Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

5 Sep 2016

Apa Perlengkapan Ngeblog Yang Wajib Kamu Miliki?



www.hidayah-art.com

Assalamu'alaikum. Menjadi blogger itu menyenangkan. Cukup nulis artikel, edit, poles sedikit, kemudian publish. Yup, sesederhana itu. Beda kan kalo teman-teman mengirimkan artikel untuk media cetak. Ada media yang butuh tiga bulan untuk proses seleksi agar naskah layak muat. Pengalaman saya yang paling cepat juga sekitar dua atau tiga bulan. Makanya saya meniru seorang penulis, nulis-kirim-lupakan-nulis lagi-kirim-lupakan lagi. Gitu seterusnya. 

Nah, bedanya lagi, kalo nulis untuk media cetak, saya hanya butuh alat buat nulis. Bisa PC, atau pun laptop. Dulu bahkan waktu masih kuliah, saya pakai mesin ketik. Mesti hati-hati ngetiknya. Dan biasanya saya bikin draft dulu pakai tulisan tangan di buku tulis. Duuuh, jaman bahuela. Tapi saya bahagia memiliki kenangan itu dan menyimpannya dalam ingatan. Memorable banget!

Tapi saya suka enggan nunggu lama, pengennya segera tahu bagaimana nasib naskah saya. Sementara yang mengirim naskah kan nggak cuma saya. 

Jalan keluarnya adalah nulis artikel tetap lanjut. Trus tetap lakukan self editing, dan publish sendiri di website pribadi. Yah, namanya juga blog sendiri, suka-suka juga kapan publish artikel kita. 

Nah, beda lainnya tentu saja perlengkapan nulis di media cetak dan media online. 

Apa perlengkapan ngeblog yang wajib kamu, kita, dan blogger miliki?

Pastinya nggak sama ya, perlengkapan ngeblog masing-masing blogger. Kalo saya sih semua butuh proses. Dulu pertama ngeblog, pakai PC milik bersama di rumah. Ponsel juga masih yang sederhana, apa adanya. 

Senangnya seiring dengan berjalannya waktu, saya mulai bisa menabung dari honor nulis, honor Job Review, dan Honor nulis sebagai kontributor website wista. Sebenarnya saya bisa membeli perlengkapan ngeblog dari gaji, saat memulai ngeblog saya masih bekerja. Tapi nggak asyik lah kalo beli perlengkapan bukan dari honor nulis Job Review atau yang lainnya.

Cuma butuh sabar aja, akhirnya Tuhan memberikan saya kemudahan dan jalan. Aamiin.

Yuk, langsung aja saya tuliskan dalam daftar berikut :

1. Ponsel pintar


www.hidayah-art.com

Iyup, saya suka menyebutnya ponsel pintar. Ini ponsel yang paling bungsu saya miliki. Saya membelinya dari honor nulis sebagai kontributor website wisata hellosemarang.com tahun kemarin. Itu kontrak pertama saya selama 6 bulan yang menyenangkan. Alhamdulillah. 

Namanya juga ponsel pintar, semua bisa saya lakukan dengan hanya mengandalkan ini. Ponsel ASUS Zenfone 5 ini saya beli saat harganya turun, rezeki banget ya. Saya menggunakan banyak aplikasi untuk melancarkan kegiatan ngeblog. Dari mengaktifkan akun sosial media, aplikasi bikin infografis, dan tentu saja untuk narsis.

Penting banget nih narsis pakai kamera bagus kayak ASUS ini. Saya terbantu karena usai ngambil gambar, bisa segera bikin infografis atau langsung aja share ke media sosial.

Ponsel pintar ini juga membantu saya bikin draft saat hadir dalam gathering. Biasanya saya gunakan fasilitas blogger.com di google chrome. Atau saya jadikan alat perekam kalo ada materi penting yang saya bakalan telat nulis. Lumayan ngebantu banget deh. 

Nah, saya pun sempat merasakan #BerkahNgeblog dapat smartphone. Eh tapi sekarang jadi milik si bungsu. Dia bangga banget menggunakan ponsel emaknya yang dapat dari kompetisi blog.

2. Laptop/Netbook


www.hidayah-art.com

Setelah memakai PC milik bersama di rumah, bareng si bungsu sih pakainya. Saya bersyukur bisa memiliki Netbook untuk saya pakai sendiri, enggak tandem bareng si bungsu.

Tahu kan milik brand mana netbook saya?

Terus terang kalo urusan perangkat teknologi gini, yang kasih saran adalah si sulung. Dia kan lulusan SMK Negeri 7 jurusan Teknik Komputer Jaringan. Jadi ngerti banget tentang spesifikasi dan sodaranya itu. Saya kan mamak manut, jadi si sulung menyarankan beli produk ASUS ya manut aja.

Apakah ada pengaruh dengan punya laptop/netbook dan rajin nulis?

