Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

21 Nov 2015

Festival Komik Dan Animasi 2015; Saatnya Yang Muda Yang Berkarya

hidayah-art.com


Kota Semarang sekarang sudah makin sering menjadi ajang beragam event menarik. Terbayang belasan tahun lalu tinggal di kota ini, rasanya melas banget. Garing dan membosankan. Beda dengan saat ini, hampir tiap bulan adaaaa aja event menarik digelar. Bahkan sudah jadi agenda tahunan, seperti Festival Komik Dan Animasi 2015 yang sekarang tengah dihelat di Museum Lawang Sewu. Tahu kan, gedung tua yang selalu nge-hits ini? 

Festival Komik Dan Animasi 2015 ini sangat padat dan bergizi acaranya. Ada workshop, diskusi, lomba cosplay, pameran, bazar, pemutaran film-film yang menarik dan launching. Dari loket kita jalan aja lurus ke arah timur, nanti ada gerbang tempat pengunjung bisa narsis seperti si bungsu.

hidayah-art.com
si pecinta komik
Dari tahun kemarin Naufal udah pengen nonton festival, namun gagal karena satu sebab yang kurang jelas. Dia pecinta komik, suka bikin animasi di kertas maupun di tab atau laptop. Saya kurang paham pakai aplikasi apa, yang pasti sih kalo udah bikin animasi suka lupa segalanya. Kudu dibilangi sudah waktunya shalat, makan dan belajar. 

Nah, tahun ini pun hampir gagal datang kesana. Baru hari ketiga saya bisa mengantar si bungsu berkunjung ke festival. Mengapa nggak datang sendiri, kan udah anak SMA?

Anak-anakku tuh kalo nonton pameran jarang bareng sama temannya. Lebih sering sama babe ama emak. Kecuali kalo acara sekolah, ya pasti bareng teman-temannya. Dan saya pun setia mengantarnya, sambil tak lupa numpang narsis lah, biar kekinian.

hidayah-art.com


Acara digelar di bagian tengah halaman yang luas, dengan panggung menghadap timur (kayaknya siih). Saat saya datang kesana sedang ada band pengisi acara yang tengah memainkan lagu-lagu asik. 

Senja telah beranjak malam, namun pengunjung masih asik mengikmati alunan suara merdu sang vokalis. Saya dan si bungsu jadi enggan beranjak juga dari tempat duduk.

hidayah-art.com

Tempat berlangsungnya pameran disatukan dalam tenda yang berada di sisi kanan panggung. Beberapa animator dari kota Semarang, Surabaya, Ungaran dan kota lain turut andil memamerkan karyanya. Ada PAPILLON, milik suami Rahmi Aziza yang tak kalah seru mengajak pengunjung narsis dengan properti unyu bareng karakter Mak Irits.

Sayang pas saya kesana, udah banyak yang tutup dan pulang. Nyaris mau Maghrib sih. Yo wes lah, si bungsu foto-foto tanpa atribut buat obat kecewa.

hidayah-art.com

Naufal sempat ngobrol dengan seorang pegiat komikus dari kota Malang. Keren ya, komikus dari kota Malang pun ikut berpartisipasi di acaran ini.

Naufal puas tuh ngobrol banyak dengan pak Aji. Pendiri komunitas Tukang Tutur ini mengkonsep komunitas sebagai ajang saling belajar satu sama lain. Anggotanya memiliki profesi beragam, dan menjadi komikus karena ingin menyuarakan isi hati.

Pak Aji Prasetyo lebih menekankan pada seni bercerita. Pesannya pada Naufal, yang penting bikin cerita yang menarik dulu. Soal gambar bisa dibikin belakangan. Wah, saya setuju dengan pesan beliau. Karena selama ini Naufal lebih sering bikin gambar dulu dan jarang bisa menuliskan cerita. Yah, si bungsu maunya emang otodidak sih. Jadi nggak ada yang mengarahkan bakatnya selama ini. Semoga setelah ngobrol bareng pak Aji, si bungsu tertarik bikin cerita plus komik yang lucu-lucu.

hidayah-art.com
Naufal tekun mendengarkan teknik yang dipaparkan komikus kota Malang



Stand SMK 4 yang baru aja ditinggalkan petugasnya, pelajarnya sendiri yang jaga

Ayuk lah mumpung masih ada waktu sampai pukul 5 sore nanti. Banyak acara seru, dan hari ini udah penutupan. See you, moga bisa menikmati acaranya.


Lokasi acara :
Festival Komik Dan Animasi 2015
Lawang Sewu
Semarang

14 comments :

  1. Ayo Mbak Wati saa Naufal kolaborasiiii Mbak Wati bikin cerita, Naufal yang gambar hehehe. Mbaak kok ga foto di booth Mak Irits pakai propertinyaaah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, moga terwujud kolaborasinya. Eh iya nggak tahu sebelah mana photobooth nya kemarin itu, Mi

      Delete
  2. Kereen nii pamerannya sayang ngga bisa datang hiks..

    ReplyDelete
  3. Festifal komik juga ada? Ckckckc. Keren bangettt.

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Tahun depan ajak Arkaan... Udah setahunan lebih ya, bisa diajak nonton

      Delete
  5. Asyikk.. aku nggak bisa datang mba.. banyak agenda nih.. :D

    Moga2 Naufal tambah pinter nggambarnya. aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, makasih ya

      Tahun depan masih ada lagi, semoga ya

      Delete
  6. Dari dulu aku terkesan dg pasangan ini. Kompak dalam cita dan cinta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba Lus, loyal dengan profesi yg dipilih jadi makin sukses deh

      Delete
  7. komik karya anak bangsa sudah banyak yang bagus. Semoga suau saat nanti komik Indonesia semakin berjaya paling tidak di rumah sendiri

    ReplyDelete
  8. http://www.hidayah-art.com/
    sobat ni temen baru ingin join biar aku bisa ngerti komik apalagi buatnya publikasinya makasih. secercah tulisan penamu berharga buat dunia dan aaku mksh

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...