Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

18 Jan 2016

Apa Manfaat Salak Gading Bagi Kesehatan?

   
www.hidayah-art.com


Halo assalamu'alaikum sobat, semoga sehat semua hari ini, amiin.
Beberapa waktu yang lalu, saat mau liburan akhir tahun yang kedua (iya, saya liburannya sampai dua episode, baca deh tulisan liburan di Yoyga), badan agak meriang. Meriang a.k.a kurang enak body, bukan singkatan dari merindukan kasih sayang. *apaseh*


Eh, ternyata perut saya mules mules, untung sih nggak parah. Tapi cukup lah bikin saya agak aras-arasen liburan lagi. Apalagi liburannya ke Yogya lagi. Trus rencana liburan juga ke candi Ratu Boko, udah pernah sih jadi agak malas.

Tapi, ini kan perginya berombongan, nggak kayak liburan yang pertama, pas Maulid Nabi dan dilanjut besoknya, hari Natal. Lima keluarga liburan bareng, pasti seru banget. Dan, saya nggak akan melewatkannya, meski harus minum obat  biar mulesnya sembuh.

Ah, saya ingat masih punya salak pondoh abis beli di Kaliurang saat liburan pertama. Dari pada minum obat, mending ngobatin perut yang BAB berulang kali dengan makan salak aja kali ya. Lebih aman, nggak meracuni tubuh. Apalagi katanya, kalo perut mules dan BAB itu tandanya bukan hanya sakit. Tapi juga proses tubuh mengeluarkan racun. Iyesss, makan salak yuk, biar mampet.*tutuphidung*

Nah, waktu belanja salak, mbakyu ipar saya enggak cuma beli salak pondoh yang udah terkenal. Dia bahkan khusus mencari Salak Gading.

"Salak gading itu bisa ngobatin diabetes, Dik."

Terus terang saya terperangah. Masa sih?

"Iyaaa... nanti Dik Wati cari di internet, kan suka mainan internet, tho?"

Hihihiii, iya sih, di keluarga suami, saya terkenal doyan internet. Sok sok sibuk dan bergaya nyari duit lewat internet. Emang betul? Enggak tahu lah, ntar kalo saya jawab dikira sombong. Ntar ada yang nganggap saya kena penyakit FoMo yang ngehits awal tahun itu. 

Iyaaa sih, saya bisa punya smartphone ASUS juga karena adanya internet. Secara khusus sih karena ngeblog #berkahngeblog, jadi kontributor website wisata. Alhamdulillah, dari honor yang ditabung bisa beli smartphone yang keren itu.

Eh balik lagi ke laptop salak gading, hihihiiii

Nah, abis liburan itu saya langsung searching, benar gak sih salak gading itu memiliki manfaat bagi penderita diabetes?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh mahasiswi dari Universitas Ahmad Dahlan Yogya, kandungan Arginin, Zat Bee Helarth Products & Bee Health Propolis, bermanfaat untuk normalisasi sel-sel tubuh agar responsive pada insulin. Zat ini sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes tipe II. 

Pterostilbene merupakan zat anti diabetes dan berperan langsung dalam menurunkan kadar gula darah.


Lantas, apakah hasil penelitian ini sudah dicatat dalam Jurnal Nasional? Atau, apakah penelitian ini akhirnya bisa menjadi rujukan bagi masyarakat umum? Saya kurang tahu, semoga aja ada yang menindaklanjuti penelitian mahasiswi Yogya tersebut.

Apalagi mbakyu saya sangat percaya kalo makan salak gading, bakal menurunkan kadar gula dalam darahnya. Meski mbakyu belum sampai kena diabetes, tapi dia antisipasi karena dua kakaknya meninggal disebabkan penyakit tersebut. 

Itulah sebabnya, kemarin mbakyu sampai nyari penjual salak gading di lereng gunung Merapi. Nyari yang paling banyak stoknya, paling bagus kwalitasnya dan tentu saja yang paling murah, hahaha. 

Banyak maunya ya, maklum deh perempuan mesti pintar belanja. Kalo bisa dapat barang berkwalitas sama, tapi harga bisa lebih murah, mengapa tidak?

