Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

21 Sep 2016

Ngobrol Bareng Blogger Semarang Tentang Food Enthusiast dan Aplikasi Sakuku Dari BCA



www.hidayah-art.com

Assalamu’alaikum. Sore yang cerah, bikin saya makin semangat untuk prepare pergi ke suatu acara. Setelah sebelumnya ada sedikit masalah, karena nggak ada nama saya dalam list peserta. Tapi saya yakin kalo emang rezeki bisa bertemu blogger kece dalam acara Ngobrol Bareng Blogger Semarang, pasti ada aja jalannya. Iyeees, saya akhirnya bisa hadir, horeeee alhamdulillah. 

Apalagi ada sharing dari BCA saat Ngobrol Bareng Blogger Semarang dan sharing dari Food Blogger Nuno Orange. Udah ngerti apa itu Sakuku? Kalo belum ngerti, nanti saya kenalin sama Sakuku. Eh tapi kalo Nuno Orange pasti udah kenal semua kan ya. Si Mas Penyiar Radio Gadjah Mada yang beken, plus Food Blogger yang tenar seantero jagad yang doyan makan. Yuk deh, saya ajak teman-teman mengikuti acara kece dengan blogger-blogger kece yang ngumpul di Nestcology.

Nestcology berlokasi di wilayah Semarang bagian atas. Tahu sendiri deh, Semarang emang terbagi dalam dua wilayah. Kami menyebutnya, wilayah Semarang atas dan Semarang bawah. Tinggal di Semarang atas itu punya keuntungan, bisa menatap pemandangan kota bagian bawah. Apalagi kalo malam hari, bakal asyik tuh menatap kerlip lampu yang bak bintang di langit. Tapi kali ini bintangnya ada di bawah. Ciyeee, bisa tuh ngajakin orang yang disayang ke cafe Nestcology. Sambil santap malam, menatap kerlip lampu, dan saling menautkan jemari. Duuuuh, buruan deh kesini.

Saya berangkat bareng Arina, kebetulan rumah kami berdekatan. Sempat roaming dengan lokasi jalan Tambora, lokasi cafe Nestclogy untuk acara Ngobrol Bareng Blogger Semarang. Namun akhirnya saya dan Arina yakin, jalan yang sempat kami masuki pertama tadi emang pintu masuk menuju Nestcology.

Di lokasi parkir, kami bertemu Evylia Hardi, Diah Indri, juga beberapa blogger dari Jepara. Eh saking antusiasnya bertemu, saya malah cuma cipaka cipiki, lupa foto bareng. *halaahhhh.

Tapi saya juga udah kepincut sama fasad Cafe Nestcology yang kokoh dan elegan. Makin penasaran nih pengen lihat bagian dalam cafe. Seperti apa ya ruangan cafe milik anak perancang terkenal dari Semarang ini? Yuk, ikuti terus ya cerita saya.

www.hidayah-art.com

Begitu kami masuk, pramusaji langsung menyapa dari open kitchen yang luas dan bersih. Konsep cafe ini dengan dapur terbuka bikin suasana hangat. Pengunjung diajak menikmati suasana santap makan bagai di rumah. Ada space kece yang malam itu jadi favorit blogger narsis. Saya lihat banyak yang share foto mereka di sini. Saya pun nggak mau ketinggalan, hahaha.

“Eh, udahan foto selfinya, buruan registrasi yuk,”

“Alaaah masih antri tuh,”

www.hidayah-art.com
Sambil ngantri registrasi, foto bareng dulu 
Hihihiii, cerdas juga ya, menanti antrian panjang di meja registrasi emang paling cocok foto-foto sepuasnya di lantai 1 Nestcology yang kece.

Sementara di lantai 2, tempat acara bakal berlangsung, udah ada beberapa blogger yang duduk manis. Eeenggg, enggak ding. Mereka juga heboh foto-foto. Mumpung berada di cafe dengan interior yang kece, rugi kalo nggak foto heboh yak. Ada juga yang langsung menikmati hidangan sambil berbincang bersama teman.


www.hidayah-art.com

Menu dinner dari Nestcology ada banyak pilihan. Ada fillet Ikan goreng tepung, brokoli tumis, beef steek, Bola-bola ayam, dan sup jagung. Dan pilihan saya ini nih :


www.hidayah-art.com


Acara Ngobrol Bareng Blogger Semarang malam itu dibuka setelah shalat Maghrib. Dua MC kece Obin Robin dan si cantik Cindy tampil dengan gaya yang kocak dan asyik. 

www.hidayah-art.com

Asyiknya lagi ada Band lokal dari Nestcology yang menambah semarak malam itu. Band yang tampil tiap Jumat malam ini, khusus menghibur blogger-blogger kece malam itu. Lagu-lagu yang familiar mengalir riang dari suara merdu penyanyinya. Sambil menikmati santap malam, dengerin lagu yang asyik, nikmat mana yang kamu dustakan? 

