Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

29 Apr 2015

TIPS SEHAT - MENGAPA JANGAN MEMUSUHI NASI?

hidayah-art.com


Hahaiii temans...
Gimana sih rasanya kalo punya badan gemuk sehat, tapi tetap kurus langsing, iya langsing, bukan kurus yaaa. Masih kebayang deh, saat usia baru kepala 20an, dan angka di timbangan badan sebatas di bawah 50 kg. Sekarang? Oh, ambil napas dan sambil ngintip dari sela jemari, angka udah di atas jauuuh 50 kg. Tebak sendiri dehhh.

Jatah makan sehari aja udah dikurangi, bukan hanya takut gemuk. Tapi sejak usia kepala 40an, iya loh, sayah tuh udah kepala 40an, nyaris jelita deh. Tahu kan jelita? *jelang lima puluh tahun

Nah, sejak umur 40 tahun tuh, aku paling nggak bisa makan nasi saat sarapan. Kalo kepaksa makan nasi, pasti deh langsung BAB. Makanan yang paling bersahabat untuk sarapan bagi lambung saya hanya segelas teh dan buah-buahan. Saya bukan sok-sokan mau FC. Tapi sebelum kenal dengan yang namanya FC, saya udah mulai SARBU sejak usia 35 tahun. Mungkin tubuh saya udah memberikan isyarat, warning, agar saya tahu diri dan pengen tetap sehat pada usia tua nanti, aamiin.

Meski dua kali makan dalam sehari, saya juga dikit kalo makan nasi. Sekitar 70 gram, gitu.  Etapi dengan porsi nasi segitu aja badan udah gampang banget melarnya.

Tapiii... ternyata saya jadi mudah lemes. Gampang nggliyeng juga. Hingga suami pun mengantar saya periksa dan disuruh test darah. Dokter mengira saya kena diabetes, karena tubuh gampang lemas.

Alhamdulillah, hasilnya malah gula darah cuma 78, kolesterol 112, dan semuanya, termasuk LDL, HDL, asam urat dianggap normal.

Hah, bisa ya badan gede tapi kolesterol dikit?!

Dokter pun wawancara dengan pola makan saya seharian. Yang akhirnya, saya diminta merombak cara makan yang ternyata salah. Iya, mengurangi asupan nasi yang tidak sesuai dengan tenaga yang kita keluarkan itu bikin badan protes.

Akhirnya saya diberi rujukan ke ahli gizi, hihiii *sungguh memalukan pakbojo
Nah ini nih hasil hitung-hitungan plus tawar menawar saya dengan ahli gizi.
Porsi makan pagi : Saya boleh tetep makan buah, tapi harus dibarengi sayur-sayuran juga.


hidayah-art.com

hidayah-art.com


Makan dua porsi itu harus ada jedanya. Soalnye perut saya kagak muat. Jadi solusinya, yang sayuran itu saya makan pukul 7.30 wib. Sedangkan buahnya saya masukin ke dalam wadah makan dan dinikmati di tempat kerja sekitar pukul 10.00 wib. Aman deh, pala kagak nggliyeng lagi, hihiii

Nah, untuk makan siang, saya udah terbiasa bawa jatah dari rumah. Biasanya saya suka sama sayur yang seger plus pedes. Seperti menu makan saya minggu ini adalah:

Senin    : Nasi 100 gr, Asem-asem daging plus wortel, tempe goreng.
Selasa   : Nasi 100 gr, Ikan patin masak acar kuning, krupuk
Rabu     : Nasi 100 gr, Sup ayam, pergedel jagung
Kamis   : Lontong uk, kecil, pecel sayuran (ini beli di dekat tempat kerja) dan nasinya saya ganti                         lontong.
Jumat    : Lontong sayur plus telur ayam kampung
Sabtu     : Gule Bustaman (untuk meningkatkan kadar tensi saya yang nge-drop)
Minggu : Lontong. swike ayam/mentog

Tuh kan makan nasi itu ternyata enak asal teman makannya juga yummy :D

Dan ini nih manfaat nasi bagi tubuh kita :

1. Sumber Energi tubuh
    Agar kita bisa melakukan aktivitas sehari-hari, tentu saja tubuh perlu energi. Nah, nasi memiliki         kandungan karbohidrat yang sederhana dan mudah diserap oleh tubuh dan diolah menjadi energi.      Tanpa karbohidrat, tentu saja tubuh mudah lemas karena kurang asupan untuk bergerak.

2. Menjaga Mood
    Gimana sih kalo perut lapar? Pasti uring-uringan kan?! Beda kalo udah makan, so pasti perut               kenyang. Trus hati pun jadi riang. That's right, selain mengandung karbohidrat, nasi mengandung       serotonin. Serotonin adalah senyawa dalam tubuh yang mampu meningkatkan mood an                       menimbulkan rasa senang. Kabarnya pula, seseorang yang mengonsumsi nasi kurang dari setengah     cangkir nasi perhari, bakal rentan mengalami stres hingga depresi. 

