Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

23 Oct 2015

9 Ragam Makanan Dengan Toping Sambel Pecel

Halo temans, sehat semua ya hari ini, aamiin :D
Beberapa hari lalu saya dapat kiriman sambel kacang, hadiah dari GA Mak Irits. Waaah, seneng deh, apalagi sambel kacang itu kan favorit saya bangeeeet. Sebenarnya sih bikin sendiri juga bisa, tinggal beli kacang trus digoreng. Tambahkan cabe, trasi, garam, daun jeruk wangi, bawang putih, dan kencur. tinggal diuleg, atau kalo malas *saya ini mah* ya udah diblender aja, beres deh. hehe...

Tapiii... waktu dapat kiriman sambel pecel merk Widiasri ini, rasanya seneeeeng banget. Oh iya, sambel pecel ini dikirim langsung oleh produsennya dari kota Tuban. Kalo kalian pengen menikmati sambel pecel ini bisa loh pesen langsung. Kabarnya sambel pecel ini udah banyak peminatnya, sampai menjelajah ke manca negara. Kereeen ya... Makanya ayo pesen langsung ke mbak Dina. Nanti kalo udah dikirim, segera aja difoto, dan langsung unggah ke socmed. Biar kekinian dooong, hahaha.

hidayah-art.com
Sambel pecel Widiasri dengan dua varian pedan dan tidak pedas

Naaah, trus saya jadi mikir, ini sambel pecel dua dos, satu dos isinya dua plastik sambel pecel. Enaknya dibikin apa ya selain untuk toping sayuran a.k.a pecel? Masa iya mau saya makan sama roti, seperti kesukaan saya selama ini. Atau digado, buat cemilan?

Setelah minta saran babe, juga Milzam dan Naufal, ini lah sembilan ide menikmati sambel pecel :

1. Buat pecel sayuran. Ini yang udah mainstream ya. Namanya juga sambel kacang, pasti lah buat sambel pecel. Sayurannya juga komplit ini, ada kangkung, kubis, tauge, kenikir dan bunga turi. Dinikmatinya sama bakwan sayur, atau mendoan. Tapi kali ini saya menikmatinya dengan gendar dan tempe goreng. Kebetulan hari sabtu baru jagong nganten di desa almarhum bapak mertua di daerah Toyan, Boyolali. Pulangnya kami disangoni gendar buatan bulik. Nah, gendar ini paling cocok dimakan dengan pecel sayuran. Cukup ditambah tempe goreng yang masih kemebul, dijamin lezatos tos tossss...

hidayah-art.com


2. Kebetulan kemarin pas lebaran haji dapat antaran lepet, kupat dan opor. Nah, kupat sih ada teman makan yaitu opor serta sambel goreng. Sementara lepet biasanya dimakan sebagai cemilan. Tapi kalo saya, lepet selalu enak dinikmati bareng sambel kacang. Tinggal dikupas dari bungkusnya, trus potong dan guyur dengan sambel kacang. Dijamin deh enggan berhenti sebelum kenyang, hahaha...

hidayah-art.com

3.  Mie goreng sambel kacang. Wah, kalo ini sih banyak yang suka ya. Di tempat saya, tiap kali ada penjual pecel lewat, pasti yang ditanyakan ada mie goreng nggak. Kalo masih ada, mereka langsung pesan pecel mie. Enak loh, saya udah lama ngefans pecel mie juga.

Kali ini saya enggak perlu antri beli mie sambel pecel di penjual pecel yang keliling kampung. Karena saya masih punya sambel pecel kiriman teman, langsung deh bikin mie sendiri. Dan saya pun mencairkan sambel pecel dengan sedikit air, kemudian menyiramkannya di atas mie. Wuiiiih, maknyusss bener ini :D

hidayah-art.com

4. Kadang kalo lagi pengen makan yang pedes-pedes, sementara saya malas makan nasi dan masak hari itu juga sayur berkuah bening. Saya bakal menyantap menu sederhana, mudah dibuat, dan semua orang bisa menyajikannya dalam waktu 3 menit. 