Salak gading sendiri memiliki rasa yang berbeda dari jenis salak yang lain. Katanya memiliki rasa yang agak sepat. Tapi waktu saya ngincipi, rasanya sama kok dan agak masam. Mirip dengan salak bali tapi masih kalah masamnya. Karena ada rasa manis sedikit. 

Kulit buahnya juga berwarna lebih terang, seperti kuning emas. Beda kan dengan salak pondoh, salak nglumut dan yang lain.

www.hidayah-art.com
Perbedaan warna kulit
salak pondoh dan salak gading

Nah, gimana sobat, sudah tahu dengan manfaat salak gading bagi kesehatan tubuh kita? Atau malah udah mengonsumsi salak gading untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh? Semoga bisa bermanfaat artikel ini. Mohon maaf kalo ada kalimat yang tak semestinya tertulis di sini.

Wassalamu'alaikum.


Data pendukung :

24 comments :

  1. Warnanya secantik manfaatnya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warnanya keemasan, beda sendiri ya dan emang terlihat cantik

      Delete
  2. biji salak juga bermanfaat loh katanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh malah baru tahu, kalo selama ini setahuku hanya buah dan kulitnya aja.

      Delete
  3. belon pernah nyobain maak
    cuma, pernah liat salak gading ini, lebih muda warnanya dr salak pondoh yaa.

    mkasih inpohnya yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk deh dicari di tempat mba Nchie, dibeli dan dicicipi :)

      Delete
  4. Baru tahu salak gading. Biasanya cuma salak pondoh aja yg kumakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di Jateng dan DIY, rata2 banyak yg tahu salak gading ini. Tapi yg sering ke kaliurang dan sekitarnya

      Delete
  5. waahhh blm prnh tau dan nyobain salak gading mba.... kok kyknya susah nemuin di jkt yaa... aku suka bgt ama salak soalnya.. tp memang biasanya beli salak pondoh aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang salak langka, mungkin yg budidaya masih terbatas, eh tapi nggak tahu sih kalo di propinsi lain ada.

      Delete
  6. Barubtaunkalau warna salak beda2 dan banyak manfaatnya... Saya kalau BAB sering banget hihi... Apa mungkin diobati dg salak ya Mak

    Salam dari Rembang

    ReplyDelete
  7. Barubtaunkalau warna salak beda2 dan banyak manfaatnya... Saya kalau BAB sering banget hihi... Apa mungkin diobati dg salak ya Mak

    Salam dari Rembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diobati pakai salak. Tapi tetap harus dicari tuh penyebabnya, napa sering bab. Kalo terlalu banyak makanan berserat biasanya gitu, hihii

      Makasih udah mneyambangi blog saya :)

      Delete
  8. Asamnya bahaya gak ya buat yang punya penyakit maag? Aku lebih suka makan salak pondoh sih selama ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak terlalu asam sih, mbakyuku jg punya sakit mag. Dan gak pengaruh tuh ,mbak

      Delete
  9. Baru tahu kalau ada salak gading mbak Wati, dan ternyata manfaatnya bagus juga ya bisa mengobati diabetes :)

    Warna kulitnya sesuai namanya ya mbak, kuning :)

    ReplyDelete
  10. Saya baru tau varian salak yg ini mbak. Setahu saya di jepara belum ada.
    Tfs ya mbak.

    ReplyDelete
  11. Sekarang masih musim salak ya, coba cari2 salak ini ah...
    Bukan karena diabetes sih... penasaran dan bisa tuk oleh2 jika menjenguk yg sakit diabates/darah tinggi

    ReplyDelete
  12. Baru tahu nih ada salak gading. Biasanya yang coklat tua aja.

    ReplyDelete
  13. manfaatnya banyak banget ya, salaknya cantik ya

    ReplyDelete
  14. Wah baru tau kalo ada salak gading, kulitnya kuning ya nggak seperti kulit salak biasanya. Unik banget, bermanfaat buat kesehatan juga ternyata.

    ReplyDelete
  15. salaknya agak semi golden gitu ya
    kayaknya yang ini durinya tajem, tapiii maniss,, aaa pengen hihi

    ReplyDelete
  16. Baru tahu,... tapi kayaknya belum pernah lihat salak gading di daerah rumah

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...