Ngobrol Bareng Blogger Semarang mulai dengan sesi seseruan bareng Nuno Orange. Food Blogger yang juga penyiar radio ini sharing dengan minatnya sebagai Food Enthuasiasts. Nuno bilang punya hobi Food Enthusiast itu asyik, menyenangkan karena kerjanya makan. Tapi sebelum makan foto dulu makanannya, trus diunggah hasil fotonya di sosial media. Hobi ini bisa jadi profesi, karena banyak resto yang mengundang seorang Food Enthusiast.


www.hidayah-art.com

Nuno Orange meminta mba Uniek bercerita tentang pengalaman sebagai blogger yang pernah menerima undangan sebagai Review Gathering Restoran.

“Sebenarnya sih untuk mengulas resto yang pertama adalah lokasinya dulu. Baru setelah itu mengulas tentang makanannya,” ungkap Mbak Uniek.

Nuno Orange juga menjawab pertanyaan mbak Archa Bella, bagaimana bisa mendapatkan undangan untuk gathering resto.

“Kalo di Semarang emang blogger belum begitu banyak mendapat perhatian dari pemilik resto. Karena biasanya yang mendapat undangan itu mereka yang punya website khusus yang mengulas tentang resto.”

Kemudian Nuno melanjutkan keterangannya plus untuk menjawab penasaran semua blogger malam itu.

Intinya sih bangun dulu portofolio kita sebagai Food Blogger dan Food Enthusiast yang profesional. 

Tips dari Nuno Orange :

- Foto makanan sebelum dimakan. Jangan selesai makan baru ingat dan nyesel, hikss. Nggak perlu malu kalo mau foto makanan, karena sudah kekinian banget.

- Beri informasi yang jujur, kemas dengan bahasa yang halus.

- Gabung dengan komunitas food blogger kalo pengen dapat undangan review gathering resto atau perkenalan menu baru.

- Makan bareng teman dengan menu beda jadi bisa share foto banyak menu tapi hanya bayar yang kita makan aja. Namanya gandeng renteng, asik yaaa.

- Dekati Chef, tanya seputar menu yang kita pesan. Saat ini lah kita bisa kasih masukan tentang hidangan yang barusan dinikmati. Cheff sangat menghargai penikmat makanan yang mau terbuka ngomongin makanan hasil kreasinya. 

- Berikan kritik saat di lokasi, jangan dalam postingan. Rasanya nggak sopan ya, kalo diundang makan-makan tapi kita kritik di ruang terbuka macam share di sosial media. 



Eh tentang gandeng renteng tuh, kami blogger sering loh kayak gitu. Pesan menu beda, trus foto satu persatu makanan, baru diunggah di media sosial masing-masing. Teman dan tetangga yang lihat di timeline trus komentar, makan-makan teruuus, duitnya nggak habis-habis, ahahaha.
___________ 

Sesi berikutnya dari Divisi Pengembangan Dana dan Jasa BCA, Mas Amin Laurent yang menjelaskan tentang produk terbaru BCA yaitu SAKUKU.

www.hidayah-art.com

Sebelumnya saat sesi kuis saya kurang komplit jawabnya. Dan yang menjawab benar adalah Vita, dapat cring cring nih. Selamat ya Vita.

Mas Amin Laurent menjelaskan bahwa Sakuku dompet elektronik yang dapat digunakan untuk transaksi melalui aplikasi smartphone dan bisa digunakan untuk bayar belanja, isi pulsa, dan transaksi perbankan lainnya. Seperti transfer, dan lain-lain.

Gimana Cara Mendapatkan Sakuku?

Gampang banget, ini nih caranya:

- Pastikan sudah punya smartphone Android, untuk OS 4.0 ke atas. Sementara kalo iPhone iOS 7.1 ke atas.

- Download aplikasi Sakuku di Play Store (Android) atau App Store (iPhone)

- Isi data, seperti nama, tanggal lahir, dan email lalu tinggal lakukan verifikasi

Begitu Sakuku sudah aktif, tinggal Top Up aja dengan maksimal saldo ada dua pilihan, yaitu Rp. 1.000.000 (Sakuku) dan Rp. 5.000.000 (Sakuku Plus).


www.hidayah-art.com

Nah, kalo pengen tahu cara Top Up Sakuku di mesin ATM BCA, saya sharing caranya :

1. Pilih Menu : Transaksi lainnya

2. Pilih menu : Transfer

3. Pilih menu : Transfer ke Sakuku

4. Masukkan nomor Sakuku :

Yaitu Nomor HP kamu dan nominal transfer

5. Cek kembali transaksi kamu, lalu pilih YA untuk melanjutkan

6. Transaksi selesai. Sakuku kamu siap digunakan.

Selain ATM BCA, Sakuku juga dapat di Top Up melalui KlikBCA atau BCA mobile lohh ... melalui menu transfer -> transfer ke Sakuku

Keuntungan Sakuku ada 6 fitur, yaitu :

- Bisa cek saldo

- Melihat mutasi yang sudah kamu lakukan 

- Bayar belanjaan

- Bisa Isi Pulsa 

- Bisa melihat kontak teman, siapa aja yang udah punya Sakuku

- Ada setting untuk mengatur PIN, melihat info, mengaktifkan Sakuku Plus

Nah, kalo Sakuku Plus ini lebih asyik lagi, bikin hangout kamu makin all out deh. Karena fiturnya lebih lengkap. Seperti apa sih? Yuk cek di sini ya :

www.hidayah-art.com

- Ada fitur Transfer dan permintaan Transfer ke sesama Sakuku, tentu harus minta pada teman yang udah Sakuku Plus juga.