Iyesss... roti tawar dengan isian sambel pecel. Kalo biasanya kita bikin roti tawar dioles margarin dan meses, atau dioles beragam selai/jam buah. Nah, saya malas makan nasi tapi pengen yang pedes-pedes. Akhirnya saya iseng aja bikin roti tawar dioles sambel kacang. Biasanya saya pakai roti tawar gandum yang berserat kasar, trus sambel kacangnya cuma dikasih air dikit aja. Bikin roti isi sambel pecel pertama kali, saya langsung ketagihan. Esoknya bikin lagi dengan menu yang sama, dan sukses bikin anak-anak mengernyitkan dahinya. Hahaha, kalian tidak bisa menikmati sensasi pedas yang menggoyang lidah sih, jadi menatap aneh emaknya yang asik aja makan menu baru.

5. Nasi Rames. Dulu di rumah lama di daerah Pedurungan Kidul, saya sesekali beli nasi rames untuk sarapan. Di Semarang itu penjual nasi rames tersebar di seluruh sudut kota. Isi nasi rames tidak sama untuk masing-masing penjual. Saya paling suka nasi rames yang dijual di Pedurungan. Karena isinya komplit. Enggak hanya sayur lodeh nangka, oseng sayur kacang/kangkung, dan sambel goreng krecek. Tapi masih ditambah dua pilihan menu, yaitu urap sayur atau pecel sayur. Nah, biasanya saya pilih tambahannya pecel sayur. 

Karena di tempat yang baru ini jarang ada yang jual menu  nasi rames seperti di Pedurungan, saya kadang iseng bikin sendiri. Pas masak sayur lodeh, dan sisa masakan oseng kacang hari sebelumnya masih, saya tambahkan sambel pecel untuk toping nasi rames ala saya, hihihiii...


hidayah-art.com


6. GADO-GADO
Sebernarnya bumbu gado-gado beda dengan sambel pecel untuk sayur. Sambel gado-gado itu enggak pakai kencur, sementara sambel pecel khasnya karena ada kencur. Tapi, kalo pengen gado-gado, dan yang jual dekat rumah sedang libur, saya bikin sendiri. Enggak apa gado-gado dengan bumbu sambel pecel, yang penting bisa keturutan menikmati salad khas Indonesia ini.

Biasanya saya bikin sambel gado-gado dengan mencairkan sambel pecel ditambah santan encer. Campuran ini dimasak dengan api kecil sambil diaduk. Kalo sudah mendidih, masak hingga agak mengental. Tinggal siapkan sayuran pelengkap yang terdiri dari kubis, kacang panjang dan tauge yang udah dikukus. Kemudian tambahkan lontong, kalo suka yaaa. Tambahkan telur rebus, tahu goreng, tempe goreng, kerupuk udang dan emping. Guyurkan sambel gado-gado dan taburi bawang goreng. Tadaaaa.... jadi deh gado-gado dengan sambel pecel yang udah dimodifikasi.

7. SOTO SOKARAJA
Pertama kali makan soto sokaraja saat tahun 1996 berkunjung ke rumah bulik di Banyumas. Di sana kami mampir di rumah ibunya bulik, simbah Mangun, untuk jagong nganten. Nah, sarapan paginya kami disuguhi mendoan yang masih panas membara. Karena  jagong ngantennya masih empat jam lagi, bulik akhirnya masak soto Sokaraja. 

Kami, rombongan dari Semarang kaget saat soto disajikan bersama sambel pecel dalam mangkok tersendiri. Kalo soto Semarang kan sambelnya berupa ulegan cabe rawit ditambah kuah soto. Nah, beda dengan soto Sokaraja. Sambelnya berupa sambel pecel yang dicairkan dengan kuah soto. Soto dinikmati bersama kupat dan sambel kacang serta taburan kerupuk bawang serta bawang goreng. Menikmati soto ini dengan tambahan cemilan mendoan, bikin lidah kami bergoyang hingga isi mangkok tandas :D

Saya pernah membuat soto Sokaraja di rumah. Ternyata bumbunya malah lebih mudah dibikin dari pada soto Semarang atau Kudus. Lain waktu akan saya tulis resep Soto Sokaraja di blog yang satunya.

