Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

24 Sep 2015

Mengawali Bisnis Dari Passion


Gambar diambil dari sini
 
Halo temans, sehat ya hari ini, aamiin.
Tiba-tiba hari ini saya ingin curhat tentang betapa beruntungnya jika pekerjaan yang kita tekuni adalah berawal dari hobi. Karena ketika hobi atau passion yang mendasari pekerjaan, pasti kita akan bekerja dari hati. Tak ada jenuh, tak kan muncul tekanan karena semua dikerjakan dengan suka cita.


Mengawali bisnis dari passion juga memiliki keuntungan lebih. Bila bisnis tidak berdasar passion, dan mengalami kerugian atau bahkan terjerat hutang hingga bangkrut, bisa saja kita jadi putus asa. Kemudian menutup usaha, bahkan mencoba jadi pegawai lagi.

Sementara bila bisnis yang ditekuni karena passion, apapun rintangan yang dijumpai tak kan menyurutkan langkah.  Kita pasti akan berjuang dengan segenap passion yang kita miliki untuk kelangsungan bisnis. Segala upaya dilakukan agar usaha bisa berjalan normal dan membalikkan keadaan dari merugi bisa menghasilkan keuntungan.

Langkah positif dilakukan oleh Ibu Indari Mastuti, pemilik Indscript Creative. Bisnis yang dianggap tak biasa dan bahkan dipandang sebelah mata oleh pihak lain, tak membuat langkahnya surut. Niatnya ingin berbisnis dari passion yang dimilikinya. Juga ingin menjadi jalan bagi siapapun yang berniat jadi penulis namun tak tahu caranya. Beliau pun mendirikan bisnis agensi naskah.

Satu ketika bisnisnya sempat merugi hingga karyawannya pun keluar, pemasukan minim, serta piutang tak bisa ditagih. Namun sejak awal Ibu Indari yakin, bahwa  bisnis yang diawali dari passion bakal berjalan lancar. Kalau pun ada halangan, pasti akan mudah mengatasinya.

Akhirnya Ibu Indari berusaha bangkit dan berjuang mengembalikan bisnisnya agar tetap eksis. Yaitu dengan menggali potensi yang bisa menjadi market bagi bisnisnya dan menghasilkan uang. Beliau pun mengubah arah bisnisnya, menjadi jasa copywriting. Sehingga lebih banyak peluang yang bisa diambil dan menambah pemasukan perusahaan. Selanjutnya bisnisnya bertambah, dengan menawarkan jasa penulisan biografi serta penulisan promo tools perusahaan. Keuangan perusahaan pun mulai pulih. 

Tak sampai di situ, perempuan yang berprofesi sebagai Writer Business Specialist ini, mulai mengikuti kompetisi bisnis. Tujuannya untuk mengerek branding Indscript Creative sehingga lebih banyak dikenal masyarakat secara luas. Bahkan beliau menargetkan menjadi juara untuk mendapatkan uang. Mulai lah dari tahun 2010 - 2012, ibu Indari menjuarai berbagai kompetisi dan mendapatkan pemasukan bagi perusahaan. Dari situ pula beliau bisa belajar bisnis lebih banyak dengan mendapatkan mentoring bisnis. Perubahan yang dilakukan oleh ibu Indari pun berdampak positif pada Indscript Creative.

Tips dari ibu Indari, khususnya bagi yang akan mengelola bisnis yang tak biasa seperti beliau adalah :
  • Harus memiliki kesabaran dan kekuatan, karena di depan sana bakal menjumpai masalah yang menggerus emosi.
  • Bentuk tim kerja dan bekali mereka dengan ilmu dan spiritual yang memadai
  • Perkuat manajemen keuangan agar tidak bocor hingga mengalami kerugian
  • Marketing adalah ujung tombak perusahaan, jadi perkuat lini ini dengan tim yang tangguh
  • Terus mencari inovasi dan praktikkan agar bisa menjadi sumber pemasukan
  • Lakukan upaya berbisnis dengan berbagi, karena bisa menambah ilmu dan link yang makin luas.
Nah, bagi yang ingin memiliki bisnis dengan bermodal passion, jangan pernah ragu. Kalian bisa mengambil tips yang sudah dijabarkan oleh ibu Indari dan mengaplikasikannya. Tak ada bisnis yang sukses tanpa jatuh bangun bagi pemiliknya. Namun terus berjuang, belajar dari orang yang lebih sukses, berdoa dan jangan pernah lupa berbagi, sukses pasti akan menanti di hadapan mata.

9 comments :

  1. dari hobi bisa menjadi pekerjaan itu jadi lebih menyenangkan ya mbak

    ReplyDelete
  2. tulisan ini memotivasi saya bahwa berusaha itu nggak bisa langsung sukses dan kalau gagal jangan lantas putus asa...begitu kira-kira ya mbak Wati... :)

    ReplyDelete
  3. pekerjaan yang diawali dari passion memang lebih menyenangkan :)

    ReplyDelete
  4. jangan putus asa tetap semangat ya mbak

    ReplyDelete
  5. Beruntung bgt bs kerja sesuai passion ya mba

    ReplyDelete
  6. mmm, passion aku apa yah?...bener bangget kalo udah passion kerja apapun enjoy aja ya

    ReplyDelete
  7. bener banget mbak, passion aku ngajar, aku pernah ngajar lg kondisi sakit tp ga tau kenapa pas sampai dikelas ga ngerasa sakit sedikitpun, malah enjoy banget

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...