3. Penghasil Energi Tanpa Kolesterol
    Selain manfaatnya yang baik dalam menghasilkan energi bagi tubuh kita, nasi diketahui                       merupakan asupan yang bersifat non kolesterol. Nasi tak memiliki kandungan unsur lemak                 berbahaya maupun sodium. Jadiii, meski kita sedang diet, konsumsi nasi sebaiknya tidak perlu           dihindari. So, tetap jaga menu diet seimbang dengan tak memusuhi nasi ya temans.

4. Kaya Vitamin
    Nasi juga mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh kita. Seperti Vitamin D,         kalsium, niacin, serat, zat besi, thiamine, dan riboflavin.

5. Mengatasi Masalah Percernaan
    Tahukah temans, ternyata karbohidrat sederhana pada nasi putih itu bermanfaat meringankan               masalah pencernaan. Seperti diare, perut mulas dan sakit mag. Penyebabnya karena kulit ari pada       nasi mengandung diuretic properties.

Tuh kan, banyak manfaat nasi putih selain berfungsi menjadi pengganjal perut yang lapar, hahahaa.
Nah, gimana dengan penderita diabetes? Tentu saja tetap harus mengonsumsi nasi, meski harus mengikuti anjuran ahli gizi dan konsultasi dengan dokter keluarga.

Tulisan ini saya dedikasikan untuk para wanita yang suka mengurangi bahkan menghilangkan menu nasi dari makan sehari-hari. Jadii... jangan memusuhi nasi yaaa.



10 comments :

  1. Wah, seger banget buahnya. Tinggal tambah sambel jadi lotis deh. halaaah, maunya. Makan harus sesuai kebutuhan ya biar badan nggak protes. Makasih sharingnya mba.

    ReplyDelete
  2. Waduuuh... nasinya kudu ditimbang dulu gituh? Saya masih makan nasi, mak, tapi gak ditimbang. Sehari sekali makan nasi, selebihnya diganti dgn makanan karbohidrat lain.

    ReplyDelete
  3. Nice info Mak, thanks for share :)

    ReplyDelete
  4. iyalah mba makan sama nasi pasti enak klo lauknya juga enak. coba kalo nasi ga pke lauk pasti terasa hambar :D

    ReplyDelete
  5. Saya bermusuhan sama nasi kalo pas hamil aja, makanya pas hamil BB malah turun banyak. Habis melahirkan malah langsing, tapi begitu anaknya bisa lari....BB emaknya pun ikutan lari...naiik melulu. *jadi pengen ngumpetin timbangan

    ReplyDelete
  6. Shari di rumah saya masak nasi gak sampai 1 liter mbak, sedikit ya konsumsi nasi dirumah

    ReplyDelete
  7. Setuju Mak! Menghilangkan nasi sepenuhnya dari menu harian itu termasuk diet berlebihan. Iya sih nggak papa kalau aktivitasnya berimbang (minim maksudnya), tapi kalau banyak aktivitas fisik maupun pikiran, kasihan badan...

    Tfs Mak! Bisa ditiru nih menunya.. :D

    ReplyDelete
  8. Aku tidak memusuhi nasi, malah klo nggak makan nasi bawaannya lemes saja. Jadi tetap makan nasi meskipun makan 2 ato 3 sendok saja. Belum terbiasa makan buah ato sayur aja. Btw aku juga termasuk jelita lho :D

    ReplyDelete
  9. Jadi ingat omongan ibu saya biar anaknya mau makan nasi, "kalau orang sudah gak mau makan nasi, tandanya sudah mau mati". Ih, seram banget sih :(

    ReplyDelete
  10. Halo, nama saya Setiabudi, seorang korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya telah penipuan semua paling 13 juta karena saya membutuhkan pinjaman modal besar 40 juta, saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, bisnis saya adalah hancur dalam proses yang saya kehilangan anak saya. saya tidak dapat berdiri lagi. semua hal ini terjadi Desember 2014, sampai saya mearnt seorang teman yang memperkenalkan saya kepada ibu yang baik ibu Alexandra yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaannya, ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, Semoga Tuhan terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak penipuan di luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin hanya cepat mendaftar melalui Ibu Alexandra melalui email perusahaan: alexandraestherloanltdd@gmail.com atau alexandraestherfastservice@cash4u.com
    Anda alos dapat menghubungi mereka melalui situs web mereka: globalfastservice.org
    Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; setiabudialmed@gmail.com untuk informasi yang perlu Anda ketahui. silahkan dia adalah satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.
    Terima kasih.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...