8. Bakwan Sambel
Ini sih makanan kenangan saat saya masih menjadi mahasiswi di kampus Polines di Tembalang. Makanan di kantin kampus harganya mahal, meski menyajikan soto, mendoan hangat dan nasi rames. Biasanya kalo istirahat pertama yang agak panjang waktunya, saya bersama dua sohib kental, memilih jajan di warung luar kampus. Agak jauh sih, mesti lewat Bengkel Teknik Sipil dan keluar kampus, gak mengapa demi menikmati bakwan sambel yang maknyus.

Kalo kangen dengan makanan ini, saya suka bikin sendiri di rumah. Apalagi kalo punya persediaan sambel pecel, jadi rajin bikin. Siapa yang pernah mencoba makanan ini?

9. Dinikmati sebagai cocolan kerupuk, jadah goreng, atau singkong goreng (singkong rebus) juga cocok. 

Pokoknya kalo di lemari dapur ada sambel pecel, imajinasi saya langsung membayangkan salah satu makanan di atas. Tinggal pilih salah satu dan mewujudkannya menjadi makanan nyata, hahaha...
Nah temans, silahkan pilih jenis makanan mana yang bakal dijadikan menu hari ini. Selamat menikmati sambel pecel khas nusantara ya. Siapa tahu, sambel pecel kelak menjadi makanan yang mendunia :D

19 comments :

  1. paling suka kalo bikin bakwan,dicocol pake sambel pecel...enakk

    ReplyDelete
  2. duh, jadi pengen mudik. di epan rumahku ada penjual kupat tahu. suami kalo mudik ke kampung saya pasti beli ini

    ReplyDelete
  3. kemasanya kiyuuttt banget sambelnyahh hihi

    ReplyDelete
  4. Baca ini jadi inget bulan puasa. Kalo lagi puasa, menu gorengan sama sambel ginian selalu setia buat berbuka. Lapar, Mbak. Lapaaarrrr.......

    ReplyDelete
  5. waduuhh ini jadi bikin ngiler, mak..
    eitss... puasa puasa...
    heeee

    ReplyDelete
  6. mba kamyuu jahat bnget deh bikin ngileerr...
    #efek tenggorokan radang.. ngeliat pecel pengen bangetttt

    ReplyDelete
  7. bakwan sambelnya nih aku jadi pengen mak...

    ReplyDelete
  8. Klo di tuban bli nasi pecel isiny nasi, syr lodeh, pecel syr, telur r tahu bumbu bali, bkwan jagung (pelas), r tempe kemul. Klo mau pesen pecel widiasri bisa lewat WA 089527936311. Terimakasih ya dah review sambel pecel widiasri

    ReplyDelete
  9. kalo aku sukanya makan krupuk goreng pasir yang di guyur sambel kacang, ato kalo pas pulang ke purworejo beli gebleg (semacam aci goreng) yang diguyur bumbu kacang banyak-banyak...hmmm....jadi pengen pulang ke purworejo...

    ReplyDelete
  10. Bakwan sambel..udah lama bgt ga makan itu...ngilerr

    ReplyDelete
  11. Nasi panas, sambel pecel yg ga usah diencerin (keringan gitu aja), telur ceplok, plus abon...wedeeww.... bisa habis nasi semagic com klo makan beginian hehehee

    ReplyDelete
  12. di antara semua nya aku penasaran nih sama mie sambel pecel kayanya enak nih

    ReplyDelete
  13. Salbel pecel emang cocok dicampur apa aja :D

    ReplyDelete
  14. pansa-panas makan sambel pecel mantap

    ReplyDelete
  15. paling enak yang pecel itu mbak...baik cuaca panas atau dingin enak bgt :)

    ReplyDelete
  16. bakwan sambel itu yummiii..yang plaing kreatif roti tawar isi sambel pecel hihihihi....

    ReplyDelete
  17. Sukanya makan sama sayur... tapi paling sering, aku encerin sambel pecel trus dicocol sama krupuk, duh duh duh bisa habis krupuk satu blek. hahaha Maklum doyan banget sama krupuk. Nggak nahan ama kriuknya yg renyah membahana. hahaha

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...