- SPLIT BILL, dengan fitur ini kamu bisa berbagi tagihan sama teman-teman. 

Bayar apa aja bisa dibagi rata, misal makan di resto. Tinggal bagi

Rata tagihan. Maksimal untuk 9 orang dan sudah mengaktifkan 

Sakuku Plus.

- Tarik Tunai di ATM BCA. Fitur menarik karena bisa ambil uang tunai

Tanpa perlu bawa kartu di ATM BCA. Tapi  mesti lihat yang ada logo Tarik Tunai Sakuku di bagian depan ATMnya. 


Nah teman-teman yang suka ketinggalan dompet, sekarang makin enjoy kan. Tinggal pakai smartphone, aman deh dunia, hahaha. Apalagi sekarang udah ada ratusan merchant yang bekerja sama dengan BCA Sakuku. Tinggal tunjukin smartphone kamu, ngincipi menu di resto lancar jaya.

www.hidayah-artcom

Sesi berikutnya masih asyik dan seru, karena ada penampilan Comic Semarang. Stand up comedy yang bikin kami, blogger Semarang dan sekitarnya ngakak rame-rame. Eh ini saya sambil menikmati Baileys Chocoboom yang coklatnya lumer begitu masuk mulut. 

www.hidayah-art.com

BCA dengan Sakuku malam itu berbagi rezeki melalui postgram terbaik. Dan pemilik akun IG @Archa_bella yang terpilih sebagai postgram terbaik. 

Saat bagi-bagi yang beruntung mendapat Top Up Sakuku, terpilih dua blogger yaitu Asmari dan Evylia. Selamaaaat ya semuanya. 

Keseruan malam itu komplit banget. Ada tawa, foto yang tak pernah selesai, perut yang terpuaskan oleh menu lezat, mendapat materi yang bergizi, serta bertemu teman dunia maya yang menyenangkan. Kapan lagi ada acara Ngumpul Bareng Blogger Semarang yang heboh seperti ini? Jangan sampai ketinggalan lagi deh. Sampai jumpa cerita yang lain lagi ya. Wassalamu’alaikum.

22 comments :

  1. duh acaranya kece ya mba, apalagi ada blogger femes mas Nuno Orange makin komplit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, iyaa... karena ada Nuno jadi makin seru dan pecaahhh

      Delete
  2. Whoaaaa Semarang seru sekali!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ke Semarang aja Put, asik kalo ngumpul tuh pasti heboh :D

      Delete
  3. Seru abis dan makanannya tak terlupakan rasanya..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, makanannya mengesankan banget yak :D

      Delete
  4. Yuuk mbk malan gandeng renteng aku blom kayaknya😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah kapan ke Semarang agak lama, ben iso makan gandeng renteng, hahahaa

      Delete
  5. kadang nggak sabar buat makan. Pas udah selesai trus lupa kalo blm difoto mba :))

    ReplyDelete
  6. Iyaa kapan poto bareng mba Wati ... sayang waktu di photo booth yg terakhir itu aku nda bisa ikut, lagi nungguin donlot sakuku

    ReplyDelete
  7. Ah, ya, kita lupa foto bareng ya Mbak Wati. Hiks....

    Akhirnya Mbak Wati dkk dari semarang punya kesempatan jadi food enthusisat nih, kemarin habis jalan-jalan dan makan-makan seru. Senang lihat makanan yg dishare di IG.

    ReplyDelete
  8. Aku senang ketemu Mbak Wati dkk di acara ini. Acaranya asyik, menunya TOP, ilmunya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  9. Aduuh, aku pingin bikin sakuku jadinya nih

    ReplyDelete
  10. Itu blogger Jepara ikutan? Huhuhu..senengnyaa rame-rame makan bareng.
    Oya tentang sakuku ini aku pernah lihat waktu ambil uang di ATM BCA (rekeningnya suami). Apakah ini tandanya aku harus bikin rekening BCA juga? :v

    ReplyDelete
  11. Seru mbak wati, lumayan waktu itu jawab arti sakuku dapet voucher 100rb carrefour, goodiebagnya juga lock and lock kece ☺

    ReplyDelete
  12. Seruuu mba acaranya ya... saya jg pernah ikut gathering yg di jakarta emang praktis bgt sakuku ini

    ReplyDelete
  13. Jd kepengen gabung sm komunitas food blogger..

    ReplyDelete
  14. Enak ya klo ada sakuku..bakalan sering hang out san nongki2.deh kita

    ReplyDelete
  15. Ha-ha-ha sangar itu wefie nya Mb Unik

    ReplyDelete
  16. Yeay asyiik kita kemarin cipika cipiki tho mbak.kapan yaaa ada acaraa keren lagi spt kmrin☺

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...