas niy. Selamat yaaa...

    ReplyDelete
  2. Begadang bikin pagi grudak gruduk yang jadi korban orang rumah dan muridku di sekolah Mbak. Habis itu aku masuk angin. Makanya, aku sekarang kalau nulis nggak terlalu ngoyo banget. Nulis satu postingan bisa beberapa hari. Lha piye, tulisan bisa update setiap hari tapi banyak hal yang aku rugikan? :(

    ReplyDelete
  3. hemm, tidurin dulu bentar bun, alaraminjam 1, baru lanjut lagi nulis nya heheheh

    ReplyDelete
  4. Aku suka banget begadang Mbak.. huhuhu, dikurangin ah mule sekarang

    ReplyDelete
  5. saya Mbaa, masih suka banget begadang nonton drama korea :(

    ReplyDelete
  6. Duh, mana belakangan ini aku lagi susah tidur cepet lagi :( huhuhu

    Salam,
    Oca

    ReplyDelete
  7. Aku sudah nggak sering begadang lagi sekarang, jam 9 malam mata sudah kriyep-kriyep, ngantuuuk :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...