Iya pasti lah, karena nggak ada yang namanya batasan pemakaian. Suka-suka saya mau pakai seharian sampai mata blawur, hadeuhhh.

Cuma saran saya bagi yang belum memiliki laptop atau PC sendiri, sabaaar. Katanya yang sabar tuh disayang Tuhan. Bener tuh, saya selama ini sabar dengan kondisi tandem. Alhamdulillah saat resign dari tempat kerja tahun kemarin, saya menerima tali asih yang lumayan. Bisa deh buat beli laptop ini. PakBos kayaknya tahu kalo saya butuh duit buat beli perangkat kerja sebagai penulis. Moga Pakbos (mantan) sehat-sehat yaaa, aamiin.

3. Power Bank

#BerkahNgeblog berupa Power Bank udah lama banget saya impikan. Waktu ASUS bagi-bagi power bank, saya sedang rehat dari dunia maya selama 14 hari. Kayaknya mbak Echa deh yang woro-woro dan saya terlewatkan dapat rezeki power bank. Saya sih nggak boleh menyesal tidak mendapat power bank. Saya rehat karena alasan kesehatan. Jadi memang belum rezeki saya sih.

Sempat rencana akan beli power bank, tapi gagal terus. Si sulung sibuk di kampus, dan saya malas beli power bank sendiri. Ihhh, mamak malas ini.  

Senangnya #BerkahNgeblog berupa power bank pun saya dapatkan. Saat acara Gathering Peresmian Gedung Baru JNE di Semarang, salah satu isi goodie bag ada power bank. Ceritanya saya tulis dengan judul :  

JNE Dengan Gedung Baru Untuk Pelayanan Yang Lebih Smart

Alhamdulillah, bener kan yang namanya sabar tuh disayang Tuhan. Aamiin.


www.hidayah-art.com
#BerkahNgeblog dari Berkah Silaturahmi
 4. Modem / Wifi
www.hidayah-art.com

Sudah hampir dua tahun ini di rumah ada fasilitas internet dari Indihome. Lancar jaya sih kecuali kalo listrim padam ya, jadi ilfill deh saya. 

Nah, kalo di luar rumah biasanya saya pakai tethering dengan hape yang ada fasilitas internet XL Super ngebut. Lumayan juga ngiritnya. 

5. Bulpen dan Agenda

www.hidayah-art.com

Meski jarang dipakai karena lebih mengandalkan smartphone, tetap saya prepare agenda dan pulpen. Sementara sticky note biasanya untuk nulis lomba blog atau Job Review yang pastinya ada jadwal Dl. Biasanya saya tempelin di dekat meja buat ngeblog di rumah. 
________

Dua dari lima perlengkapan ngeblog di atas saya miliki dengan jalan yang tak pernah saya sangka. Jadi bagi teman-teman yang belum memiliki perlengkapan ngeblog yang memadai, jangan berkecil hati. Tetap rajin ngeblog, chusnudzon pada Allah, jangan suka nyinyir kalo ada yang menang lomba blog, jaga hubungan silaturahmi dunia maya, dan sabaaaarrr. Tuhan selalu punya rencana indah bagi kita. Wassalamu'alaikum.

13 comments :

  1. wahhhh..ASUS minded nih..hihi
    jadi pengen ngulik spek ASUS hp buat anak nih mbak...bagus ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Milzam bilang untuk harga dengan spek yang mumpuni, punyaku oke banget. Tapi yang kayak punyaku udah gak produksi.

      Delete
  2. Weleh ASUS semua ki ceritane.. :D

    ReplyDelete
  3. Asus minded.
    Aku juga mbak laptop dan hpnya anakku

    ReplyDelete
  4. Aku nih mbak lg baper kelamaan udh lama ga mo ikutan lomba blog lagi abis kalah mlulu. Harusnya si ga boleh patang smangat ya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah iya, ayo semangat ngontes lagi ya, lumayan kalo aku sih ikut yang sekiranya mampu aja

      Delete
  5. Kalau aku sticky note suka aku tempelin di laptop atau kaca tempat biasa aku ngaca biar kelihatan terus. Biasanya isinya DL lomba, job review, atau jadwal acara yang mau dihadiri.

    ReplyDelete
  6. Laptopnya sama mbak..hehe... Senaaaang ya bisa nambah perlengkapan ngeblog dari hasil ngeblog itu sendiri.. Saya sih belum keturutan, tp tetep semangat semoga ketularan pinter & rajin spt mba Watik... Aamiin...

    ReplyDelete
  7. Hehe...iya, yang paling buat bunda tuh bukan ponsel pintar tapi laptop. Gak ada laptop bisa-bisa mati gaya, tapi kalo gak ponsel pintar, ya, juga mati gaya tenan, qiqiqiii...

    ReplyDelete
  8. Huwaaaa semua perlengkapan elektronik untuk tempurnya ASUS semua. Dan bener banget, kalo smartphone itu penting buat ngeblog mba.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...