Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

20 Oct 2015

5 Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Ibu Hamil



hidayah-art.com

Semarang masih hot banget nih cuacanya. Apalagi kalo siang menjelang sore, udah jam 14.30 wib aja matahari masih menyorot terik. Jam segitu kan saya mesti jemput si bungsu di sekolah. Mau keluar rumah udah awang-awangen, apa seh bahasanya, hihiii... Yah, pokoknya mau keluar rumah lihat matahari yang masih berdiri tegak di atas kepala tuh rasanya pengen ngumpet dan ngadem lagi di kamar.

Tapi kaaan... tugas udah manggil, si bungsu kudu dijemput. Meski usianya udah 15 tahun dan udah jadi pelajar SMA, dia kan belum punya SIM. Jadi yaaa, emaknya ini yang kudu antar jemput tiap hari. Kagak apa lah, capek dikit tapi kan dapat banyak pahala ya :D

Sebenarnya sih kalo udah di jalan raya, panasnya nggak berasa. Apalagi kalo di jalan ketemu sama penjual es. Tahu sendiri kan penampakan isi es campur yang eye catching, ada manisan kolang kaling, selasih, tapi, cendol, dan kelapa muda ditambah sirup merah, waaah... jadi haus. Tapi kalo saya sih paling senang beli kelapa muda yang masih murni. nggak pakai campuran pemanis atau sirup gula. Karena air kelapa muda itu kan udah manis ya, jadi nggak usah ditambah apa-apa juga udah enak.


air kelapa muda

Saya beli kelapa utuh, trus minta dibuka dan dikerok sama penjualnya. Murah siiih, cuma 7.500 rupiah aja. Sampai rumah tinggal diminum. Tapi milihnya kudu pinter, biar dapat daging buah yang tipis dan masih lembut. Seperti ini nih :

hidayah-art.com

Dulu saat hamil si sulung, saya rajin minum air kelapa. Air kelapanya aja, saking hampir tiap hari dibelikan kelapa muda, saya nyaris bosan makan daging kelapa meski empuk dan tipis. Di tempat kerja tuh penjualnya sampai hapal, saya selalu dikasih kelapa yang masih ijo. Orang Jawa menyebutnya Degan Ijo, maksudnya kelapa muda yang masih ijo warna serabutnya. 

Banyak alasan mengapa saya mengonsumsi air kelapa muda selama hamil. Simbah saya, juga bude dan bulik menyarankan hal sama, banyak-banyak minum degan ijo. Saya sih manut aja, apalagi rasa air kelapa muda itu kan manis alami. Ada yang bilang kalo ibu hamil rutin minum air kelapa muda, bayinya akan berkulit bersih. Nah, saya dan suami sama-sama berkulit sawo matang, jadi saya rajin mengonsumsi air kelapa karena pengen bayinya nanti kulitnya bersih, hihiii...

Ada juga yang bilang kalo air kelapa hijau memiliki nutrisi dan keseimbangan elektrolit yang sama seperti darah. Mengonsumsi air kelapa selama masa kehamilan katanya juga membantu dalam menjaga kesehatan ibu dan janin dalam kandungan.

Sebenarnya ada 5 Manfaat bagi ibu hamil yang mengonsumsi air kelapa muda. Di antaranya :

1.  Mengandung kadar Elektrolit Alami
 
Air kelapa muda merupakan cairan yang kaya dengan kandungan kalsium, kalium, elektrolit, klorida, magnesium, riboflavin, dan juga sodium. Juga sebagai isotonik alamai yang kaya mineral dan memiliki elektrolit cair yang sama dengan kandungan cairan di dalam tubuh manusia. 

Nah, air kelapa hijau ini tentu saja sangat bermanfaat untuk menghindari dehidrasi dan cepat memulihkan stamina. Banyak kan bumil muda yang susah menelan makanan atau minum air putih. Air kelapa ini bisa dikonsumsi dengan aman, asal tentu saja jangan kebanyakan. Tahu sendiri kan, ibu hamil itu butuh lebih banyak air dibanding orang lain. Apalagi kalo sudah trimester ketiga, biasanya suka gampang haus. Nah, bahaya loh kalo nggak sering konsumsi air, bisa menyebabkan dehidrasi. Jangan sampai terjadi bumil dehidrasi, karena bisa menjadi sebab timbulnya masalah kesehatan. Seperti yang ringan adalah pusing, atau kram.  

2.  Memiliki Diuretik alami

Waktu saya hamil, jarang sekali mengalami sembelit. Ternyata karena saya rajin minum air kelapa muda secara rutin. Air kelapa muda itu berfungsi sebagai diuretik alami yang steril. Maksudnya bermanfaat untuk memperlancar proses pembuangan urin dan membantu membersihkan saluran kemih, serta memudahkan proses BAB. Yang pada akhirnya memudahkan pula pengeluaran racun di dalam tubuh. Racun ini  sering menyebabkan infeksi saluran kemih yang biasanya dialami oleh bumil.

3.  Sebagai Anti Penyakit

Air kelapa muda mengandung senyawa asam laurat, sejenis asam yang dapat membantu melawan berbagai penyakit. Asam laurat yang cukup melimpah dalam air kelapa sama dengan yang ditemukan dalam ASI. Air kelapa muda juga memiliki kesamaan karakteristik sebagai antijamur, antibakteri dan antivirus. Sehingga akan selalu menjaga kesehatan ibu dan bayi dari virus berbahaya seperti herpes dan HIV, protozoa giardia lamblia bahkan dapat menghindari bakteri dan klamidia heliokobater.

4.  Membantu Pencernaan Selama Kehamilan

Air kelapa juga terbukti memiliki manfaat dalam meningkatkan fungsi pencernaan orang dewasa maupun anak-anak. Terutama bagi bumil, plasenta akan menghasilkan jenis hormon yang disebut progesteron, yang dapat memperlambat lambung sehingga pencernaan kontraksi otot melambat. Dan air kelapa terbukti membantu mempercepat proses pencernaan.

5.  Dapat Meningkatkan HDL

Air kelapa muda tidak mengandung  lemak jahat yang menyebabkan kolesterol bagi tubuh manusia. Bahkan menurut penelitian  para ilmuwan, air kelapa dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. 

Nah, itu lah kelima manfaat air kelapa muda bagi ibu hamil. Air kelapa muda tak hanya sebagai pelepas dahaga. Namun banyak manfaat bagi tubuh manusia. Tentu saja jangan mengonsumsi air kelapa terlalu banyak ya. Karena kalo minum terlalu banyak juga nggak bagus bagi kesehatan tubuh.


Sumber dari :

https://id.wikipedia.org/wiki/Es_kelapa_muda



27 comments :

  1. sejak hamil 3 bulan,mulai rutin beli kelapa muda..seger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segernya ngalahin minuman lain pokoknya :)

      Delete
  2. Pas hamil Fatih dan Fattah juga doyan degan ijo. Sekarang Fatih selalu minta air kelapa kalau ke pasar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, kayaknya jadi menurun ke anak gitu ya kalo hamil suka sesuatu

      Delete
  3. sama mbak...saya kalau beli degan juga yang polosan ya istilahnya, tanpa gula tanpa es. Lebih sehat loh... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya polosan... lebih enak ya, berasa banget kesegaran degan ijo :D

      Delete
  4. hadeuuuhh ... kalau bacanya siangan dikit kayaknya saya bakal ngeces membayangkan air kelapa muda dingin. Apalagi kalau ditambahin jeruk peras hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi es kuwud kayak di Bali ya mbak, hehehee

      Delete
  5. Kelapa muda memang banyak sekali manfaatnya

    ReplyDelete
  6. Konon katanya...biar bayinya berkulit bersih ya mbak...klo mitos di sini begitu.. aku rajin minun air kelapa pas hamil....tujuannya mmng karena suka. Kedua, kali aja mitosnya bener. Alhamdulillah....kulit kedua anakku lmyn cerah!

    ReplyDelete
  7. terimakasih infonya..btw istri saya sedang hamil, jadi cocok nih bu artikelnya :)

    ReplyDelete
  8. suka banget minum air kelapa
    seger

    ReplyDelete
  9. Wah ternyata banyak sekali manfaatnya, saya sangat suka minum dogan walau tidak hamil, hehee...

    ReplyDelete
  10. Manfaatnya banyak ya, enak pula :D

    ReplyDelete
  11. Saya yang tidak hamil saja suka apalagi yg hamil :D Hehehe

    ReplyDelete
  12. ada juga yang bilang melancarkan nanti ketika persalinan .. apa ngaruh ga ya ? hahaha soalnya belum pernah hami :D

    ReplyDelete
  13. Pavorit keluarga nih air kelapa muda..:)

    ReplyDelete
  14. aku kudu rajin minum air kelapa ijo nih mba, tapi lapaknya pada tutup huhu, kudu cari lapak lain...segar banget, dan bermanfaat ya

    ReplyDelete
  15. Tetangga ada yg minum air kelapa saat hamil Bunda. eh skrg anaknya udah 8 tahun putih bersih, beda dr kakak2nya hihihi! Entah teori itu benar ato ga :D

    ReplyDelete
  16. Ternyata manfaat degan banyak ya mbak, besok klo hamil lagi minum yg banyak ahh :)

    ReplyDelete
  17. katanya air kelapa juga bisa buat nurunin darah tinggi ,,,

    ReplyDelete
  18. Aahh jd pengen air kelapa muda mbk.. selama hamil belum pernah minum

    ReplyDelete
  19. Aahh jd pengen air kelapa muda mbk.. selama hamil belum pernah minum

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...